HOME
Home » Burung » Burung Merak » Jual Merak Putih Dan Merak Biru Legal

Jual Merak Putih Dan Merak Biru Legal

Posted at July 20th, 2022 | Categorised in Burung, Burung Merak

Kami men jual merak putih dan merak biru asli merak india, legal bukan lindungan. Original merak india hasil penangkaran lokal dan impor, hubungi : 0821 3708 2479 | 085868191174.

Jual Merak Putih dan merak biru._Memiliki burung merak sebagai hewan peliharaan pribadi merupakan hal yang di idam-idamkan banyak orang. Tak hanya untuk dikoleksi, burung merak juga memiliki prospek yang sangat menjanjikan untuk dikembangbiakan. Burung merak memang menggoda untuk dimiliki.

jual merak putih dan merak biru
Jual burung merak putih

Sulit dipungkiri, keindahannya akan membuat orang mudah jatuh cinta padanya bahkan di pandangan pertama.. Wajar bila burung merak sering diibaratkan burung jelmaan dari surga karena, mereka memang menyajikan pemandangan yang luar biasa.

Sungguh, mereka makhluk ciptaan yang sangat indah dari sang maha kuasa ( Alloh SWT ). Dan tak mungkin imajinasi manusia mampu membayangkan untuk menciptakannya !!.

Harga merak biru dan merak putih memang cukup tinggi. Namun sesungguhnya, harga berapapun yang jadi dasar patokan tak akan menjadi layak bila dibandingkan dengan keindahan ciptaannya ini. Adapun dalam menghargai harga jual merak putih ini, Kami hanya mengikuti harga pasaran pada umumnya saja.

Apabila mengacu kepada peraturan pemerintah no. 7 tahun 1999 mengenai satwa lindungan. Burung merak putih dan merak biru yang kami jual ini statusnya legal bukan lindungan. Adapun yang dimaksud burung merak lindungan dalam Peraturan tersebut adalah burung merak hijau endemik indonesia.

Walaupun statusnya legal namun, akan lebih baik bila anda juga memiliki tanda bukti surat legalnya. Anda bisa mengurus suratnya sendiri ke balai konservasi sumber daya alam (BKSDA), atau biar kami yang menguruskannya untuk anda.

Penjelasan lengkapnya, serta info serba-serbi seputar jual merak putih dan merak biru ini, akan kami bahas dibawah ini…lanjut ya pak..monggo..

Daftar Harga Jual Merak Putih dan Merak Biru

harga merak putih dan merak biru
harga merak putih dan merak biru

Adapun burung merak putih dan merak biru yang kami tawarkan. Adalah merak yang merupakan hasil dari penangkaran, baik itu dari hasil ternak lokal indonesia maupun dari ternakan luar / impor. Berikut ini daftar harga merak putih dan merak biru yang kami tawarkan :

Daftar Harga Jual Merak Putih :

USIAHARGAJUMLAH
3 – 4 bulanRp. 7.000.0001 ekor
6 – 7 bulanRp. 17.500.000Sepasang
10 – 11 bulanRp. 20.000.000Sepasang
12 – 15 bulanRp. 25.000.000Sepasang
18 – 22 bulanRp. 30.000.000Sepasang
Siapan IndukanRp. 35.000.000Sepasang
IndukanRp. 40.000.000Sepasang
DAFTAR HARGA JUAL MERAK PUTIH

Stok untuk jenis merak putih ini tidak selalu tersedia. Untuk memastikan ketersediannya, silahkan anda bisa langsung kontak kami.

Daftar Harga Merak Biru :

USIAHARGAJUMLAH
3 – 4 bulanRp. 4.500.0001 ekor
6 – 7 bulanRp. 12.000.000Sepasang
10 – 11 bulanRp. 15.000.000Sepasang
12 – 15 bulanRp. 20.000.000Sepasang
18 – 22 bulanRp. 25.000.000Sepasang
Siapan IndukanRp. 30.000.000Sepasang
IndukanRp. 35.000.000Sepasang
DAFTAR HARGA JUAL MERAK BIRU

Catatan :

  • Harga diatas belum termasuk biaya ongkos kirim
  • Harga sewaktu-waktu masih bisa berubah

Cek disini untuk melihat sample video merak putih dan merak biru yang kami tawarkan :

https://www.instagram.com/p/BKtGqVpBP42/

https://www.youtube.com/watch?v=iXjlNUX-XJo

Info lebih lanjut mengenai jual merak putih dan merak biru, dapat anda dapatkan infonya dengan menghubungi kami :

jual burung merak
Jual Burung Merak

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat

Atau anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi jual merak putih di :

Jalan tempel – turi km 2,5 Dusun tegalrejo, desa margorejo, kecamatan tempel, kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Sejarah Tentang Burung Merak

Merak biru adalah merak asli endemik dari negara india, srilangka dan sebagian negara diwilayah asia tengah diantaranya ( burma, bangladesh, pakistan). Biasa dikenal juga dengan sebutan indian peafowl.

Para ahli sejarah memperkirakan burung merak biru pertama kali tiba di india, tepatnya didekat pantai mediterania sekitar 4000 tahun SM. Termasuk salah satu jenis burung hias tertua didunia. Bahkan, ada juga yang menyebutkan bahwa, Merak adalah burung dari surga yang diturunkan ke bumi.

Dahulu, ketika bangsa Eropa menjelajah dan menduduki / menjajah daratan india, burung ini dibawa ke negara mereka dan dikembangkan disana. Dan sa’at ini, kita dapat menjumpai banyak individu disana telah memelihara burung merak ini.

Diperkirakan, ketika penangkaran di eropa inilah pertama kali burung merak biru bermutasi. Hingga, hadirlah merak jenis varietas baru yaitu, merak putih. Prediksi ini kemungkinan besar memang sangat mungkin terjadi. Sebab, dihewan lain juga banyak kita temukan mutasi genetik seperti ini, contohnya pada ayam kalkun dan ayam pheasant.

Namun, merak putih bukan albino. Mereka memiliki mata biasa sama seperti merak lainnya. Pada albino seharusnya matanya merah. Jenis mutasi ini disebut Leucism yaitu, mutasi genetik yang menyebabkan hilangnya pigmentasi.

Hewan dengan leucism mempertahankan warna mata normalnya. Ini adalah bulu yang tidak memiliki pigmentasi.

Merak Putih tidak ditemukan dialam liar. Bercak putih akan membuat mereka lebih terlihat oleh predator. Dan ini akan sangat berbahaya untuknya. Penampilan ini akan memudahkan predator untuk memangsanya.

Teorinya adalah bahwa gen warna putih resesif muncul pada hewan yang dipelihara. Ini kadang-kadang terjadi pada burung atau hewan peliharaan. Mutasi gen ini menjelaskan keberadaan merak putih.

Sumber : Backyardchickens.com

Karakteristik burung merak

Memiliki daya tarik utama dari keindahan bulunya yang mekar dan mengkilap. Selain itu, postur yang tinggi dan besar adalah beberapa dari sekian banyak kelebihannya. Namun dibalik itu, ada ciri khas dan karakter lainnya yang menarik untuk dibahas..Mari ikuti terus kelanjutan pembahasannya..

Merak adalah burung besar dengan jantan berukuran panjang 2,3 meter dan betina lebih kecil dengan panjang 86 cm. Panjang ekor merak jantan dewasa bisa mencapai hingga 1,75 meter dan berat 4-5kg. Sedangkan induk betina bobotnya lebih kecil yaitu 2-3kg.

karakteristik burung merak
Karakteristik Burung Merak Jantan

Seperti jenis burung dan ayam besar pada umumnya, merak putih jantan memiliki taji metatarsal yang tajam dan kuat. Mereka gunakan untuk mempertahankan diri dari pemangsa.

Kaki mereka sangat kuat dan memiliki 3 jari kaki kuat menghadap ke depan dan satu menghadap ke belakang. Karena rasio permukaan sayap dan berat badan mereka tidak besar, sebagian besar spesies merak tidak mampu melakukan penerbangan jarak jauh.

Dihabitat aslinya, burung merak hidup di hutan terbuka. Mereka tidak canggung untuk menampakan diri dan merupakan hewan yang mempunyai karakter kuat. Sama halnya dengan hidup di penangkaran, mereka tidak akan canggung dan tak akan malu-malu menyombongkan keindahan bulunya.

Selain untuk menarik perhatian betina, maksud pejantan memegarkan bulu indahnya yaitu, untuk tanda peringatan ketika mereka merasa terancam.

Penyempurnaan pada bulu ekor dan kematangan pejantan merak umumnya akan terjadi ketika mereka menginjak usia 2,5 tahun. Mereka akan segera kawin dan memproduksi telur di usia itu. Jumlah telur yang dihasilkan dalam semusim sangat beragam tergantung cara menetaskannya.

Proses Moulting

Perlu untuk anda diketahui bahwa, jantan merak dewasa setiap tahunnya mengalami molting / ganti bulu. Bulu ekor lama akan rontok lalu berganti dengan bulu baru. Proses moulting ini bisa terjadi sangat cepat, dalam 5-7 hari saja bulu ekornya bisa total lepas semua.

Bulu yang baru ini akan lebih panjang dan ruasnya lebih padat dari sebelumnya. Bagian mata pada bulu juga akan sedikit lebih besar. Jadi, seiring bertambah usia, tampilan ekornya akan semakin menawan.

Ketika proses moulting ini, jantan akan rehat untuk melakukan hubungan ( kawin ) dengan pasangannya. Disaat ini, mereka tidak subur ( tidak bisa membuahi ). Dari awal bulu lepas, hingga tumbuh penuh bisa memakan waktu sekitar 4bulanan.

Adapun bulu ekor panjang pada burung merak berjumlah sekitar 150-175 tangkai dengan tambahan bulu-bulu pendek sebagai penopangnya.

Musim Kawin

Saat musim kawin tiba, inilah momen paling menarik yang bisa anda alami. Jantan akan lebih aktif bergerak sambil mengembangkan keindahan bulu ekornya. Dengan penuh percaya diri, ia berjalan memutar untuk menarik perhatian pasangannya.

jual burung merak biru dewasa
Selain untuk menarik perhatian betina, burung merak mengembangkan sayapnya bertujuan untuk menunjukan kejantanannya

Disaat ini pula, mereka akan rajin mengeluarkan suara khasnya. Ini akan terus terjadi dari saat matahari terbit hingga sore saat matahari terbenam. 

Pejantan burung merak akan mulai birahi diusia 2 tahun, dan matang diusia 2,5 tahunan. Sementara betina terkadang lebih awal. Bahkan di beberapa kasus, ada yang mulai bertelur diusia 1,5 tahun. Meski begitu, usia 2,5 tahun adalah usia matang bagi betina untuk memproduksi telur fertil.

Ketika musim bertelur, induk akan membangun sarang. Setelahnya, indukan betina menetaskan telur lalu melanjutkan perawatan hingga anakan mampu untuk mandiri. Baik Induk jantan atau betina, keduanya bersama-sama memegang peranan dalam menjaga dan merawat anaknya.

Di indonesia, musim kawin burung merak biasanya terjadi dikala musim penghujan. Dalam 1 musim, alaminya jumlah telur rata-rata berkisar 6-8 butir. Jumlah telur dapat melebihi rata-rata tergantung cara penanganan.

Perawatan Telur

Telur burung merak rata-rata memiliki cangkang yang keras. Cangkangnya sendiri mengandung kalsium yang sangat tinggi. Meskipun begitu, telur dengan cangkang dan kualitas baik tentunya berasal dari pakannya yang baik pula. Usia indukan yamg matang ketika menghasilkan telur juga sangat berpengaruh signifikan. Jadi, inilah salah satu mengapa pentingnya memperhatikan kualitas pakan dan waktu perjodohan pasangan induk.

Cangkang telur sendiri terbentuk dari lapisan lendir yang mengeras sehingga membantunya untuk tetap terjaga utuh. ketika embrio didalam telur, mereka mendapatkan asupan gizi dari putih dan kuning telur. Adapun kandungan nutrisi ini dikenal juga dengan sebutan ‘ albumin ‘.

Beberapa orang lebih menyukai menetaskan telur menggunakan mesin tetas atau incubator karena, dengan cara ini jumlah telur akan lebih banyak. Dalam satu musim, dapat mencapai hingga 20butir. Namun, bila anda terpikir untuk menetaskannya secara alami itu akan lebih baik walaupun memang jumlah telurnya akan lebih sedikit.

Bila anda memilih membiarkan telur dierami induknya, benefitnya kondisi kesehatan tubuh induk betina akan lebih baik. Juga, masa produktifnya akan jauh lebih panjang dan lama.

Setiap induk betina hewan yang bertelur, alaminya membutuhkan masa rehat untuk memaksimalkan kondisi tubuhnya. Masa rehat itu alaminya dilakukan dengan cara beristirahat untuk mengerami telur.

Induk betina merak merupakan sosok penuh tanggung jawab yang lembut dan setia menjaga telur dan anak-anaknya kelak. Mereka akan melindungi dan menjadi tameng untuk keamanan telur dan anakannya”.

Ciri umum Burung merak putih dan merak biru :

1. Mereka bisa terbang namun, mereka bukan penerbang yang handal seperti jenis burung pada umumnya. Mereka hanya mampu terbang dalam jarak dekat dan maksimal hanya mampu terbang di ketinggian 60-70 meter. Faktor yang menyebabkan mengapa mereka tidak mampu terbang tinggi dan lama diudara adalah karena bobot badannya.

2. Mampu berlari hingga mencapai kecepatan 16km/jam dan kecepatan terbangnya bisa mencapai hingga 10mph.

3. Hewan Koloni. Di habitat aslinya di alam liar, mereka terbiasa hidup berkelompok, dalam satu kelompok biasanya beranggotakan 8-10 burung.

4. Pejantan poligami. 1 Jantan merak dewasa, bisa dijodohkan dengan beberapa betina. Paling ideal 1 jantan dijodohkan dengan 4 betina.

5. Pada merak biru, warna bulu betina tidak mengikuti warna bulu pejantan, bulu warnanya lebih dominan berwarna kehijauan.

6. Burung merak pada umumnya bila kondisinya sehat bisa mencapai usia hingga 40-50 tahun.

Cara Perawatan Burung Merak Putih dan Merak Biru

Sebelum anda memeliharanya, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Tujuannya agar mereka merasa nyaman dan sehat ketika kelak berpindah tempat ke lokasi anda. Beberapa faktor itu diantaranya :

  • Persiapan Kandang
  • Persiapan Pakan
  • Perawatan Kesehatan

1. Kandang

Untuk penempatan merak putih dan merak biru anakan dan remaja, anda dapat memeliharanya dengan cara dikandangkan dalam kurungan.

Penempatan kandang untuk remaja dan dewasa, area terbaik yang paling saya rekomendasikan adalah ditempatkan didalam kandang polier. Karena, selain merak bisa bergerak leluasa, mereka juga bisa terlindungi dari gangguan predator ataupun maling. Anda tentu tak mau merak tercinta ini hilang bukan..amit-amit jangan sampe..

Area yang disiapkan, wajib memiliki asupan cahaya / sinar matahari yang cukup.

Standar untuk kandang dewasa, minimal memiliki luas area 4 × 4m untuk isi populasi 1-3 ekor.

Saran saya bila dalam kondisi cuaca dingin, tutup kandang menggunakan tirai atau bisa juga memakai kain lebar. Tujuannya agar, suhu didalam kandang lebih hangat dan sirkulasi udara dari luar tidak masuk terlalu banyak kedalam kandang.

Kebersihan kandang

Faktor lainnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang. Saran saya, sebisa mungkin anda rutin membersihkan kandang. Minimal 1 x sehari, dan minimal 2 minggu sekali kandang disemprot antiseptik agar kandang terjaga dari penyebaran bahaya virus penyakit.

Tempat pakan dan minum juga harus dibersihkan secara berkala. Gunakan sabun cair untuk cuci piring yang biasa dipakai di dapur anda.

Pakan

Pakan untuk burung merak putih dan merak biru sangat mudah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Anda dapat menggunakan hampir semua jenis pakan unggas. Agar burung merak tidak bosan dengan menu pakan, anda bisa mengkombinasikan macam-macam pakan.

Misalnya bila diberikan pur dicampurkan dengan irisan sayuran atau dicampur dengan nasi dan lainnya.

Di habitat aslinya untuk kebutuhan pakan sehari-hari, biasanya mereka mencari jenis biji-bijian dan berburu hewan unggas kecil. Terkadang, hewan seperti kadal, tikus dan bahkan ular juga mereka mangsa. Jadi agar karakter liar nya tetap ada berikan juga sesekali pakan seperti cacing, serangga atau jangkrik.

Bila anda ingin burung merak kesayangan anda ini lebih jinak, biasakan berikan pakan dengan tangan. Selain akan lebih jinak, dengan cara memberikan pakan seperti ini juga akan menambah ikatan batin / keintiman antara anda dengannya.

Perawatan

Perawatan burung merak pada umumnya hampir sama saja dengan cara memelihara ayam hias. Faktor perawatan yang paling terpenting tentunya dari segi perawatan kesehatan.

Walaupun burung merak relatif tahan terhadap penyakit, khususnya yang dewasa. Namun bila daya tahan tubuhnya melemah, akan mudah juga terserang virus penyakit.

Tindakan pencegahan harus lebih diutamakan. Salah satunya yaitu dengan pemberian vitamin dan kandang yang harus selalu dijaga kebersihannya.

Perubahan cuaca

Pada sa’at terjadi perubahan cuaca secara drastis atau tiba-tiba, biasanya burung merak akan malas bergerak. Kondisi ini akan sangat beresiko datangnya penyakit. Virus penyakit yang menyerang pada musim seperti ini biasanya penyakit ngorok atau Snot.

Untuk pencegahan, secara berkala berikanlah vitamin ayam. Vitamin merupakan tambahan nutrisi yang sangat dibutuhkan semua makhluk hidup tidak terkecuali burung merak. Burung merak putih dan merak biru akan mudah terserang penyakit bila kekurangan nutrisi dalam tubuh. Oleh sebab itu, asupan vitamin harus terpenuhi.

Pemberian nutrisi vitamin ini, dapat diberikan melalui minuman dan obat-obatan. Berikan secara rutin minimal 2 x dalam seminggu. Minuman yang diberikan contohnya, EM4, vita chick atau vita stress ( penggunaan nya dicampur dengan minuman ). Bisa juga diberikan minuman alami yang bahannya dari serapan air kunir dan jahe.

Terlepas apakah anda seorang peternak ulung atau pemula, ketika anda berusaha dengan maksimal, pasti selalu ada jalannya.

Jenis Burung Merak

merak blue pied dan merak cameo
contoh foto jenis merak blue pied dan merak cameo jantan dewasa

Pada dasarnya burung merak india hanya dibedakan menurut jenis warna bulunya saja. Secara keseluruhan, karakteristiknya sama. Ada berbagai jenis warna yang saat ini populer sekali baik itu di indonesia maupun diseluruh dunia. berikut ini adalah jenis-jenisnya :

  • Merak Biru ( india blue peacock / blue peafowl )
  • Merak Putih ( White Peacock / white peafowl )
  • Black Shoulder
  • Java Green ( merak hijau )
  • Spalding
  • Blue Pied
  • Cameo
  • Pied Cameo
  • Purple
  • Charcoal
  • Bronze, dll

Terdapat banyak sekali jenis warna dari burung merak. Adapun beberapa jenis merupakan jenis warna asli dan ada juga jenis warna yang merupakan hasil persilangan serta karena mutasi gen.

Salah satu contoh dari hasil persilangan itu adalah jenis blue pied, cameo pied, spalding dll. Sedangkan yang dari hasil persilangan serta ditambahkan dengan mutasi gen adalah jenis cameo, purple, charcoal, bronze dll.

Pertimbangan Harga Jual Merak Putih & Merak Biru

Melihat harga jual merak putih dan merak biru yang cukup mahal mungkin membuat sebagian orang mundur untuk menekuni hobi ini. Namun, bila anda memiliki kondisi finansial yang bagus dan memiliki lahan yang pas untuk memeliharanya mengapa tidak diteruskan ?

Karena, selain dengan memeliharanya anda akan mendapat hiburan pelipur penat, mengembangbiakan merak putih juga dapat mendatangkan income yang menggiurkan.

Baca juga : jual burung merak putih / white peacock

Populasi burung merak biru dan merak putih di indonesia untuk sa’at ini masih tergolong sangat langka. Dan, merak jenis ini sangat diburu oleh para pecintanya. Bila dilihat dari kenyataan tersebut, maka peluang bisnis untuk membudidayakannya sangatlah terbuka. Pengembangbiakannya bisa sangat menguntungkan.

Bagaimana Cara Men Jual Merak Putih dan Merak Biru

Sesuai dengan peraturan per undang-undangan di Indonesia. Kedua jenis merak ini tidak termasuk hewan dalam kategori dilindungi karena, merak jenis ini bukanlah merak endemik lokal indonesia. Sehingga, status hukumnya legal, baik itu untuk diternak maupun untuk diperjualbelikan.

Apabila kelak anda telah berhasil mengembangbiakannya dan ingin menjual hasil ternak anda ini. Jangan kuatir, karena menjualnya tergolong cukup mudah. Hingga kini, dipasaran lokal permintaan untuk burung merak masih sangat tinggi.

Adapun apabila anda kelak berhasil membudidayakan merak ini, maka anda juga telah menambah / memperkaya jenis endemik burung merak di indonesia. Selain itu, bila kelak anda berhasil mengembang biakannya, kami Ayamkalkun.com siap membantu untuk memasarkan burung merak yang anda tangkarkan.

Penutup

Jika anda terpikir untuk memelihara hewan peliharaan lainnya. Atau mungkin ingin memberi kejutan hadiah hewan untuk family, relasi dan sahabat. Kami siap membantu anda.

Akses dan jaringan yang kami miliki, dapat menyediakan hewan-hewan terbaik untuk anda. Selama ini kami bekerjasama dengan peternak-peternak terbaik, dari lokal maupun mancanegara.

Kamipun tidak sembarangan dalam memilih aneka hewan peliharaan yang akan kami suplai, tujuannya agar terjaga kualitas dari hewan peliharaan tersebut.

Kami menerima pesanan aneka jenis hewan peliharaan. Dapat mengirim untuk lokal pulau jawa maupun luar pulau. Dan, bila diperlukan kami akan antar pesanan langsung ke depan pintu rumah anda karena, kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Terima kasih anda sudah berkunjung dan membaca artikel jual merak putih dan merak biru ini. Semoga sukses selalu dan selamat berbahagia dengan keluarga dan hewan peliharaan kesayangan anda. Sampaikan salam hangat dari kami..Wassalam.

Selain merak putih, kami juga menjual aneka jenis hewan lainnya, Silahkan cek disini :

5 Comments for Jual Merak Putih Dan Merak Biru Legal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *