HOME
Home » Ayam Kalkun » 16 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Kalkun

16 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Kalkun

Posted at June 30th, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Cara membedakan jenis kelamin kalkun memang sudah sejak dahulu menjadi tantangan untuk diketahui. Terutama pada ayam kalkun yang masih berusia anakan.

anakan kalkun
anakan kalkun black

Tidak seperti unggas / ayam hias lainnya, cara membedakan jenis kelamin kalkun terkenal sangat sulit. Namun, kita tetap bisa lakukan dengan ikhtiar yang rajin dan pelaksanaan yang seksama.

Adapun cara membedakannya, bisa dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Anda bisa mengidentifikasi jenis kelaminnya dari usia Awal / Dot. Atau kalau anda mau bersabar, ketika ayam kalkun menginjak usia 5 bulanan keatas, akan jauh lebih mudah untuk membedakannya.

Ada beberapa macam karakteristik yang bisa diamati untuk mengidentifikasi jantan dan betina ketika anda mengamatinya. Seperti dari warna bulu, suara, gestur tubuh hingga ukuran posturnya.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kalkun Anakan

Dalam artikel ini, kami akan coba membahas cara terbaik untuk membedakan dan melihat perbedaan jenis kelamin ayam kalkun. Dari mulai usia anakan, remaja dan indukan / dewasa. Ikuti ulasannya berikut ini.

1. Membedakan Jenis Kelamin Kalkun Usia 2- 7 Hari

Ketika anakan ayam kalkun berusia 2- 5 hari, biasanya akurasi cara membedakan jenis kelaminnya bisa mencapai 95%. Adapun cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara, pegang bagian leher dan sayap pada anakan lalu angkat.

Apabila posisi kakinya menekuk, bisa dipastikan bahwa anakan tersebut berkelamin jantan. Sebaliknya, bila kaki anakan tidak menekuk maka, anda bisa pastikan jenis kelaminnya betina. lihat foto berikut ;

jantan
jantan
betina
betina

Mungkin anda tertarik juga untuk membaca pembahasan mengenai ayam kalkun lainnya, Cek disini untuk melihat ulasannya:

2. Membedakan jenis kelamin kalkun dengan memperhatikan Bulu

Cara membedakan jenis kelamin ayam kalkun yang kedua yaitu dengan cara memperhatikannya ketika anakan memegarkan bulu.

Diusia 3-4minggu, perhatikan ketika anakan ayam kalkun dijemur antara jam 07- 10.30 pagi. Biasanya anakan berjenis kelamin jantan, akan memegarkan bulu seperti jantan dewasa.

Akurasi dengan cara ini juga cukup akurat. Akurasinya bisa mencapai hingga 95%.

perbedaan jenis kelamin kalkun
perbedaan jenis kelamin kalkun anakan

3. Pendulum

Membedakan jenis kelamin ayam kalkun yang ketiga yaitu, menggunakan cincin emas atau paku yang digantungkan diatas kepala anakan. Metode ini disebut juga dengan pendulum.

Bila alur cincin atau paku yang digantungkan arahnya maju mundur, biasanya anakan berjenis kelamin betina. Sedangkan bila arah cincin berputar, maka anakan tersebut berjenis kelamin jantan.

Akurasi cara membedakan kelamin ayam kalkun dengan metode ini tidak terlalu tinggi, Prediksi saya akurasinya sekitar 65-75%.

4. Suara

Menggunakan insting dengan mendengarkan suara anakan ketika dipegang.

Ketika anakan ayam kalkun dipegang, biasanya mereka akan mengeluarkan suara seperti ayam pada umumnya. Pada anakan kalkun jantan, suara yang keluar biasanya akan terdengar lebih berat dan agak keras. Sedangkan pada anakan ayam kalkun betina, suaranya agak nyaring dan pelan.

Metode menggunakan cara ini memang sangat susah, butuh pengalaman dan pendekatan yang lama untuk mengidentifikasinya.

Semakin lama anda memelihara ayam kalkun, kelak anda akan lebih jauh memahaminya. Sehingga anda akan jauh lebih membedakan jenis kelaminnya.

Saya pun belum terlalu memiliki akurasi tinggi untuk membedakannya dengan cara ini. Metode ini saya dapatkan dari ajaran para senior-senior peternak ayam kalkun disekitar saya.

Metode ini pun menurut saya, merupakan salah satu cara tradisional kearifan senior peternak kalkun lokal indonesia. Tingkat akurasi dengan cara ini kalau senior yang sudah sangat pengalaman bisa mencapai hingga 90% akurasinya.

Beberapa artikel menarik lainnya mengenai aneka jenis ayam hias dan hewan peliharaan lainnya, bisa disimak disini :

5. Dilihat dari bulu Kepala dan sayap

Anakan ayam Kalkun betina biasanya memiliki bulu-bulu kecil yang menutupi seluruh bagian atas kepala mereka. Sedangkan anakan kalkun jantan, kepalanya tidak berbulu.

Cara membedakan jenis kelamin kalkun anakan juga bisa diamati dari bulu bagian sayap. Pada anakan jantan, bulunya biasanya sudah tumbuh ketika usia 1-3 hari. Sedangkan betina, bulunya akan terlihat lebih pendek dan juga lebih lambat perkembangannya.

anakan kalkun
anakan kalkun usia 1 hari

Cara membedakan jenis kelamin anakan ayam kalkun dengan metode ini memang membutuhkan pengamatan yang sangat seksama. Bila terlihat susah, kita bisa pakai metode lainnya.. lanjut

6. Lubang Anus

Cara membedakan jenis kelamin ayam kalkun lainnya yang bisa anda coba yaitu, dengan melihat bagian pada anusnya.

Caranya, pegang kalkun di satu tangan atau minta tolong orang lain untuk memegangnya. Lalu, perhatikan lubang anusnya yang terletak dibawah ekor diantara kaki. Biasanya, betina memiliki bentuk lubang bagian dalam yang melengkung kedalam atau rata, sementara lubang anus anakan jantan berbentuk bengkok.

7. Menggunakan Proctoscope

Apa itu proctoscope ? proctoscope adalah alat medis dengan lampu integral untuk memeriksa anus dan bagian bawah rektum atau melakukan prosedur medis minor. Alat ini juga bisa dipakai untuk memantau usus. Dengan menggunakan alat ini, kita bisa melihat usus besar dan usus kecil yang ada dalam tubuh.

Saya sendiri belum pernah menggunakan alat ini karena, mungkin harganya bisa sangat mahal.

Bila anda memang benar-benar berniat untuk mencobanya, dan anda juga mempunyai finansial cukup untuk membelinya, mengapa tidak mencobanya. Mungkin dengan menggunakan alat ini, akurasinya akan jauh lebih tepat.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Kalkun Remaja

8. Postur

Cara membedakan kelamin ayam kalkun diusia remaja, memang condong lebih mudah bila dibandingkan dengan cara membedakan jenis kelamin anakan. Namun, bila tidak terlalu seksama, prediksi yang anda lakukan ada kemungkinan meleset hasilnya dari yang diharapkan.

Mulai di usia 2,5 – 3 bulanan, anakan ayam kalkun jantan dan betina sudah bisa terlihat dari posturnya. Jantan biasanya akan memiliki postur yang lebih tinggi dan besar dibandingkan betina.

Catatan :

Cara membedakan jenis kelamin kalkun lewat postur, akurasinya akan lebih tepat bila dilakukan dengan perbandingan umur kalkun yang seusia. Bila tidak seusia, tentunya akan lebih susah sehingga hasilnya akan tidak akurat.

9. Tonjolan Pada Kaki

Membedakan jenis kelamin ayam kalkun remaja usia 3-4 bulanan bisa dilakukan dengan cara memperhatikan taji/ jalunya. Jantan pada usia ini biasanya sudah mengeluarkan sedikit tonjolan calon taji di kakinya. Sedangkan betina, hingga dewasa pun tidak akan bertaji.

Baca juga artikel menarik seputar pembahasan ayam hias disini :

10. Bulu Ayam kalkun

Metode ini sama seperti cara membedakan jenis kelamin ayam kalkun pada anakan. Diusia remaja pun, kalkun pejantan biasanya sesekali akan memegarkan bulu pada bagian ekor dan sayap.

Bila anda memelihara ayam kalkun hanya terdiri dari 1-3 ekor tentu akan lebih sulit untuk membedakannya. Karena, metode dengan memperhatikan tingkah kalkun ini, akan lebih gampang terlihat bila kalkun dalam kelompok yang lebih banyak.

Ayam kalkun jantan biasanya akan memegarkan bulunya salah satunya disebabkan ada tingkat persaingan diantara kelompoknya.

Di usia ini, ayam kalkun jantan biasanya sudah muncul tonjolan pada bagian dadanya. Tonjolan ini yang kelak akan menjadi bulu seperti janggut / jenggot. Anda bisa mengeceknya dengan mengibaskan bulunya. Bila tidak dikibaskan, tanda ini tidak akan terlihat karena letaknya didalam bulu.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kalkun Dewasa

11. Ukuran Tubuh

Postur pejantan ayam kalkun dewasa memiliki ukuran tubuh yang sangat berbeda dengan betina. Ayam kalkun jantan memiliki tinggi postur dan panjang tubuh hampir 2x lipat dari betina.

Kaki pada pejantan pun berukuran lebih panjang. Biasanya, ukuran panjang kaki jantan yaitu berkisar 15 cm dan kaki wanita biasanya hanya 4,5 cm.

11. Bobot

Jantan dewasa akan berbobot 2x lipat bahkan lebih bila dibandingkan betinanya. Kalkun jantan dewasa, bobotnya bisa mencapai hingga 15 kg. Sedangkan betina, paling maksimal hanya bisa mencapai bobot 4 – 4,5 kg saja.

12. Perbedaan pada bulu

Membedakan jenis kelamin kalkun dewasa tentunya sangat terlihat ketika pejantan mengibaskan/ memegarkan bulu ekornya yang khas seperti kipas. Namun, anda jangan sampai terkecoh, betina pun terkadang sering memegarkan bulunya persis seperti jantan.

seperti yang telah disebutkan pada artikel bagian atas dihalaman ini. Agar lebih bisa memastikannya, tentunya anda bisa dengan seksama memperhatikan ukuran posturnya.

Kalkun jantan dewasa juga akan sangat terlihat berbeda dengan betinanya. Karena, jantan dewasa memiliki tanda bulu khas pada bagian dadanya yang terlihat seperti bulu janggut / jenggot.

13. Jalu / Taji

Pada jantan ayam kalkun usia dewasa, tajinya akan jauh lebih terlihat. Pada kalkun jantan yang berusia kurang dari satu tahun, ukuran tajinya berkisar dari 1,3 cm. Dan 5,1 cm diusia 2,5 tahun keatas.

14. Suara Khas

Cara membedakan jenis kelamin ayam kalkun usia dewasa lainnya yang paling mudah dikenali, adalah dengan cara mendengarkan suaranya. Ayam kalkun jantan memiliki suara khas yang terdengar bunyinya seperti suara kluk kluk kluk. Sedangkan betina, walaupun sama-sama memiliki suara tapi tidak mengeluarkan suara seperti itu.

Untuk mengetesnya, anda bisa coba dengan melakukan tepukan tangan. Jantan biasanya akan langsung menyahut dengan mengeluarkan suaranya. Suara panggilan khas kalkun jantan itu biasanya akan keluar ketika mereka merasakan ada sesuatu yang mengganggu.

Simak juga pembahasan lainnya seputar ayam kalkun disini ;

15. Perbedaan perilaku

Ayam kalkun jantan, biasanya cenderung lebih berani dan lebih aktif daripada betina. Ketika terkejut, kalkun jantan akan berdiri tegak dan memberikan suara seperti peringatan, sementara betina lebih cenderung berjongkok dan tetap diam.

16. Kulit Gelambir

Perbedaan ayam kalkun jantan dan betina pada dewasa yang paling mutlak terlihat adalah dari gelambirnya. Betina sama sekali tidak memiliki gelambir.

perbedaan kelamin kalkun
Cara membedakan kelamin ayam kalkun

Kulit gelambir pada jantan biasanya akan lebih memanjang ketika pejantan memegarkan bulu ekornya. Warna pada gelambirnya sendiri bisa berubah-ubah tergantung mood / psikis si ayam.

Kesimpulan Metode Cara Membedakan Jenis Kelamin Kalkun

Pengalaman adalah hal terpenting dalam melakukan cara ini. Dan, pada akhirnya menghasilkan akurasi tinggi dari cara membedakannnya.

Ketika kami masih dalam tahap awal beternak ayam kalkun, sulit bagi kami untuk melihat perbedaan jenis kelaminnya. Tetapi, ketika pengalaman kami telah tumbuh, kami jadi lebih sering dapat melihat perbedaannya pada usia anakan. ( khususnya di mulai di usia 1 mingguan ).

Mohon maaf bila dalam artikel ini saya ada kesalahan data dan fakta karena, saya sendiri masih tahap belajar.

Besar harapan saya sebagai penulis, artikel ini bisa memperkaya pengetahuan rekan rekan peternak ayam kalkun di seluruh indonesia.

Cara Membedakan jenis Kelamin Kalkun – Copyright Ayamkalkun.com

No comment for 16 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Kalkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *