HOME
Home » Ayam Kalkun » 10 Alasan Mengapa Memelihara Ayam Kalkun Baik Untuk Anda !!

10 Alasan Mengapa Memelihara Ayam Kalkun Baik Untuk Anda !!

Posted at June 30th, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Tidak ada yang menyangsikan bahwa ayam kalkun menyajikan pemandangan yang luar biasa indah untuk kita nikmati. Itu saja sudah cukup untuk menggambarkan mengapa memelihara ayam kalkun itu baik untuk anda.

Benefit tidak berhenti sampai disitu saja, ayam kalkun juga menyajikan daging dan telur yang lezat, banyak dan penuh gizi.

Bayangkan ketika anda masuk kandang. Lalu, mereka mengerubungi kita untuk meminta jatah makan, diantara mereka ada juga yang seperti merayu-rayu genit agar di prioritaskan.

Tak Diragukan lagi, ayam kalkun akan segera membawa kebahagiaan dan manfaat kepada anda, mengapa ? kita telusuri beberapa alasannya..

beternak kalkun
10 alasan mengapa memelihara ayam kalkun baik untuk anda

Alasan mengapa memelihara Ayam Kalkun

Memelihara ayam bukan hal baru, nenek moyang kitapun sudah sejak dulu memelihara ayam. Namun, berbeda dengan memelihara ayam kalkun. Karena, ayam kalkun sendiri bukan ayam asli endemik lokal. Dan untuk kebanyakan orang Indonesia, memelihara ayam kalkun masih asing untuk dilakukan.

Lalu, mengapa kita harus mencoba memelihara ayam kalkun ?
Apa hal yang didapat ketika memelihara ayam kalkun ?
Mengapa memelihara Ayam Kalkun itu baik untuk kita ?

1. Hiburan

Dengan memelihara ayam kalkun, selain anda mendapatkan benefit lainnya adalah bahwa anda akan dihibur oleh tampilannya yang mengagumkan. Anda dan keluarga mungkin tidak perlu repot-repot mencari hiburan keluar rumah. Karena, di tempat anda sendiri sudah ada seniman sejati penghibur kita yaitu ayam kalkun.

Tingkah mereka akan membawa senyum dan decak kagum karena, terkadang mereka melakukan hal-hal lucu, unik dan ‘ bodoh ‘. Momen kebahagiaan sederhana yang akan dapatkan diantaranya. Yaitu, momen ketika mereka berebut makanan, proses perkawinan, pejantan yang birahi atau kerelaan sang betina dibuahi. Itu sedikit contoh momem-momen yang tidak akan mudah anda lupakan.

Saya bukan orang yang pintar untuk membayangkan dan menuliskannya dalam kata-kata. Jadi, kelak ketika anda memelihara ayam kalkun, anda akan tahu seperti apa bayangan yang saya tuliskan ini.

kalkun sebagai hiburan

Bukan hanya senyum dan kagum, mungkin anda juga akan dapat gelak tawa seperti menonton acara komedi karenanya.

Salah satu faktor mengapa orang menjadi sakit atau mudah terserang penyakit yaitu, disebabkan adanya beban dalam pikiran / stress. Dan seseorang yang dalam kondisi ini, pastinya butuh hiburan agar tidak sakit atau setidaknya melupakan sejenak beban yang sedang dialami.

Salah satu obat stress yang sederhana dan mudah didapatkan salah satunya bisa dicoba dengan memelihara ayam kalkun.
Lebih sedikit stres dan lebih banyak tawa mungkin akan menambah panjang usia anda..

Mungkin anda tertarik untuk membeli ayam kalkun, Bila iya, bisa anda buka disini untuk melihat penawarannya : Jual Ayam Kalkun ( Lengkap ) Tersedia 11 Jenis dan Harga Jual Bibit Ayam Kalkun Terbaru 2020 – 2021

2. Gerak Tubuh

Olahraga pada umumnya kita artikan sebagai kegiatan gerak tubuh melalui permainan. Namun, olahraga tidak hanya itu !!. Olahraga bisa kita lakukan dengan gerak tubuh lainnya tanpa harus memainkan sesuatu yang sifatnya “bermain”..

Kok bisa mengaitkan olahraga dengan memelihara ayam kalkun ?? Jawabannya kenapa tidak..

Memelihara ayam kalkun akan membuat tubuh anda banyak bergerak. Dimulai dengan mencari pakan dan mempersiapkannya. Lalu, anda juga akan membersihkan kandang dan kotoran serta masih banyak lagi yang bisa anda lakukan.

Contoh, anda memanfaatkan kotorannya untuk dijadikan pupuk. Itu akan membuat anda menggunakan sekop atau pacul. Tanpa disadari itu akan memperkuat otot lengan, kaki dan punggung anda. Jadi, mengapa harus jauh-jauh pergi ke lapangan untuk olahraga ?

Harga ayam kalkun terbaru bisa anda cek disini : Harga Ayam Kalkun Update April 2020 – 2021

3. Daging Ayam Kalkun

daging kalkun
daging ayam kalkun

Daging ayam kalkun tak diragukan lagi memiliki cita rasa yang khas. Menurut saya, dagingnya jauh lebih enak dan lezat dari daging ayam biasa. Mungkin itulah alasan mengapa harga dagingnya juga mahal.

Orang-orang dibarat khususnya di eropa dan amerika, sering menjadikan daging ayam kalkun sebagai menu utama. Terutama ketika hari-hari besar seperti dihari paskah atau tahun baru.

Dibalik rasa dagingnya yang lezat, kandungan gizi dan vitaminnya juga sangat melimpah. Salah satu yang sangat bermanfaat adalah kandungan kolesterolnya yang rendah dan protein nya yang tinggi.

Adapun kandung gizi lainnya dalam daging kalkun diantaranya :

  • Vitamin B12
  • Vitamin E
  • Zinc ( peningkat stamina )
  • Taurin ( perlindungan untuk masalah jantung )

4. Telur Ayam Kalkun

Selain menyajikan hiburan, ayam kalkun juga menyediakan telur-telur yang segar, lezat dan penuh gizi. Coba anda ambil satu lalu rebus atau goreng telurnya. Disitu anda akan merasakan kelezatan dan manfaat yang tidak anda dapatkan dari telur-telur yang kita beli dipasaran.

Kita tahu sehari-hari apa yang ayam kalkun kita makan karena, kita sendiri yang memberikan pakannya setiap hari. Jadi, setidaknya kita mengetahui kualitas dari telurnya.

Mungkin anda ingat istilah Kamu adalah Apa Yang Kamu Makan !! Ya.. istilah itu tentu ada benarnya karena, ketika kita mengkonsumsi barang buruk pasti akan ber efek buruk juga untuk kita. Sebaliknya, bila kita mengkonsumsi barang yang baik ? anda sendiri tahu jawabannya..

Kebanyakan orang mungkin lebih senang telurnya ditetaskan agar bisa menetas jadi bayi / anakan kalkun. Anda juga bisa lakukan itu. Anda bisa membiarkannya alami dierami induknya atau anda juga bisa menetaskannya dengan mesin tetas / incubator.

Induk ayam kalkun adalah ibu yang bertanggung jawab dalam mengerami telur. Anda akan melihat mereka begitu setia dan rela berdekam selama 28 hari mengerami telurnya. Hingga, kepentingan mereka sendiri mereka lupakan demi agar telurnya bisa menetas.

Bila anda menetaskan telurnya dengan mesin, momen-momen tak terlupakan lainnya akan segera anda rasakan. Mulai dari momen mengumpulkan telur, memasukannya dalam mesin, rasa cemas menunggu telur menetas. Dan puncaknya, ketika telur berhasil menetas dengan sempurna.

” ( Swear dah pokonya )” Itu momen indah yang mungkin tidak bisa diganti dengan uang sekalipun !!.

5. Penjaga

Tahukah anda ayam pada umumnya merupakan pemakan serangga, gulma dan hama pengganggu ? Banyak orang tidak menyadari hal ini sehingga menyepelekan keberadaan mereka.

Selain itu, ayam kalkun juga bisa menjaga anda dari tamu tak diundang. Mereka akan segera mengeluarkan suara kluk kluk kluk yang khas ketika dirasa ada predator atau pengganggu lain disekitarnya.

6. Menyuburkan tanah

Karena posturnya yang besar, ayam kalkun otomatis menghasilkan kotoran yang lumayan banyak juga. Dan kotorannya itu, sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah.

Anda bisa memanfaatkan kotorannya untuk dijadikan pupuk. Atau anda bisa membiarkannya saja membuang kotorannya dihalaman agar tanah anda semakin subur.

7. Mengajarkan disiplin dan melatih kreatifitas

Dengan memelihara ayam kalkun, anda juga akan belajar untuk jadi disiplin dan bertanggung jawab.

manfaat memelihara kalkun

Anda akan dituntut memberikan pakan yang layak. Menjaga kesehatannya dan merawat kelangsungan hidupnya dengan menata dan membersihkan kandang yang menjadi tempat kelangsungan hidupnya.

Bukan hanya itu, anda akan menjadi lebih kreatif karena, anda pastinya akan memperhatikan apa yang terbaik untuk mereka. Misalnya, ketika momen anakan menetas, kita dituntut untuk membuatkan kandang. Menyiapkan tempat makan dan minum hingga menjaga agar keamanan mereka terjamin dengan baik.

Anda bisa memetik pelajaran dari kehidupan mereka. Salah satunya momen dimana sang induk begitu bertanggung jawab mengerami telur hingga telur menetas bahkan, hingga si anak beranjak dewasa. Mereka akan dengan setia dan penuh tanggung jawab menjaga dan memperhatikan kelangsungan hidup anaknya.

Momen keren seperti ini, bisa juga anda bagikan dan ajarkan kepada anak atau keponakan anda tercinta. Agar mereka mulai belajar dan bisa memetik hikmah dari keberadaan ayam pada umumnya.

8. Memanfaatkan Sisa Makanan

Habiskan itu makanan biar gak mubazir !! itu mungkin perkataan yang tak pernah kita lupakan ketika kita masih berusia muda / anak-anak. Bagaimana orang tua kita mengajarkan kita agar tidak menyia-nyiakan makanan.

Fungsi salah satunya dari memelihara ayam kalkun adalah untuk menghabiskan sisa makanan yang terkadang tersisa di ruang makan.

Bila anda sudah berumah tangga, biasanya anak-anak atau bahkan kita orang dewasa tidak menghabiskan makanan yang kita santap. Dengan kehadiran ayam kalkun, sisa makanan tersebut akan menjadi tidak ” mubazir “lagi. Karena, mereka akan dengan senang hati melahap sisa makanan yang anda berikan kepada mereka.

9. Bisnis Ayam Kalkun

kalkun sebagai lahan bisnis

Memelihara ayam kalkun juga bisa anda lakukan sebagai salah satu kegiatan untuk mata pencaharian. Anda bisa menjual anakan yang telah anda kembangbiakan atau bahkan anda juga bisa menjual dagingnya.

Seperti di ayamkalkun.com ini. Kami memang fokus dalam bidang peternakan ayam kalkun ini utamanya untuk tujuan komersil.

Bila anda kelak memelihara jenis ayam kalkun yang utamanya jenis hias. Seperti misalnya jenis royal palm, blue slate dan lilac, anda bisa memeliharanya sekalian untuk menghasilkan anakan. Tujuannya, agar bisa dijual lagi.

Anda bisa buka disini untuk melihat aneka jenis kalkun : Kajian Jenis Ayam Kalkun { Lengkap } 2020

Dari memelihara ayam kalkun juga bisa membantu pemasukan uang sampingan untuk biaya hidup anda dan keluarga.

Tips seputar cara beternak ayam kalkun : Tips Beternak Ayam Kalkun dan Ayam Kalkun Untuk Pembibitan, Pedaging dan Hias.

10. Bulu Ayam Kalkun

bulu kalkun
bulu ayam kalkun

Dibalik memelihara ayam kalkun, ada juga manfaat lainnya yang tidak akan anda sangka-sangka sebelumnya. Bukan hanya daging dan telurnya saja yang bernilai ekonomis. Ayam kalkun juga memiliki bulu yang bisa kita manfaatkan untuk accesories atau bisa kita jual.

Lalu mungkin anda bertanya tanya ;

  • Memang ada yang beli ketika kita jual bulunya ?
  • Memang Untuk keperluan apakah bulu ayam kalkun itu ?

Selain untuk keperluan accesories, bulu ayam kalkun juga sering digunakan untuk olahraga panahan.

Apa saja accesories yang dimanfaatkan dengan menggunakan bahan dari bulu ayam kalkun ?

  1. Kipas
  2. Hiasan dinding
  3. Accesories topi
  4. Sayap untuk panah
  5. Tas
  6. Pena

Simak disini untuk melihat review penjualan bulu ayam kalkun : Harga Jual Bulu Kalkun Terbaru 2020 – 2021

Penutup

Bila dilihat secara sekilas, memelihara ayam kalkun adalah hal yang menyenangkan. Namun, tentu tidak semuanya menyenangkan. Kelak akan ada juga momen kesal, emosi hingga tangis yang akan dirasakan ketika memeliharanya.

Cara Mengobati Ayam Kalkun Yang Terserang Virus Penyakit

Momen-momen seperti itu tidak akan anda rasakan bila anda tak pernah mencobanya jadi, mengapa tidak mencoba memelihara ayam kalkun ?

Bila anda ada pertanyaan seputar ayam kalkun atau anda mau berbagi pengalaman seputar memelihara ayam kalkun. Silahkan anda bisa hubungi dan berbagi dengan kami. Anda juga bisa tinggalkan komentar dibawah ini.

Buka juga halaman kami yang lain disini :

10 Alasan Mengapa memelihara Ayam Kalkun – Copyright Ayamkalkun.com

No comment for 10 Alasan Mengapa Memelihara Ayam Kalkun Baik Untuk Anda !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *