HOME
Home » Bebek Hias » Bebek Mandarin » 16 Fakta Bebek Mandarin Yang Jarang Diketahui

16 Fakta Bebek Mandarin Yang Jarang Diketahui

Posted at May 12th, 2020 | Categorised in Bebek Hias, Bebek Mandarin

Fakta Bebek Mandarin. Seperti nama belakangnya ” mandarin “, bebek cantik ini berasal dari china. Tampilan bulu warna-warni, serta ukurannya yang kecil imut ini begitu mengagumkan. Seakan-akan mereka seperti celengan dari tanah liat, khas tradisional zaman baheula. Mungkin inilah sebabnya mengapa bebek mandarin dijuluki bebek terindah didunia. Karena, tampilan seperti ini tak kita temui dari jenis bebek lainnya.

16 Fakta Bebek Mandarin

16 fakta seputar bebek mandarin
Beberapa Fakta seputar Bebek Mandarin

Selain dari keindahan tampilannya, ada beberapa fakta bebek mandarin lainnya yang menarik dan jarang diketahui. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahasnya untuk anda. Ikuti ulasannya berikut ini..

1. Lambang Cinta

Di china dan korea, bebek mandarin sering disimbolkan sebagai lambang dari ikatan cinta. Disana, miniatur bebek mandarin, sering dijadikan sebagai hadiah dalam perkawinan.

2. Mudah Adaptasi

Bebek mandarin dikenal memiliki daya tahan tubuh yang baik. Inilah yang membuat mereka mudah beradaptasi. Faktanya mereka bisa bermigrasi ke beberapa wilayah dan akan menetap lama ditempat barunya.

3. Penerbang yang handal.

Memiliki tubuh yang ringan serta sayap yang kuat, menjadikannya jago dan handal untuk terbang. Ketika mereka kaget atau terkejut, bebek mandarin akan segera melesat terbang ke berbagai arah.

4. Banyak Menghabiskan Waktu Di pepohonan

Seperti saudara dekatnya yaitu bebek caroline, mereka senang berada di pepohanan. Ketika malam tiba, mereka akan segera naik ke pohon untuk bertengger dan istirahat.

5. Pandai merayap

Disela-sela kakinya, ada duri-duri kecil seperti kuku. Inilah yang memudahkannya untuk merayap di batang pohon.

6. Jago Selam

Ketika pertama kali memiliki bebek ini, kami saat itu kaget karena bebek ini tiba-tiba menghilang. Setelah dicari sekitar 1 jam, ternyata mereka ada dibawah air. Ternyata bebek mandarin jago menyelam dan dalam waktu yang cukup lama.

7. Omnivora

Dihabitat aslinya, mereka berburu hewan-hewan kecil seperti serangga, ulat dan ikan-ikan kecil. Selain itu, mereka juga memakan daun-daunan dan biji-bijian.

8. Menyukai kolam kecil

Mungkin alasan bebek mandarin tidak menyukai kolam besar karena menghindari persaingan dengan hewan air lainnya. Juga mereka menghindari kemungkinan diserang hewan predator.

Fakta Bebek Mandarin Yang Jarang Diketahui
Fakta Bebek Mandarin Yang Jarang Diketahui

9. Bersarang Di pohon

Walaupun termasuk hewan air, induk betina lebih senang mengerami telurnya di rongga pohon. Walaupun begitu, perkawinan tetap dilangsungkan diatas permukaan air.

10. Fakta bebek mandarin tidak terancam punah

Populasi bebek mandarin dialam liar tergolong masih banyak sehingga, statusnya tidak termasuk hewan yang dilindungi. Populasi mereka kian bertambah setelah seringnya bebek mandarin hasil penangkaran dilepasliarkan dihutan dan rawa-rawa.

11. Komoditas Ekspor

Sebelum tahun 1975, bebek mandarin sering di perjualbelikan untuk menjadi salah satu komoditas ekspor china. Namun saat ini, ekspor untuk bebek mandarin telah resmi dilarang oleh pemerintah china.

Berkat ekspor inilah bebek mandarin sekarang banyak ditemukan dinegara lainnya. Khususnya di benua eropa terutama di inggris. Disana populasi bebek mandarin banyak ditemukan di danau-danau, di taman dan sungai perkotaan.

12. SHY Duck / bebek Pemalu

Di alam liar, bebek mandarin memiliki karakter pemalu. Mereka senang bersembunyi dan hanya menampakan diri ketika mencari makan. Mungkin bukan pemalu, mereka hanya menyembunyikan diri agar terhindar dari bahaya serangan predator.

13. Bebek Paling Berwarna

Mendapat julukan bebek terindah didunia karena, bebek mandarin kaya warna dan variatif. Ada 9 warna yang ada dalam tubuhnya yaitu, paruh merah, dada ungu, badan putih, sayap kuning kecoklatan. Kuning tua di kaki, hijau disebagian bulu pundak, biru mengkilap dibulu belakang. Serta garis hitam dan oranye keemasan dibagian jambul dan sayap.

Namun, tampilan penuh warna hanya terdapat pada jantan dewasa saja. Sedangkan betina, hanya berwarna coklat kehitaman. Terdapat sedikit warna biru metalik dibagian bulu sayap dan warna kuning pada kakinya.

14. Versi Warna Putih

Tidak banyak orang yang tahu fakta bahwa bebek mandarin juga ada varietas lainnya. Jenis yang dimaksud adalah white mandarin duck. Jenis ini memiliki bulu berwarna putih. Walaupun berwarna putih, bebek mandarin putih ini bukan albino.

White mandarin duck / bebek mandarin putih merupakan varietas yang hadir karena mutasi warna pada bulu bebek mandarin. Disetiap jenis unggas, memang dimungkinkan terjadi mutasi warna pada bulu. Dan ini bukan hal yang tak biasa terjadi karena, ini juga terjadi pada jenis unggas lainnya.

Mutasi warna seperti ini, terjadi pada burung merak biru india yang menghasilkan keturunan burung merak putih. Pada ayam kalkun hitam yang memunculkan varietas white holand turkeys. Dan ayam golden pheasant yang bermutasi, hingga muncul varietas yellow pheasant.

15. Hanya bertelur sekali

Induk betina bebek mandarin, hanya bertelur sekali dalam setahun. Di china, mereka biasanya bertelur di musim semi yaitu antara bulan februari – Agustus. Dalam semusim, induk betina mampu menghasilkan telur hingga 15 butir. Di penangkaran, jumlah telurnya terkadang lebih banyak.

16. Harga Yang Cukup Mahal

Bila anda tertarik memiliki bebek ini, saat ini bebek mandarin tersedia ditempat kami. Ada berbagai macam pilihan yang bisa anda pilih. Kami ayamkalkun.com menjual bebek mandarin siap untuk dipelihara dan dikembangbiakan kembali. Tersedia pilihan mulai usia remaja hingga indukan.

Jual bebek Mandarin

Lalu berapakah harga jual bebek mandarin ini ?

Sepasang remaja : Rp. 8.500.000.

Dewasa : Rp. 10.000.00 / pasang.

Untuk pemesanan dan cek ketersediaan stok bebek mandarin ini. Silahkan anda bisa kontak kami :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Keterangan lebih lengkap mengenai profil dan karakteristik bebek mandarin, bisa anda buka di artikel kami lainnya di website ini.

Penutup

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke website kami ini. Semoga apa yang menjadi tujuan dan harapan anda, akan segera tercapai diwaktu yang akan datang. Aamiin.

Bila anda ada pertanyaan dan masukan seputar bebek mandarin ini, silahkan anda bisa kontak kami. Wassalam.

Simak juga artikel kami lainnya disini :