HOME
Home » Ayam Kalkun » Ayam Kalkun : Deskripsi Lengkap, Aneka Jenis & Harga Jual Terbaru

Ayam Kalkun : Deskripsi Lengkap, Aneka Jenis & Harga Jual Terbaru

Posted at August 21st, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Mungkin tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa, ayam kalkun akan sepopuler dan begitu diperhatikan keberadaannya seperti sekarang ini. Diketahui, sebelum tahun 1500 an kalkun mungkin hanya dipandang sebagai satwa liar biasa yang menjadi hewan buruan tradisional untuk penduduk / suku setempat.

kalkun
indukan kalkun

Ayam kalkun sendiri merupakan satwa asli benua amerika, tepatnya di bagian utara, yang sekarang dikenal dengan negara mexico, amerika serikat dan canada. Sebagai hewan yang memiliki perawakan besar, mereka dimanfaatkan suku aztec untuk diambil dagingnya sebagai sumber makanan. Mereka tidak dimanja dan dipuja-puja keindahannya seperti saat ini.

Seiring perkembangan zaman, fungsinya lambat laun mulai berubah. Saat ini mereka tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan dunia kuliner saja. Keunikan dan keindahan tampilannya, difungsikan juga untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan atau sebagai ayam hiasan. fungsi ayam kalkun mulai bergeser ketika, mereka untuk pertama kalinya dibawa keluar dari benua dimana habitat aslinya berada. Pada tahun 1580 an, mereka dibawa oleh columbus menuju benua eropa tepatnya ke negara spanyol.

Dengan tubuh besar, bulu indah serta rasa dagingnya yang lezat, tidak disangsikan bahwa ayam kalkun merupakan anugerah bagi para penghobi unggas manapun diseluruh dunia. Mereka telah berperan besar dalam memulai kegemaran untuk memelihara ayam sebagai hewan peliharaan.

Spesies ayam kalkun sendiri dibagi menjadi dua, spesies lainnya yaitu occelated turkey. jenis ini dianggap sebagai saudara dekat dari kalkun liar. Walaupun begitu, karakteristik dan tampilannya sangat jauh berbeda. Adapun jenis kalkun yang dibahas dalam artikel ini adalah kalkun yang merupakan keturunan dari kalkun liar.

Asal usul / sejarah ayam kalkun

Kalkun adalah ayam yang berasal dari Amerika Utara. Mereka merupakan satwa purba yang kehadirannya diprediksi telah ada sejak 20 juta tahun yang lalu. Keterangan ini berdasarkan hasil identifikasi fosil-fosil tua yang ditemukan dan telah diteliti oleh para ilmuwan. Untuk memudahkan identifikasinya, setelahnya dikelompokanlah mereka kedalam keluarga phasianidae yaitu, grup hewan sejenis ayam dan burung yang hidup didaratan. Dalam kelompok ini, didalamnya termasuk hewan seperti ayam pheasant, ayam hutan, burung merak dll.

Sebelum columbus datang dan menjelajah benua amerika, kalkun hanya dikenal sebagai satwa liar yang telah dijinakan untuk diternakan oleh suku aztec yang merupakan penduduk asli setempat. Pada tahun 1870 an, kalkun liar ini lalu dibawa oleh columbus ke benua eropa untuk dilakukan pengembangbiakan juga disana.

Ketika diternakan disana, terjadi perubahan warna pada bulunya. Proses ini dikenal juga dengan sebutan mutasi yaitu, evolusi perubahan pada warna bulu. Bulu mereka telah berubah warnanya dari hitam perunggu menjadi hitam pekat. jenis warna inilah yang kita kenal saat ini dengan sebutan jenis black spanish dan norfolk black.

Setelah beberapa lama pengembangbiakannya berjalan, kalkun yang telah bermutasi ini dibawa kembali ke amerika untuk dikawinkan lagi dengan kalkun liar. Dari hasil perkawinan ini, muncullah varietas baru yang kemudian dijuluki dengan sebutan bronze turkeys.

Aneka Jenis Warna Ayam Kalkun

Jenis ayam kalkun hanya dibedakan dari warna dan pola pada bulunya. Untuk postur, cara hidup hingga karakteristik umumnya memiliki ciri yang sama. Sejak pertama kalinya mengalami mutasi warna, dimulailah pemberian nama-nama julukan untuk setiap tipe warna bulunya.

Berikut ini kami akan bahas sekilas profil jenis-jenis kalkun yang populer di indonesia dan saat ini jenis tersebut dijual di tempat kami.

1. Black Spanish

Inilah jenis generasi paling awal dari perubahan warna yang dihasilkan dari mutasi pada ayam kalkun. Seperti nama julukannya, black spanish memang memiliki warna bulu dominan berwarna hitam gelap. Gelar nama ‘spanish’ yang disematkan dalam namanya ini, diambil dari negara asal ketika mereka pertama kali hadir yaitu di negara spanyol.

2. Bronze Turkeys

Jenis bronze mungkin jenis kalkun yang paling umum dan paling populer diseluruh dunia. Mereka merupakan generasi pertama yang dihasilkan dari perkawinan antara kalkun liar dengan kalkun black. Penamaan bronze sendiri, adalah karena tampilan warna bulunya yang sekilas mirip dengan warna perunggu.

ayam kalkun
Jenis ayam kalkun black, bronze, white holland dan pencilled palm

3. White Holland

Ketika mendengar nama white, pasti disebutkan karena memiliki warna putih. Memang iya, ayam kalkun white holland hanya memiliki warna bulu putih saja di seluruh bagian bulunya. Mereka akan sangat menarik tampilannya bila dimasukkan dalam kelompok kawanan kalkun lainnya karena, tampilannya ini akan sangat kontras dan begitu terlihat.

4. Pencilled palm

Pola warna bulu yang beragam dan memiliki corak unik seperti batik adalah keunggulan dan ciri khas dari pencilled palm. Selain itu, yang paling menarik dari tampilannya adalah pola warna pada bagian ekornya yang memiliki corak seperti pola warna harimau. untuk ini, terkadang mereka mendapat julukan lain yaitu pencilled tiger.

5. Bourbon red & Self Buff

Pertama kali dikembangkan di amerika serikat, jenis ini adalah kebanggaan warga bourbon county texas yang dimana, disinilah awal mula kalkun ini hadir dan dikembangkan. Sehingga, nama julukannya pun mengikuti asal kota ini. Kalkun Bourbon red memiliki warna bulu coklat kemerahan dengan tambahan warna putih pada bagian sayap dan ekornya. Pada jenis tertentu, terkadang bagian ekornya berwarna coklat polos.

Sementara untuk jenis self buff, warna bulunya adalah coklat muda. Jenis ini dihasilkan dari perkawinan silang antara bourbon red dengan white holland.

kalkun
jenis kalkun royal, golden palm, selfbuff dan bourbon red

6. Golden & Royal Palm

Kedua jenis ini memiliki tampilan utama bulu berwarna putih. Untuk jenis kalkun royal palm hanya ditambahkan warna hitam sedangan golden memiliki tambahan warna hitam dan coklat. Jenis ini merupakan spesies kalkun yang tujuannya diperuntukan untuk ayam kalkun peliharaan atau kalkun hias.

7. Blue slate dan Lilac Turkey

kalkun blue
blue slate dan lilac

Berwarna dasar abu-abu kebiruan adalah tampilan warna utama pada bulu jenis ini. Untuk jenis kalkun blue slate, hanya memiliki dua warna yaitu, bulu abu-abu cerah diseluruh bulu kecuali warna putih pada sayapnya. Sedangkan untuk jenis lilac, warna abu-abunya sedikit gelap dengan tambahan warna coklat pada beberapa bagian helai bulunya. jenis blue ini merupakan jenis yang sangat langka sehingga, harganya dipasaran hingga saat ini paling mahal harganya.

8. Ayam Kalkun Naragansett

kalkun naragansett
naragansett turkey

Salah satu jenis yang telah lama populer di indonesia salah satunya adalah jenis naragansett. Walaupun populer, jenis ini populasinya masih sangat jarang sehingga dipasaran sangat jarang pula ditemui. Corak dan warna bulu naragansett adalah warna abu-abu gelap yang berpadu dengan warna kuning keemasan.

Kesimpulan

Pada setiap jenis, umumnya dikenal memiliki tingkat pertumbuhan yang baik sehingga, semua jenis cocok untuk dijadikan jenis pedaging.

Untuk melihat harga jual aneka jenis kalkun, anda bisa membukanya ditautan ini :

Harga Ayam Kalkun

Berikut ini daftar harga kalkun yang kami jual. Adapun dalam list yang tertera disini, adalah harga jual untuk jenis kalkun umum seperti jenis bronze, pencilled dan golden palm. Untuk harga jenis lainnya memiliki harga yang berbeda. Pembahasan mengenai harga aneka jenis, daftar list bisa anda simak di tautan ini : Daftar Harga Ayam Kalkun Terbaru 2020

UsiaHargaJumlah
Dot – 1 MingguRp. 35.0001 Ekor
2 MingguRp. 45.0001 Ekor
3 MingguRp. 55.0001 Ekor
1 BulanRp. 65.0001 Ekor
2 BulanRp. 85.0001 Ekor
3 BulanRp. 125.0001 Ekor
4 BulanRp. 175.0001 Ekor
5 BulananRp. 450.000Sepasang
Siapan IndukRp. 600.000Sepasang
Dewasa / IndukRp. 700.000 – 800.000Per pasang
Daftar harga ayam kalkun

Note penting :

  1. Harga hanya berlaku untuk jenis bronze, pencilled dan golden.
  2. Harga tidak termasuk biaya pengiriman ( Ongkir ).
  3. Daftar harga diatas sudah termasuk garansi.

Profil / taksonomi :

Nama : Ayam kalkun / Turkeys / Wild Turkey
Nama Ilmiah : Meleagris Gallopavo
Keluarga : Phasianidae
Asal : Benua Amerika ( Amerika Utara ). :
Rata – rata usia : 10- 15 tahun di alam liar dan 8-10 tahun di penangkaran atau peternakan.
Bobot : Jantan 6-15kg, betina 3-4,5 kg.

Ciri Fisik & Kebiasaan Ayam Kalkun

Untuk jenis unggas yang diternakan umum dan massal, ayam kalkun mungkin unggas kaki dua dengan postur terbesar dan paling berat bobotnya. Pejantan dewasa rata-rata memiliki bobot antara 6-9 kg, sementara betinanya hanya memiliki bobot antara sepertiga dari jantan yaitu 3 – 4,5kg.

Di beberapa tempat budidaya penggemukan untuk jenis pedaging, terkadang jantan dapat mencapai bobot hingga 15 kg. Walaupun, biasanya mereka memanen nya ketika mereka sudah mencapai bobot 7kg an. Dan pejantan, rata-rata diusia 7bulanan juga mencapai bobot 7kg an ini.

Selain posturnya yang gagah dan besar, ketika orang diingatkan mengenai kalkun, kebanyakan dari mereka mengenalnya dari tarian khas dan bulu ekornya yang mekar seperti burung merak. Saat jantan merayu betina, mereka akan sangat aktif dan rajin memegarkan keindahan bulunya. Ini bertujuan agar, betinanya tergoda dan mau untuk segera dikawini.

musim kawin
proses perkawinan

Musim Kawin

Sebagian besar, sepasang dewasa mulai menunjukan birahinya dan akan segera melangsungkan perkawinan ketika mereka menginjak usia 6,5 – 7,7 bulanan. Beberapa hari setelahnya, induk betina akan segera memproduksi telur untuk menghasilkan bibit keturunan. Mereka akan menghasilkan 4-5 butir per minggunya.

Di musim pertamanya ini, mereka akan sangat maksimal dan memiliki kualitas yang bagus dalam menghasilkan telur. Sehingga, sangat dianjurkan untuk memaksimalkan mereka diusia ini. Dalam semusim, rata-rata betina akan menghasilkan telur berjumlah 12-15 butir. Setelah dirasa produksi telurnya cukup, induk akan segera mengerami telurnya selama 28 hari agar telurnya menetas. Jumlah telur yang induk betina hasilkan, akan berkurang antara 5-10% setiap tahunnya.

Pejantan kalkun memiliki sifat poligami yang sangat kuat. Jadi, bila anda kelak akan membudidayakannya, pasangkan / jodohkanlah pejantan dengan beberapa betina. Penjodohan yang ideal adalah 1 ekor jantan dengan 4-6 betina.

Lihat juga penawaran dari kami mengenai aneka ayam hias dan bebek hias. Pemaparannya bisa anda simak disini :

Belajar Mengembangbiakan Anakan Ayam Kalkun Hingga Dewasa

Bila anda seorang pemula dalam beternak, tentunya anda akan merasa canggung ketika memiliki anakan kalkun untuk pertama kalinya. Bingung dan seakan-akan banyak pertanyaan yang ada dalam benak namun, harus kepada siapa mencurahkan kebingungan ini.

Mungkin anda bertanya tanya, apa yang harus dilakukan untuk merawatnya. Apa pakan yang terbaik untuknya ? dan kandang seperti apa yang cocok untuk penempatannya.

Kini, anda tak perlu khawatir, lewat panduan ini mungkin bisa memberikan sedikit solusi untuk anda. Melalui artikel ini, kami akan mencoba berbagi pengalaman tentang merawat ayam kalkun seperti apa yang telah kami lakukan selama ini.

Ruangan / Kandang anakan

Anakan kalkun membutuhkan sumber panas dan cahaya yang memadai untuk mereka berkembang dan bertahan hidup terutama di usia-usia awal. Sebelum mereka memiliki bulu yang penuh pada tubuhnya, mereka mutlak membutuhkan sumber panas untuk menjaga hangat tubuhnya.

Ketika anda membiarkan mereka dirawat dan dibesarkan oleh induknya, mungkin anda tak perlu merisaukan hal ini karena, sumber panas tersebut akan mereka dapatkan dari pelukan induknya. Namun bila anda membesarkan mereka terpisah dari induknya, tanpa sumber panas yang cukup, mereka akan mudah sakit bahkan resiko terburuknya yaitu kematian.

Ketika anakan berusia 2 – 21 hari, mereka harus berada dalam ruangan yang memiliki temperatur hangat yaitu suhu yang berkisar antara 31-33 derajat celcius. Kandang yang disediakan, bisa anda buat dari bahan-bahan sederhana, seperti dari kardus bekas atau tripleks. Yang terpenting, kandang ini dapat memberikan memberikan mereka perlindungan maksimal dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Untuk membuat temperatur menjadi hangat, pasang lampu panas didalam ruangan kandangnya. Selain mudah diatur dan dioperasikan, lampu pijar juga relatif lebih hemat dan lebih mudah dipersiapkan. Untuk memastikan suhunya stabil, anda memerlukan alat thermometer atau alat pendeteksi temperatur lainnya. Letakan alat ini di tengah ruangan atau dibawah lampu pijar.

Setelah usianya bertambah, temperatur suhu sedikit demi sedikit bisa dikurangi tingkat kehangatannya hingga 28 derajat celsius. Diusia 6- 8 minggu keatas, mereka sudah bisa ditempatkan dalam ruangan terbuka dengan suhu udara mengikuti temperatur udara di lingkungan sekitar.

Pakan dan minuman

Di usia 2 hari pertama sejak lahir, anakan dapat bertahan hidup tanpa diberi makan dan minum karena, mereka sebelumnya telah menyerap kuning telur ketika mereka masih dalam cangkang. Setelah itu, baru mereka membutuhkan pakan dan air.

Kalkun adalah ayam yang memiliki tingkat pertumbuhan cukup cepat. Meskipun begitu, pertumbuhannya tidak akan maksimal bila jenis pakan yang diberikan tidak cocok untuk mereka. Pastikan bahwa mereka mendapatkan jenis pakan terbaik dengan kandungan nutrisi dan protein yang tinggi khususnya pada usia awal hingga remaja. Sangat disarankan, pakannya minimal memiliki 28% kandungan protein.

Pakan utama untuk anakan yang kami anjurkan adalah konsentrat atau poor karena, jenis pakan ini memiliki kandungan protein yang cukup untuk membantu pertumbuhannya. Tipe pur yang diberikan bisa pur kering atau pur basah ( yang diberikan tambahan air ).

Jenis makanan ini bisa juga anda kombinasikan dengan jenis pakan lainnya terutama sayuran. Kalkun dikenal sangat menyukai tanam-tanaman hijau terutama sayuran. Jadi agar mereka makannya lahap, akan lebih baik bila pakan ini diberikan tambahan sejenis sayur-sayuran.

Tanaman atau sayuran yang bisa dijadikan tambahan pakan diantaranya :

  • Kubis
  • Sawi
  • Kol
  • Eceng Gondok
  • Rumput halus
  • Kangkung dll.

Adapun cara penyajiannya yaitu : Tambahkan air kedalam konsentrat secukupnya. Airnya bisa mentah atau matang yang penting steril. Lalu, tambahkan dan aduk sayuran / tanaman yang telah diiris-iris tipis dan kecil kedalam adonan konsentrat. Berikut contoh adonannya :

pakan ayam kalkun
pakan untuk anakan

Air Minum

Ketika anakan diusia awal, anda harus memperkenalkan mereka dengan air untuk minumannya. Ini bisa dilakukan dengan cara mencelupkan paruhnya kedalam air yang telah disediakan. Dengan ini, biasanya mereka akan mengingatnya dan akan kembali ke tempat air itu tersedia ketika mereka haus.

Minuman yang disediakan, sangat dianjurkan adalah air matang. Bisa juga dengan air mentah asal air ini bisa dipertanggungjawabkan tingkat ke sterilannya. Sesekali, berikan tambahan air vitamin kedalam minumannya. Anda bisa berikan setiap 3- 4 hari sekali atau setiap 1 minggu sekali.

Lakukan penggantian air minum sesering mungkin karena, air didalam ruangan hangat biasanya akan mudah menumbuhkan bakteri.

Kandang Ayam Kalkun dewasa

Untuk kandang usia remaja hingga dewasa, anda memiliki banyak opsi untuk penempatannya. Mereka bisa dilepas liar di tanah terbuka, dalam kandang polier atau dalam kurungan ayam biasa. Hal terpenting dari semua tipe kandang ini adalah, pastikan bahwa area ini memiliki ventilasi udara serta asupan sinar matahari yang cukup. Selain itu, pastikan juga perlindungan tingkat keamanannya.

Seperti ayam biasa, kalkun memiliki kebiasaan bertengger / nongkrong terutama ketika mereka beristirahat di malam hari. Jadi, pastikan area kandangnya memiliki tempat untuk mereka bertengger.

Tips :

Bersihkan kandang sesering mungkin karena, kotoran yang mengendap lama akan memudahkan pertumbuhan bakteri yang akan berbahaya terhadap kesehatan ayam. Lakukan juga penyemprotan disinfektan atau

Pemberian pakan ayam kalkun usia Remaja dan Dewasa

Jenis pakan untuk dewasa, bisa anda samakan dengan pakan anakan. Atau, bisa juga dilakukan penambahan variasi pakan lain dalam menunya. Karena kalkun dewasa membutuhkan pakan yang banyak maka, biayanya pun tentu membutuhkan pengeluaran ongkos yang banyak juga. Untuk menghemat biayanya, anda bisa melakukan variasi atau mengkombinasikan beberapa jenis pakan.

jenis pakan
pakan untuk dewasa

Mungkin pakan utama seperti konsentrat bisa anda kurangi kadarnya dengan digantikan jenis pakan lainnya. Pakan tambahan penggantinya bisa bekatul, dedak, limbah gandum / pollard dll..

Buka juga artikel seputar kalkun lainnya ditautan ini :

Faq

Darimanakah aslinya asal ayam kalkun ?

Mereka berasal dari benua amerika bagian utara tepatnya di mexico, canada dan amerika serikat.

Apa saja pakan yang bisa diberikan untuk makan kalkun sehari-hari ?

Jenis pakan yang diberikan bisa disamakan dengan pakan untuk unggas pada umumnya. Namun, karena kalkun sangat menyukai tanaman hijau-hijauan seperti rumput, sayuran dan dedaunan maka, sangat disarankan pakannya diberikan campuran ini agar mereka lebih lahap makannya.

Berapakah harga ayam kalkun ?

Untuk setiap jenis kalkun, masing-masing memiliki perbedaan harga. Untuk jenis umum seperti bronze dan pencilled palm, memiliki harga yang paling murah. Ditempat kami, untuk jenis ini dijual mulai harga Rp. 35.000 per ekor usia 1 minggu an. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai harganya, anda bisa tautan berikut ini : Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

No comment for Ayam Kalkun : Deskripsi Lengkap, Aneka Jenis & Harga Jual Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *