HOME
Home » ayam hias Guntur Ginanjar » cochin » Ayam Cochin – Ayam Hias langka Dari Tiongkok

Ayam Cochin – Ayam Hias langka Dari Tiongkok

Posted at November 20th, 2015 | Categorised in ayam hias Guntur Ginanjar, cochin

Ayamkalkun.com – Kami menjual ayam cochin original mulai usia anakan, remaja hingga indukan siap pelihara. Cek penawaran kami disini.

ayam cochin
https://ayamkalkun.com/ayam-cochin

Apakah anda sedang mencari tambahan untuk melengkapi koleksi ayam hias anda ?

Anda jenuh dengan koleksi ayam hias yang itu-itu saja?

Jawabannya mungkin yang anda butuhkan adalah memelihara / membudidayakan ayam cochin.

Khalayak umum mungkin sulit percaya bahwa, pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang yang tergila-gila pada ayam !!. Namun, buat kita para penghobi yang juga jeli dan cermat dalam mengamati peluang usaha, tentu ini adalah hal normal. 

Sekilas informasi Seputar Ayam Cochin, Ayam Langka Dari Tiongkok

Memelihara ayam cochin itu hal yang menyenangkan. Selain kita mendapatkan hiburan, juga bisa mendapatkan manfaat berupa profit keuntungan dari hasil pengembang biakannya.

ayam cochin bantam
jual ayam cochin

Dengan bulu yang lebat, tubuh yang bulat dan sifat karakternya yang tenang dan bersahabat, tidak sulit untuk mengatakan bahwa ayam cochin itu sangat indah dan menyenangkan untuk dipelihara.

Berikut ini saya akan coba sampaikan informasi menarik seputar ayam cochin.

Sejarah ayam cochin

Ayam cochin atau cochin chickens adalah ayam langka yang berasal dari tiongkok / china, awal mulanya ayam ini bernama ” shanghai chickens ” namun, setelah banyak dikembangbiakan di eropa terutama di Inggris, ayam ini dipopulerkan dengan sebutan cochin chickens. Dikenal juga dengan sebutan ayam pekin.

Sekitar tahun 1860, ketika terjadi perang antara Inggris dan cina yang dikenal juga dengan sebutan ” perang candu “, tentara inggris ” diduga ” menjarah dan membawanya untuk dibudidayakan dan dikembangkan disana.

Para ahli sebenarnya masih memperdebatkan asal ayam hias ini, sebagian berpendapat bahwa bila merujuk namanya yaitu “cochin” yaitu sebuah nama kota yang terletak di pantai barat india maka, bisa disimpulkan ada kemungkinan ayam cochin berasal dari sana.

6 Karakteristik Umum Ayam Cochin

Cochin masih merupakan kerabat dari ayam brahma / brahma chickens, perbedaan yang signifikan dari kedua ayam ini dimana jengger ayam cochin berbentuk sisir sedangkan ayam brahma jenggernya berbentuk telon.

Memiliki keunikan yang khas terutama dari bentuk badan / postur yang bulat dan bulu yang tebal hingga menutupi bagian kaki menyerupai selimut. Cochin dikenal sebagai ayam peliharaan yang baik,tenang dan jinak sehingga banyak yang memeliharanya untuk dijadikan hiasan taman.

1. Bagian kaki dipenuhi bulu yang sangat lebat
2. Jengger berbentuk sisir / wilah
3. Kulitnya berwarna agak kekuningan
4. Memiliki beberapa varietas warna
5. Rajin bertelur
6. Tabiatnya tenang tidak liar 

Jenis Ayam Cochin

Ayam Cochin terbagi dalam dua jenis yaitu :

Giant Cochin / large cochin

Giant cochin memiliki postur yang tinggi dan besar, memiliki kemiripan postur dengan ayam brahma. Sering juga disebut ayam raksasa karena posturnya yang tinggi serta badannya sedikit gendut dan lebar.

Tingginya hampir sama dengan ayam pelung, dan postur tubuhnya memiliki kemiripan dengan ayam petelur dan ayam pedaging.

Kategori warna bulu ayam giant cochin yang original menurut standar yaitu berwarna kuning keemasan.

Bantam Cochin

jenis ayam cochin bantam
Ayam COCHIN

Bantam Cochin memiliki postur sedang, memiliki kemiripan postur seperti ayam kate tapi agak lebih tinggi dan bulat.

Keunikan lainnya dari bantam cochin yaitu, bentuk bulu pada bagian ekor sangat tebal dan berbentuk bulat. Ada juga yang menjuluki ayam ini dengan sebutan ayam semok atau si “bokong semok”..hehe..

Seperti saudaranya yaitu giant cochin, dalam 1 periode musim kawin yaitu sekitar 3-4 bulan sekali, indukan betina bisa menghasilkan jumlah telur yang banyak. 

Beberapa Tips Cara Perawatan Ayam Cochin

Sebelum anda memeliharanya, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan agar si “ayam” merasa nyaman dan sehat ketika kelak anda pelihara. beberapa faktor itu diantaranya :

Persiapan Kandang

Untuk penempatan ayam dewasa, anda dapat memeliharanya dengan cara dibiarkan bebas dipekarangan atau bisa juga dikandangkan dalam kurungan.

Kandang atau halaman yang disiapkan membutuhkan asupan cahaya / sinar matahari yang cukup. Lantainya bisa pasir, tanah kering atau rerumputan.

Standar Kandang yang saya anjurkan minimal memiliki luas area 2×2 m untuk populasi 1jantan 2betina dewasa, bila jumlah populasinya lebih, maka luas areanya juga harus ditambah lagi.

Penempatan kandang untuk anakan, bisa dibuatkan box dari kayu atau, cukup dengan menggunakan kardus besar yang bisa menutup sirkulasi udara hingga 50%. Tujuannya agar kandang hangat dan bisa diberikan lampu penerangan sehingga, kandang selain hangat, juga agar ayam disaat malam hari bisa makan.

Perawatan Bulu

Daya tarik utama ayam cochin tentunya terletak pada bulu. Masalah umum dalam perawatannya yaitu, ketika musim penghujan tiba, dimana lantai biasanya akan basah terkena air sehingga, bulu kaki mudah kotor dan berlumpur.

Diusahakan kandang diberi lantai yang kering sehingga bulu dibagian kaki tidak mudah rontok dan kotor.

Masalah umum lainnya yaitu, biasanya dibagian bulu sering ada kuman seperti tungau dan kutu. Untuk pencegahannya anda bisa rutin berikan semprotan antiseptik dan obat-obatan anti kutu yang tersedia di toko-toko pakan unggas.

Agar bulunya terawat dan sehat, sesekali ayam dimandikan. Bisa rutin dilakukan seminggu sekali atau dua kali. Waktu pemandian baiknya di siang hari sekitar jam 10 hingga jam 2 siang. Jangan lakukan ketika cuaca dingin dan lembab.

Teliti sebelum membeli Ayam Cochin

Apabila anda tertarik untuk memelihara dan ingin sekali membelinya, telitilah dalam memilih. Banyak ayam cochin yang sekarang ini beredar luas dipasaran tidak memiliki standar kualitas yang baik.

Pilih dan belilah dari penjual yang recomended, berpengalaman dan terpercaya agar, kelak ayam yang sudah anda beli tidak mengecewakan kualitasnya.

Banyak orang tertipu dalam berbelanja terutama belanja online. Sekali lagi pastikan pedagang tersebut menjual ayam cochin sehat, original bukan silangan.

Harga Jual Ayam Cochin

Bagi anda yang akan membeli dan sedang mencari toko online yang menjual ayam hias original, kami ayamkalkun.com menjual ayam cochin baik itu usia anakan, remaja hingga indukan siap untuk diternakan.

Jaminan yang akan anda dapatkan bila membeli dari kami :

1. Garansi Original.
2. Garansi kematian pada saat pengiriman
3. Garansi kematian juga berlaku hingga 3 hari setelah paket diterima pembeli.
4. Bebas konsultasi kapanpun selama memungkinkan

*Garansi yang kami berikan berupa pengembalian uang 100% atau bisa juga dengan penggantian ayam yang sama dengan yang dipesan.

Untuk cek ketersediaan stok, serta informasi mengenai harga ayam cochin dan harga jual ayam hias lainnya, silahkan anda bisa menghubungi :

Guntur Ginanjar

Phone : 0821-3708-2479 / 0878-3830-5588

Email : [email protected]

Windaru Rohmat

Phone : 0858 6819 1174

Atau anda juga bisa datang langsung ke lokasi peternakan ayam hias kami:

Jalan tempel pulowatu km 2,5 Dusun tegalrejo,Desa Margorejo,Kecamatan Tempel,Kabupaten Sleman Jogjakarta

Semoga ayamkalkun.com bisa menjadi solusi bagi anda yang mencari ayam hias berkualitas. aamiin.

Buka juga informasi seputar jenis-jenis ayam hias di :

Jenis Ayam Pheasant

Aneka Macam Ayam Hias

Ayam Kalkun

Merak Putih dan Merak Biru

Bebek Hias dan Jenis-jenisnya

9 Comments for Ayam Cochin – Ayam Hias langka Dari Tiongkok

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *