HOME
Home » Ayam Hias » Ayam Mutiara » Profil Ayam Mutiara : Ciri Khas + Harga Jual Terbaru

Profil Ayam Mutiara : Ciri Khas + Harga Jual Terbaru

Posted at June 30th, 2020 | Categorised in Ayam Hias, Ayam Mutiara

Ayam mutiara merupakan ayam hias yang luar biasa dan potensial. Dengan bulu yang indah, mereka akan menjadi tambahan yang bagus untuk kandang unggas apapun. Dan dapat hidup berdampingan dengan ayam hias dan unggas lain seperti ayam kalkun, ayam brahma atau bebek.

ayam mutiara
Ayam Mutiara Dewasa

Mengenal Ayam Mutiara

Guniea fowl / ayam mutiara adalah ayam hias yang berasal dari afrika. Tampilannya sekilas mirip burung puyuh namun dalam tampilan yang besar. Mereka tergolong dalam famili numididae yaitu, kelompok unggas untuk tipe seperti ayam hutan, ayam pheasant atau burung merak.

Di indonesia, sudah sejak lama ayam ini menjadi salah satu peliharaan favorit untuk dipelihara. Dikenal memiliki daya tahan tubuh yang tangguh dan mudah beradaptasi. Sehingga, mereka bisa dirawat oleh siapapun bahkan Pemula. Tapi, untuk keberhasilan pengembangbiakan, perawatan lebih intensif sangat perlu dilakukan.

Ciri & Karakteristik

Daya tarik utama dari keindahan ayam hias ini adalah tampilan bulunya yang mengesankan. Warna dasar pada bulunya dihiasi totol-totol putih seperti mutiara. Mungkin inilah mengapa mereka dijuluki ayam mutiara.

Ada beberapa jenis warna ayam mutiara yang sangat populer dipasaran lokal indonesia. Yaitu, Hitam bintik putih, Putih, plangkok / blorok dan lavender / abu-abu.

ciri ayam mutiara
ciri ayam mutiara

Dihabitat aslinya, mereka hidup di padang sabana. Dalam Kesehariannya, mereka terbiasa hidup dengan berkelompok / berkoloni dilokasi yang terdapat banyak semak-semak belukar. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menggali-gali tanah untuk memburu cacing dan serangga untuk dimakan. Selain hewan-hewan kecil, ayam mutiara juga kerap memakan biji –bijian, daun dan buah-buahan.

Panjang tubuh dewasa rata-rata berukuran 40-71cm dan bobotnya sekitar 900 gram – 1,3 kilo gram.

Baca juga ulasan menarik seputar ayam brahma, ayam golden pheasant dan burung merak disini. ( klik untuk menuju halaman ).

Musim Kawin

induk betina
induk ayam mengerami telur

Ketika ayam sudah menginjak usia 7bulanan keatas, mereka akan mulai birahi. Tidak seperti jenis ayam hias pada umumnya, ayam ini hanya kawin dan bertelur rata-rata di bulan september – Maret. ( Terutama di musim hujan). Selama itu, induk betina akan secara terus menerus bertelur. Jumlah telurnya terkadang bisa mencapai hingga 75 butir permusimnya.

Sepasang dewasa di musim kawin ini biasanya lebih aktif dan berisik. Mereka sering mengeluarkan suara-suara seperti siulan yang akan membuat disekitarnya terasa ramai.

Frekuensi ini akan bertambah, apalagi ketika mereka merasa ada yang asing disekitarnya. Inilah mengapa terkadang orang-orang berniat memelihara mereka untuk sebagai penjaga. Karena mereka akan segera mengeluarkan suara khasnya ketika dirasa ada bahaya disekelilingnya.

Harga Jual Ayam Mutiara Terbaru

jenis ayam mutiara
Aneka Jenis Ayam Mutiara

Bila anda saat ini berencana untuk membeli ayam ini, cek penawaran kami disini. Kami ayamkalkun.com men jual ayam mutiara mulai usia anakan, remaja hingga indukan siap ternak. Tersedia 4 pilihan jenis warna.

Daftar Harga Ayam Mutiara Saat Ini

JenisHargaUsiaJumlah
Hitam & PlangkokRp. 65.0002-3 Minggu1 Ekor
Rp. 85.0001 Bulan1 Ekor
Rp. 150.0002 Bulan1 Ekor
Rp. 200.0003 Bulan1 Ekor
Rp. 225.0004 Bulan1 Ekor
Rp. 275.0005 Bulan1 Ekor
Rp. 650.000Calon IndukSepasang
Rp. 750.000IndukanSepasang
Putih & LavenderRp. 125.0001 Bulan1 Ekor
Rp. 200.0002 Bulan1 Ekor
Rp. 850.0004-5 BulanSepasang
Rp. 1.250.000DewasaSepasang
Harga Ayam Mutiara

Catatan :

  • Harga diatas belum termasuk biaya ongkos kirim.
  • Harga sewaktu-waktu masih bisa berubah

Alasan mengapa anda harus mempertimbangkan untuk membeli di tempat kami ?

lavender
mutiara lavender usia 2,5 bulanan
bibit ayam hias ayam-mutiara-putih
mutiara putih anakan

Ada aneka jenis ayam hias lainnya yang tersedia ditempat kami. Diantaranya :

Pertimbangan

Apa yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli ayam mutiara pertama anda?

Pertimbangan yang paling penting adalah “Apakah anda punya ruangan ?”. Apakah anda berencana untuk menyimpannya di kandang kurungan atau diluar ruangan.

sepasang induk ayam bersama anak-anaknya
sepasang induk ayam bersama anak-anaknya

Mereka membutuhkan ruang untuk berkeliaran dan berlindung dari unsur-unsur tersebut. Jika anda tinggal di pedesaan, anda juga harus melihat predator apa mungkin bisa mengancamnya.

Dan jika anda memiliki masalah hama, ini akan sangat mengganggu. Contohnya seperti tikus, mereka bisa memburu telurnya. Jadi, sebisa mungkin anda harus ada persiapan untuk melindunginya.

Perangkap dalam tabung kecil dapat membantu membersihkan sarang, serta memelihara kucing juga dapat meredam perkembangan bibit tikus di lokasi anda.

Hal penting lainnya yaitu, seberapa dekat rumah anda dengan tetangga. Suara mereka sekeras ayam jantan saat fajar, apalagi ketika musim kawin. Mereka bisa sangat berisik. Ini mungkin akan membuat anda merasa kurang enak dengan tetangga.

Kesimpulan

Jika anda berniat memeliharanya untuk diternakan, berarti ada waktu dan rutinitas lebih layaknya seorang peternak yang harus anda lakukan. Atau, seandainya anda tidak bisa berada dilokasi, setidaknya ada seseorang yang bisa merawatnya untuk pengganti anda. Apalagi, misalkan anda diharuskan pergi untuk jangka waktu tertentu. Jadi, peran anda disini salah satu kunci utama untuk perawatannya.

Namun, apabila niat anda memelihara ayam ini hanya untuk kesenangan / hobi seperti umumnya. Anda bisa membiarkannya berkeliaran bebas seperti ayam kampung biasa.

Kunjungi disini review menarik seputar ayam hias :

Penutup

Ada salah satu jenis dari ayam mutiara yang paling istimewa dan langka. Ayam itu bernama Vulturine. Seperti apa penampakannya ? Akan kami bahas di artikel lainnya.

Apabila anda ada pertanyaan atau masukan, silahkan anda bisa kontak kami. Dan terakhir, semoga sukses dalam setiap rencana dan kegiatan anda. Wassalam.

No comment for Profil Ayam Mutiara : Ciri Khas + Harga Jual Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *