HOME
Home » Burung » Burung Merak » Jual Burung Merak Putih / White Peacock

Jual Burung Merak Putih / White Peacock

Posted at February 20th, 2020 | Categorised in Burung, Burung Merak
burung merak putih
jual burung merak putih

Ayamkalkun.com – Jual burung merak putih dan aneka jenis merak lainnya, kontak kami di : 0878-3830-5588, 0858-6819-1174 .

Kami menyediakan aneka jenis burung merak legal, original dan berkualitas, diantaranya : merak putih, merak biru, merak blorok / pied dll.

Info Seputar Harga Jual Burung Merak Putih / White Peacock

Burung merak putih / white peacock atau dalam bahasa latin disebut dengan pavo albus, adalah merak asli negara india. Jenis ini merupakan keturunan hasil mutasi genetik dari saudara tua mereka yaitu merak biru / blue peacock.

Sosoknya merupakan simbol dari keindahan, kemewahan dan kejayaan. Sangat ideal untuk dipelihara, selain itu, memeliharanya bisa menjadi obat pelepas stress & jenuh. 

Diseluruh dunia tidak terkecuali di indonesia, merak putih sangat banyak dicari dan digemari. Baik itu untuk koleksi pribadi maupun untuk ditangkar / dibudidayakan di peternakan.

Bagi anda yang sedang mencari burung merak ini. Kami Ayamkalkun.com menawarkan beberapa pilihan merak mulai dari usia 3bulanan, remaja hingga indukan siap telur. Berikut daftar harga dan jenis burung merak yang kami tawarkan :

Jual Burung Merak Putih :

USIAHARGAJUMLAH
3 – 4 bulananRp. 5.000.0001 Ekor
5 – 6 bulananRp. 7.000.0001 Ekor
7 – 8 bulananRp. 8.000.0001 Ekor
9 – 10 bulananRp. 9.000.0001 Ekor
11 – 12bulananRp. 10.000.0001 Ekor
13 – 16bulananRp. 11.000.0001 Ekor
17 – 19 bulananRp. 12.000.0001 Ekor
Remaja Siapan IndukRp. 25.000.000Sepasang
IndukanRp. 35.000.000 – 40.000.000Sepasang
Daftar harga jual burung merak putih

Jual Burung Merak Biru

USIAHARGAJUMLAH
3 – 4 bulananRp. 4.000.0001 Ekor
5 – 6 bulananRp. 5.000.0001 Ekor
7 – 8 bulananRp. 6.000.0001 Ekor
9 – 10 bulananRp. 7.500.0001 Ekor
11 – 12bulananRp. 9.000.0001 Ekor
13 – 16bulananRp. 10.000.0001 Ekor
17 – 19 bulananRp. 11.000.0001 Ekor
Remaja Siapan IndukRp. 25.000.000Sepasang
IndukanRp. 30.000.000 – 35.000.000Sepasang
Jual burung merak putih dan merak biru

*Selain men jual burung merak putih dan biru, Kami juga nyediakan merak blorok / pied, merak cameo dan jenis lainnya. Kontak kami lebih lanjut untuk cek harga dan ketersediaan stok.

Buka disini untuk menonton video jual burung merak putih yang kami tawarkan : Video Burung Merak

Sejarah Burung Merak Putih

Menurut artikel-artikel sejarah, diperkirakan burung merak biru pertama kali hadir di daerah sekitar india, tepatnya diantara pantai mediterania kurang lebih 4000 tahun SM.

Termasuk salah satu jenis burung hias tertua didunia. Bahkan, ada juga yang menyebutkan bahwa merak adalah burung dari surga yang diturunkan ke bumi.

Dahulu Ketika bangsa Eropa menjelajah dan menduduki / menjajah daratan india, burung ini dibawa ke negara mereka dan dikembangkan disana. Hingga sa’at ini, bisa kita temukan disana banyak orang telah memelihara dan membudidayakannya.

Lanjut ” jual burung merak putih “…

Seiring perkembangan zaman, dimana pasar global berlaku, ekspor dan impor antar negara berjalan. Maka, kini burung merak sudah beredar dan hadir hampir diseluruh dunia. Tidak terkecuali asia tenggara, termasuk dinegeri kita tercinta ini.

Indonesia sendiri memiliki burung merak asli endemik lokal yaitu merak hijau / green peafowl.

Jenis burung merak yang pertama kali hadir di india adalah burung merak biru, setelah itu mereka mengalami mutasi yang akhirnya memunculkan varietas merak baru yang kita kenal sekarang dengan white peafowl atau burung merak putih. Pada hewan lain juga sering terjadi mutasi genetik seperti ini, contohnya pada ayam kalkun dan ayam pheasant. 

Fakta unik mengenai Burung Merak putih

merak putih
burung merak putih jantan

1. Omnivora.

Di habitat aslinya mereka memakan serangga, daun-daunan, buah-buah-buahan, biji-bijian dan hewan-hewan kecil bahkan ular.

Merak adalah petarung handal dalam hal bertarung dengan ular. Mereka tidak hanya bisa memangsa ular muda, bahkan yang beracun juga. Selain itu mereka tidak akan membiarkan ular masuk wilayah teritorialnya.

2. Salah satu spesies burung berpostur besar yang mampu terbang ke udara. Tinggi jantan dewasa 90-130cm dan bobotnya bisa mencapai hingga 4 – 6 kilogram. Panjang tubuhnya 120-130cm dan sayapnya 140 cm an.

3. Bisa terbang tapi, mereka bukan penerbang yang handal. Mereka terbang hanya dalam jarak dekat dan tidak terlalu tinggi seperti jenis burung pada umumnya.

4. Bukan Albino

Merak putih bukan Albino. Karena pada albino, kita bisa temukan salah satu cirinya yaitu, mata berwarna merah/kekuning-Kuningan dan seluruh tubuh hampir semuanya berwarna putih. Sedangkan, merak putih memiliki mata berwarna biru dan kulit berwarna kemerahan.

5. Dibanyak negara didunia termasuk di indonesia, merak putih ini dijual bebas di pasar hewan offline maupun online. Karena, burung ini tidak termasuk hewan lindungan.

6. Merak biru dan merak putih, juga jenis merak yang dihasilkan dari kawin silang kedua jenis ini, diakui dan disebut sebagai merak india. Walaupun populasinya dari dahulu dapat ditemukan juga di negara lainnya seperti di Pakistan, srilangka, bangladesh dan Burma.

7. Bisa berlari hingga mencapai kecepatan 16km/jam dan kecepatan terbangnya bisa mencapai hingga 10mph.

8. Hewan Koloni. Mereka terbiasa hidup berkelompok, dalam satu kelompok biasanya beranggotakan 8-10.

9. Poligami.

1 Jantan merak dewasa, bisa dijodohkan dengan beberapa betina. Paling ideal 1 jantan dijodohkan dengan 4 betina.

10. Di usia 2,5 tahunan pejantan baru memiliki bulu ekor komplit.

Baca Terus : ‘ jual burung merak putih dan merak biru ….’……..

Karakteristik Burung Merak Putih

jual burung merak putih
Karakteristik burung merak

Tidak seperti merak biru dan merak hijau, pada merak putih betina memiliki warna bulu yang sama.

Seperti yang disebutkan diatas,putih disini bukan berarti albino karena merak putih sama sekali tidak memiliki mata berwarna kemerahan. Merak putih adalah hasil dari mutasi genetik dari pendahulunya yaitu merak biru.

Ada beberapa jenis lain dari keturunan merak biru yang membuat variasi warna dari burung merak semakin banyak. Di alam liar jarang sekali atau bahkan tidak ditemukan merak berwarna putih ini. Alasannya karena, alaminya warnanya bisa sangat mudah mengundang hewan-hewan predator / pemangsa.

Jenis ini hanya dapat ditemukan dipenangkaran atau dipeternakan.

Ada banyak nama jenis pola warna hasil kawin silang antara merak putih dengan jenis merak lainnya diantaranya :

Blue pied

merak blue pied
Burung merak jenis blue pied

Adalah jenis merak hasil persilangan / kawin silang antara merak biru dan merak putih.

Black shoulder pied

Hasil persilangan / kawin silang merak putih dengan jenis biru black shoulder 

Kebiasaan dan tingkah laku

Burung ini memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sejenisnya. Itulah mengapa mereka berkoloni atau hidup berkelompok baik itu dialam liar maupun dipenangkaran.

Koloni berubah berdasarkan musim. Diluar musim kawin, semuanya berkumpul dengan tenang baik itu jantan maupun betina.

Namun, setelah musim kawin tiba pejantan mulai berselisih untuk memperebutkan betina.

Aktifitas dimalam hari, mereka terbang ke atas ranting pohon untuk tidur dan di siang hari. Berganti-ganti antara mencari makanan didarat dan istirahat / nongkrong dipohon. 

Musim Produksi / Musim kawin

Didaerah bersuhu cuaca tropis seperti di indonesia, indukan mulai kawin dan bertelur disekitar musim penghujan.( diantara awal bulan oktober hingga bulan Maret akhir ).

Ketika bulu ekor telah sempurna, pejantan mulai birahi ditandai dengan menari-nari, mengepakkan bulu ekor untuk menarik perhatian betina. Pada musim ini, biasanya mereka lebih sering mengeluarkan suara seperti kicauan.

Pada pejantan rata-rata diusia 2,5 -3 tahunan mulai siap kawin sedangkan betina biasanya bisa lebih muda. Banyak ditemukan dibeberapa penangkaran, betina diusia 2 tahunan sudah bisa bertelur. 

Dalam satu musim, betina bisa menghasilkan telur rata-rata 10 – 20 butir. Telur menetas setelah di inkubasi selama 28 hari. 

———- Jual burung merak putih dan merak biru ———–

Pertanyaan umum seputar burung merak putih

Berikut ini kami akan coba merangkum beberapa pertanyaan umum seputar burung merak :

Apakah Burung merak putih dan merak biru Langka ?

Bila acuannya di indonesia maka jawabannya iya karena merak putih bukan merak endemik indonesia. 

2. Apakah terancam punah ?

Bisa ya bisa tidak.

Pada umumnya semua yang ada di alam ini statusnya bisa dan akan punah. Tetapi, bila kita melihat realita saat ini, keberadaan merak putih statusnya belum terancam punah. Makanya, dibanyak negara seperti contohnya di amerika dan dieropa, memelihara dan memperjual belikannya dilegalkan. 

3. Apakah di Indonesia burung merak jenis ini termasuk hewan yang dilindungi ?

Mengacu kepada undang-undang yaitu peraturan pemerintah no.7 tahun 1999 dan peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan no.P20 maka, disitu bisa kita lihat bahwa merak putih tidak termasuk didalamnya jadi, mungkin boleh dikatakan bukan hewan lindungan. 

4. Legalkah untuk dipelihara ?

Ditahun 2018, kami pernah ikut serta dalam sosialisasi tentang perlindungan hewan. Acara tersebut digagas oleh Balai konservasi sumber daya alam propinsi Jawa Tengah.

Pada waktu acara sesi tanya jawab, saya menanyakan kepada salah satu narasumber dari pihak bksda tentang pertanyaan ini. Jawabannya yang yaitu legal. 

5. Apakah telurnya dijual?

Maaf kami tidak menjual telur burung merak. 

Skip keatas ” jual burung merak putih “.

6. Bolehkah beli doc / tetesan nya? 

Kami men jual burung merak putih nya hanya diusia 2-3bulanan keatas. Beberapa kondisi kami perbolehkan untuk membeli doc / tetesan tetapi, harganya disamakan dengan harga usia 2bulanan.  

7. Bisakah burung merak putih yang dipesan dikirim keluar kota atau luar pulau ?

Bisa. Untuk pemesanan aneka jenis burung merak legal dan aneka jenis ayam hias lainnya. Silahkan anda bisa kontak kami di nomor yang telah tersedia di website ini.

Penjelasan lebih detail mengenai ” jual burung merak putih ” ini, silahkan kontak kami: 

Guntur Ginanjar 

Phone : 0878-3830-5588. 0821-3708-2479.

Windaru Rohmat 

Phone : 0858-6819-1174.

Atau anda juga bisa langsung datang ke kandang kami di :

Jalan tempel-turi km 2 Dusun tegalrejo, desa margorejo, kecamatan tempel, sleman, Yogyakarta.

Silahkan buka juga halaman kami yang lain di website ini :

Ayamkalkun.com – jual burung merak putih dan merak biru 2020 -2021.

3 Comments for Jual Burung Merak Putih / White Peacock

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *