HOME
Home » Ayam Brahma » Ayam Hias » 10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

Posted at April 12th, 2020 | Categorised in Ayam Brahma, Ayam Hias

10 Fakta Ayam Brahma._Jika Anda menyukai ayam besar dan ramah, Ayam Brahma mungkin cocok untuk Anda. Mereka seperti ayam purba, ukurannya besar namun tenang. Tampilannya sangat cantik, indah dan akan menggoda mata siapa saja yang melihatnya.

fakta ayam brahma
10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

Mereka akan segera menjadi aset kebanggan anda dan keluarga. Anak-anak kecil mungkin agak kewalahan oleh mereka pada awalnya karena ukurannya. Tetapi tak perlu butuh waktu lama, mereka akan segera sayang sama ayam ini. Sikap tenang mereka membuat mereka sempurna untuk koleksi anda.

Ayam Brahma dikenal karena ukurannya yang mengesankan dan penampilannya yang elegan. Meskipun memiliki postur yang besar, sebenarnya akan menjadi ayam yang paling santai, damai di kandang ayam Anda.

Dalam artikel kali ini, saya akan share fakta – fakta ayam brahma yang menarik dan unik untuk kita ketahui.. Silahkan ikuti pemaparannya berikut ini :

10 Fakta Ayam Brahma

“Konon”. Dahulu, dinegara inggris dan amerika serikat. Tepatnya disekitar tahun 1850 an, ayam ini ditangkarkan dengan tujuan untuk dijadikan alternatif persediaan ayam konsumsi. Seiring perjalanan waktu, sedikit demi sedikit keberadaannya semakin langka, dan akhirnya karena kelangkaannya, mulailah orang-orang membudidayakannya untuk dijadikan ayam hiasan.

Saat ini, khususnya di Indonesia, ayam brahma sudah menjadi primadona dunia ayam hias. Bukan tidak mungkin pula dibagian negara lainnya terjadi hal yang sama karena, komunitas pecintanya di seluruh dunia jumlahnya sangat banyak.

Apa saja 10 Fakta Unik dan Menarik dari Ayam Brahma ? ikuti terus ya om/tante..

1. Fakta Ayam Brahma Viral di seluruh dunia karena video youtube.

Ayam Brahma menjadi lebih terkenal dalam beberapa tahun terakhir setelah video seekor ayam jantan raksasa menjadi viral di media sosial.

Diantara tahun 2013 an, ada seseorang dari eropa yang mengupload video ayam brahma jenis columbian light di youtube. Ternyata video ini menjadi sangat viral karena, video ini menampilkan ayam brahma yang luar biasa besar ukurannya.

Hingga saat ini jumlah penontonnya bertambah banyak. Namun sayangnya, video ini sudah beberapa kali di upload oleh youtuber lainnya sehingga, sampai sekarang belum diketahui siapa pengupload pertamanya.

Mari kita melihat lebih dekat video raksasa lembut ini disini :

Video Ayam Brahma Viral

Baca terus Fakta Ayam Brahma selanjutnya berikut ini :

2. Ayam asli dari Asia

Asal usul ayam brahma hingga kini masih menjadi perdebatan diantara para ahlinya. Ada yang mengklaim berasal dari India dan bangladesh. Karena, bila merujuk ke namanya “brahma”, maka sangat memungkinkan bahwa memang berasal dari sana.

Akan tetapi, ada juga pendapat lainnya yang menyatakan bahwa, ayam ini aslinya berasal dari amerika. Alasan ini dipakai karena, disanalah pertama kali persilangannya terjadi sehingga, menjadikannya ayam brahma seperti sekarang.

Kemudian, para ahli sepakat mengambil kesimpulan bahwasanya, pertama kalinya ayam ini hadir dan dikembangbiakan yaitu di amerika serikat. Namun, sesepuh ayam brahma ini adalah ayam Cochin, Ayam Malay dan Ayam Chittagong yang diketahui semuanya berasal dari Asia.

Fakta Ayam Brahma Berikutnya :

3. Ayam hasil persilangan

Dari catatan-catatan artikel sejarah mengenai ayam brahma ini. Diketahui bahwa, ayam brahma ini awalnya adalah ayam hasil persilangan antara ayam malay dengan ayam cochin. Pada waktu bersamaan, disilangkan juga dengan ayam chittagong yang berasal dari bangladesh.

Awalnya dijuluki brahma pootra chicken tetapi sampai sekarang lebih dikenal dengan sebutan brahma chicken saja atau Ayam Brahma..

Cek juga 10 ayam pheasant terpopuler di indonesia disini

Ikuti terus fakta ayam brahma selanjutnya :

4. Mudah untuk diternak

Merujuk pada pengalaman saya sendiri serta juga teman-teman peternak ayam brahma yang saya kenal. Hampir semuanya sepakat bahwa memelihara ayam brahma ini tergolong sangat mudah. Tidak Perlu skill seorang ” Dewa of Ternak ” untuk mengembangbiakannya.

Bila dibandingkan dengan ayam hias lainnya seperti ayam kalkun, ayam Bangkok dan ayam hias lainnya,. Ayam brahma sangat mudah sekali perawatannya dan perkembang biakannya juga cepat.

10 Fakta ayam brahma

5. Rekor dunia Ayam Brahma

Di Eropa tercatat, ada ayam brahma yang memecahkan rekor bobot untuk ayam brahma, konon beratnya mencapai hingga 11kg. Dari pemiliknya diketahui, pakan dan perawatan yang diberikan kepada ayam brahma rekor ini sangat spesial. Seperti contohnya diberikan susu bayi dan voor dengan kualitas terbaik sehingga, posturnya bisa berkembang dengan sangat maksimal.

6. Rajin bertelur

Ayam ini bisa juga dikatakan sebagai ayam petelur atau hampir mirip petelur. Karena, dalam sekali musim saja bisa menghasilkan banyak sekali telur. Rata-rata minimal 30-40 butir dalam satu musim.

Bila dikalkulasikan dalam satu tahun, mereka sanggup mengumpulkan telur hingga 300 butir / tahunnya ( satu musim = 2 -3 bulan ). Mereka juga akan dengan senang hati bertelur sepanjang tahun, terutama di musim hujan.

Deretan fakta ayam brahma yang unik lainnya :

7. Ayam yang ramah

Dibalik ukurannya yang besar, ayam brahma memiliki tabiat sangat tenang dan tidak agresif. Mereka akan nyaman bila disentuh, dielus-elus bahkan dipeluk !! sehingga, sangat cocok dipelihara dengan cara diumbar atau dilepas dihalaman karena, tidak akan mengganggu anda dan orang-orang disekitar anda

fakta ayam brahma unik
Fakta ayam brahma yang menarik

Tonton video yang kami budidayakan disini :

https://tinyurl.com/rdt6x7s

8. Beraneka Warna

Seperti kebanyakan ayam hias, ayam brahma juga memiliki keragaman jenis yang dibedakan menurut corak warna bulunya.

Ada beberapa kategori jenis ayam brahma yang saat ini beredar luas dan populer di Indonesia. Dipopulerkan pertama kali oleh jenis light dan self buff. Setelahnya lalu, hadir juga jenis blue, gold, dark brahma, issabel, white brahma dan black brahma.

Lanjutan fakta ayam brahma yang sayang untuk dilewatkan :

9. Harga jual yang fantastis

Ketika pertama kali ayam brahma ini beredar di pasaran Indonesia, untuk ukuran ayam hias baru harganya tergolong kurang ajar !! untuk ukuran kantong seperti saya khususnya. hehe. Walaupun saat itu harganya tinggi tapi, tetap laris dan diburu para penghobi.

Di tahun 2013 – 2014 an, harga pasaran untuk ayam brahma dewasa bisa terjual hingga Rp.25 juta per pasangnya. Namun, harga terbaru di beberapa tahun belakangan ini sudah turun. Ini dikarenakan populasinya yang semakin banyak sehingga, harganya bisa lebih terjangkau oleh banyak kalangan.

Cek artikel mengenai harga jual ayam brahma terbaru disini

10. Rekor Bobot Akhirnya Terkalahkan

Ayam Brahma awalnya dikenal dan dijuluki sebagai ” Raja ayam ” karena besarnya sampai disamai dan akhirnya dilampaui oleh ayam Jersey giant.

ayam brahma
10 Fakta Ayam Brahma

Kesimpulan

Begitulah 10 fakta ayam brahma yang telah kami rangkum apa adanya ini. Bila ada kesempatan, di lain waktu saya akan gali lebih dalam mengenai fakta ayam brahma baru lainnya.

Jika anda saat ini sudah memutuskan untuk membeli dan memiliki ayam brahma ini. Sebelumnya lakukan persiapan yang matang agar si ayam kelak nyaman berada di tempat anda.

Mungkin anda perlu memodifikasi kandang dan halaman untuk mengakomodasi ayam besar ini. Ada juga faktor dari sisi biaya pakan. Karena mereka akan makan sedikit lebih banyak daripada ayam biasa, sehingga biaya pakan perlu diperhitungkan juga.

Selain itu, kakinya yang berbulu tebal ini membutuhkan perhatian terutama di musim hujan yang basah dan dingin. Walaupun kadang mereka bisa memprotek diri sendiri. Saya tidak berpikir mereka suka kaki basah!..

Intinya, bila anda memutuskan untuk mendapatkan beberapa ayam unik ini, anda tidak akan kecewa. Kenapa saya tidak berpikir anda akan kecewa karena, saya bilang begitu tadi !! Becanda om.. tidak.. Ayam Brahma adalah tambahan yang sempurna untuk koleksi ayam hias peliharaan anda.

Apabila saat ini anda tertarik untuk membeli ayam brahma. Kami dari ayamkalkun.com menyediakan aneka jenis ayam brahma original, murah dan berkualitas untuk anda.

Cek disini : Harga ayam Brahma Terbaru

Kontak

Untuk pemesanan silahkan anda bisa menghubungi kami di:

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi peternakan kami yang ber alamat di :

Jalan tempel km 2,5 dusun tegalrejo, desa margorejo,kecamatan tempel, sleman, DI Yogyakarta.

Buka juga halaman kami lainnya disini :

Terima kasih atas waktu yang anda luangkan bersama kami. Bila dalam postingan 10 fakta ayam brahma ini ada kesalahan kata, fakta dan data, kami mohon maaf dan pemakluman nya. Kami terbuka untuk koreksi dan saran dari anda semuanya..

Semoga sukses selalu dan Selamat berbahagia dengan keluarga dan hewan peliharaan anda. Sampaikan salam hangat dari kami..Wassalam

10 Fakta Ayam Brahma – Copy Right Ayamkalkun.com 2020

2 Comments for 10 Fakta Ayam Brahma Yang Menarik Untuk Diketahui

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *