HOME
Home » Ayam Brahma » Ayam Hias » Jual Ayam Brahma Murah, Original & Bergaransi

Jual Ayam Brahma Murah, Original & Bergaransi

Posted at June 23rd, 2020 | Categorised in Ayam Brahma, Ayam Hias

Kami ayamkalkun.com men jual ayam brahma original, murah dan berkualitas. Tersedia pilihan aneka jenis warna mulai bibit anakan hingga indukan ditambah garansi uang kembali.

ayam brahma dijual
jual ayam brahma original

Jual ayam brahma.- Popularitas ayam brahma di indonesia saat ini semakin naik dan telah membuat banyak orang ‘ PENASARAN ‘ akan sosoknya. Untuk yang belum mengenalnya, mungkin berpikir dan bertanya-tanya..Ayam hias apa lagi ini ? bulunya sampe kaki sih, Body nya besar pula..

Harga jual ayam brahma di beberapa tahun belakangan ini telah menyedot banyak perhatian. Khususnya bagi para pecinta ayam hias lokal. Tentunya bukan tanpa sebab mengapa begitu banyak diburu informasinya. Karena bukan hanya unik, biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki ayam ini memang cukup mahal. Lalu mengapa begitu ? Jawabannya bisa anda simak berikut ini.

Sekilas Gambaran Ayam Brahma

Ayam brahma adalah sosok ayam yang “MEGAH”. Besar, tinggi dan gagah yang terkesan begitu sangar. Namun dibalik itu, ternyata mereka memiliki tabiat ramah, lembut dan tenang. Induk jantan pun sangat kalem dan sangat jarang bertengkar dengan ayam lainnya.

Mereka juga sangat tidak akan keberatan untuk dikandangkan, namun akan sangat cocok untuk dilepas dihalaman atau pekarangan. Karena, ayam ini tidak akan mengganggu orang-orang tercinta disekitar anda ataupun mengganggu ayam hias peliharaan anda lainnya.

anakan ayan brahma
anakan ayam brahma usia 8-21 hari

Karena perangainya ini, ideal juga untuk berdekatan dengan anak-anak. Bila anda sebagai orang tua, anda bisa memberikan edukasi kepada mereka dengan cara memberikan pelajaran perawatan dan pemeliharaan ayam ini.

Ajak mereka pada saat memberikan pakan, menyediakan minuman, merawat kesehatan hingga membersihkan kandangnya. Ini akan berefek postif terhadap mereka ! Karena, dengan cara ini mereka akan mulai belajar bertanggung jawab, merasakan tanggung jawab atas kehidupan yang layak bagi si ayam. Dan kelak ketika dewasa akan memiliki jiwa sosial yang tinggi. boleh dicoba,..

Selain membahas ” jual ayam brahma “. Pada artikel ini, kami akan memberikan pandangan umum mengenai sejarahnya, karakteristik dan cara perawatannya yang dianjurkan..ikuti terus

Harga Ayam Brahma

Di awal-awal ayam brahma ini hadir di indonesia, kurang lebih sekitar tahun 2013 an. Ketika itu, harganya sangat mahal. Untuk ukuran pasaran ayam hias pada umumnya, bisa dikatakan harganya sangat kurang ajar !. Sangat tidak wajar untuk ukuran isi rekening bank seperti saya ini. Harga dewasa saat itu, dijual hingga 25 juta perpasangnya.

Tapi, memang inilah dunia hobi. Terkadang masalah harga tidak selalu menjadi patokan dasar. Selama itu menyenangkan, penjual dan pembeli cocok maka, harganya juga ‘ngikut aja’.

Mungkin lumrah saja jika harga jual ayam brahma ketika itu begitu mahal. Karena, stoknya masih langka dan terbatas sementara, para penghobi berebut ingin memilikinya. Jadi, selanjutnya tinggal urusan mahar aja yang berbicara.

Tapi, anda sekarang tidak perlu terlalu khawatir. Karena, saat ini harganya sudah jauh lebih terjangkau.

Adapun faktor mengapa harganya sudah lebih murah karena, saat ini populasinya sudah lebih banyak. Jadi, untuk saat ini, harga umumnya hanya mengikuti kualitas dan aneka jenisnya saja.

Informasi Harga Jual Ayam Brahma

Anda sedang mencari ayam brahma ? cek penawaran harga kami disini.

jenis ayam brahma columbian light
Columbian Light Brahma

Ayam brahma yang kami jual adalah pilihan berkualitas. Original, unggul dan telah melewati proses seleksi breeding ketat di peternakan plasma yang bekerjasama dengan kami.

Kamipun tidak sembarangan dalam memilih bibit. Karena untuk menjaga kualitasnya, tentu harus dari indukan unggul yang standarnya diakui dikalangan penghobi ayam khususnya. Indukan – indukan yang dikembang biakan di peternakan kami, dahulunya khusus didatangkan impor dari eropa.

Pada umumnya, harga ayam brahma saat ini cukup bervariasi. Utamanya dipengaruhi dari kualitas, ketersediaan stok dan aneka jenis dari ayam tersebut. Berikut ini daftarnya :

USIA HARGA JUMLAH
1 Bulan Rp. 250.000 1 Ekor
2 Bulan Rp. 500.000 1 Ekor
3 Bulan Rp. 600.000 1 Ekor
4 Bulan Rp. 1.500.000 Per Pasang
5 Bulan Rp. 2.000.000 Per Pasang
Siapan Indukan Rp. 2.500.000 Per Pasang
Indukan Rp. 3.000.000 – 3.500.000 Per Pasang
DAFTAR HARGA JUAL AYAM BRAHMA

Catatan :

  • Harga sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung ketersediaan stok dan kondisi pasar pada umumnya.
  • Untuk jenis warna tertentu harganya berbeda dari daftar harga diatas.
  • Harga belum termasuk biaya ongkos kirim.

Simak video ayam brahma kami disini.

Dengan membeli disini, anda akan mendapatkan garansi dan layanan dari kami diantaranya ;

Garansi kematian

Kami memberikan jaminan garansi uang kembali 100% apabila ayam brahma yang kami kirim ternyata mati saat pengiriman. Opsi lainnya, bisa juga ayam tersebut diganti dengan ayam baru lainnya.

Garansi 3 Hari di tempat

Ketika ayam brahma yang anda pesan belum sampai 3 hari ternyata mati ditempat anda, maka, ayam tersebut akan kami ganti dan biaya ongkir sepenuhnya ditanggung oleh kami. Jadi anda tidak mengeluarkan biaya lagi.

Catatan penting :

Garansi kematian hanya berlaku untuk pesanan yang dikirim di pulau jawa saja.

Klaim Garansi

Cara klaim garansinya yaitu :

  • Tunjukan kepada kami bukti foto / video saat paket diterima, packing dibuka lalu diperlihatkan isinya.

Adapun tujuan poin-poin diatas yaitu untuk memudahkan / mempercepat klaim. Serta bertujuan untuk meyakinkan bahwa, isi paket yang anda terima tidak dalam kondisi yang seharusnya terjadi.

Profil Ayam Brahma

gold partridge brahma chickens male and female
Gold Brahma Chickens

Nama panggilan : Ayam Brahma

Name Lainnya : Brahma poetra.

Bobot Jantan dewasa : 4 – 8kg.

Betina Dewasa : 2,5 – 4kg.

Asal Usul Ayam Brahma

Banyak orang meyakini bahwa, ayam brahma berasal dari india. Akan tetapi, kebenaran dan keaslian asal dari ayam ini masih banyak diperdebatkan.

Berdasarkan artikel – artikel sejarah yang saya baca, ternyata ayam ini adalah ayam yang dihasilkan dari cross breed / persilangan. Cikal bakal persilangan ini awalnya adalah dari ayam cochin yang didatangkan ke amerika dari shanghai china.

Lalu, ayam cochin ini dikawinkan dengan ayam malay. Dan selanjutnya, dikawinkan lagi dengan ayam chittagong yang berasal dari daerah sekitar aliran sungai brahma poetra disekitar india. Disinilah mengapa awalnya ayam ini dinamakan brahma poetra chickens.

Awal Mula Ayam Brahma Populer di Indonesia

Diantara tahun 2012 – 2013, ayam brahma mulai populer dikalangan para pecinta ayam hias lokal Indonesia. Awalnya ayam ini di impor dari negeri tetangga yaitu Malaysia. Untuk saat ini, brahma juga mulai di impor dari negara – negara di benua eropa dan amerika. Ayam brahma di peternakan kami juga awalnya di impor dari eropa yaitu dari turki dan belanda.

Karakteristik Ayam Brahma

Selain memiliki daya pikat utama dari segi keindahan postur tubuh dan bulu. Ayam brahma juga mampu memikat dari karakteristiknya yang tenang sehingga sangat menyenangkan untuk jadi teman.

Brahma adalah ayam yang sangat bersahabat. Ayam ini tidak memiliki karakter / temperamen liar dan galak. Sehingga, sangat baik untuk dilepas dan dijadikan hiasan dihalaman atau taman milik anda. Disamping itu, ayam brahma juga merupakan tipikal ayam yang mudah beradaptasi dengan berbagai macam iklim/cuaca. Ketika cuaca ekstrim sekalipun sanggup mempertahankan kondisi tubuhnya dengan sangat baik.

Awalnya, tidak sedikit orang menyangsikan bahwa ayam ini tidak cocok dengan iklim bercuaca panas seperti didaerah asia barat misalnya. Akan tetapi, ternyata dugaan itu salah. Faktanya dinegara-negara seperti qatar, uni emirat arab dan negara beriklim panas lainnya ternyata, ayam ini sanggup beradaptasi dan bisa berkembang biak dengan sangat baik.

Fakta tersebut, bisa dilihat dari postingan – postingan ayam brahma di media sosial seperti instagram, facebook atau youtube.

Kategori standar utama ayam brahma original diantaranya :

  • Jengger berbentuk telon / tidak wilah atau sisir.
  • Bulu lebat hampir disetiap area terutama pada bagian kaki.
  • Postur tinggi.
  • Badan besar dan lebar sedikit bulat.
ayam brahma remaja
ayam brahma remaja usia 5,5 bulanan

Cara Ternak Ayam Brahma

Ada berbagai macam metode cara ternak yang tepat dan ideal untuk ayam ini. Namun, di postingan ini saya hanya akan membahas cara beternak pada umumnya. Berikut persiapan dan cara perawatannya..

Persiapan Kandang

Jika anda saat ini berencana untuk memulai beternak ayam brahma, tentunya anda harus terlebih dahulu menyiapkan potensi lahan atau area halaman rumah yang ideal untuk menampung ayam hias ini dengan tepat.

Untuk ayam yang bahagia dan sehat, memerlukan jenis kandang tepat yang membuat mereka tetap nyaman selama musim hujan dan panas. Serta mereka juga terlindungi dari unsur lainnya yang dapat merusak atau membuat mereka terancam dari predator.

Lahan dan kandang memang harus menjadi prioritas utama. Anda harus pastikan untuk memberi lebih banyak ruang untuk bergerak, baik ketika berada didalam maupun diluar kandang.

Seperti kita ketahui bahwa, ayam ini berukuran besar. Sehingga, tentunya membutuhkan area kandang yang besar juga. Bila anda tidak memiliki kandang khusus, anda cukup tinggal melepas ayam ini di halaman atau ruang terbuka.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam menjaga keunikannya yaitu, perawatan bulu terutama bulu dibagian kaki.

Agar bulunya bisa terawat dengan baik, kandang atau halaman yang disiapkan membutuhkan asupan cahaya/sinar matahari yang cukup. Bagian lantai bisa diberi pasir, cor-coran, tanah kering atau rerumputan.

Kebersihan kandang

Lakukan secara rutin pembersihan kandang minimal 1x sehari. Lakukan juga penyemprotan antiseptik minimal 1x seminggu agar kandang steril dari virus penyakit.

Pemberian Pakan

Salah satu kemudahan dalam memelihara ayam brahma adalah mudahnya menyiapkan pakan. Ayam ini dikenal sangat lahap dan mampu mencerna berbagai tipe makanan. Jadi, untuk ini anda tidak perlu kebingungan dalam memberikan jenis pakan.

Untuk pakannya sendiri, bisa disamakan dengan jenis ayam / unggas pada umumnya. Anda bisa berikan mereka konsentrat/ pur, dedak / bekatul, jagung giling atau bahkan sisa makanan dapur. Walaupun begitu, pakan yang diberikan tentu tetap harus diperhatikan. Baik itu dari segi gizinya, kualitasnya hingga ke sterilannya.

Agar postur tubuhnya terjaga tetap besar dan tinggi, diutamakan pakan utama / primer diberikan konsentrat / pur.

Perawatan Kesehatan

Cara merawat dan memelihara ayam brahma, pada umumnya hampir sama saja dengan memelihara ayam biasa lainnya. Faktor perawatan yang paling terpenting tentunya dari segi perawatan kesehatan. Ada momen-momen penting yang harus diperhatikan agar ayam kesayangan anda ini tetap terjaga dari bahaya virus penyakit.

Ciri Umum Ayam brahma yang kurang sehat :

  • Malas bergerak
  • jarang berkokok
  • Mata sering terlihat ngantuk
  • Kotoran berwarna putih, hijau atau kuning

Perubahan cuaca

Ketika cuaca mengalami perubahan secara drastis atau tiba-tiba, biasanya ayam brahma akan malas bergerak dan berkokok. Kondisi seperti ini akan sangat beresiko menyebabkan serangan penyakit. Virus penyakit yang menyerang pada musim seperti ini biasanya penyakit ngorok atau Snot.

Untuk pencegahan, secara berkala berikanlah vitamin ayam. Vitamin merupakan tambahan nutrisi yang sangat dibutuhkan semua makhluk hidup tidak terkecuali ayam. Ayam batik akan mudah terserang penyakit bila kekurangan nutrisi dalam tubuh. Oleh sebab itu, asupan vitamin harus terpenuhi.

Untuk pemberian nutrisi vitamin ini, ada banyak pilihan minuman dan obat-obatan yang bisa diberikan. Anda bisa tanyakan ke toko-toko pakan terdekat mengenai vitamin-vitamin serta obat-obatan terbaik untuk ayam. Atau, anda bisa juga berikan minuman alami yang bahannya dari serapan air kunir dan jahe.

Musim Produksi Ayam Brahma

Dewasa mulai kawin ketika menginjak diusia 7 bulanan. Setelah itu, betina mulai memproduksi telur diusia 7,5 bulan keatas. Secara alami, betina akan menghasilkan jumlah telurnya permusim sekitar 15 an butir. Tetapi, bila telurnya ditetaskan melalui mesin penetas, betina bisa memproduksi telur secara terus menerus.

Dengan cara ini, 1 ekor induk betina mampu menghasilkan jumlah telur mencapai 25 hingga 40 butir per periode / musimnya. Bahkan disejumlah peternak yang saya kenal, ada juga induk betina yang menghasilkan telur hingga 60 butir.

Seperti jenis ayam pada umumnya, lama telur dierami hingga menetas yaitu 21 hari.

Keuntungan Memelihara Ayam Brahma

Bila anda bosan dengan rutinitas kerja sehari-hari atau ingin menambah aktifitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Dan menginginkan teman setia yang sekaligus bisa menghibur disaat lelah dan cape. Lalu mengapa tak mencoba memelihara ayam brahma ?

Ayam yang besar dan lembut ini sangat menyenangkan untuk dipelihara. Selain menyajikan keindahan, ketenangan dan kenyamanan saat memandangnya. Ayam brahma juga merupakan penghasil telur yang handal, bergizi dan kaya protein untuk santapan anda dan keluarga tercinta.

Saat ini di Indonesia khususnya, jenis ayam hias ini masih tergolong terbatas stoknya dan banyak diburu para pecinta ayam hias. Harganya juga tergolong stabil. Kelak bila anda berniat memelihara dan membudidayakannya. Selain anda memiliki alternatif hiburan, telur dan daging yang lezat serta teman yang menyenangkan. Dari beternak ayam brahma ini, anda bisa jadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan.

ayam brahma jantan usia 10 bulanan
ayam brahma jantan usia 10 bulan

“Seperti kata pepatah sambil menyelam minum air sambil menyalurkan hobi sambil meraup keuntungan”

Bila anda saat ini tertarik untuk membeli ayam ini, untuk pemesanan anda bisa kontak kami di :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Monggo anda bisa juga langsung berkunjung ke kandang kami :

Jalan tempel-turi km 2,5 Dusun Tegalrejo, Desa Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Ayam Hias & Hewan Peliharaan Lainnya

Ayamkalkun.com juga menyediakan aneka jenis ayam hias dan hewan peliharaan lainnya, diantaranya :

  • Kalkun
  • Ayam Pheasant
  • Burung Merak India
  • Ayam Cochin
  • Bibit Burung Unta
  • Silkies
  • Ayam Modern Game
  • Ayam Batik
  • Polish / Mahkota
  • Ayam Mutiara
  • Cemani
  • Mandarin Duck / Bebek Mandarin
  • Angsa Hitam / Black Swan

Kami siap melayani dan mensuplai kebutuhan aneka jenis ayam hias dan hewan peliharaan lainnya untuk anda.

Mengenai harga jual ayam hias lainnya, silahkan anda buka postingan kami di website ini :

8 fakta seputar ayam brahma : https://tinyurl.com/tpwqce4
Harga ayam hias : https://bit.ly/374Royx
Ayam Kalkun : https://tinyurl.com/tfvydvm
Jenis Pheasant : https://bit.ly/2H3kaVF
Burung Merak Biru dan Putih : https://bit.ly/2H7hyq0
Aneka Jenis bebek Hias : https://bit.ly/39tPWrp

FAQ ( frequently asked questions )

Berapakah harga jual ayam brahma ?

Usia 1 bulanan : Rp. 250.000 per ekor
Usia 2 bulanan : Rp. 400.000 per ekor
Usia 3 bulanan : Rp. 600.000 per ekor
Usia 4 bulanan : Rp. 1.500.000 per pasang
Usia 5 bulanan : Rp. 2.000.000 Per pasang
Siapan Induk : Rp. 2.500.000 per pasang
Indukan : Rp. 3.000.000 – 3.500.000 per pasang

Bagaimana ciri utama ayam brahma original ?

– Jengger berbentuk telon bukan sisir / wilah
– Kaki besar terbalut bulu yang tebal
– Badan besar dan lebar sedikit bulat.

Diusai berapakah ayam brahma mulai bertelur ?

Rata-rata dimulai diusia 6,5 – 7 bulanan.

Copyright Ayamkalkun.com

6 Comments for Jual Ayam Brahma Murah, Original & Bergaransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *