HOME
Home » Ayam Brahma » 5 Alasan Mengapa Berternak Ayam Brahma Itu Menyenangkan

5 Alasan Mengapa Berternak Ayam Brahma Itu Menyenangkan

Posted at June 29th, 2020 | Categorised in Ayam Brahma

Apabila saat ini anda sedang mempertimbangkan untuk berternak ayam brahma, atau mungkin sudah berniat memiliki ayam brahma ini di rumah anda. Mungkin, artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan anda mengenai ayam istimewa ini.

Selain itu, dalam artikel ini juga akan menceritakan seputar karakteristik, ciri khas dan alasan mengapa harus berternak ayam brahma. Ikuti pemaparannya..

ayam brahma
berternak ayam brahma

Alasan Mengapa Berternak Ayam Brahma

Dengan tubuh gemuk, postur tinggi, kaki berbulu dan sifat bersahabat, tidak sulit untuk mengatakan mengapa ayam brahma merupakan keindahan baru bagi pecinta ayam hias khususnya di indonesia.

Penampilan elegan dan tabiatnya yang damai, menjadikan mereka sangat dikagumi oleh para penghobi. Daya tahan tubuhnya yang cukup baik serta mudahnya berkembangbiak dan beradaptasi, adalah anugerah bagi setiap peternak dimanapun untuk membudidayakannya.

Seperti diuraikan diatas, Ayam brahma memiliki tampilan ibarat raksasa yang sangar tapi mereka tidak agresif. Mereka mudah ditangkap, bisa dielus-elus bahkan dipeluk. sehingga, sangat ideal untuk dilepas dihalaman karena, tidak akan mengganggu anda dan orang-orang disekitar anda.

Tubuh mereka yang besar ini, dengan otomatisnya mencegah mereka menjadi lincah dan terampil sehingga, tidak ada risiko mereka terbang ke tetangga atau mendapati diri mereka berada di tempat yang mengganggu pohon.

Mereka ayam yang sangat ramah dan lembut. Selama anda bisa memperhatikannya dengan baik, mereka akan jadi teman yang sempurna untuk anda dan keluarga, bahkan untuk anak-anak.

Induk betina ayam brahma juga dikenal ibu yang sangat lembut dan penuh tanggung jawab. Mereka bisa jadi ibu asuh yang luar biasa untuk menetaskan telurnya. Bahkan, dia juga tidak akan keberatan sama sekali untuk mengerami dan menetaskan telur ayam lainnya dan menganggap mereka seperti miliknya sendiri.

Menikmati secangkir teh atau kopi, sambil memandangi ayam brahma yang lembut ini berkeliaran di halaman atau dikandang mungkin akan jadi kebahagiaan sederhana sebagai pelepas penat dan jenuh “..

1. Ideal Untuk Penghias Halaman / Pekarangan

ayam brahma untuk hiasan
ayam brahma sangat ideal untuk dijadikan penghias halaman rumah

Apabila anda mengidamkan ayam peliharaan yang tenang, ramah dan tidak liar, ayam Brahma lah jawabannya. Bila mereka dilepas liarkan di halaman atau kebun, mereka akan sangat membantu anda. Karena, kotoran ayam merupakan pupuk yang bagus untuk menyuburkan tanah. Ayam juga membantu membunuh serangga penganggu tanaman.

Semisal anda tidak memiliki pekarangan atau halaman yang luas, bisa juga ditempatkan dalam kurungan dan tidak akan mengurangi keindahannya.

2. Mudah Dipelihara

Selain memiliki penampilan yang anggun dan cantik, ayam brahma juga tergolong ayam hias yang mudah dipelihara. Bila anda tidak terlalu punya banyak waktu luang untuk memeliharanya, anda cukup tinggal memberikan pakan kering sehari bisa 2-3 kali sudah cukup.

3. Tahan Dalam Cuaca Dingin

Brahma memiliki daya tahan tubuh yang bagus, terutama ketika perubahan musim kemarau ke musim dingin dan musim kemarau panjang. Biasanya cuaca akan sangat ekstrim beriklim dingin sehingga, ayam umumnya akan mudah terserang penyakit.

Namun, berkat bulunya yang tebal seperti mantel ini, akan dengan sendirinya menciptakan suhu hangat dan menjadi pelindung untuk badannya.

4. Penyedia Daging & Telur bergizi

Mungkin anda pernah mendengar istilah ; Kamu adalah apa yang kamu makan ! ya..Istilah itu memang klise tapi menurut saya itu istilah yang tepat.

Ayam brahma ini bisa dikatakan juga sebagai ayam pedaging dan ayam petelur. Selain ukurannya yang besar, mereka adalah penghasil telur yang sangat produktif. Satu Induk betina dalam semusim bisa menghasilkan rata-rata 30-40 butir telur. Bila dikalkulasikan dalam setahun, jumlahnya bisa mencapai hingga 200 butir telur.

Mereka akan dengan senang hati terus menerus bertelur, terutama di musim hujan. Dan, ketika musim dingin ekstrim sekalipun, mereka akan sangat baik mengerami telurnya ini dikarenakan berkat bulunya yang tebal.

Bila anda berniat berternak ayam brahma ini untuk sekedar jadi teman dan penghias saja, tidak berniat menetaskan telurnya maka, telurnya yang banyak dan bergizi ini bisa jadi santapan berkualitas untuk sarapan atau makan sehari-hari anda sekeluarga.

5. Peluang usaha sampingan Dari Berternak Ayam Brahma

Di indonesia sendiri, berternak ayam brahma belum sepopuler seperti di amerika atau dibelahan dunia barat umumnya karena, ayam hias ini baru hadir di kita kurang lebih sekitar 2013 an dan semakin populer di 3-4 tahun belakangan ini.

Saat ini, berternak ayam brahma di negeri kita belum terlalu populer dan pengembangbiakan nya juga belum terlalu banyak padahal, permintaan pasar untuk ayam hias ini sangat tinggi. Bila dilihat dari segi ini, tentu ini akan menjadi peluang usaha yang mungkin bisa menghasilkan uang sampingan untuk anda.

Baca juga halaman kami yang lain : jual ayam brahma original bergaransi

Karakteristik Ayam Brahma

ayam brahma betina
betina ayam brahma

Ayam brahma memang ayam yang berukuran besar tapi, mungkin anda ber ekspektasi / membayangkan bobotnya juga sangat besar. Tunggu dulu, anda jangan tertipu penampilan. Walaupun terlihat raksasa dan memang besar tapi mungkin tak sebesar dan seberat yang anda kira.

Mereka terlihat besar karena posturnya yang tinggi dan terutama karena bulunya yang tebal. Padahal, sesungguhnya rata-rata bobot pejantan rata-rata berbobot 4-5kg saja. Memang ada beberapa yang bobotnya yang sangat besar namun, sangat jarang dan mereka bisa sangat berbobot besar bila usianya sudah bertambah tua, minimal usia 4 tahunan baru akan sangat besar.

Jadi, bila anda berniat berternak ayam brahma untuk dijadikan ayam pedaging, faktor bobot ini tentu akan jadi pertimbangan. Namun, anda tidak perlu khawatir, apa yang dimiliki Ayam Brahma lebih dari sekadar menebus karena, mereka ayam yang menakjubkan untuk dilihat !.

Ciri Khas Ayam Brahma

Bila kelak anda akan memilih ayam brahma, pastikan anda memilih ayam brahma yang original. Standar utama ciri khas dari tampilan ayam brahma original yang diakui diantaranya :

  • Jengger berbentuk telon dan agak bergerigi
  • Paruh pendek
  • Mata penuh dan tajam
  • Pial berwarna merah
  • Kaki besar berwarna kekuningan
gold partridge
gold partridge brahma

Penutup

karakter
ayam brahma memiliki karakter yang tenang dan jinak

Apabila saat ini anda tertarik dan ingin membeli ayam ini, kami ayamkalkun.com menjual ayam brahma aneka jenis mulai usia anakan, remaja hingga indukan siap untuk dipelihara. Silahkan anda bisa kontak kami untuk pemesanannya.

Buka sample video jual ayam brahma kami disini

Saya sendiri sebetulnya tergolong belum lama memiliki ayam hias ini dan saya juga bukan seorang yang ber skill MASTAH dalam berternak ayam brahma. Namun, saya berpikir mungkin tidak ada salahnya juga bila berbagi hal yang menyenangkan.

Terakhir, bila dalam artikel ini kami sebagai penulis ada kesalahan kata dan data, kami mohon pintu maafnya dan mohon pemaklumannya. kami terbuka untuk koreksi, saran dan kritik dari anda semuanya.

Bila artikel ini dirasa tak berguna silahkan di skip saja namun, bila dirasa bermanfaat, silahkan anda share atau tinggalkan komentar dibawah ini. Terima kasih. Wassalam..

Ayamkalkun.com ” Alasan Mengapa Berternak Ayam Brahma itu Menyenangkan ” 2020.

1 Comment for 5 Alasan Mengapa Berternak Ayam Brahma Itu Menyenangkan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *