HOME
Home » Ayam Pheasant » Golden pheasant » Jual Ayam Golden Pheasant, Ayam Hias Dari Tibet

Jual Ayam Golden Pheasant, Ayam Hias Dari Tibet

Posted at May 6th, 2022 | Categorised in Ayam Pheasant, Golden pheasant

Jual Ayam Golden Pheasant. – Dalam artikel ini, kami akan membahas informasi seputar golden pheasant berikut dengan harga terbarunya ditahun 2022 – 2023 ini. Sebelumnya, kami ucapkan banyak Terima kasih kepada anda karena telah meluangkan waktu untuk mengunjungi website ayamkalkun.com ini.

ayam golden pheasant
jual ayam golden pheasant anakan hingga usia dewasa siap nelur

Seperti yang mungkin telah anda tebak dari namanya ‘ golden ‘, mereka memang begitu mengkilau layaknya emas / keemasan. Tampilannya sungguh menggoda mata, atau mungkin kalau dalam bahasa jaksel nya ‘eye catching‘..hehe..Sementara nama dibelakang yaitu ‘ pheasant ‘ adalah nama dari kelompok varietasnya.

Jenis ayam pheasant sendiri jumlahnya tergolong cukup banyak. Dari sekian ragam jenisnya, mungkin golden pheasant lah yang menjadi super starnya. Karena, tampilannya yang penuh warna kontras ini, akan mampu menarik perhatian hanya tertuju padanya.

Asal Usul Ayam Golden Pheasant Dan Penyebarannya

Golden pheasant atau sering juga dijuluki dengan sebutan ayam hong / ayam tibet adalah burung yang berasal dari china barat. Wilayah bagian barat ini meliputi provinsi yunnan, guizhou dan tibet.

Mungkin inilah yang menyebabkan mereka dijuluki dengan nama tersebut. Karena, julukannya mewakili nama daerah asalnya ( hong untuk nama asal negara dan tibet untuk nama daerah ).

Sudah sejak ratusan tahun yang lalu golden pheasant ini dipelihara warga lokal disana untuk dijadikan sebagai ayam peliharaan. Mereka memanfaatkannya untuk ayam hiasan, juga diternakan untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya.

Sebagian warga disana mempercayai bahwa, memelihara ayam ini bisa membawa hoki. Dalam kebudayaan china, warna merah adalah lambang keberuntungan. Mungkin warna bulu merah inilah yang menjadikan alasan mengapa bisa menjadi pembawa keberuntungan.

Profil

Nama : Golden Pheasant
Julukan lainnya : Ayam tibet, ayam hong, ayam pegar.
Negara asal : China
genus : Chrysolophus
Nama ilmiah : chrysolophus pictus
Kelompok : Galliformes
Keluarga : phasianidae
Kelas : aves
Bobot : Jantan 710 – 725 gram, betina 515 – 525gram.

Populasi

Walaupun mereka adalah endemik asli yang berasal dari hutan negara china, namun saat ini golden pheasant juga telah berkembang biak dinegara-negara lainnya.

Sejak tahun 1900 an, ayam ini dilepas liarkan dihutan- hutan negara amerika serikat, inggris, selandia baru, kanada, Australia dll. Dan hingga kini, populasi mereka masih bisa dijumpai disana.

Selain dilepas liarkan di hutan, golden pheasant juga telah ditangkarkan di peternakan perseorangan baik komersil atau non komersil di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, saat ini jumlah pemilik dan peternak golden pheasant sudah cukup banyak. Diperkirakan mulai hadir pada tahun 1980 an. Ketika itu, golden pheasant hanya dikoleksi kalangan tertentu dan khususnya hanya dimiliki oleh kebun binatang saja. Namun saat ini, golden pheasant sudah bisa dimiliki oleh individu umum dan legal untuk dipelihara.

Karakter & Tabiat Ayam Golden Pheasant

Golden Pheasant memiliki kepribadian yang introvert dan pemalu. Dialam liar tempat habitat aslinya, mereka lebih menyukai menghabiskan waktu hanya dengan pasangan dan kelompoknya saja. Dan, sebisa mungkin mereka akan menghindari berkumpul dengan hewan lainnya.

Lokasi favorit untuk ditinggali adalah hutan rimbun yang memiliki pohon-pohon yang rindang. Daerah seperti ini dipilih, agar memudahkan mereka bersembunyi untuk menghindari bahaya dari ancaman predator.

Alasan lain mengapa mereka senang dilokasi seperti ini adalah agar mudah ber kamuflase. Khususnya untuk betina. Tujuannya untuk melindungi telur dan anak-anaknya.

Dalam perkawinan, jantan melakukan poligami sementara betina cenderung monogami. Betina rata-rata sangat setia kepada pasangannya dan jantan bisa berpasangan dengan beberapa ekor betina.

Meskipun termasuk dalam keluarga burung, namun, mereka tidak suka terbang. Dalam kesehariannya banyak menghabiskan waktu didarat. Inilah mengapa mereka juga bisa disebut ayam.

Ketika kaget atau merasa terancam, mereka akan bergerak sangat cepat. Larinya bisa sangat cepat dan tiba-tiba akan terbang layaknya pesawat lepas landas. Walaupun memiliki kemampuan terbang, namun mereka hanya bisa terbang jarak dekat. Dan terbangnya pun tidak terlalu tinggi layaknya burung pada umumnya.

Tampilan dan Ciri Khas

ayam golden pheasant induk
ayam golden pheasant induk

Jantan golden pheasant dewasa dapat mudah dikenali karena warna bulunya yang mencolok, kontras dan tajam. Sementara betina hanya berwarna abu-abu kehitaman. Pejantan juga memiliki tubuh lebih panjang yaitu 90 – 105cm dan betina 60- 80cm. dua pertiga dari panjang tubuh adalah bagian bulu ekornya.

Ayam golden pheasant jantan memiliki warna bulu kuning emas pada bagian atas kepala ( jambul ). Lalu, dibagian lehernya melingkar bulu berwarna oranye dengan garis-garis hitam. Bulu ini akan mekar atau berpegar ketika jantan menggoda betina juga untuk memperlihatkan kejantanan nya.

Momen saat mekar inilah yang akan memberi kesan terindah bagi siapa saja yang melihatnya.

Betina memiliki tampilan yang bisa dibilang biasa. Bulunya berwarna abu-abu kecoklatan berpadu dengan corak garis-garis hitam kusam.

Keindahan Ayam golden pheasant memang terletak pada jantannya. Namun, warna betina yang kusam dan terlihat biasa ini justru adalah kelebihan yang tidak dimiliki jantan.

Mengapa? Karena, ketika dialam liar warna bulu ini akan sangat bermanfaat untuk memudahkannya kamuflase. Sehingga, akan menghindarkan nya dari bahaya predator pemangsa. Betina tentunya harus memiliki kemampuan bertahan hidup lebih, karena mereka memegang peranan penting untuk regenerasi.

Ketika golden pheasant berusia dibawah 3-4bulan, tampilan serta posturnya mirip sekali dengan lady amherst. Apalagi jika anda masih pemula, pasti akan kesulitan untuk membedakan nya.

Mereka memang memiliki kemiripan layaknya kembar. Karena mereka memang termasuk kedalam jenis/ genus yang sama yaitu chrysolophus.

Adapun ciri khas utama yang membedakan kedua jenis ini ketika masih anakan. Diantaranya:

  • Warna Bulu lady amherst lebih gelap sementara golden pheasant lebih terang kemerahan.
  • Kaki golden pheasant berwarna kuning sementara lady amherst berwarna abu-abu.
  • Ketika usianya diatas 3-4bulan, warna bulu ekor lady akan mulai mengeluarkan warna khas corak putih. Sementara golden pheasant bercorak warna kecoklatan.

Pembahasan lebih lengkap untuk mengetahui cara membedakan betina golden pheasant dan lady amherst dapat anda baca disini.

Artikel Seputar Jual Ayam Golden dan Jenis Pheasant Lainnya

jenis pheasant
aneka jenis pheasant

Jual Ayam Golden Pheasant

Bila kita bandingkan dengan harga ayam pada umumnya, harga golden pheasant memang lebih mahal. Namun, harga yang melekat ini seharusnya tidak menjadi ganjalan ketika anda memang sangat berniat untuk memilikinya. Mengapa? Berikut beberapa alasannya..

  • Bisa dikembangbiakan. Bila kelak anda berhasil mengembangkannya, maka modal awal yang anda keluarkan untuk membelinya kelak akan kembali. Bahkan, anda bisa lebih banyak meraup keuntungan profit.
  • Ketika anda pergi mencari hiburan atau liburan, tentunya dibutuhkan biaya yang mahal untuk mendapatkan kepuasan itu. Begitupun ketika anda ingin sekali mendapatkan ayam ini. Biaya yang dikeluarkan tentunya akan mahal karena tontonan yang diberikan dari tampilannya mampu memberikan hiburan yang mewah. Bila diibaratkan destinasi wisata, mungkin destinasinya adalah negara swiss.. hihi..

Apabila anda berminat untuk membeli ayam ini di tempat kami, anda akan mendapat kemudahan dalam transaksinya. Selain itu, kami juga memberikan harga terbaik dengan kualitas yang terjamin berikut garansi dalam pengiriman.

Berikut ini daftar harga jual ayam golden pheasant yang telah kami susun berikut tahapan usianya.

Daftar Harga Jual Ayam Golden Pheasant Terbaru

Berikut ini daftar harga terbaru lengkap dengan tahapan usianya.

anak golden pheasant
contoh foto anakan golden pheasant usia 5 bulanan
  • Usia 1-2 bulan : Rp. 2.250.000 / ekor.
  • 3-4 bulan : Rp. 5.000.000 / pasang.
  • 5-6 bulan : Rp. 5.500.000 / pasang.
  • 7-8 bulan : Rp. 6.000.000 / pasang.
  • 10-12 bulan : Rp. 6.500.00 / pasang.
  • 13-14 bulan : Rp. 7.500.000 / pasang.
  • Siapan Induk : Rp. 8.500.000 / pasang.
  • Dewasa & Indukan : Rp. 9.500.000 – 10.500.000 / pasang.

Stok anakan / bibit ayam golden pheasant tidak selalu tersedia sepanjang musim. Ini disebabkan menyesuaikan pada musim kawin indukan. Untuk informasi musim kawinnya bisa anda simak dalam artikel dibawah ini.

Informasi untuk pengiriman dan negosiasi harga, kontak kami di 0821 3708 2479.

Jual Ayam Golden Pheasant, Ayam Hias Dari Tibet
jual ayam golden pheasant

Musim Kawin

Ayam pheasant jenis golden ini, biasanya memulai musim bertelur pada awal bulan september hingga pertengahan bulan februari. Utamanya dimusim hujan.

Dilain tempat, biasanya mereka mengikuti waktu musim daerah setempat. Untuk wilayah asia tenggara sendiri, biasanya mereka mulai kawin disekitar bulan september-oktober. Sementara, untuk wilayah benua eropa dan amerika, biasanya dimulai sekitar bulan maret hingga agustus.

Rata-rata jumlah telur dalam semusim bisa menghasilkan telur hingga 50butir.

ayam pegar golden pheasant
Momen jantan memegarkan bulunya

Diusia mapan yaitu antara usia 18bulanan, jantan akan sering mempertunjukan keindahannya untuk merayu betina. Mereka seperti berdansa dengan memegarkan bulu pada bagian leher dan ekor. Tontonan ini akan terus terjadi selama betina belum berminat mengikuti ajakannya.

Kelebihan dan kekurangan

Walaupun kami disini menawarkan ayam ini dengan harapan agar anda membelinya. Namun, kami tetap perlu memberikan warning terlebih dahulu. Bahwa, saat anda berpikir untuk memilih ayam untuk dibeli dan dipelihara. Sangat penting untuk memperhatikan keuntungan dan kerugian dari membeli dan memiliki ayam ini.

Berikut ini beberapa dari manfaat dan kelemahan atau kekurangan yang akan anda rasakan ketika memelihara golden pheasant.

Benefit

  1. Memberikan hiburan ketika anda merasakan penat.
  2. Bila anda mampu mengembang biakan dengan baik maka, dapat menjadi salah income sampingan yang cukup menguntungkan bahkan bisa menjadi pemasukan finansial utama.
  3. Apabila anda memeliharanya di rumah, akan secara otomatis menaikkan pamor rumah anda. Juga bisa menjadi hiburan untuk seluruh keluarga tercinta.
  4. Bisa menjadi salah satu teman terbaik anda layaknya se ekor kucing atau anjing.
  5. Memilikinya akan memberikan rasa kebanggaan karena tidak semua orang mampu dan bisa untuk memelihara dan memilikinya.
  6. Cukup mudah dirawat serta memiliki daya tahan tubuh yang baik.
  7. Bulu ekornya setiap musim selalu rontok. Bulu yang rontok ini dapat dimanfaatkan untuk hiasan.
  8. Makannya tidak terlalu banyak.

Kelemahan & Kekurangan

  1. Kandangnya harus cukup luas sehingga bisa mengurangi luas tanah pekarangan. Biaya pembuatan kandangnya pun akan cukup banyak memakan biaya.
  2. Harganya cukup mahal.
  3. Ayam ini bisa terbang sehingga ini sangat beresiko. Bila lepas akan sangat menyulitkan untuk ditangkap kembali.
  4. Tidak memiliki suara kokok yang merdu layaknya ayam biasa.
  5. Posturnya tidak besar sehingga bila dikonsumsi dagingnya hanya sedikit. Selain itu telurnya juga kecil.
  6. Bertelurnya hanya setahun sekali.
  7. Karena harganya mahal jadi rawan dicuri maling.

Sumber artikel :

Dalam artikel ini, kami tidak membahas cara pemeliharaannya. Adapun panduan cara ternaknya sudah kami bahas di artikel lain di website ayamkalkun.com ini. Jika anda tertarik untuk membacanya, bisa anda simak di alamat ini :

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa riset terlebih dahulu sebelum anda memelihara ayam golden pheasant ini. Belilah dari penjual yang rekomended agar ayam yang dibeli sesuai dengan ekspektasi. Kami mendoakan yang terbaik untuk anda dan peliharaan anda kelak.

Ayamkalkun.com ‘ jual ayam golden pheasant ‘ 2022

3 Comments for Jual Ayam Golden Pheasant, Ayam Hias Dari Tibet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *