HOME
Home » Ayam Brahma » 10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

Posted at July 12th, 2020 | Categorised in Ayam Brahma

10 Fakta Ayam Brahma._Jika Anda menyukai ayam besar dan ramah, Ayam Brahma mungkin cocok untuk Anda. Mereka seperti ayam purba, ukurannya besar namun tenang. Tampilannya sangat cantik, indah dan akan menggoda mata siapa saja yang melihatnya.

ayam brahma
10 fakta ayam brahma

Mereka akan segera menjadi aset kebanggan anda dan keluarga. Anak-anak kecil mungkin agak kewalahan oleh mereka pada awalnya karena ukurannya. Tetapi tak perlu butuh waktu lama, mereka akan segera sayang sama ayam ini. Sikap tenang mereka membuat mereka sempurna untuk koleksi anda.

Ayam Brahma populer karena tampilannya yang menakjubkan. Perawakan serta ukurannya ini begitu mengesankan karena, sangat jarang bentuk ayam seperti ini sebelumnya. Meskipun memiliki postur yang besar, sebenarnya mereka akan menjadi ayam yang paling santai, damai di kandang ayam Anda.

Dalam artikel kali ini, saya akan share fakta – fakta ayam brahma yang menarik dan unik untuk kita ketahui.. Silahkan ikuti pemaparannya berikut ini :

10 Fakta Ayam Brahma

“Konon”. Dahulu, dinegara inggris dan amerika serikat. Tepatnya disekitar tahun 1850 an, ayam ini ditangkarkan dengan tujuan untuk dijadikan alternatif persediaan ayam konsumsi. Seiring perjalanan waktu, sedikit demi sedikit keberadaannya semakin langka, dan akhirnya karena kelangkaannya, mulailah orang-orang membudidayakannya untuk dijadikan ayam hiasan.

Saat ini, khususnya di Indonesia, ayam brahma sudah menjadi primadona dunia ayam hias. Bukan tidak mungkin pula dibagian negara lainnya terjadi hal yang sama karena, komunitas pecintanya di seluruh dunia jumlahnya sangat banyak.

ayam brahma issabel
brahma issabel

Apa saja 10 Fakta Unik dan Menarik dari Ayam Brahma ? ikuti terus ya om/tante..

1. Fakta Ayam Brahma Viral di seluruh dunia karena video youtube.

Ayam Brahma menjadi lebih terkenal dalam beberapa tahun terakhir setelah video seekor ayam jantan raksasa menjadi viral di media sosial.

Sekitar tahun 2013 an, video yang diupload oleh seseorang yang berasal dari eropa telah membuat heboh dunia maya kala itu. Video ini menjadi sangat viral karena, didalamnya menampilkan ayam brahma yang luar biasa besar ukurannya.

Hingga saat ini jumlah penontonnya mencapai jutaan viewer. Namun, karena banyaknya yang meng copy serta mengupload ulang video ini, jadi hingga saat ini belum bisa dipastikan siapa peng upload pertama kalinya.

Mari kita melihat lebih dekat video raksasa lembut ini disini :

Video Ayam Brahma Viral

2. Ayam asli dari Asia

Mengenai asal usul ayam brahma, hingga saat ini masih menjadi kontroversi dan para ahli pun masih memperdebatkannya. Diantara beberapa klaim yang ada, akhirnya diterimalah klaim yang menyatakan bahwa ayam ini dikembangbiakan di amerika serikat dengan ayam dari asia sebagai cikal bakalnya.

Adapun sesepuh ayam brahma ini adalah ayam Cochin dari shanghai china, Ayam Malay dari melayu dan Ayam Chittagong dari india. Jadi bisa dibilang bahwa sesungguhnya cikal bakal ayam ini semuanya berasal dari Asia.

Fakta Ayam Brahma Berikutnya :

3. Ayam hasil persilangan

Dari catatan-catatan artikel sejarah mengenai ayam brahma ini. Diketahui bahwa, ayam brahma ini awalnya adalah ayam hasil persilangan antara ayam malay dengan ayam cochin. Pada waktu bersamaan, disilangkan juga dengan ayam chittagong yang berasal dari bangladesh.

Awalnya dijuluki brahma pootra chicken tetapi sampai sekarang lebih dikenal dengan sebutan brahma chicken saja atau Ayam Brahma..

Cek juga 10 ayam pheasant terpopuler di indonesia disini

4. Mudah untuk diternak

Merujuk pada pengalaman saya sendiri serta juga teman-teman peternak ayam brahma yang saya kenal. Hampir semuanya sepakat bahwa memelihara ayam brahma ini tergolong sangat mudah. Tidak Perlu skill seorang ” Dewa of Ternak ” untuk mengembangbiakannya.

Bila dibandingkan dengan ayam hias lainnya seperti ayam kalkun, ayam Bangkok dan ayam hias lainnya,. Ayam brahma sangat mudah sekali perawatannya dan perkembang biakannya juga cepat.

5. Rekor dunia Ayam Brahma

Di Eropa tercatat, ada ayam brahma yang memecahkan rekor bobot untuk ayam brahma, konon beratnya mencapai hingga 11kg. Dari pemiliknya diketahui, pakan dan perawatan yang diberikan kepada ayam brahma rekor ini sangat spesial.

Setiap hari, pemiliknya memberi pakan susu bubuk, konsentrat dan dia sendiri meracik pakan yang resepnya hingga saat ini masih belum terungkap. Mungkin bila resep ini bisa terpecahkan, akan segera bermunculan ayam brahma lain yang berukuran raksasa seperti ini.

6. Rajin bertelur

ayam petelur
Ayam brahma juga dikenal sebagai ayam yang rajin bertelur

Ayam ini bisa juga dikatakan sebagai ayam petelur atau hampir mirip petelur. Karena, dalam sekali musim saja bisa menghasilkan banyak sekali telur. Rata-rata minimal 30-40 butir dalam satu musim.

Bila dikalkulasikan dalam satu tahun, mereka sanggup mengumpulkan telur hingga 300 butir / tahunnya ( satu musim = 2 -3 bulan ). Itu sama saja dengan menyatakan bahwa, ayam ini hanya libur bertelur selama 2 bulan saja dalam setahunnya !!. Mereka juga akan dengan senang hati bertelur sepanjang tahun, terutama di musim hujan.

Deretan fakta ayam brahma yang unik lainnya :

7. Ayam yang ramah

Dibalik ukurannya yang besar seperti raksasa, ayam brahma memiliki tabiat sangat tenang dan tidak agresif. Mereka akan nyaman bila disentuh, dielus-elus bahkan dipeluk !!.Gerak gerik mereka juga terkesan begitu santai dan kalem, sehingga akan sangat mudah untuk ditangkap.

ayam yang jinak
walau tampak sangar dan besar, faktanya ayam brahma itu sangat tenang dan jinak

Tonton video yang kami budidayakan disini :

https://tinyurl.com/rdt6x7s

8. Beraneka Warna

Seperti kebanyakan ayam hias, ayam brahma juga memiliki keragaman jenis yang dibedakan menurut corak warna bulunya.

Ada beberapa kategori jenis ayam brahma yang saat ini beredar luas dan populer di Indonesia. Dipopulerkan pertama kali oleh jenis light dan self buff. Setelahnya lalu, hadir juga jenis blue, gold, dark brahma, issabel, white brahma dan black brahma.

Lanjutan fakta ayam brahma yang sayang untuk dilewatkan :

9. Harga jual yang fantastis

Ketika pertama kali ayam brahma ini beredar di pasaran Indonesia, untuk ukuran ayam hias baru harganya tergolong kurang ajar !! untuk ukuran kantong seperti saya khususnya. hehe. Walaupun saat itu harganya tinggi tapi, tetap laris dan diburu para penghobi.

Harga jual dipasaran lokal untuk ayam brahma pada tahun 2013 an, harganya bisa mencapai hingga Rp.25 juta perpasangnya. Namun, karena saat ini populasinya sudah semakin banyak, maka harganya pun sudah jauh lebih murah.

Cek artikel mengenai harga jual ayam brahma terbaru disini

10. Rekor Bobot Akhirnya Terkalahkan

ayam jersey giant
jersey giant chickens

Karena saking besarnya, awalnya Ayam Brahma dijuluki sebagai ” king of chikens”. Namun, julukan ini berubah setelah ayam jersey giant berhasil mengalahkan besar bobotnya.

Ayam jersey giant sendiri merupakan ayam yang dihasilkan dari pengembangbiakan perkawinan silang antara ayam langshan, cemani dan dark brahma. Adapun dinamakan jersey giant karena, awalnya dikembangbiakan di kota new jersey amerika serikat.

Dulunya diproduksi secara masif untuk mengganti kekurangan akan daging kalkun. Namun, bobotnya tetap belum bisa mengalahkan kalkun itu sendiri. Konon, bobot ayam jersey giant mampu mencapai berat hingga 10 kg.

Kesimpulan

Jika anda kelak akan beternak atau memelihara ayam brahma, sebelumnya lakukan persiapan yang matang agar si ayam kelak nyaman berada di tempat anda.

Mungkin anda perlu memodifikasi kandang dan halaman untuk mengakomodasi ayam besar ini. Ada juga faktor dari sisi biaya pakan. Karena mereka akan makan sedikit lebih banyak daripada ayam biasa, sehingga biaya pakan perlu diperhitungkan juga.

ayam brahma jinak
fakta ayam brahma

Selain itu, kakinya yang berbulu tebal ini membutuhkan perhatian terutama di musim hujan yang basah dan dingin. Walaupun kadang mereka bisa memprotek diri sendiri. Saya tidak berpikir mereka suka kaki basah!..

Intinya, bila anda memutuskan untuk mendapatkan beberapa ayam unik ini, anda tidak akan kecewa. Kenapa saya tidak berpikir anda akan kecewa karena, saya bilang begitu tadi !! Becanda om.. tidak.. Ayam Brahma adalah tambahan yang sempurna untuk koleksi ayam hias peliharaan anda.

Apabila saat ini anda tertarik untuk membeli ayam brahma. Kami dari ayamkalkun.com menyediakan aneka jenis ayam brahma original, murah dan berkualitas untuk anda.

Cek disini : Harga ayam Brahma Terbaru

Buka juga halaman kami lainnya disini :

Bila dalam postingan 10 fakta ayam brahma ini ada kesalahan kata, fakta dan data, kami mohon maaf dan pemakluman nya. Kami terbuka untuk koreksi dan saran dari anda semuanya..

2 Comments for 10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *