HOME
Home » Ayam Batik » Ayam Hias » Jual Ayam Batik : Tersedia Jenis Golden & Silver

Jual Ayam Batik : Tersedia Jenis Golden & Silver

Posted at July 7th, 2020 | Categorised in Ayam Batik, Ayam Hias

Jual Ayam Batik. Bila kita berbicara batik, yang pertama kali terpikir mungkin mau ke kondangan..🙂🙂. Bukan, bukan itu yang saya maksud. Batik yang akan kita bahas disini, bukan kain khas kebanggaan kita. Tapi, ayam batik, ayam hias yang unik, cantik, cilik, menarik dan eksotik Tik tik bunyi hujan diatas helm..hmmm

jual ayam batik
Jual ayam batik jenis golden dan silver

Saya berasumsi bahwa anda akan segera membeli ayam batik ini di ayamkalkun.com karena kami men jual ayam batik original. Jadi, biar anda ga kelamaan nunggu untuk mengetahui harga ayam batik ini. Maka, saya akan segera munculkan daftar harganya diartikel bagian atas. Dan setelahnya, saya akan teruskan dengan me review asal usul, karakteristik dan cara perawatannya.

Harga jual ayam Batik

JUMLAHUSIAHARGA
1 ekor1 BulanRp. 60.000
Sepasang2 BulanRp. 175.000
Sepasang3 BulanRp. 200.000
Sepasang4 BulanRp. 225.000
Sepasang5 BulanRp. 250.000
SepasangSiapan IndukRp. 300.000
SepasangDewasa / IndukanRp. 350.000
Harga Ayam Batik

Baca juga disini : harga ayam brahma terbaru 2020 – 2021

Catatan :

  • Harga belum termasuk biaya ongkos kirim.
  • Harga sewaktu-waktu berubah.
  • Kedua jenis yaitu golden dan silver harganya sama.

Garansi

Dalam setiap pembelian, kami memberikan garansi / jaminan dan pelayanan diantaranya :

  1. Kami memberikan jaminan bahwa, ayam batik yang kami jual ini 100% merupakan varietas asli dari jenis tersebut.
  2. Apabila dalam pengiriman ternyata ayam batik yang anda pesan mati, maka sepenuhnya itu tanggung jawab kami. Anda bisa meminta pengiriman ulang atau dana dikembalikan sepenuhnya.
  3. Garansi kematian hingga 4 hari ditempat.
  4. Konsultasi gratis.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai harga jual ayam batik ini, silahkan anda bisa kontak kami.

Sebelum pesanan ayam batik yang anda beli di ayamkalkun.com tiba di tempat anda dengan sehat dan lancar. ( aamiin ) Ada baiknya kita mengenal lebih dekat jenis ayam hias yang dua ini ( golden & silver ).

Kita juga akan menggali apakah ayam batik ini ayam hias yang tepat untuk Anda pelihara.

Asal Usul ayam batik / sebright chickens

Pada awal 1800-an seorang anggota parlemen Inggris bernama Sir John Sebright, memiliki visi ide untuk mengembangkan jenis varietas ayam baru.

sejarah ayam batik
Asal Usul Ayam Batik

Selain sebagai seorang anggota parlemen, ia diketahui merupakan seorang peternak ayam dan merpati. Beliau juga seorang penulis yang membuat buku tentang pengembangbiakan dan peternakan. Bahkan, tulisan-tulisannya bisa mengilhami seorang Charles Darwin yang terkenal ” wong edan ” dengan teorinya itu. ‘Asal manusia dari kera’ ( ‘The Origin of Species’).

Diceritakan bahwa, Sir john melakukan perjalanan ke beberapa daerah dan mengumpulkan spesies unik dari unggas-unggas yang ada di Inggris. Dia juga memiliki banyak ayam yang berbeda yang diimpor dari negara lain.

Diprediksi, sir John sebright mengambil formula untuk menciptakan ayam ini dengan melakukan perkawinan silang. Jenis-jenis ayam yang ia silangkan yaitu, ayam polan (asal polandia) ayam hamburg ( asal jerman ) dan ayam nankin dari inggris.

Setelah beberapa tahun percobaan dan eksperimen. Akhirnya pada tahun 1810 ia berhasil mengembangkan ayam jenis baru ini yaitu sebright chickens, yang kita kenal sekarang dengan sebutan ayam batik.

Setelah penyempurnaan varietas baru ini selesai, pada 1874 trah itu dibagi menjadi trah yang terpisah. Golden Laced dan Silver Laced Sebrights, dan pada tahun berikutnya namanya diubah menjadi Golden dan Silver Sebrights.

Di awal 1900-an pengembangbiakan ini terus dilakukan untuk penyempurnaan bentuk, ukuran dan warna. Hingga pada tahun 1952 jenis ini masuk ke dalam standar yang telah diakui hingga saat ini.

Untuk penghormatan atas jasanya, yang telah mengembangbiakan ayam hias ini. Akhirnya nama ayam ini disematkan dengan julukan sesuai dengan nama penemunya yaitu, sebright chickens.

Selain kita harus mengucap syukur kepada Alloh Swt yang telah menciptakan ayam menakjubkan ini. Kita juga seenggaknya harus menghargai dan menghormati jasa sir jon sebright. Yang atas jasanya, mengupayakan dan mengembangbiakan ayam batik ini hadir dan exist sehingga, kita bisa menikmatinya hingga saat ini. Alhamdulillah.

Awal mula ayam batik hadir di indonesia

Yang pertama kali mengembangbiakan ayam batik ini di indonesia adalah saya sendiri !! namun, kenyataan tidak sesuai dengan yang saya harapkan karena itu hanya khayalan saya aja..hii..😫😆😆

Tidak diketahui secara pasti kapan ayam ini hadir / exist pertama kali di indonesia. Dan entah siapa pula yang pertama kali menjulukinya ayam batik. Bahkan, ditambahkan pula namanya jadi ayam batik kanada dan ayam batik itali. Warga +62 memang unik..🙂

Sepengetahuan dan sepengalaman saya, ayam ini mulai banyak dikembangbiakan di negeri kita sekitar tahun 2008 dan mulai viral ditahun 2013 an..

Saya sendiri baru memiliki ayam ini di tahun 2013. Saat itu saya membeli bibitnya dengan susah payah dari mas anggun anggitama. Kenapa susah payah ? Karena saat itu stok ayam batik ini masih sangat langka, jadi rebutan sama penghobi lainnya.

ayam batik anakan
anakan ayam batik silver

Namun alhamdulillah setelah merayu mas anggun, akhirnya saya diberi jatah 2 ekor bibit anakan. Saat itu harga jual ayam batik untuk bibitnya per ekor 100rb an dan indukannya sepasang bisa laku terjual hingga Rp. 7jt perpasangnya. Tapi, untuk sekarang harganya lebih terjangkau karena, stoknya tidak se-langka waktu itu.

Jual Ayam Batik : Ciri & Karakteristik

Selain ciri khas utama pada warna bulunya yang bergaris-garis seperti motif batik ini. Ayam batik memiliki postur tubuh pendek, mungil seperti ayam kate. Tabiat mereka sangat tenang, tidak liar dan induk betina sangat pintar dalam mengerami telur dan menjaga bibit anaknya.

Rata-rata berat badannya untuk jantan sekitar 600 gram dan betina sekitar 500 gram. Tabiat mereka tenang dan terkesan ingin banyak tau.

Jantan dan betina akan mulai siap kawin dan menghasilkan telur di usia 6-7 bulanan. Dari segi produktivitas telur tergolong bagus. Dalam satu musim telur, induk betina rata-rata sanggup menghasilkan minimal 8-10 biji telur.

Bila dikalkulasikan dalam setahun maka, jumlah telurnya bisa mencapai 40 butir. Bahkan, bila kita tepat melakukan cara membudidayakannya, dalam setahun jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai hingga 80 butir. Banyak juga kan..Jumlah segitu Itu klo telurnya barengan di goreng semua mungkin centongnya harus pake skop atau pacul..

Cara memilih ayam batik berkualitas

  • Motif garis tersusun rapi
  • Warna bulu tajam khususnya pada jenis golden
  • Postur pendek
  • jengger berbentuk telon dan di ujung belakang jengger berbentuk lancip

Cek halaman kami lainnya disini : 15 Jenis Ayam Hias Paling Populer di Indonesia

ayam batik kanada
bibit ayam batik kanada

Apakah Ayam Batik cocok untuk anda ?

Menurut saya ayam batik ini cocok untuk anda. Pertanyaan nya kenapa cocok ? karena barusan kan saya bilang begitu !! becanda om..😆

Kembali ke pertanyaan, apakah ayam batik cocok buat anda ?

Mungkin jawabannya hanya anda sendiri yang tau. Saya disini hanya akan coba membantu saja dengan memberi pertanyaan kepada anda. Mari kita mulai quiz nya..

  • Mungkin anda bosan dengan rutinitas sehari – hari ?
  • Apakah anda ingin memiliki kesibukan lain yang bermanfaat dan menyenangkan ?
  • Atau apakah anda ingin memiliki koleksi ayam hias yang unik ?
  • Anda ingin memelihara ayam hias tapi yang mudah merawatnya ?

Ini menurut saya :

jual ayam hias batik
Jual ayam hias batik

Anda jenuh dengan rutinitas sehari-hari ? cobalah sesuatu hal yang berbeda.
Bila anda ingin memilki kesibukan lain yang menyenangkan, mengapa tidak coba memelihara ayam.
Tapi anda menginginkan koleksi ayam hias yang unik, salah satunya bisa dengan memelihara ayam batik.
Anda ingin memelihara ayam hias yang mudah dipelihara maka, ayam batik ini cocok untuk anda.

Mereka bisa jadi teman yang sangat menyenangkan buat anda. Ayam batik adalah pilihan yang tepat dan cocok untuk pemula. Biayanya lebih murah untuk dipelihara, lebih mudah ditangani, lebih sedikit ruang, dan bisa menjadi ayam peliharaan yang hebat untuk anak-anak.

Memelihara ayam juga bisa kita gunakan untuk edukasi pembelajaran untuk menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab. Dan ini bisa diajarkan kepada anak, cucu atau keponakan anda tercinta.

Jual ayam batik : Faq ( frequently asked questions )

Berapakah harga ayam batik itali dan kanada ?

Usia 1 bulan : Rp. 60.000 / ekor
Usia 2 bulan : Rp. 175.000 / pasang
Usia 3 bulan : Rp. 200.000 / pasang
Usia 4 bulan : Rp. 225.000 / pasang
Usia 5 bulan : Rp. 250.000 / pasang
Siapan Induk : Rp. 300.000 / pasang
Indukan / dewasa : Rp. 350.000 / pasang

Bagaimana cara memilih ayam batik yang asli ?

Ciri ayam batik asli :
– Motif garis tersusun rapi
– Warna bulu tajam khususnya pada jenis golden
– Postur pendek
– Jengger berbentuk telon bergerigi dan di ujung belakang jengger berbentuk lancip

Apakah Ayam batik mudah dipelihara ?

Ya. Mereka juga tipe ayam yang memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga, sangat disarankan untuk pemula yang baru memulai memelihara ayam hias.

Penutup

Bila dalam artikel ini ada kata-kata yang tidak pantas dan menyinggung perasaan anda, saya memohon pintu maaf sebesar-besarnya.

Terima kasih kepada anda karena telah berkunjung dan sudi membaca artikel saya yang apa adanya dan ada apanya ini.

Semoga sukses selalu dan selamat berbahagia dengan ayam kesayangan anda. Wassalam..

Setelah membaca artikel ‘jual ayam batik ‘ ini, silahkan baca juga artikel kami yang lain disini :

Jual ayam brahma original
Bibit ayam kalkun
Jual Ayam Modern game Bantam
5 Jenis Ayam Pheasant
Ayam Pelung
Jual burung merak
Ayam Cochin
Bebek Mandarin / Mandarin Duck
Jual Burung unta Anakan
Ayam Golden Pheasant

5 Comments for Jual Ayam Batik : Tersedia Jenis Golden & Silver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *