HOME
Home » Ayam Cemani » Ayam Hias » Jual Ayam Cemani Asli – Harga Terkini 2020 – 2021

Jual Ayam Cemani Asli – Harga Terkini 2020 – 2021

Posted at July 7th, 2020 | Categorised in Ayam Cemani, Ayam Hias

Ayamkalkun.com – Kami men jual ayam cemani asli / original. Tersedia banyak pilihan dari telur, bibit / anakan, remaja hingga indukan siap pelihara. Hubungi : 0821-3708-2479 | 0858-6819-1174.

jual ayam cemani
jual ayam cemani

Ayam cemani memang memiliki daya tarik yang tak biasa. Sekujur tubuhnya mulai dari bulu, paruh, tulang hingga kulitnya berwarna hitam legam. Dan yang menarik, ayam ini juga sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis.

Harga jual ayam cemani per tahunnya kerap mengalami fluktuasi, faktor penyebabnya adalah karena ketersediaan stok dan perkembangan daya beli pasar. Namun, harganya di beberapa tahun belakangan ini rata-rata stabil.

Berikut ini, kami akan membahas seputar ayam cemani ini. Dimulai dari harga ayam cemani, asal usul dan fakta-fakta unik lainnya. Cek pemaparan kami berikut ini.

Daftar Harga Jual Ayam Cemani

USIAHARGAJUMLAH
DocRp. 60.0001 Ekor
Usia 2 – 3 MingguRp. 75.0001 Ekor
Usia 1 BulanRp. 90.0001 Ekor
Usia 2 BulanRp. 250.000Sepasang
Usia 3 BulanRp.350.000Sepasang
Usia 4 BulanRp. 450.000Sepasang
Usia 5 BulanRp. 550.000Sepasang
Usia 6 BulanRp. 650.000Sepasang
Dewasa / IndukanRp. 1.000.000Sepasang
TelurRp. 45.0001 Butir

Keterangan :

  • Untuk penjualan telur, kami hanya melayani pemesanan di area pulau jawa saja.
  • Harga cemani diatas belum termasuk biaya ongkos kirim.
  • Untuk pengiriman ke luar pulau jawa, dibutuhkan waktu 5-6 hari untuk tiba ditujuan. Ini dikarenakan, pengurusan surat izin dokumen dan surat cek kesehatan.

Garansi

Dengan membeli ayam cemani di tempat kami, selain anda mendapatkan ayam cemani asli, anda juga akan mendapatkan jaminan lainnya. Diantaranya :

  • Garansi kematian dalam pengiriman.
  • Jaminan / Garansi sampai 3 hari setelah paket ayam diterima di tempat.
  • Garansi yang kami berikan adalah pengembalian uang anda 100% tanpa ada pengurangan sedikitpun.

Buka juga halaman kami yang lain disini : Jual ayam golden Pheasant

ayam cemani asli
sepasang ayam cemani asli

Cara Memilih Ayam Cemani Asli

Sebelum anda membeli ayam cemani, saya sarankan telitilah dalam memilih. Banyak ayam cemani yang beredar dipasaran saat ini tidak memiliki kualitas yang baik.

Untuk memandu anda memilih, berikut ini saya informasikan cara memilih ayam cemani asli :

1. Jengger

Jengger berbentuk wilah / sisir. Warna jengger apabila semakin tua biasanya akan terlihat agak kemerahan.

2. Bulu

Cemani asli, mempunyai standar minimal 90% diseluruh tubuh berwarna hitam.

3. Dubur

Untuk memastikan dagingnya juga berwarna hitam, anda bisa cek dagingnya melalui dubur. Cemani asli duburnya juga berwarna hitam.

4. Kulit

Sisirlah bulunya agar tampak bagian kulitnya, pastikan kulitnya berwarna hitam. warna pada kulit biasanya hitam agak ke abu-abuan.

5. Lidah

Pada bagian inilah salah satu yang sangat menarik untuk dibahas. Berikut pembahasannya.

lidah ayam cemani
lidah ayam cemani

Dikalangan para pecinta ayam cemani, masalah warna lidah ini seringkali diperdebatkan. Karena, kebanyakan dari cemani yang ditangkarkan maupun yang telah beredar selama ini, warna lidahnya berwarna abu-abu kehitaman.

Sementara itu, ada sebagian kecil orang yang menganggap bahwa, cemani asli harusnya lidahnya juga berwarna hitam.

Mengenai hal itu, perdebatan sesungguhnya sudah selesai. Namun, menarik untuk saya angkat kembali agar para pemula juga paham dan bisa mengambil kesimpulan. Begini penjelasannya..

Memang, terkadang ada ayam cemani yang lidahnya berwarna hitam namun, itu terjadi karena beberapa faktor. Faktornya yaitu karena genetik dan rekayasa.

Faktor Genetik

Pada setiap makhluk hidup, sering ditemukan adanya kelainan genetik. contohnya albino. Begitupun dengan ayam cemani, kelainan genetik inilah yang menyebabkan terkadang lidahnya berwarna hitam.

Namun menurut pengalaman saya pribadi, juga pengalaman teman-teman sesama peternak. Warna hitam pada lidah ini tidak statis, malah kebanyakan selalu berubah warna kembali kewarna lidah aslinya yang berwarna abu-abu kehitaman.

Rekayasa

Banyak ditemui kasus lidah hitam pada cemani terjadi karena rekayasa atau ” dibuat buat “. Biasanya ini dilakukan dengan cara memakai bahan-bahan kimia. Ini dilakukan orang-orang ” nakal ” tujuannya agar harga jualnya bisa tinggi.

Asal Usul & Sejarah Ayam cemani

Ayam Cemani adalah ayam endemik asli indonesia yang berasal dari kedu, Temanggung Jawa Tengah.

Menurut legenda, pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit ada seorang pertapa sakti yang bernama Ki Ageng Mangkuhan. Beliau ini diklaim sebagai pemilik pertama ayam hitam atau cemani.

Ketika itu Ki Ageng Mangkuhan sedang bertapa di makam keramat didaerah Kedu. Saat itu, beliau mendapatkan sebuah wangsit untuk mengobati seorang raden yang bernama Lintang Katon. Lalu, Ki Ageng Mangkuhan menggunakan ayam beliau untuk mengobati putra pejabat tersebut.

Dan ternyata, Ki Ageng Mangkuhan berhasil mengobati Lintang Katon. Sejak saat itu, ayam hitam milik Ki Ageng Panembahan dipercaya bisa dijadikan alat untuk pengobatan. Dan kepercayaan ini masih diyakini hingga sekarang.

Karena dengan ayam ini telah berhasil mengobati putra mahkota, akhirnya beliau berinisiatif untuk mengembangbiakkannya agar semakin banyak dan tidak punah.

Ketika itu, ayam milik Ki Ageng Mangkuhan ini tidak berwarna hitam secara keseluruhan. Paruhnya juga masih berwarna putih. kemudian, ayam ini dikawinkan dengan ayam kampung yang juga berwarna hitam. Dan ternyata, anakan yang dihasilkan berwarna hitam legam, termasuk paruhnya.

Sejak saat itulah ayam tersebut disebut ayam “ cemani ” yang dalam bahasa sansakerta artinya hitam legam.

Mitos Ayam Cemani

Selain memiliki daya tarik dari tampilannya, ayam cemani juga memiliki keunikan lainnya terutama dari sisi-sisi mitos kepercayaan. Apa saja mitosnya ? lanjut dibaca aja ya om..tancap..

1. Menjaga Bayi Dari Gangguan Makhluk Halus

Dalam mitos jawa kuno, jika ada bayi yang rewel. Disebabkan karena diajak pergi jauh atau datang ke acara pernikahan, biasanya langsung dikait-kaitkan dengan makhluk halus. Dan dengan mengoleskan darah ayam cemani pada kepala bayi, maka bayi dipercaya akan terhindar dari gangguan makhluk halus.

2. Penangkal Roh Jahat

Konon, Bulu ayam cemani dipercaya dapat menangkal gangguan roh jahat. Menurut kepercayaan orang Batak kuno, apabila menemukan ayam cemani di hutan maka, dipercaya akan mendapatkan berkah dari roh nenek moyang.

Baca juga Halaman kami yang lain : Jual bibit ayam kalkun

3. Alat Untuk upacara ritual

Ayam cemani juga sering digunakan sebagai syarat untuk ritual gaib. Contohnya, ketika akan ada sebuah proyek pembangunan seperti pembangunan hotel, mall atau pabrik. Para spiritualis biasanya menggunakan ayam ini sebagai ” sesembahan “untuk kelancaran pembangunan proyek tersebut.

4. Penolak Bala

Dengan memelihara cemani dipercaya dapat menangkal segala macam gangguan seperti gangguan sihir, teluh / santet dan lainnya.

Menurut kepercayaan, kekuatan magis ayam tersebut dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Cemani widitra sebagai penolak kekuatan jahat dari makhluk halus.

2. Cemani warastratama sebagai pelengkap upacara adat.

3. Cemani kaikayi sebagai pengobat ilmu santet

Adapun arti istilah tolak bala dalam kamus besar bahasa indonesia yaitu, penangkal bencana ( bahaya, penyakit,dll ).

Menurut anda bagaimana tentang semua mitos ini ?

Klo saya sendiri sih cuma bisa bergumam ” aya aya wae “..hehe…

Manfaat Ayam Cemani – #2 Layak Dicoba

Selain menyenangkan untuk dipelihara, ayam cemani juga bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Apa saja manfaatnya ? ikuti terus ulasannya berikut ini..tambah gass om..

1. Obat Keseleo / terkilir

Ayam cemani memiliki kandungan minyak yang berasal dari lemaknya. Minyak ini diyakini ampuh untuk mengobati luka dalam seperti terkilir dan keseleo. Adapun cara untuk mendapatkan minyaknya yaitu dengan mengukus dagingnya.

Meskipun belum pernah dilakukan penelitian secara medis tentang minyak ayam ini. Namun, menurut kepercayaan masyarakat, minyak ayam cemani terbukti ampuh dalam mengobati luka seperti ini.

2. Meningkatkan Vitalitas Pria

Menurut kepercayaan masyarakat juga, dengan mengkonsumsi telur ayam cemani, akan mampu meningkatkan vitalitas pria terutama untuk berhubungan intim dengan pasangan. Caranya, telur dikocok lalu ditambahkan madu dan beras kencur.

3. Alternatif Obat Stress

Menurut penelitian, salah satu gejala penyebab datangnya penyakit pada makhluk hidup adalah stress. Terutama untuk orang yang sudah berusia lanjut, stress adalah salah satu pemicu utama datangnya penyakit.

Ketika anda penat, jenuh dengan rutinitas sehari-hari, ada kalanya anda butuh hiburan. Mungkin, dengan memelihara ayam cemani, dapat membantu untuk menghilangkan rasa jenuh.

Cara Merawat Ayam cemani

Perawatan ayam cemani pada umumnya sama saja dengan merawat ayam biasa. Tak perlu seorang master ternak, pemula juga akan bisa memelihara ayam ini karena, perawatannya tergolong mudah.

Jika saat ini anda berencana untuk memulai memelihara ayam cemani ini, faktor-faktor berikut ini akan sangat penting untuk diperhatikan. Apa saja faktor tersebut ?

Kandang Ayam Cemani

Anakan

anakan ayam
jual anakan ayam cemani

Kandang untuk anakan cemani dibawah usia 1bulan, bisa ditempatkan didalam box dari kayu. Atau, bisa juga dengan menggunakan box dari kardus. Lalu box tersebut diberikan lampu penerangan agar suhu didalam kandang menjadi lebih hangat.

Kandang Untuk Remaja

Untuk ayam cemani usia remaja antara 1,5 bulan keatas, bisa ditempatkan didalam kurungan ayam biasa tanpa perlu diberikan lampu penghangat lagi.

Namun, usahakan suhu udara didalam kandang terutama di malam hari dapat lebih tertutup agar, angin malam tidak banyak masuk ke ruangan kandang.

Kandang Dewasa

Penempatan untuk cemani dewasa, dapat dipelihara dengan cara dibiarkan bebas lepas dipekarangan, atau bisa juga dikandangkan dalam box kurungan ayam.

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Ayam Cemani

Berapakah Harga Jual Ayam Cemani ?

Doc : Rp. 60.000 / ekor
Usia 2-3 minggu : Rp. 75.000 / ekor
Usia 1 Bulan : Rp. 90.000 / ekor
Usia 2 Bulan : Rp. 250.000 / Sepasang

Berapakah harga telur cemani ?

Kami menjualnya dengan harga Rp. 50.000 per butirnya.

Benarkah darah ayam cemani berwarna hitam ?

Tidak. Umumnya darahnya berwarna merah.

Penutup

jantan
ayam cemani jantan usia 1 tahunan

Selain menjual ayam cemani, kami juga menyediakan aneka jenis ayam hias dan unggas peliharaan lainnya. diantaranya :

Kami juga menerima pesanan untuk jenis ayam hias langka dan hewan peliharaan langka lainnya.

Bagi anda yang tertarik dengan aneka jenis ayam hias dan hewan peliharaan lainnya yang kami kembangkan. Silahkan anda bisa kontak atau langsung atau berkunjung ke peternakan kami yang berlokasi di :

Jalan Tempel – Turi Km.2 Dusun Tegalrejo, Desa Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY.

Kami nantikan kunjungan anda. Wassalam..

Copy Right Ayamkalkun.com 2020

No comment for Jual Ayam Cemani Asli – Harga Terkini 2020 – 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *