HOME
Home » Ayam Brahma » Ayam Hias » Daftar Harga » Cek Disini – Informasi Harga Ayam Brahma Terbaru 2021 – 2022

Cek Disini – Informasi Harga Ayam Brahma Terbaru 2021 – 2022

Posted at June 28th, 2020 | Categorised in Ayam Brahma, Ayam Hias, Daftar Harga

Informasi harga ayam brahma terbaru, beserta sekilas garansi dan jaminannya dapat anda simak pembahasan nya disini. Dapatkan ayam brahma original dan berkualitas hanya disini.

informasi harga ayam brahma
informasi harga ayam brahma terbaru

Ayam Brahma adalah salah satu jenis ayam hias yang saat ini sangat digemari. Tidak hanya di indonesia, ayam hias ini juga sangat populer di seluruh dunia.

Di indonesia sendiri, ayam brahma baru hadir kurang lebih sekitar 7-8 tahun yang lalu. Awalnya ayam ini diimpor dari negara tetangga yaitu, malaysia. Berikutnya, juga banyak di impor dari eropa.

Ketika pertama kali beredar di pasaran Indonesia, harga ayam brahma ini tergolong tinggi sekali. Saat itu, harga pasaran dewasa bisa sampai 25 juta rupiah perpasang nya.

Namun, harga terbaru di beberapa tahun belakangan ini sudah turun. Ini dikarenakan, populasinya semakin banyak sehingga, harganya bisa lebih terjangkau oleh banyak kalangan.

Biar anda tidak semakin penasaran, kita langsung cek saja daftar harga terbaru di 2020 – 2021 ini versi ayamkalkun.com. Lanjut pak..

Daftar Harga Ayam Brahma Terbaru 2020

USIA HARGA JUMLAH
DocRp. 200.0001 Ekor
Usia 1 BulanRp. 250.000 1 Ekor
Usia 2 BulanRp. 400.000 1 Ekor
Usia 3 BulanRp. 1.000.000Sepasang
Usia 4 BulanRp. 1.500.000 Sepasang
Usia 5 BulanRp. 2.000.000 Sepasang
Siapan IndukRp. 2.500.000 Sepasang
IndukanRp. 2.500.000 – 4.000.000 Sepasang
Catatan : Harga sewaktu-sewaktu bisa berubah.

Ayam Brahma dengan Keunikan Karakteristik dan Berbagai Manfaat

Banyak orang yang lebih suka memilih ayam sebagai binatang ternak, karena cukup mudah untuk memeliharanya dan dapat mendatangkan banyak keuntungan. Mungkin tidak semua orang mengenal jenis-jenis ayam, sebagai contoh ayam brahma.

Jenis ayam tersebut masih terbilang asing di telinga banyak orang terutama bagi mereka yang tidak mempunyai pengalaman dalam dunia peternakan. Namun, orang yang sudah lama menggeluti dunia peternakan sudah familiar dengan jenis ayam yang satu ini.

ayam brahma jenis columbian light
ayam Columbian light brahma

Cek disini untuk harga bibit ayam kalkun terbaru

Selain menyediakan ayam brahma, kami juga menjual aneka jenis ayam hias dan hewan peliharaan lainnya diantaranya :

Sekilas informasi Seputar Ayam Brahma

brahma usia 5 bulan
columbian light Brahma usia 5 bulanan

Sejarah

Mengutip dari beberapa buku sejarah unggas dan jurnal tahun 1800 an, para sejarahwan telah merekonstuksi mengenai asal usul ayam brahma. Tetapi asal mula hadirnya ayam ini, masih misteri dan kebenarannya masih disangsikan oleh para ahlinya.

Perkiraan awal, mereka merupakan keturunan dari ayam hias yang dibawa dari china. ayam tersebut yaitu ayam cochin. Didatangkan dari pelabuhan shanghai pada tahun 1800 dan pertama kali dikembangbiakan di amerika serikat dan inggris.

Saat itu, ayam cochin ini dikawin silangkan dengan ayam malay dari asia tenggara. Lalu, dari hasil persilangan ini, dikawinkan lagi dengan ayam chittagong. Ayam ini sendiri berasal dari daerah sekitar sungai brahma poetra, yang sekarang dikenal dengan sebutan negara bangladesh.

Dan karena itu, awalnya ayam ini dijuluki brahma pootra chickens. Namun, seiring berjalannya waktu, berubahlah nama julukannya menjadi brahma chickens. Salah satu alasan penamaan ini, dimaksudkan agar tdak menghilangkan asal dari salah satu induk sesepuh ayam brahma ini. Kemudian, hasil peranakan awal dari persilangan ini, diekspor ke inggris.

Di inggris sendiri, dilakukan pengembangbiakan lagi sehingga, muncullah jenis ayam brahma baru yang sekarang dikenal dengan sebutan dark brahma.

Karena postur serta bobotnya yang besar, ayam ini berikutnya dijadikan sebagai ayam pedaging. Ini terjadi direntang antara tahun 1850 – 1930an. Karena eksploitasi yang berlebihan ini, akhirnya lama kelamaan populasinya semakin menurun bahkan hampir terancam punah.

Lalu, penghobi akhirnya mengembangbiakan ulang ayam ini dan pada akhirnya jenis ini hanya dijadikan sebagai ayam hiasan saja.

Sumber : wikipedia.org

Perawatan Bulu

Seperti kita ketahui, daya tarik utama brahma lainnya adalah pada bagian bulu terutama bulu kaki. Jadi, perawatan pada bulu harus menjadi salah satu prioritas utama.

Agar bulunya terawat, sehat dan tetap lebat, si ayam bisa dimandikan. Usahakan mandi rutin minimal sekali per 3 minggu. Waktu mandi yang baik yaitu antara jam 09. – 11 pagi.

Jangan Lakukan ketika cuaca sedang mendung, dingin atau lembab.

Masalah umum lainnya yang biasa terjadi yaitu, biasanya pada bagian bulu ada kutu dan tungau. Hal ini bisa dicegah dengan cara secara rutin kandang dan ayam brahmanya itu sendiri disemprot antiseptik. Atau bisa juga dengan diberikan obat anti kutu.

Ukuran dan Postur

Cenderung lebih besar daripada jenis ayam lainnya. Wajar saja jika sebagian orang menganggap brahma sebagai ayam jumbo. Rata-rata tinggi brahma yang sudah dewasa dapat mencapai 70 cm.

Rata-rata ayam kampung hanya memiliki berat 1 kg hingga 2,5 kg.  Lain halnya dengan brahma yang mempunyai berat rata-rata brahma dewasa jantan ialah sekitar 5,5 kg, sedangkan brahma betina ialah kurang lebih 4.5 kg. Bahkan beberapa brahma memiliki berat di atas 5 kg atau 6 kg.

Sifat

Walaupun brahma memiliki ukuran badan yang besar namun sifatnya sangat jinak. Jadi, unggas ini sangat cocok menjadi hewan peliharaan rumahan karena tidak agresif, sehingga bagus untuk mengajarkan anak-anak cara beternak.

Produktivitas

Produktivitasnya sangat bagus sehingga membuat orang tergiur untuk membuka usaha peternakan brahma. Daya tetas ayam varietas brahma juga cukup tinggi sehingga proses perkembangbiakannya sangat efektif.

Varietas brahma dapat bertelur sepanjang musim dingin. Ayam tersebut mampu menghasilkan 3 hingga 4 telur per minggu. Telur ayam tersebut berwarna cokelat dan berukuran lebih besar daripada telur dari ras ayam lainnya. Ukuran telur brahma sekitar 50 hingga 60 gram.

Tips Memilih Ayam Brahma

Ketika anda ingin sekali membeli ayam brahma, saran saya telitilah dalam memilih.

tips
tips memilih

Silahkan anda bisa memilih penjual manapun yang sekiranya cocok dengan anda. Pesan saya, hati – hati dalam memilih. Karena, banyak ayam brahma yang sekarang ini beredar luas dipasaran, tidak memiliki standar kualitas yang baik.

Banyak orang tertipu dalam berbelanja terutama belanja online. Anda harus pastikan bahwa, penjual tersebut menjual ayam brahma sehat, asli dan ada jaminannya. Adapun tujuannya agar, kelak anda tidak kecewa dengan kualitasnya.

Berikut ini beberapa ciri ayam brahma yang original :

1. Jengger berbentuk telon

Sekarang ini banyak ayam brahma yang beredar dipasaran memiliki jengger berbentuk wilah / sisir. Biasanya jengger seperti ini adalah brahma keturunan yang awalnya diimpor dari malaysia.

Memang jenis jengger seperti ini masih bisa dikategorikan ayam brahma namun, standar kualitas ayam brahma original jenggernya harus berbentuk telon.

Dan biasanya, untuk jenis jengger bentuk wilah / sisir ini harga jualnya lebih murah dari harga pasaran.

2. Bulu Lebat pada bagian kaki

Seperti yang sudah diuraikan diatas, daya tarik utama brahma adalah keunikan pada bulu bagian kaki. Jadi, pilihlah brahma yang bulu kakinya lebat dan tebal.

Bagaimana Cara Membedakan Brahma Betina dan Jantan?

Membedakan jenis kelamin brahma jantan dan betina dewasa tidaklah sulit. Orang yang belum familiar dengan jenis ayam ini tentu akan kesulitan menentukan mana yang betina dan mana yang jantan. Berikut ini perbedaan antara Brahma jantan dan betina dewasa:

1.     Gerakan

Ayam jantan brahma cenderung mempunyai gerakan yang lebih lincah. Karena gerakannya yang lincah inilah, membuat orang sulit untuk menangkap brahma jantan. Sebaliknya untuk menangkap ayam betina brahma cukup mudah karena mereka lebih tenang dan tidak selincah ayam jantan.

2.     Bulu

Bulu pada ayam betina brahma biasanya berbentuk oval. Sedangkan ayam jantan brahma mempunyai bulu yang agak runcing di bagian ujungnya. Varietas dark brahma, ayam jantan memiliki warna ekor yang hitam, sayap putih.

Warna hitam dan putih mendominasi bagian dada dan punggung pada varietas dark brahma jantan. Dark brahma betina memiliki bulu berwarna abu-abu dan hitam pada bagian punggungnya.

Jenis dan Harga Ayam Brahma

Berikut ini beberapa jenis ayam brahma yang tersedia di tempat kami :

1. Columbian Light Brahma

Para penghobi ayam brahma tentunya sudah tak asing dengan jenis ini. Columbian light merupakan jenis yang paling populer diseluruh dunia. Kepopuleran ayam brahma, salah satunya diperoleh berkat viralnya sebuah video di youtube yang menampilkan brahma columbian light ini. Bahkan, kebanyakan orang yang memulai pertama kali memelihara ayam brahma, diantaranya rata-rata memelihara jenis ini terlebih dahulu.

2. Gold Partridge brahma

Seperti julukan namanya yaitu gold partridge, jenis ini menampilkan tampilan warna bulu dominan berwarna kuning emas. Pada bagian bulu leher dan punggungnya memiliki warna kuning menyala seperti emas, yang disandingkan dengan warna merah tajam dan hitam pada sisi lainnya.

Sejak 3 tahun belakangan, peternakan plasma kami telah mengembangbiakan jenis ini. Setiap musimnya, stok anakan untuk gold partridge selalu sold out diborong para pelanggan kami. Bahkan, ketika belum menetas pun atau ketika masih berbentuk telur, jenis ini sudah ramai dipesan oleh para pengobi. Jadi, bila kelak anda mengidamkan jenis ini dan akan memesannya ditempat kami, anda sebelumnya harus memesannya terlebih dahulu. Ini dikarenakan, untuk saat ini stoknya tidak selalu tersedia.

3. Blue Brahma

Jenis ini merupakan jenis yang tergolong masih baru berada dipasaran lokal indonesia. Sejak 2 tahun belakangan ini, kamipun sudah mulai mengembangbiakan nya dipeternakan kami. Jenis blue datang dengan 2 pilihan warna yang bisa anda pilih, yaitu warna biru terang dan biru ke abu-abu an.

4. Black Brahma

Jenis black brahma merupakan salah satu jenis yang saat ini populasinya tergolong masih langka. Khusus untuk jenis ini, kami menjualnya hanya untuk usia remaja. Karena, ketika usia ini, warna bulunya sudah terlihat lebih solid. Kendalanya pada jenis ini, terkadang terjadi perubahan warna pada bulunya. Mereka kerap memunculkan warna bulu putih sehingga, terkadang tak jadi polos hitam. Dalam bahasa rekan-rekan komunitas, disebut warna ‘ bocor’.

Jadi, agar kami bisa memastikan warna bulunya ini hitam polos, maka kami menyarankan anda untuk membelinya hanya diusia remaja, karena pada usia remaja, biasanya sudah tidak terjadi lagi perubahan warna pada bulunya.

5. Mix Colour

Mix colour adalah jenis yang dihasilkan dari perkawinan silang diantara beberapa jenis ayam brahma. Jenis ini memiliki keunggulan dimana, warna bulunya lebih variatif dan tentunya menjadi sangat langka dipasaran. Jadi, bila anda senang dengan sesuatu yang berbeda dari umumnya, maka, opsi ini bisa jadi pilihan ideal.

Masih banyak lagi jenis ayam brahma yang saat ini tersedia. Namun, kami hanya menampilkan 5 jenis ini karena, stok yang tersedia di tempat kami baru ada 5 jenis ini saja.

jenis ayam brahma
jenis-jenis ayam brahma

Adapun jenis lainnya yang tidak di list ini diantaranya :

  1. Blue light columbian.
  2. Buff brahma.
  3. Salmon.
  4. Issabel.
  5. Dark brahma
  6. Lemon brahma, dll.

Untuk pemesanan dan cek harga ayam brahma jenis lainnya, silahkan anda bisa kontak kami langsung melalui telpon atau via Whatsapp. Apapun jenis ayam brahma yang dipesan, sebisa mungkin akan kami usahakan demi melayani anda. Karena, kami memiliki akses ke beberapa peternakan yang mengembangbiakan jenis-jenis ini. Dan semoga, kami bisa untuk menyediakannya kepada anda.

Di peternakan kami, memang belum banyak jenis ayam brahma yang ditangkarkan. Penyebabnya yaitu, kemampuan dalam faktor sumber daya tenaga dan tentunya faktor ekonomi. Karena, dana / modal untuk memiliki ayam brahma ini memang untuk ukuran dompet kami masih sangat berat .

Pengembangbiakan yang kami jalankan saat ini memang masih skala kecil. Itulah salah satu alasan mengapa kami bermitra dengan peternak-peternak lokal disekitar kami yang berbentuk kemitraan peternakan plasma.

Apa sih itu peternakan plasma ?

Arti peternakan plasma yang kami maksud adalah peternak yang bekerja sama dengan kami, baik itu dalam hal penangkaran maupun penjualan.

Peternak plasma yang sebelumnya membeli bibit ke kami. Lalu, setelah budidaya yang dilakukan berkembang maka, hasil bibit yang dihasilkan peternak plasma kembali disetorkan kepada kami.

Hmmm””..Bacanya agak bingung ya..saya juga bingung cara menjelaskannya..hehe

mungkin Intinya peternak mitra saja gitu..

FAQ pertanyaan umum :

Berapakah harga bibit ayam brahma ?

Doc : Rp. 225.000 / ekor
Usia 1 Bulan : Rp. 250.000 / ekor
Usia 2 Bulan : Rp. 400.000 / ekor
Usia 3 Bulan : Rp. 1.000.00 / Pasang

Berapakah harga ayam brahma remaja dan dewasa ?

Remaja Usia 4 Bulan : Rp. 1.500.000
Remaja Usia 5 Bulan : Rp. 2.000.000
Dewasa Siapan Induk : Rp. 2.500.000
Indukan : Rp. 2.500.000 – 4.000.000
Catatan : Harga diatas adalah harga untuk jenis tertentu.

Di usia berapakah ayam brahma mulai bertelur ?

Rata-rata betina mulai bertelur diusia 6,5 – 7 bulanan.

Penutup

Terima kasih atas kunjungan anda ke website ini.

Mohon maaf bila ada kekeliruan data dan kesalahan dalam penataan kata. Saya terbuka untuk koreksi dari anda semua pembaca website ini..

Dan bukan pula maksud menggurui karena, saya sendiri hingga kini masih dalam tahap proses belajar bukan ” sang mastah “…

Seperti pepatah mastah saya, Ilmu itu jangan dipendam tapi dibagikan.

Bila anda ada pertanyaan lain seputar ayam brahma dan ayam hias lainnya. Kapanpun selama memungkinkan, silahkan anda bisa kontak atau tinggalkan komentar di halaman kami ini.

7 Comments for Cek Disini – Informasi Harga Ayam Brahma Terbaru 2021 – 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *