HOME

Aneka Jenis Kalkun

Pada dasarnya jenis kalkun dibedakan hanya menurut warna saja karena, pada tiap kalkun tidak terlalu memiliki perbedaan signifikan baik itu dari segi postur, cara hidup maupun kebiasaannya.

Ada banyak jenis warna kalkun yang tersebar di seluruh dunia. Jenis warna tertentu adalah jenis kalkun endemik asli dari sebuah negara. Contohnya jenis blue slate, jenis ini adalah jenis warna kalkun asli yang pertama kali dikembangbiakan di Amerika serikat.

Dihalaman ini, saya akan coba memaparkan berbagai aneka jenis kalkun mulai dari asal usulnya, jenis keturunan hingga aneka jenis kakun yang dihasilkan dari cross breeds atau persilangan.

Aneka Jenis kalkun

Kalkun adalah salah satu dari dua spesies unggas yang diklasifikasikan sebagai anggota keluarga Phasianidae atau Meleagrididae (ordo Galliformes).

Yang paling dikenal adalah kalkun biasa (Meleagris gallopavo) dan Spesies lainnya adalah Agriocharis (atau Meleagris) ocellata atau kalkun ocellated namun, occelated sama sekali tidak terkait dengan jenis kalkun umum yang akan saya bahas disini karena, mereka memiliki ciri yang sangat berbeda.

Pada dasarnya, kalkun umum terbagi menjadi dua yaitu :

1. Kalkun liar

Kalkun liar atau wild turkeys adalah kalkun yang habitat sehari-harinya dialam liar. Kalkun liar merupakan induk dari semua kalkun peliharaan / domestik.

2. Kalkun domestik / kalkun peliharaan

Kalkun domestik adalah kalkun yang dipelihara dan dikembangbiakan di penangkaran atau peternakan.

Mengapa mereka dibagi dua dan apa memang perbedaanya ? Berikut penjelasannya..

Pemisahan kalkun liar dan kalkun domestik sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Sebelum pra columbus, suku azteca yang merupakan penduduk asli amerika utara sudah sejak dahulu menjinakkan kalkun liar dan memeliharanya untuk dikembangbiakan di penangkaran.

Lalu, kalkun yang sudah ditangkarkan ini sekitar tahun 1519 dibawa oleh penjelajah asal spanyol ke negaranya untuk juga dikembangbiakan disana. Kemudian, kalkun ini akhirnya menyebar hingga ke inggris.

Pada saat kalkun ini ditangkarkan di spanyol, kalkun ini mengalami mutasi perubahan warna bulu yang sekarang dikenal dengan sebutan black spanish. Pada saat bersamaan, di inggris juga terjadi mutasi warna pada bulunya. kalkun mutasi yang terjadi di kota norfolk ini sekarang dikenal dengan sebutan norfolk black.

Ketika bangsa eropa akhirnya menjajah dan menduduki benua amerika, kalkun mutasi ini dibawa lagi ke amerika dan dikawinkan lagi dengan kalkun liar. Dari hasi perkawinan tersebut akhirnya menelurkan banyak varietas warna.

Perbedaan Jenis kalkun

Apa perbedaan kalkun liar dan kalkun domestik / peliharaan ?

Antara kalkun liar dan kalkun domestik ini memang memiliki perbedaan karakteristik diantaranya :

1. Tidak seperti kalkun domestik, , kalkun liar bisa terbang. Walaupun bobotnya berat, mereka bisa terbang hingga ketinggian 40 – 50 meter namun, mereka hanya bisa terbang jarak pendek.

2. Kalkun liar sangat lincah dan merupakan pelari yang handal. Konon, kecepatan larinya melebihi kecepatan kuda.

3. Kalkun liar terkenal sangat agresif kepada hewan lainnya bahkan ke manusia.

4. Kalkun liar tidak memiliki banyak varietas warna bulu.

5. Dari segi fisik, kalkun liar lebih kuat dan lebih berotot.

6. Pandai berburu. Di alam liar mereka terkadang juga mengkonsumsi jenis reptil seperti kadal dan ular.

7. Kalkun liar dagingnya lebih alot namun lebih lezat.

Pada sekitar awal tahun 1900 an, kalkun liar hampir terancam punah karena banyak diburu dan hilangnya tempat habitat. Namun, semenjak banyak dilakukan konservasi, sekarang populasi kalkun liar ini sudah agak membaik dan bisa ditemukan di hutan-hutan.

Daftar Jenis Kalkun

Bronze

Jenis kalkun ini merupakan kalkun yang paling populer, mereka juga memiliki jenis warna bulu yang paling dekat dengan sesepuhnya yaitu kalkun liar.

jenis kalkun bronze

Jenis ini merupakan jenis hasil persilangan antara kalkun domestik yang dibawa oleh penjajah Eropa ke Amerika dan kalkun liar timur yang mereka temukan pada saat kedatangan mereka. Kekuatan hibrida dari persilangan ini menghasilkan varietas kalkun yang lebih besar dan lebih kuat dari kalkun eropa, dan mereka juga lebih jinak daripada kalkun liar. Bulunya Kemilau logam berwarna tembaga-perunggu sehingga dijuluki bronze turkey.

Dari jenis bronze ini, muncul lagi varietas warna-warna jenis kalkun lainnya diantaranya :

Black wings Bronze

jenis kalkun black winged bronze

Jenis kalkun ini sekilas hampir tidak ada bedanya dengan jenis bronze utama. Yang membedakannya hanyalah pada bulu utama bagian sayap dimana, pada bronze utama bulu sayapnya bermotif warna hitam bergaris besar putih sementara pada jenis ini berwarna hitam polos.

Red Bronze

Aneka Jenis Kalkun

Yang membedakan jenis kalkun ini dengan bronze utama hanyalah pada warna bulunya yang kecoklatan.

Blue Red Bronze

Jenis kalkun ini memiliki warna bulu merah padat berpadu dengan warna abu-abu muda sebagai ujung pada bagian ekor. Mereka memilik perpaduan bulu yang sangat beragam.

Aneka Jenis Kalkun

Kemungkinan besar, jenis ini merupakan hasil persilangan dari bronze utama dengan beberapa jenis diantaranya dari jenis Blue red bronze, bourbon red, lilac, red slate, slated buff dan red bronze.

Red Phoenix

Aneka Jenis Kalkun

Sama halnya dengan jenis blue red bronze, salah satu keturunan bronze utama ini merupakan hasil dari beberapa jenis kalkun lainnya namun, untuk jenis ini kemungkinan besar hasil dari peranakannya tidak akan sama dengan warna jenis induknya. Ini dikarenakan terlalu banyaknya persilangan yang terjadi hingga susah untuk mematenkan jenis warna nya.

Tiger Bronze

Aneka Jenis Kalkun

Hampir memiliki kesamaan corak dengan jenis black winged bronze namun perbedaannya terletak pada bagian corak dibagian bulu ekor. Kemungkinan besar jenis ini adalah jenis yang dihasilkan dari persilangan bronze utama dengan jenis pencilled palm.

Golden Phoenix

Aneka Jenis Kalkun

Mereka adalah jenis kalkun yang berbasis ke jenis black winged bronze dengan penambahan narragansett dan jenis Bourbon red. Jenis ini juga kemungkinan besar tidak bisa menghasilkan anakan yang mirip dengan induknya karena belum terjadi pemurnian gen 100%.

Buka juga di website ini : Jual bibit ayam kalkun

White Holland

Kalkun White Holland adalah jenis kalkun domestik yang sangat tua yang berasal dari Amerika Serikat. Ini dikenal karena bulu putihnya, dan itu adalah varietas berbulu putih terpenting disebagian besar sejarah Amerika.

kalkun Putih

Hubungan nama kalkun White Holland ke Belanda sebenarnya kurang berdasar. Hampir sama dengan jenis kalkun bronze, mereka berasal dari persilangan kalkun Eropa putih yang diimpor ke Amerika Utara dan disilangkan dengan kalkun liar. Varietas ini pertama kali diakui oleh American Poultry Association pada tahun 1874. Dan hari ini dianggap sebagai turunan kalkun peninggalan. Setelah Itu, jenis ini disilangkan dengan jenis bronze utama pada tahun 1950 untuk menciptakan Broad Breasted White, yang merupakan jenis kalkun yang paling umum di seluruh dunia saat ini.

Kalkun White Holland adalah kalkun cantik yang sering disamakan dengan jenis kalkun Broad Breasted White. Tetapi kalkun Broad Breasted White berukuran lebih besar. Kalkun White Holland memiliki dada berukuran lebih kecil dan kaki yang relatif lebih panjang. Mereka benar-benar berwarna putih. Bulu-bulunya putih salju dan kepalanya merah kebiru-biruan. Jenggot mereka berwarna hitam dan paruh berwarna merah muda sampai berwarna tanduk. Tenggorokan dan pial mereka berwarna putih kemerahan. Betis dan jari kaki kalkun White Holland berwarna merah muda-putih, dan matanya berwarna cokelat.

Broad Breasted White

Salah satu keturunan dari jenis white holland ini seperti disebutkan diatas merupakan jenis yang dihasilkan dari persilangan kalkun white holland dengan broad brested bronze..Selain untuk koleksi hias, di amerika jenis ini merupakan kalkun utama untuk kebutuhan kuliner daging kalkun.

Baca juga : Jual Anakan ayam golden pheasant

Jenis Kalkun Palm

Kalkun jenis ini merupakan kalkun yang dihasilkan dari hasil persilangan antara beberapa jenis kalkun. Beberapa sudah terjadi pemurnian varietas warna. Ada beberapa jenis kalkun yang termasuk dalam jenis palm namun saya hanya akan bahs beberapa saja. Berikut ini jenis-jenisnya :

Royal palm

Siapapun yang melihat jenis kalkun ini, entah dia penghobi atau bukan pasti merasa kagum dengan tampilannya. Memiliki daya tarik utama dari perpaduan bulu warnanya yang sangat klasik. Warna dasarnya putih berpadu dengan beberapa bulu hitam pada bagian punggung, dada serta pada bagian ekor. Kenapa jenis ini disebut klasik, karena warna pada bulunya hanya ada dua warna saja yaitu hitam dan putih.

jenis kalkun royal palm

Royal palm ini pada awalnya memang jenis kalkun yang utamanya diperuntukan untuk kakun hias bukan untuk kalkun pedaging dan Karakteristik kalkun ini juga dikenal sangat jinak sehingga sangat cocok untuk dipelihara sebagai kalkun hias.

Hingga kini, para ahli masih masih memperdebatkan asal usulnya. Sebagian berpendapat bahwa jenis ini berasal dari inggris dan ahli lain berpendapat awalnya dikembangbiakan yaitu di Amerika serikat tepatnya di florida. Diperkirakan, jenis ini merupakan hasil persilangan dari kalkun liar yang disilangkan dengan jenis naragansett dan black.

Golden palm

Golden palm bila dilihat sekilas memang memiliki kemiripan dengan royal palm, perpaduan warnanya juga hampir sama namun, yang membedakannya yaitu, pada jenis kalkun ini warna bulunya ada tiga macam yaitu putih, hitam dan coklat.

Pencilled Palm

Berbeda dengan jenis kalkun Palm lainnya, jenis ini memiliki corak warna bulu yang sangat beragam. Klo di indonesia terkadang jenis ini disebut juga dengan julukan kalkun blirik. Ciri khas lainnya yang menonjol pada corak warna bulunya yaitu pada bulu bagian ekor.

kalkun pencilled palm
kalkun pencilled palm

Dari jenis ini banyak juga keluar sub jenis lainnya. seperti pada foto ini dibagian bulu ekornya ada yang menyerupai corak warna bulu macan sehingga, ada juga yang menyebut jenis ini dengan sebutan kalkun pencilled tiger.

Cek juga : Harga ayam Brahma

Bourbon Red

Bourbon red adalah jenis kalkun yang pertama kalinya di kembangbiakan di amerika serikat tepatnya di kota bourbon county, Kentucky. Di indonesia sendiri, jenis kalkun ini pernah menjadi primadona dan banyak diburu para penghobi.

Pada sekitar tahun 2011 – 2014, karena kelangkaannya, jenis kalkun ini harganya sangat tinggi, harga jual untuk sepasang dewasa mencapai 15 juta per pasangnya. Namun untuk saat ini harganya sudah lebih terjangkau.

Self Buff

kalkun self buff
kalkun Self Buff

Memiliki kemiripan dengan jenis bourbon red namun, pada jenis ini corak warna bulu coklatnya terlihat lebih muda dan tidak tajam. Jenis ini sendiri kemungkinan besar adalah hasil persilangan antara bourbon red, white dan palm.

Chocolate

Aneka Jenis Kalkun

Seperti namanya, jenis ini memang memiliki warna bulu utama berwarna coklat. Tidak terlalu banyak data yang tersedia untuk jenis ini namun, kemungkinan besar jenis kakun ini merupakan keturunan dari bronze utama, bourbon red dan black spanish.

Buka disini untuk membaca : Penjualan Aneka jenis burung merak

Jenis Kalkun Black

Jenis kalkun black merupakan jenis kalkun domestik yang merupakan hasil mutasi langsung dari induk / sesepuh kalkun yaitu kalkun liar. Untuk jenis kalkun domestik, bisa dikatakan jenis ini adalah senior atau yang tertua.

kalkun black spanish

Asal usul pertama kali jenis ini dikembangbiakan ada dua versi. Yang pertama yaitu black spanish dan norfolk black.

Black Spanish

Black spanish adalah jenis kalkun domestik yang awalnya dikembangbiakan pertama kali di spanyol.

Norfolk Black

Jenis kalkun ini diperkirakan telah dibawa ke Inggris melalui Spanyol pada tahun 1500-an. Banyak petani di inggris timur dan terutama di Norfolk menyukai dan memelihara kalkun ini. Norfolk Black telah berkembang selama berabad-abad melalui perkembangbiakan selektif di inggris. Kemudian jenis ini dibawa kembali ke Amerika pada 1600-an di mana ia disilangkan dengan kalkun liar dan dari perkawinan itu hadirlah jenis blue Slate, Narragansett dan Bronze.

Menurut pandangan saya pribadi, antara jenis black spanish dan norfolk ini, baik itu dari karakteristik, pola hidup dan cara berkembang biak tidak memiliki perbedaan, mereka hanya berbeda nama saja.

Mottled Black

kalkun mottled black

Mottled Black adalah jenis kalkun hasil persilangan yang induk utamanya yaitu kalkun black.

Blue Slate

Kalkun blue slate adalah kalkun warisan yang langka, pertama kali didomestikasi di Meksiko lebih dari 2000 tahun yang lalu, dan jenis kalkun blue slate pertama kali disebutkan dalam literatur pada 1800-an.

Pada tahun 1874 mereka diakui sebagai breed standar oleh American Poultry Association.

Kami sendiri ayamkalkun.com pada tahun 2016 yang pertama kali mengembangbiakan jenis ini. Kami sengaja impor dari Amerika agar bisa juga dikembangbiakan di indonesia.

Lilac

ayam kalkun lilac
Lilac turkey

Sekilas jenis ini memiliki kemiripan yang sangat dekat dengan blue slate. Namun, perbedaannya yang paling terlihat yaitu, pada jenis kalkun ini terdapat warna bulu coklatnya.

Blue Palm

kalkun blue palm

Hampir mirip dengan jenis royal palm namun, pada jenis kalkun ini bulu warna sekundernya berwarna abu-abu cerah. Blue palm sendiri saat ini masih sangat langka.

Naragansett

Jenis kalkun yang satu ini memiliki perpaduan warna abu-abu gelap berpadu dengan warna kuning keemasan serta corak menyerupai batik dibagian bulu ekor.

catatan :

Untuk jenis warna kalkun bourbon red,self buff,red bronze,rusty black,mottled black dan black spanish serta blue slate dilokal indonesia masih tergolong langka dan harga di pasarannya juga lebih mahal dibandingkan jenis warna yang populer seperti ; bronze,pencilled,palm dan white.

Cek disini untuk penjualan aneka jenis kalkun :

Harga bibit ayam kalkun

Sebenarnya masih banyak jenis ayam kalkun yang tersebar diseluruh dunia, di halaman ini saya hanya membahas beberapa saja karena, untuk jenis lainnya data yang diambil masih sangat minim untuk dibahas..berikut saya hanya akan tampilkan foto-fotonya saja :

pustaka :

Wikipedia.org

http://www.porterturkeys.com/

Info penjualan dan stok jenis warna kalkun yang ready silahkan kontak :

Guntur Ginanjar

Phone : 0878-3830-5588…0821-3708-2479.

Windaru Rohmat

0858-6819-1174

Buka juga halaman kami yang lain di website ini :

Cara berternak Ayam Kalkun

Ayam golden Pheasant

Seputar Ayam Brahma

Jual ayam cemani asli

Cara Mengobati Ayam Kalkun