HOME
Home » Ayam Hias » Ayam Modern Game » Profil dan Sejarah Ayam Modern Game Bantam

Profil dan Sejarah Ayam Modern Game Bantam

Posted at April 25th, 2020 | Categorised in Ayam Hias, Ayam Modern Game

Ayam Modern game bantam adalah ayam hias yang berasal dari Inggris. Ayam ini merupakan ayam hias yang dihasilkan dari pengembangbiakan ayam Melayu dan Old English Game selama tahun 1850-an.

Dikembangbiakkan terutama untuk tujuan hiasan, bukan karena sifat petarungnya. Dan hari ini mereka dikembangbiakan murni untuk tujuan kontes atau ayam hias.

ayam modern game bantam
ayam modern game bantam

Ayam modern game ini memiliki dua tipe yaitu large dan bantam. Adapun pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam seputar ayam modern game versi bantam.

Versi Bantam jauh lebih populer daripada ukuran Standar. Dibiakkan sebagai versi yang lebih ramping dari ayam petarung yang digunakan untuk adu ayam.

Profil Ayam Modern Game Bantam :

Nama : Ayam Modern Game bantam
Temperamen : Agresif, Ramah, Bising, Tidak tahan dalam kurungan
Jengger : Sisir tunggal
Daya Tahan : Mudah Adaptasi cuaca
Warna Telur : Putih / Berwarna
Ukuran Telur : Kecil
Produktivitas Telur : Sedang
Status : Langka
Negara Asal : Inggris.

Simak disini untuk membaca seputar harga jual ayam modern game bantam ini.

Sejarah Ayam Modern Game

Disekitar tahun 1840 an, ketika ajang adu ayam / sabung ayam mulai resmi dilarang oleh pemerintah inggris. Para penghobi ayam adu ini mulai beralih ke pengembangbiakan ayam untuk hia. Sehingga, disinilah titik awal mula ayam modern game bantam ini lebih gencar diternak dan dibudidayakan.

Lalu, ayam ini semakin populer disana. Kepopulerannya bahkan menyebar hinga ke luar negeri. Sehingga, mereka menjadi salah satu barang dagang ekspor inggris ke negara-negara tetangga bahkan hingga ke Amerika. Dan puncaknya pada tahun 1874, untuk pertama kalinya diselenggarakanlah kontes khusus untuk ayam ini.

Tahun 1930 an, ketika perang dunia pertama terjadi, populasinya semakin menurun. Jumlah telur yang menetas semakin berkurang dan para penghobi banyak yang meninggalkan. Begitupun pada saat perang dunia kedua terjadi, diyakini populasi ayam modern ini di inggris semakin sedikit bahkan, hampir terancam punah.

Untungnya, saat itu ada seorang peternak dari jerman yang bernama paul hohman. Dengan hanya bermodalkan telur yang diimpor dari amerika, ia telah berhasil mengembangbiakan ayam ini. Bahkan, ia juga telah berhasil mengembangbiakan beberapa aneka jenis variant warna baru yang bisa kita miliki saat ini.

Cek juga harga jual ayam brahma disini

Karakteristik Ayam Modern Game

Modern Game bantam memiliki leher yang panjang dan kurus serta postur tubuh yang sangat tegak. Ini adalah ayam hias berbulu ketat. Dengan kaki dan leher panjang, yang memberikan penampilan tinggi dan ramping.

ayam modern game bantam dewasa
ayam modern game bantam dewasa

Bila dilihat dari atas, kategori bantam standar harus memiliki bentuk tubuh seperti besi datar. Dan memiliki ekor yang halus dan bulu yang keras.

Muncul dalam banyak variasi warna. Varietas warna yang paling umum adalah Hitam Merah, Hitam Coklat dan hitam abu-abu. Sekarang ada 18 varietas warna yang diakui di Amerika dan 13 warna di Inggris.

Warna-warna bulunya dapat secara luas dibagi menjadi dua kelompok. Dan ini dengan kaki hitam dan mata gelap, dan varietas lainnya dengan kaki berwarna kuning dan mata merah. Warna sisir, watt, dan kulit pada ayam ini bervariasi dari merah hingga murbei tergantung jenisnya. Semua varietas memiliki jengger sisir tunggal kecil.

Warna kulit mereka putih. Meskipun mereka sangat berbulu dan memiliki jengger sisir kecil, tetapi ini tidak berarti mereka terlindungi dengan baik dari hawa dingin.

Jantan harus memiliki jengger sisir dan pial mereka dihapus untuk meningkatkan panjang dan bentuk ramping mereka.

Berat ayam Modern game Standar sekitar 3,2 – 4,1 kg dan betina sekitar 2,25 – 3,2 kg. Untuk bantam memiliki bobot sekitar 0,57 – 0,62 kg dan betina sekitar 0,45 – 0,51 kg.

Perilaku / Temperamen Ayam Modern Game Bantam

Hari ini ayam Modern Game bantam dibesarkan terutama untuk tujuan hias. Mereka tidak dihargai untuk produksi daging atau ayam petelur. Sangat cocok sebagai hewan peliharaan dan mudah dijinakkan.

Mereka biasanya ayam yang tenang dan sangat mudah dipelihara. Aktif dan berisik. Mereka biasanya tidak bisa mentolerir kurungan. Terkadang, ayam jantan dan bahkan ayam bisa menjadi agresif. Mereka cerewet, spontan, dan suka berinteraksi.

Dapatkan juga informasi jual golden pheasant dan harga jual ayam pheasant lainnya disini

Kandang

Membuat sistem kandang yang baik, nyaman dan aman adalah suatu keharusan bagi usaha peternakan. Karena, kandang yang baik tidak hanya membantu ayam untuk tetap sehat. Tetapi juga, membantu mereka untuk tetap aman dan terlindung dari kondisi cuaca buruk.

Pasang sistem ventilasi yang baik saat membangun kandang. Sistem ventilasi yang baik membantu menghilangkan gas berbahaya dari dalam kandang dan menjaga ayam Anda tetap sehat.

Jenis kandang dapat tergantung pada anggaran Anda. Bisa dengan pemasangan beton penuh atau Anda bisa membangun rumah dengan bahan yang murah dan mudah didapat. Pastikan saja rumah itu aman dan nyaman untuk si ayam.

Buat kandang sedemikian rupa sehingga anda dapat dengan mudah membersihkan kandang.

Simak juga jual burung merak biru disini

Pakan

Memberi makan Ayam dengan kualitas yang sangat baik dan makanan bergizi adalah bagian terpenting dari usaha peternakan. Karena, makanan yang baik tidak hanya membantu ayam untuk tetap sehat, tetapi juga membantu mereka untuk tumbuh dengan baik. Juga agar menghasilkan lebih banyak produk telur berkualitas.

Jadi, selalu coba beri makan ayam-ayam anda dengan kualitas yang sangat baik dan makanan bergizi.

Anda dapat memberi makan ayam anda baik dengan pakan unggas siap pakai / komersial. Atau, anda dapat menyiapkan pakan racikan anda sendiri. Pastikan saja makanan tersebut sehat dan bergizi untuk si ayam. Anda dapat meminta bantuan dari seorang ahli jika Anda baru dalam beternak ayam hias ini.

Ternak Ayam Modern game Bantam

Seperti kebanyakan ayam hias, ayam ini juga merupakan jenis ayam yang mudah untuk diternak. Mereka akan berkembang biak dengan mudah dan menghasilkan telur subur yang cukup untuk menetas.

Jika Anda memelihara jantan dan ayam betina dengan rasio yang baik. Umumnya satu ayam jantan bisa dijodohkan dengan 3-4 betina.

Penutup

Ayam Modern Game bantam adalah ayam hias yang kuat dan tangguh. Mereka akan membutuhkan relatif lebih sedikit perhatian dan manajemen lainnya. Meskipun melakukan perawatan tambahan akan membantu ayam untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan lebih banyak anakan.

Jenis ayam hias unik seperti ini, akan jadi penambah sempurna untuk koleksi ayam hias anda.

Jika anda ada pertanyaan seputar ayam modern game bantam ini, silahkan anda bisa kontak kami :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Alamat kandang :

Jalan tempel-turi km 2.5 Dusun tegalrejo, Desa Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, DIY.

Terima kasih telah meluangkan waktu anda dengan kami. Semoga sukses selalu dan selamat berbahagia dengan keluarga, sahabat dan hewan peliharaan anda. Sampaikan salam hangat dari kami..Wassalam

Profil dan Sejarah Ayam Modern Game Bantam – Copyright Ayamkalkun.com 2020