HOME
Home » Ayam Pheasant » Rekomendasi 5 jenis Ayam Pheasant + Sub Spesiesnya

Rekomendasi 5 jenis Ayam Pheasant + Sub Spesiesnya

Posted at May 8th, 2020 | Categorised in Ayam Pheasant

Panduan memilih 5 jenis ayam pheasant terbaik untuk anda di tahun 2020 – 2021 ini, bonus sub jenisnya. Cek disini aja ya om, InsyaAlloh bermanfaat..

Selain virus corona, tiktok dan pernikahan mas joko 😄. Rasanya tak ada hal lain yang menarik untuk dibahas ditahun ini selain ayam pheasant. Ayam hias ini telah banyak menyedot perhatian para penghobi, peternak, pejabat, paranormal hingga ibu-ibu pkk…😄😄

5 jenis ayam pheasant + sub jenisnya
Rekomendasi 5 jenis Ayam Pheasant 2020

Memang, tak ada yang menyangsikan keindahan ayam pheasant ini. Sama dengan burung cendrawasih dan burung merak, burung ini juga sering diibaratkan jelmaan burung dari surga..MasyaAlloh, Ciptaan yang maha kuasa memang tak ada habisnya untuk digali dan dinikmati.

Apabila saat ini atau di tahun ini anda berencana untuk membeli ayam pheasant, namun masih bingung pilih yang mana ” ?? saya akan coba memberi panduan untuk memilih diantara 5 jenis ayam pheasant + sub spesiesnya yang tersedia dipasaran saat ini.

Saya akan ulas tuntas profil calon-calon kandidat kuat 5 jenis ayam pheasant ini. Ditambah beberapa sub jenisnya untuk anda pilih. ikuti ya om ulasannya berikut ini.

Sambil membaca artikel ini, saya anjurkan anda ditemani kopi hangat, gorengan atau apa saja yang penting bikin nyaman.. Dipersilahkan sambil selonjoran..🙂🙂

Daftar 5 Jenis Ayam Pheasant + Sub Jenisnya :

1. Ringnecked Pheasant / common pheasant

Bila anda baru pertama kalinya akan memelihara ayam pheasant. Dari 5 jenis ayam pheasant yang ada, pertama paling saya rekomendasikan adalah ringnecked pheasant.

5 Jenis ayam pheasant : Ringnecked Pheasant
5 Jenis ayam pheasant : Ringnecked Pheasant

Diantara jenis ayam pheasant lainnya, jenis ini paling punya daya tahan tubuh yang baik. Mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan cuaca apapun. Jadi, ketika ayam ini pindah ke lokasi anda maka, adaptasinya tidak akan banyak menemui kendala.

Sudah terbukti, banyak sudah peternak lokal yang berhasil mengembangbiakan ayam ringnecked pheasant ini. Tidak perlu skill seorang ” MASTAH ternak ” untuk memeliharanya. ( asal niat kuat + tidak lupa ngasih makan dan minum aja 🙂🙂 ), saya yakin anda juga mampu memeliharanya.

Menurut beberapa sumber artikel sejarah, Ringnecked pheasant aslinya berasal dari Asia terutama di antara negara china, korea dan jepang.

Selain disebut chinese pheasant, mereka juga sering dijuluki japanese pheasant. Akan tetapi, di habitat aslinya di alam liar, jenis ini diketahui sering bermigrasi bahkan hingga ke daratan benua amerika. Sehingga, warga amerika juga mengklaim bahwa jenis pheasant ini berasal dari amerika. Entahlah.., pastinya bukan berasal dari ‘ tegalrejo ‘…

Ringnecked pheasant Ini memiliki beberapa sub jenis diantaranya :

  • Red Ringnecked / ringnecked merah.
  • Greeen Ringnecked / ringnecked hijau.
  • White Ringnecked / ringnecked putih.
  • Splash / Ringnecked blorok.
  • Blue Ringnecked.
  • Melanistic mutant ringnecked.
5 Jenis ayam pheasant : Ringnecked Pheasant sub jenis
5 Jenis Ayam Pheasant : Sub Jenis Ringneked Pheasant

Di usia 9-10 bulan keatas, sepasang dewasa ringnecked pheasant sudah mulai birahi dan kawin. Berbeda dengan jenis ayam pheasant lainnya, jenis ini dapat bertelur sepanjang tahun. Mereka mampu bertelur hingga 20-35 butir dalam satu kali masa produksi.

2. Golden Pheasant

Daftar dari 5 jenis ayam pheasant berikutnya yang paling saya rekomendasikan pasti golden pheasant. Jenis ini memiliki faktor WOW buat saya dan mungkin juga buat orang-orang yang se profesi. Kenapa saya rekomendasikan jenis ini ? Geser dulu ke lain paragraph..

5 jenis ayam pheasant - golden pheasant
5 Jenis Ayam Pheasant : Golden Pheasant

Jenis ayam pheasant ini klo di ibaratkan seperti “Lionel messi” nya pheasant.” paham ya maksud saya”??? Paling bersinar, paling memikat, paling menyita perhatian diantara jenis lainnya. Rata-rata, para penghobi pertama kali jatuh cinta dengan ayam pheasant pasti karena melihat jenis ini dulu, setelahnya baru jenis lain.

Golden Pheasant ( Chrysolophus pictus ) adalah salah satu jenis pheasant yang juga berasal dari china. Tepatnya di china bagian barat dekat negara tibet. Di Indonesia sendiri awalnya jenis ini disebut dengan sebutan ayam tibet atau ayam hong. Seiring perkembangan zaman, orang kita sekarang lebih mengenalnya dengan sebutan ayam pegar atau ayam golden pheasant.

Mungkin hanya di indonesia yang menyebut jenis pheasant ini dengan sebutan ” ayam “. Padahal secara global, dinegara lainnya menyebutnya dengan sebutan burung.

Alasan orang-orang kita sebetulnya logis juga, saya sendiri juga lebih senang menyebutnya ayam. Berikut salah satu penjelasannya mengapa tidak disebut ‘burung golden pheasant’..
Alasan orang kita menyebutnya dengan sebutan ayam karena :

  • Golden pheasant anakan, ketika baru menetas dari telur hingga usia remaja makannya tidak perlu diloloh / disuapi. Ini berbeda dengan jenis burung pada umumnya.
  • Ayam Golden pheasant lebih banyak menghabiskan waktunya didarat.
  • Pioneer pengembangbiak golden pheasant di indonesia adalah mereka yang awalnya pembudidaya ayam hias. Sehingga golden pheasant ini lebih populer di dunia per ‘ayamhias’ an dibanding dunia burung lokal.

Itulah uniknya warga +62…I love Indonesia..

Asal usul Golden Pheasant

Diperkirakan, ayam golden pheasant hadir di indonesia sekitar tahun 1980 an. Awalnya hanya diperuntukan untuk kebun binatang atau koleksi pribadi orang-orang tertentu saja. Namun, saat ini golden pheasant sudah bisa dimiliki oleh banyak individu.

Sepengetahuan saya, awal mula secara profesional ayam ini dikembangbiakan di indonesia yaitu, sekitar tahun 2011-2012 an.

Kami sendiri memulai pengembangbiakan golden pheasant ini di tahun 2015, setelah di tahun sebelumnya kami memelihara ringnecked pheasant. Jenis ayam pheasant pada umumnya tidak susah perawatannya hanya, memang diperlukan kandang yang nyaman dan cukup luas untuk memeliharanya.

Di habitat aslinya mereka hidup berkoloni. Siang hari berburu pakan biji-bijian, daun dan invertebrata di tanah. Dan dimalam hari mereka tidur istirahat dengan bertengger dipohon. Selama musim dingin, kawanan cenderung mencari makan di dekat pemukiman manusia di tepi hutan, terutama mengambil daun dan biji gandum.

Meskipun bisa terbang, tapi mereka bukan penerbang yang handal. Mereka hanya terbang dalam jarak dekat dan tidak terlalu tinggi seperti jenis burung pada umumnya. Mereka lebih suka berlari dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tanah. Jika terkejut, mereka tiba-tiba bisa terbang ke atas dengan kecepatan tinggi dan dengan suara sayap yang khas.

Sa’at musim kawin tiba, pejantan menari-nari untuk menarik perhatian betina. Ciri khasnya yaitu, memegarkan bulu pada bagian ring leher dan bulu belakang diatas pundak. Inilah mungkin alasannya mengapa mereka dijuluki ayam pegar.

Dalam satu musim, Betina bertelur 8 hingga 12 telur dan kemudian akan mengeraminya selama 22-23 hari. Tapi klo di penangkaran, 1 betina bisa bertelur hingga 50 butir permusimnya.

Baca juga di halaman lain: Jual ayam golden pheasant

Golden Pheasant memiliki beberapa sub jenis diantaranya :

1. Red Pheasant

Red pheasant adalah jenis ayam pheasant dari hasil persilangan antara jenis golden dengan jenis lady amherst. Jenis ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan jenis golden namun, beda jenis tentu ada perbedaanya. Perbedaan ciri fisiknya dengan jenis golden yaitu :

  • Bulu jambul berwarna oranye / merah.
  • Warna bulu pada bagian ring leher berwarna putih.
5 Jenis ayam pheasant : red pheasant
5 Jenis ayam pheasant : red pheasant

2. Red Lady Pheasant

Jenis ini juga hampir mirip dengan kedua jenis yang disebutkan diatas. Namun, pada jenis ini warna bulunya lebih mendekati ke jenis lady amherst. Berikut perbedaan ciri fisiknya :

  • Bulu pada bagian tubuh depan berwarna putih terkadang ada beberapa bercak warna merah.
  • Pola warna pada bulu bagian ekornya lebih mirip jenis lady namun pola warnanya lebih pudar.

3. Yellow Pheasant

Yellow pheasant adalah jenis keturunan dari golden pheasant. Terjadi juga pada unggas lainnya seperti kalkun, burung merak dll. Pada jenis ayam pheasant juga sangat memungkinkan terjadi mutasi warna dan ini terjadi pada jenis ini. ya..Yellow pheasant adalah jenis yang dihasilkan dari mutasi golden pheasant.

5 Jenis ayam pheasant : yellow pheasant
5 Jenis ayam pheasant : yellow pheasant

Walaupun jenis ini hasil mutasi namun, pemurnian gennya sudah terjadi sejak lama. Jadi, saat ini yellow pheasant sudah mempunyai 100% gen tersendiri. Seperti sesepuhnya yaitu golden pheasant, jenis ini memiliki karakteristik dan pola hidup yang sama, perbedaanya hanya pada warna bulu saja.

Yellow pheasant juga memiliki sub jenis, yang paling menarik yaitu Peach Pheasant, berikut penampakannya..

5 Jenis ayam pheasant : Peach pheasant
5 Jenis ayam pheasant : Peach pheasant

Apabila anda ingin memelihara ayam pheasant tapi yang agak tidak umum. Maka dari 5 jenis ayam pheasant yang tersedia, yellow pheasant ini bisa anda pilih.

Baca juga : Cara ternak ayam pheasant disini

— Rekomendasi 5 jenis ayam pheasant + sub jenisnya —

3. Lady Amherst Pheasant

Rekomendasi dari 5 Jenis ayam pheasant berikutnya adalah lady amhesrt pheasant. Klo golden pheasant seperti “Lionel messi” nah , klo lady amherst ini ibarat ” Cristiano Ronaldo ” nya pheasant. Tidak kalah bersinar, tidak kalah memikat dan sama-sama paling menyita perhatian diantara jenis lainnya.

5 Jenis ayam pheasant : Lady Amherst pheasant
5 Jenis ayam pheasant : Lady Amherst pheasant

Lady Amhesrt Pheasant ( Chrysolophus amherstiae ), jenis ayam pheasant ini aslinya berasal dari Cina barat daya dan di daerah utara Myanmar. Bersama dengan golden pheasant, jenis inilah yang diperkirakan pertama kalinya hadir di indonesia.

Mereka memiliki kemiripan yang paling dekat dengan jenis golden tetapi memiliki postur sedikit lebih besar dan ekor yang lebih panjang. Ekornya bisa mencapai hingga 80cm.
Sangat memungkinkan ditahun pertamanya induk betina bisa bertelur. Tapi, sepengalaman kami beternak, jenis ini baru matang dan baru full bulunya diusia 2 tahunan.

Di indonesia sendiri, jenis ini sangat populer namun, populasinya belum terlalu banyak sehingga stoknya juga terbatas. Inilah yang menyebabkan harganya dipasaran lebih tinggi dibanding jenis golden.

Apabila anda tertarik mengembangbiakan jenis ini, tentunya ini akan jadi peluang binis yang sangat menjanjikan. Mengapa menjanjikan ? karena, dengan stok yang terbatas dan permintaan pasar yang tinggi, tentunya akan sangat dibutuhkan dalam jumlah banyak ketersediaan stoknya.

— 5 jenis ayam pheasant + sub jenisnya —

4. Silver Pheasant / (Lophura nycthemera)

Silver pheasant adalah jenis ayam pheasant yang aslinya berasal dari pegunungan di china timur dan selatan dekat negara vietnam.

5 Jenis ayam pheasant : Silver pheasant
5 Jenis ayam pheasant : Silver pheasant

Daya tarik utama dari jenis ini bila dibandingkan 5 jenis ayam pheasant lainnya. Adalah, perpaduan dua warna bulunya yang sangat klasik. Setengah bagian bawah ayam ini bulunya berwarna hitam glossy dan pada bulu bagian atas berwarna putih. Posturnya kurang lebih mirip jenis ringnecked pheasant namun memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Ketika masa birahi, untuk menarik perhatian betinanya pejantan menari nari dengan cara memegarkan bulu pada bagian sayap dan ekor. Tarian inilah yang menjadi salah satu ciri khas dan daya tarik pesonanya. Seperti jenis ayam pheasant pada umumnya, jenis ini bertelur hanya semusim pertahunnya. Di tahun pertama, dewasa biasanya sudah kawin dan induk betina sudah mampu menghasilkan produksi telur.

Silver pheasant memiliki beberapa sub jenis, yang paling terkenal adalah jenis lewis pheasant.

5 Jenis ayam pheasant : Lewis pheasant
5 Jenis ayam pheasant : Lewis pheasant

Saya sangat senang memelihara silver pheasant ini karena, memeliharanya sangat mudah. Tidak rewel dan mereka sangat produktif..mungkin nanti anda juga akan senang memilikinya..

— Rekomendasi 5 jenis ayam pheasant + sub spesies —

5. Reeves’s Pheasant

Reeves’s pheasant (Syrmaticus reevesii) adalah jenis ayam pheasant yang juga berasal dari China. Jenis Ini diberi nama reeves’s oleh seorang naturalis Inggris bernama John Reeves. Dialah yang pertama kali memperkenalkan jenis ini di Eropa pada tahun 1831 sehingga, nama jenis ini disematkan dengan namanya. Dan hingga sekarang, jenis ini populer dengan sebutan reeves’s pheasant.

5 Jenis ayam pheasant : Reeves's pheasant
5 Jenis ayam pheasant : Reeves’s pheasant

Mereka memang tidak memiliki bulu warna yang terang dan kontras seperti 5 jenis ayam pheasant lainnya. Tapi, jenis ini memiliki bulu ekor yang sangat panjang. Bahkan reeves’s pheasant ini disebutkan masuk dalam Guinness World Records edisi 2008. Memecahkan rekor karena memiliki bulu ekor alami terpanjang dari semua spesies burung. Sebuah pemecahan rekor yang sebelumnya dipegang oleh burung great argus pheasant / burung kuau raja.

Ekornya bisa mencapai ukuran panjang hingga 2,4 m. Inilah yang menjadi daya tarik utama yang tidak dimiliki jenis ayam pheasant lainnya.

Di indonesia sendiri jenis ini masih sangat langka. Hanya beberapa orang saja yang memilikinya. Stok yang ada dipasaran juga kebanyakan didatangkan dari luar negeri.

Pada sekitar tahun 2013- 2014 an, di indonesia pernah ada yang sukses mengembangbiakan jenis ini. Namanya bapak jangkung raharjo dari bandung. Lewat rekan saya mas bambang saputro, saya juga dulu dapat bibit jenis ini dari beliau. Namun sayang, saat ini beliau sudah tidak beternak lagi.

Bila anda berminat memiliki dan mengembangbiakan reeves’s pheasant ini, sungguh saya akan sangat ber terima kasih. Karena, saya sendiri sangat menginginkan sekali populasinya bisa bertambah banyak agar, banyak orang bisa menikmati memiliki koleksi reeves’s pheasant ini.

Buka disini untuk cek harga aneka jenis ayam pheasant

Penjualan Aneka Jenis Ayam Pheasant

Apabila anda membutuhkan aneka jenis ayam pheasant yang kami rekomendasikan diatas. Atau anda mau tanya-tanya dulu, silahkan anda bisa kontak kami :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Perawatan Ayam Pheasant

Sebelum anda memeliharanya. Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan agar si “ ayam ” merasa nyaman dan sehat ketika kelak anda pelihara. Beberapa faktor itu diantaranya :

  • Kandang
  • Pakan
  • Perawatan Kesehatan

Persiapan Kandang

Kandang untuk anakan, bisa dibuatkan box dari kayu. Atau cukup dengan menggunakan kardus besar yang bisa menutup sirkulasi udara hingga 50%. Tujuannya agar kandang hangat. Tambahkan juga lampu penerangan agar lebih hangat.

Untuk ayam remaja dan dewasa, anda dapat memeliharanya dengan cara dikandangkan dalam kurungan. Kandang terbaik yang paling saya rekomendasikan adalah ditempatkan dikandang polier. Karena, selain ayam bisa bergerak leluasa, ayam juga masih terlindungi kandang. Serta, anda juga bisa lebih maksimal dalam menikmati keindahan ayam pheasant ini.

Kandang yang disiapkan membutuhkan asupan cahaya / sinar matahari yang cukup. Lantainya bisa pasir, tanah kering atau rerumputan. Standar Kandang yang saya anjurkan minimal memiliki luas area 1,5 × 2m untuk populasi sepasang dewasa. Bila jumlah populasinya lebih, maka luas areanya juga harus ditambah lagi.

— Rekomendasi 5 jenis ayam pheasant + sub jenisnya untuk anda —

Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk ayam pheasant ini sangat mudah, anda dapat menggunakan hampir semua jenis pakan unggas. Agar si ayam tidak bosan dengan menu pakan, anda bisa mengkombinasikan macam-macam pakan. Misalnya pur dicampurkan dengan irisan sayuran atau dicampur dengan nasi dan lainnya.

Sesekali berikan juga pakan seperti jangkrik, ulat atau cacing agar si ayam tetap ada naluri seperti di habitat aslinya. Pada musim kawin, saya anjurkan sering-sering diberi tambahan pakan toge agar kualitas telurnya bagus.

Apabila anda ingin si ayam lebih jinak, biasakan berikan pakan dengan tangan. Selain akan lebih jinak, dengan cara ini juga akan menambah ikatan batin / keintiman antara anda dengan si ayam.

Perawatan Kesehatan

Perawatan ayam pheasant pada umumnya hampir sama saja dengan cara memelihara ayam hias lainnya. Faktor perawatan yang paling terpenting tentunya dari segi perawatan kesehatan. Anda tentunya tidak ingin ayam kesayangan anda ini terserang penyakit atau bahkan hingga mati..oh jangan…🥺🥺😭😭.

Pencegahan :

secara berkala berikanlah vitamin ayam. Vitamin merupakan tambahan nutrisi yang sangat dibutuhkan semua makhluk hidup tidak terkecuali ayam. Ayam akan mudah terserang penyakit bila kekurangan nutrisi dalam tubuh. Oleh sebab itu, asupan vitamin harus terpenuhi.

Ada banyak pilihan minuman dan obat-obatan yang bisa diberikan. Anda bisa memberikan rutin minimal 2 x dalam seminggu. Minuman yang diberikan bisa seperti vita chick atau vita stress. Atau bisa juga minuman alami yang bahannya dari serapan air kunir dan jahe.

Buka Halaman kami yang lain disini : Jual ayam brahma

Bulu Ayam Pheasant

Tiap tahun, bulu ayam pheasant akan berganti, semakin tua biasanya semakin bertambah panjang hingga maksimal kemampuannya. Ketika bulu copot, ada baiknya bulu dikumpulkan untuk dimanfaatkan sebagai accesories di rumah. Atau, untuk dijual juga laku om..harganya untuk bulu ekor utama biasanya dibeli pengepul seharga Rp.20.000..kan lumayan buat beli saos..

Bulu ayam pheasant
Bulu ayam pheasant

Penutup

Bila dalam penulisan artikel ” 5 jenis ayam pheasant ” ini saya ada kekeliruan. Baik itu kekeliruan data, fakta, dan kata. Saya mohon maaf dan mohon pemaklumannya dari anda. Saya yakin anda memiliki jiwa yang lembut..

Adapun tujuan saya mengetik artikel ini. Yaitu, selain tentunya jualan, saya ingin berbagi pengalaman dan berbagi ilmu yang telah didapat selama beternak ayam pheasant ini..Ibarat kata, jangankan ilmu, Anda punya rokok juga harus bagi-bagi dong, kasian temennya klo cuma manyun-manyun..😒😒🤗

Pastikan untuk menambahkan ayam pheasant ini ke koleksi kebanggaan Anda.

Sumber :

Faq

Jenis ayam pheasant apakah yang paling populer ?

Golden pheasant, lady amherst pheasant dan ringnecked pheasant.

Ayam pheasant apa yang paling murah ?

Ringnecked pheasant red / merah dan green ringnecked / ringnecked hijau

Ayam pheasant apa yang paling mahal ?

Untuk pasaran harga saat ini di tahun 2020, yang termahal adalah jenis ayam pheasant yang masih langka seperti, Tragopan, palawan peacock, bulweri dll.

Bila anda ada waktu luang, silahkan berkunjung ke halaman lain di website ini :

Terima kasih.. semoga anda sukses selalu..aamiin.🤲

— Rekomendasi 5 jenis ayam pheasant + sub spesiesnya untuk anda —

2 Comments for Rekomendasi 5 jenis Ayam Pheasant + Sub Spesiesnya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *