HOME
Home » Ayam Bekisar » Ayam Hias » Ayam Bekisar : Sejarah, Profil & Ciri Khasnya

Ayam Bekisar : Sejarah, Profil & Ciri Khasnya

Posted at May 22nd, 2020 | Categorised in Ayam Bekisar, Ayam Hias

Ayam Bekisar adalah jenis ayam hias yang dihasilkan dari ( cross breed ) perkawinan silang antara jantan ayam hutan hijau (Gallus varius) dan betina ayam kampung / ayam buras lokal (Gallus gallus domesticus). Suara kokoknya yang indah dan lantang serta warna bulunya yang mengkilap menjadi daya tarik utama dari ayam ini.

ayam bekisar merah
Ayam Bekisar Merah

Peranakan yang dihasilkan dari cross breed ini hanya pejantannya saja yang dipakai untuk hias karena, betinanya tidak memiliki suara dan tampilan indah seperti jantannya.

Walaupun induk betina ayam bekisar ini ayam kampung, namun anakan yang dihasilkan secara keseluruhan hampir mengikuti jejak bapaknya. Dari penampilan warna bulu, postur tubuh serta suara kokoknya hampir 70% juga seperti ayam hutan.

Meskipun ayam hutan banyak jenisnya seperti misalnya ayam hutan merah ( Gallus gallus / red jungle fowl ). Namun, hanya ayam hutan hijau yang peranakannya disebut bekisar. Ini dikarenakan ayam hutan hijau memiliki ciri khas dan suara kokok tersendiri yang berbeda dengan jenis ayam hutan lainnya.

Sejarah Ayam Bekisar

Awal mula ayam bekisar dikembangbiakan yaitu di pulau kangean, sumenep Madura. Ayam hias ini juga dijadikan maskot dari provinsi jawa timur.

ayam bekisar multi colour
Bekisar Multi Colour

Tidak banyak catatan sejarah yang ada untuk mengulas sejarah ayam ini, namun ada sedikit catatan menarik mengenai penamaan nya.
Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, penyebutan nama ayam ini diambil dari putra keturunan raja mataram yang bernama bekisar yang diasingkan ke Madura.

Dalam masa pengasingannya, bapak bekisar ini melakukan eksperimen kawing silang antara pejantan ayam hutan hijau dengan betina ayam kampung lokal.

Setelah pengembangbiakannya semakin banyak, akhirnya ayam ini disematkan atas nama bapak itu sendiri yang kita kenal sekarang dengan sebutan ayam bekisar.

Simak juga sejarah ayam kalkun, asal usul ayam brahma dan ayam dong tao disini.

Penyebaran Ayam bekisar

kontes bekisar
Kontes Bekisar di Jateng Tahun 2019

Saking populernya ayam ini di madura, akhirnya kepopulerannya merambah juga ke kota lainnya. Salah satu kota yang banyak menghasilkan jenis bekisar yaitu jogjakarta dan jawa tengah (solo, magelang, temanggung dll ). Dari beberapa kota ini, ada beberapa jenis ayam bekisar yang khas yang dihasilkan dari pengembangbiakan ayam hutan hijau dengan ayam asli lokal lainnya.

Jenis Ayam bekisar

Ayam Bekisar : Sejarah, Profil & Ciri Khasnya
bekisar hitam

1. Ayam bekisar Hitam ( Bekicem )

Seperti misalnya bekisar cemani, atau lebih akrab dengan sebutan bekicem. Jenis ini adalah hasil persilangan antara ayam hutan hijau dengan ayam cemani yang merupakan ayam asli dari kedu, temanggung.

Ciri-ciri dari jenis bekisar ini bulunya berwarna hitam polos namun memiliki pola bulu mengkilap seperti ayam hutan. Kaki, kuku dan mata juga berwarna hitam seperti ayam cemani.

2. Bekisar Putih ( Bekiput )

Ayam Bekisar Putih
Bekisar Putih

Berikutnya bekisar putih. Dikenal juga dengan sebutan ayam bekisar jogja karena awalnya jenis ini banyak dikembangbiakan di jogjakarta. Bekisar jenis ini dihasilkan dari persilangan antara ayam hutan hijau jantan dengan betina ayam kampung putih polos. Jenis ini akrab dinamakan dengan sebutan bekiput.

Adapun proses pemurnian ayam bekiput ini sangat lama, tidak sekali jadi proses cross breed nya. Karena itu, biasanya harganya juga lebih mahal.

Ciri-ciri bekisar Putih ;

  • Warna bulu putih polos
  • Kaki berwarna semu putih
  • Jengger merah dan bentuknya besar

3. Ayam Bekisar Multi Warna

Jenis bekisar ini merupakan hasil persilangan antara jantan ayam hutan hijau dengan betina ayam kampung berbagai macam warna. Warna betinanya bisa berwarna merah, abu-abu, kuning dll.

bekisar multi warna
Bekisar Kuning

Jenis bekisar ini juga saat ini begitu banyak pola warna dan ciri khasnya. Karena, banyaknya eksperimen ( crossbreed ) ayam hutan hijau yang dikawinkan dengan jenis-jenis ayam impor.

Baca disini untuk melihat review ayam brahma, kajian ayam kalkun dan ayam pheasant golden pheasant.

Ciri Umum & Karakteristik

Tidak seperti jenis ayam hias lain yang dihasilkan dari ( crossbreed ), ayam bekisar tidak pernah dan tidak bisa dipatenkan generasinya. Ayam ini hanya hadir satu generasi saja atau kalau dalam bahasa peternakan yaitu F1 saja.

Jadi, untuk mengembangbiakannya, kita harus memiliki indukan jantan ayam hutan hijau dan ayam kampung betina. Sedangkan ayam ini sendiri tidak bisa dikembangkan lagi.
Mungkin anda agak bingung ??##4364$#$. Begini penjelasannya :

Apa yang dicari dan diminati para penghobi dari ayam ini yang utama adalah suara kokoknya. Kategori standar Suara khas dari kokok nya hanya bisa didapatkan dari generasi f1 saja.

Anda bisa saja mengawinkan ayam ini misal dengan betina bekisar lagi atau dengan betina ayam kampung, tapi anda tidak akan mendapatkan suara khas seperti versi f1.

Inilah yang menjadi alasan mengapa bekisar hanya satu generasi saja dan ini pula yang menjadikannya unik !!

Buka juga ulasan menarik seputar jenis ayam pheasant, jenis burung merak dan angsa hitam / black swan.

Ciri Umum :

  • Suara kokoknya memiliki dua nada yaitu o e 00ee..Ada yang nadanya panjang dan ada juga yang nadanya pendek. Namun untuk ayam bekisar berkualitas biasanya suara kokoknya panjang dan lantang namun tidak terkesan kasar.
  • Posturnya lebih kecil dari ayam kampung namun sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan bapaknya yaitu ayam hutan hijau jantan.
  • Warna pada bulu mengkilap.
  • Sebagian besar mandul. Walaupun dibeberapa kasus ada pula yang bila dikawinkan dengan ayam lainnya menghasilkan keturunan.
  • Bentuk bulu dibagian leher ujungnya bulat / lonjong, tidak lancip.

Tips Untuk Menghasilkan Anakan Ayam Bekisar

Pemilihan indukan jantan ayam hutan hijau sangat berperan penting dalam menghasilkan bekisar yang bagus. Saran kami, pilihlah ayam hutan hijau yang dibesarkan dari penangkaran bukan hasil tangkapan hutan. Biasanya ayam hutan tipe ini lebih jinak sehingga lebih mudah mengawinkannya. Jantan ayam hutan dari penangkaran juga memiliki tingkat stress yang tidak terlalu tinggi sehingga faktor kesehatannya lebih baik.

Agar menghasilkan jumlah anakan yang lebih banyak dan lebih kuat, masa kawin terbaik adalah pada musim kemarau ( sekitar bulan Maret – Agustus ). Biasanya betina akan menghasilkan sekitar 10 – 14 butir telur dengan tingkat keberhasilan menetas rata-rata 50 – 65%.

Lama masa eram telur berlangsung selama 21 hari. Setelah dua minggu bibit ayam menetas, indukan bisa kembali dikawinkan.

Dari separuh jumlah telur yang menetas, biasanya menghasilkan 1 -2 ekor anakan yang berkualitas bagus.

Harga ayam kalkun, jual ayam brahma dan harga jual ayam batik bisa disimak juga dihalaman ini. ( klik untuk menuju halaman ).

Tipe Bekisar

  • Gallus aenus :

Jengger bergerigi 8 kecil, pial berukuran sedang, bulu dibagian lapisan atas berwarna ungu dengan plisir kuning emas.

  • Gallus temminckii :

Bentuk jengger bergerigi enam, pial berwarna merah jambu serta bulu merah mengkilap berplisir merah kecoklatan.

  • Gallus violaceu :

Jengger bergerigi / Sisir, ukuran pial sedang dan warna bulunya ungu.

Harga Ayam Bekisar

Harga ayam ini sebenarnya tidak memiliki patokan harga yang pasti. Ini dikarenakan tidak semua bekisar memiliki suara, mental dan tampilan yang sama. Bila harga diambil secara garis besar bisa saja namun kembali, tetap tidak akan menjadi harga pasaran yang pasti seperti halnya ayam lainnya.

Adapun ditempat kami, untuk harga anakan usia 1 bulanan biasanya dibandrol dengan harga Rp. 150.000 untuk jenis multi warna, dan Rp. 350.000 untuk jenis bekicem dan bekiput. Berikut daftar harga ayam bekisar yang kami tawarkan :

JenisUsiaHarga
Multi Warna1 BulananRp. 150.000
2 BulananRp. 300.000
3 BulananRp. 450.000
RemajaRp. 750.000 – 1.500.000
DewasaRp. 2.000.000. – 5.000.000
Bekisar Hitam & Putih1-2 BulananRp. 500.000
RemajaRp. 1.000.000 – 2.000.000
DewasaRp. 3.000.000 – 5.000.000
Harga Bekisar

Daftar harga burung merak, harga ayam pheasant terbaru dan alasan mengapa ayam brahma itu menyenangkan bisa dibuka disini.

Kontak Kami

Bila anda saat ini tertarik untuk memiliki ayam ini, anda bisa kontak kami di :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias