HOME
Home » Ayam Kalkun » Jual Bibit Kalkun Murah, Aman & Berkualitas

Jual Bibit Kalkun Murah, Aman & Berkualitas

Posted at July 9th, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Kami men jual bibit kalkun lengkap, berbagai pilihan jenis warna dan usia. Tersedia mulai usia anakan, remaja hingga indukan siap ternak. Beli disini, murah aman dan berkualitas. Kontak kami di 0878-3830-5588 dan 0858-6819-1174.

jual bibit kalkun
jual bibit ayam kalkun

Jual Bibit Kalkun Aneka jenis

Setiap calon pembeli kalkun tentunya mengharapkan mendapatkan ayam kalkun berkualitas. Faktor lainnya yang jadi pertimbangan adalah harganya. Harga jual bibit kalkun disetiap toko online tentunya berbeda-beda. Disini kami akan mencoba memberikan penawaran terbaik untuk anda.

Sebagai calon pembeli, anda berhak mendapatkan penawaran menarik dari penjual !. Maka dengan itu, kami mencoba semampu kami untuk memuaskan anda. Kami disini memberikan penawaran harga jual bibit kalkun terbaik, berikut dengan jaminan garansinya. Seperti apa penawarannya ? Ikuti terus ulasannya disini.

Bibit Kalkun

bibit kalkun
bibit kalkun usia doc – 1 mingguan

Ayam Kalkun sudah sejak dahulu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari manusia. Mungkin awalnya dibiakan hanya untuk keperluan konsumsi saja. Namun sejak era modern, ayam kalkun juga difungsikan untuk penyaluran hobi yang sekarang kita kenal dengan sebutan ayam hias.

Sejak fungsinya berubah, ayam kalkun mengalami banyak perubahan jenis warna dan corak pada bulunya. Namun, jenis ayam kalkun umumnya hanya dibedakan menurut warnanya saja. Secara karakteristik, cara hidup dan ciri khasnya tak ada yang berbeda antara satu dan lainnya.

Adapun jenis warna pada ayam kalkun tersebut ada yang merupakan warna asli, hasil persilangan serta dari hasil mutasi gen.

Terdapat berbagai macam jenis kalkun yang kami ternak dan saat ini tersedia di tempat kami. Berikut ini jenis-jenisnya :

  • Bronze
  • Pencilled
  • Golden Palm
  • Royal Palm turkeys
  • White Holland
  • Bourbon Red
  • Black turkeys
  • Blue turkeys

List Harga Jual Bibit Kalkun

anakan kalkun
anakan kalkun bronze, pencilled, palm dan white holland turkey

1. Bronze turkeys

Kalkun bronze adalah jenis warna kalkun yang paling populer dan termasuk salah satu yang tertua. Jenis ini hadir berkat perkawinan silang antara kalkun yang bermutasi warna di eropa dengan kalkun liar asli.

Mengapa jenis ini dijuluki dengan nama bronze ?

Karena, warna bulunya yang hitam dan mengkilap kehijauan ini memiliki kemiripan dengan warna perunggu. Di indonesia sendiri, kalkun bronze merupakan kalkun paling dikenal dan laris dipasaran.

2. Pencilled

Corak khas pada warna bulunya yang beragam dan unik, menjadikannya tak luput untuk selalu dikagumi semua pecinta kalkun. Ada salah satu bagian pada bulunya yang sangat unik dan indah untuk dipandang. Bulu tersebut terletak pada bagian ekornya yang mirip dengan pola corak kain batik.

3. Golden Palm

Bulu warna dasar putih, berpadu dengan pola garis berwarna hitam metalik. Ditambah pula dengan beberapa warna coklat kemerahan pada sebagian bulunya, menjadi daya tarik utama ayam kalkun jenis golden palm ini. Tampilannya terkesan kaya warna namun minimalis.

Hasil perkawinan dari jenis ini, terkadang bisa juga mengeluarkan bibit anakan jenis lainnya. Karena, jenis ini sendiri merupakan jenis dari hasil persilangan. Anakan yang bisa dihasilkan dari jenis diantaranya, royal palm dan white holland.

4. White Holland

White holland turkey, memiliki tampilan warna bulu putih polos yang indah. Anakan terlahir berwarna bulu kekuningan dan berubah menjadi putih bersih ketika mereka bertambah usia.

Bila sebelumnya anda telah memiliki jenis kalkun lainnya, tambahan jenis ini akan menambah variatif koleksi kalkun anda. Tampilannya ini akan sangat terlihat mencolok diantara kelompok kawanan.

Di amerika serikat, ayam kalkun putih white holland ini adalah kalkun utama untuk kebutuhan kuliner. Konon dagingnya lebih enak dibanding jenis lainnya. Namun, sepengalaman saya pribadi, rasa daging jenis ini sama saja lezatnya dengan jenis lainnya.

Jual Bibit Kalkun Bronze, Pencilled palm, Golden palm dan white holland :

USIAHARGAJUMLAH
DocRp. 35.0001 Ekor
2 MingguRp. 45.0001 Ekor
3 MingguRp. 55.0001 Ekor
1 BulanRp. 65.0001 Ekor
2 BulanRp. 85.0001 Ekor
3 BulanRp. 125.0001 Ekor
4 BulanRp. 400.000Sepasang
5 BulanRp. 500.000Sepasang
Siapan IndukRp. 650.000Sepasang
DewasaRp. 750.000 – 900.000Sepasang
Daftar Harga Jual Bibit Kalkun

5. Bourbon Red

bibit kalkun bourbon red dan black
bibit / anakan kalkun bourbon red dan black

Varietas Bourbon Red turkey ini diakui oleh American Poultry Association pada tahun 1909 sebagai kalkun endemik asli amerika. Adapun nama Bourbon diambil untuk daerah asalnya yaitu bourbon county, dan Red / merah untuk warna coklat kemerahan dari bulunya.

Diantara tahun 2012-2014 an, kalkun bourbon red ini sangat terkenal dan begitu diburu para penghobi kalkun khususnya. Adapun fenomena ini terjadi karena, jenis ini saat itu masih sangat langka populasinya. Harganya pun ketika itu cukup mahal. Untuk sepasang indukan, bisa laku terjual hingga 15 juta.

Namun, berkat bertambahnya pengembangbiak, saat ini bourbon red sudah lebih banyak tersedia stoknya. Dan, harganya pun sekarang sudah lebih murah dibandingkan kala itu.

6. Royal Palm

Sejak dahulu, ayam kalkun dikenal memiliki aneka jenis warna bulu yang sangat menawan dan indah. Dari beberapa jenis ayam kalkun yang ada saat ini, royal palm turkeys adalah pemilik tampilan tercantik.

Menurut beberapa artikel khususnya dari Wikipedia, pada tahun 1920 an royal palm pertama kalinya ditemukan di florida Amerika Serikat. Mereka pertama kali muncul dan dikembangbiakan disebuah peternakan kecil di Lake Worth, Florida.

Diprediksi, jenis ini adalah hasil persilangan antara jenis ayam kalkun black, bronze, Narragansett, dan kalkun liar. Dan, setelah bertahun-tahun dilakukan pembiakan selektif, royal Palm akhirnya diterima oleh Standar Kesempurnaan Asosiasi unggas Amerika pada tahun 1971.

Tidak seperti kebanyakan jenis ayam kalkun, royal palm memang dikembangbiakan khusus untuk jenis kalkun hias bukan untuk jenis pedaging.

7. Black Turkeys

Seperti sebutan yang melekat dinamanya. Black turkey / kalkun bulu hitam ini memang memiliki ciri khas bulu berwarna hitam dop, pekat dan mengkilap. Tampilannya ini seakan memberi kesan sangar, gagah sekaligus indah.

Black turkey adalah jenis kalkun tua yang merupakan hasil dari mutasi warna pada kalkun liar. Walaupun jenis ini hasil mutasi, namun black turkey sudah memiliki gen tersendiri karena, mutasinya sudah terjadi ratusan tahun yang lalu.

Jenis ini, pertama kalinya hadir dibenua eropa sehingga, untuk nama julukannya juga mengutip dari asal negara dimana jenis ini pertama kali hadir. Seperti misalnya julukan black spanish atau norfolk black yang merupakan jenis yang pertama kali ditemukan di inggris dan spanyol.

Di indonesia sendiri, black turkey populasinya tergolong masih sangat terbatas sehingga, harganyapun lebih mahal dibanding jenis kalkun umum lainnya.

Daftar Harga Jual Bibit Kalkun : Bourbon Red, Royal Palm & Black Turkey

USIAHARGAJUMLAH
DocRp. 75.0001 Ekor
2 – 3 MingguRp. 90.0001 Ekor
1 BulanRp. 100.0001 Ekor
2 BulanRp. 150.0001 Ekor
3 BulanRp. 250.0001 Ekor
4 BulanRp. 800.000Sepasang
5 BulanRp. 1.000.000Sepasang
Siapan IndukRp. 1.500.000Sepasang
DewasaRp. 1.500.000 – 2.000.000Sepasang
Daftar Harga Jual Bibit Kalkun

8. Blue Turkeys

bibit kalkun blue
jual bibit kalkun blue

Blue slate adalah kalkun warisan yang sangat langka. Pertama kali didomestikasi di Meksiko lebih dari 2000 tahun yang lalu, dan disebutkan dalam literatur pada 1800-an.

Pertama kali muncul di amerika serikat, diprediksikan jenis ini merupakan hasil persilangan dari jenis black spanish dan white holland. Namun, prediksi ini masih menjadi perdebatan karena, para ahli menilai bahwa, blue slate ini membutuhkan banyak ragam jenis persilangan dan butuh juga proses mutasi pada warna bulunya.

Walaupun blue slate sudah hadir sejak lama, namun populasi mereka masih tergolong langka. American Livestock Breeds Conservancy ( ALBC ) sendiri, pernah menetapkan jenis ini kedalam status ” waspada ” karena, secara global, populasinya masih terancam punah.

Karena kelangkaannya, harga jual ayam kalkun untuk jenis inipun tergolong cukup mahal sehingga, sangat beda dengan harga kalkun jenis lainnya.

Daftar Jual Bibit Kalkun Blue Slate :

USIAHARGAJUMLAH
1 BulanRp. 300.0001 Ekor
2 BulanRp. 500.0001 Ekor
3 BulanRp. 750.0001 Ekor
4 BulanRp. 2.000.000Sepasang
5 BulanRp. 2.500.000Sepasang
Siapan IndukRp. 3.000.000Sepasang
DewasaRp. 3.500.000 – 4.000.000Sepasang
Daftar Harga Jual Bibit Kalkun

Catatan :

  • Untuk bibit kalkun jenis blue slate ini persediaannya masih terbatas. Sebelumnya harap anda kontak kami terlebih dahulu untuk cek ketersediaan stoknya.
  • Harga tidak termasuk biaya ongkos kirim.
  • Daftar harga diatas sudah termasuk jaminan dan garansi kematian dalam pengiriman.

Cek ketersediaan stok dan negosiasi harga. Juga informasi lainnya mengenai artikel jual aneka jenis bibit kalkun ini, silahkan anda bisa menghubungi :

menerima pesanan aneka jenis ayam kalkun
menerima pesanan aneka jenis bibit ayam kalkun

Guntur Ginanjar

No hp : 0821-3708-2479.

Windaru rohmat

Hp : 0858-6819-1174.

Tips Cara Perawatan Bibit Kalkun

Perawatan ayam kalkun pada umumnya sama saja dengan perawatan ayam biasa. Akan tetapi, kalkun memiliki daya tahan tubuh dan pakan yang sedikit berbeda. Berikut ini kami akan coba berbagi tips dan pengalaman kami dalam beternak kalkun :

Pemilihan Bibit Kalkun

Umumnya ketika anda membeli kalkun tentunya pastikan kalkun tersebut sehat dan baik secara proporsi fisiknya. Hal itu tentu umum untuk anda. Yang akan saya bahas disini bukan dibagian itu tetapi, pemilihan bibit kalkun yang sesuai dengan apa yang akan anda tuju.

Sebelumnya Ada 3 tujuan ternak kalkun yang seharusnya sudah anda putuskan. Tujuan tersebut saya bagi menjadi 3 yaitu :

Untuk Hiasan

Pilihlah bibit kalkun yang jenisnya banyak disukai dan populer dipasaran. Untuk tujuan ini, saya merekomendasikan jenis kalkun yang populasinya masih langka seperti : Black, bourbon red, royal palm dan blue slate.

Untuk Tujuan Pedaging

Bibit yang tepat untuk tujuan kalkun pedaging yaitu : jenis bibit ayam kalkun yang pertumbuhan posturnya mudah besar. Usahakan juga untuk memilih anakan jenis kelamin jantan karena, jantan memiliki bobot dan daging yang lebih banyak.

Kalkun pada usia dibawah 4bulanan, tentunya sangat susah untuk membedakan jenis kelaminnya. Baiknya anda tanyakan pada penjual bibit ayam kalkun tersebut untuk memilihkan / memprediksikan yang sekiranya kelak akan menjadi pejantan.

Untuk Budidaya Pembibitan

Tujuan ternak untuk budidaya pembibitan sebaiknya dilakukan dengan juga mengikuti perkembangan harga pasar. Yang saya maksud disini adalah, pilihlah bibit kalkun yang dipasaran laku keras dan tentunya banyak peminatnya.

Anda harus selalu update untuk mengecek update pasaran kalkun yang sedang on / booming disaat anda melakukan budidaya.

Cara Perawatan Bibit Ayam Kalkun

Untuk bibit kalkun khususnya yang masih berusia 1 – 7 hari, sebaiknya ditempatkan diruangan tertutup atau, bisa juga diruangan terbuka namun memiliki suhu yang hangat.

Suhu ruangan kandang untuk usia ini, sebaiknya berkisar antara 32-33 derajat tingkat kehangatannya. Anda bisa mengecek suhunya dengan menggunakan thermometer atau alat lainnya yang banyak tersedia.

Untuk kandang tertutup, bisa dibuat dengan menggunakan kardus bekas atau dengan menggunakan bahan dari triplek dan bambu. Tambahkan beberapa lampu untuk penambah suhu hangat.

Ketika mereka bertambah usia, suhu kandang sedikit demi sedikit dikurangi hingga mencapai suhu 28 derajat celsius.

Adapun tujuan dari penempatan di dalam box adalah, selain agar bibit kalkun tidak mudah sakit. Juga, agar pada malam hari anakan masih bisa makan. Tempatkan kalkun dalam kandang seperti ini hingga menginjak usia 14- 18 hari.

Ketika kalkun sudak menginjak usia 45 hari, kandangnya sudah bisa mulai terbuka. Namun, kandang yang paling direkomendasikan untuk usia ini letaknya didalam ruangan. Bila dilokasi tempat penangkaran anda iklimnya bercuaca hangat maka, ketika malam haripun kandang sudah tidak perlu dibantu dengan lampu penghangat.

Pakan Dan Vitamin Untuk Bibit Kalkun

Pakan yang biasa kami berikan sangat bervariasi, terkadang kami berikan voor kering dan sesekali diberi juga voor basah. Voornya juga biasanya kami campur dengan aneka macam pakan lainnya terutama sayur-sayuran seperti kol, kubis, sawi dll.

Tujuannya diberikan variasi pakan ini yaitu, agar bibit kalkun tidak bosan dengan pakan yang itu-itu saja sehingga makannya bisa lebih lahap.

Sesekali, berikan pakan buah-buahan seperti pepaya, pisang, semangka. Juga, berikan pakan hewan-hewan kecil alami seperti cacing, serangga, jangkrik untuk menambah variasi pakan serta variasi gizi dan vitamin.

Sama halnya dengan manusia, setiap makhluk hidup tentunya membutuhkan vitamin dan gizi untuk daya tahan tubuhnya. Untuk ini, sebisa mungkin dalam 2 minggu sekali, berikan mereka vitamin ayam.

Di toko-toko pakan biasanya banyak tersedia vitamin untuk ini. Apabila ditempat anda tidak tersedia, anda juga bisa membuat vitamin sendiri dengan menggunakan bahan dari alam. Tumbuhan seperti jahe, kunir atau temulawak, dapat anda manfaatkan air serapannya untuk dijadikan sebagai sumber vitamin.

Jenis Ayam Hias Lainnya

Selain menjual bibit ayam kalkun, ditempat kami juga tersedia satwa hias lainnya. Diantaranya :

  • Ayam Brahma
  • Golden Pheasant
  • Burung Merak Biru & Merak Putih
  • Cochin ( bantam & giant )
  • Cemani
  • Bibit Burung Unta
  • Dongtao
  • Modern Game Chickens
  • Pelung
  • Silkie / Kapas
  • Sebright Chickens / Ayam Batik
  • Guinea Fowl / Ayam Mutiara
  • Polish Chickens
  • Bebek Mandarin / Mandarin Duck
  • Angsa Hitam / Black Swan dll.

Anda juga bisa buka halaman kami yang lain, yang membahas seputar satwa peliharaan lainnya disini. :

Semoga sedikit pemaparan seputar informasi penjualan bibit kalkun yang kami sampaikan bisa menambah wawasan untuk anda.

Bukan untuk maksud menggurui tapi, hanya sekedar mencoba untuk berbagi pengalaman. Juga, dalam rangka memberikan penawaran kepada anda yang sedang atau ingin memelihara ayam kalkun. Terima kasih atas perhatian anda. Wassalam.

34 Comments for Jual Bibit Kalkun Murah, Aman & Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *