HOME
Home » Burung » Burung Merak » Burung Merak Putih – Burung Indah nan Langka

Burung Merak Putih – Burung Indah nan Langka

Posted at July 12th, 2020 | Categorised in Burung, Burung Merak

Sebagai hewan dengan penampilan cantik dan menawan, mungkin tidak sulit rasanya untuk burung merak putih membuat orang-orang jatuh hati kepadanya. Burung megah nan indah ini memang begitu menarik perhatian dan sangat menyenangkan untuk dipandang.

Manusia terkadang lupa atau tidak mengindahkan karunia yang telah diberikan sang pencipta. Sehingga diantaranya membuat kita kufur nikmat atas anugerahnya. Salah satu anugerah yang terkadang kita acuh akan keberadaanya adalah keindahan hewan-hewan seperti burung merak putih ini.

Sudah seharusnya kita sebagai makhluk ciptaan yang diciptakan sebagai pemimpin di alam ini menjaga kelestariannya. Dan sebelum itu, sebaiknya kita mengenal mereka terlebih dahulu.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas lebih jauh mengenai sosok burung merak putih. Ikuti pengulasan informasinya berikut ini.

Burung merak putih
Burung merak putih

Asal usul Burung Merak Putih

Burung merak yang berwarna-warni (pavo cristatus) dikenal dengan bulu ekor jantan yang mengesankan dengan banyak corak warna cemerlang.

Burung merak biru berasal dari India dan ketika kerajaan Inggris menaklukkan India, mereka menyebarkan burung merak biru diseluruh Eropa dan Amerika. Tiba-tiba, merak putih mulai muncul dan sekarang banyak dikembangbiakkan.

Burung merak putih adalah salah satu jenis burung merak dari india yang dihasilkan dari mutasi gen burung merak biru.

Seperti halnya terjadi pada unggas lainnya seperti ayam kalkun, ayam pheasant dan lainnya, pada merak juga dimungkinkan terjadi mutasi perubahan pada warna bulu, dan ini terjadi juga pada merak biru.

Banyak yang mengira bahwa, mereka itu albino namun, mereka bukan albino. Karena, mereka sama sekali tidak memiliki warna dan mata merah atau merah muda.

Merak ini memiliki mata biru. Anakan terlahir kuning dan menjadi putih saat dewasa. Dari data ” Peafowl Varietas Database ” disebutkan, merak India dari semua jenis warna, termasuk merak putih memiliki kulit berwarna merah muda.

Cek disini untuk melihat penawaran menarik dari kami : Jual Burung Merak Biru + 3 Jenis Burung Merak Lainnya

Pengembangbiakan Burung Merak Putih

Walaupun jenis burung merak ini merupakan hasil mutasi namun, mutasinya sudah terjadi beberapa ratus tahun yang lalu. Jadi, untuk sekarang burung merak putih sudah memiliki gen tersendiri.

Jantan dewasa bila dikawinkan dengan betina berwarna bulu sama maka, akan menetaskan anakan berwarna bulu putih juga.

Meskipun begitu, merak ini juga memiliki pengaruh dari gen merak black shoulder dan corak bulu warna pied / blorok. Jika dikawinkan dengan burung merak berwarna berbeda, hasilnya akan menjadi berbagai macam warna pada anakannya.

aneka jenis burung merak
Variasi aneka jenis burung merak

Salah satu contoh jenis warna merak hasil persilangan dari burung merak putih adalah jenis blue pied. Jenis ini merupakan jenis merak yang dihasilkan dari kawin silang antara merak putih dan merak biru.

Di indonesia sendiri, jenis merak putih ini tergolong masih sangat langka dan hanya ada beberapa saja penangkaran yang khusus mengembangbiakan jenis ini.

Teori dan Prediksi

Sesungguhnya, pertama kalinya muncul jenis ini sejarahnya masih tidak jelas. Karena, pola warna putih, pied dan blackshoulder dari merak biru tidak pernah ditemukan di habitat aslinya yaitu dialam liar di india sana.

Prediksi mengapa jenis ini tidak ditemukan di alam liar karena, setiap bulu warna pada hewan yang terlihat mencolok seperti bulu warna putih ini, akan membuat burung lebih terlihat oleh predator.

Teorinya adalah mereka memang hanya terlahir di peternakan atau penangkaran saja karena, hidup dipenangkaran membuatnya aman dan selamat dari bahaya hewan predator. Ini juga terjadi pada burung peliharaan seperti zebra finch dan hewan lain seperti gerbil dan hamster Suriah.

Rata-rata Usia

Burung merak umumnya hidup di suatu tempat antara 10 dan 20 tahun dialam liar, sedangkan di penangkaran, ada merak yang dilaporkan telah hidup hingga 50 tahun.

Fakta – Fakta Seputar Burung Merak Putih

1. Omnivora.

Di habitat aslinya, mereka berburu hewan-hewan kecil seperti sejenis serangga hingga hewan berbisa seperti ular. Selain itu, mereka juga memakan tanam-tanaman dan buah-buahan.

Merak merupakan pemburu handal dalam hal berburu ular. Layaknya burung elang, mereka akan mudah mengalahkan ular berbisa sekalipun. Bila anda memiliki mereka disekitar anda, maka mereka seperti memberi perlindungan akan bahaya ular berbisa yang dapat membahayakan anda atau orang-orang disekitar anda.

2. Salah satu jenis burung terbesar yang bisa terbang. Tinggi postur tubuh dewasa sekitar 90-130cm dan bobotnya sekitar 4 – 6 kilogram. Panjangnya bisa mencapai 120-130cm dan lebar sayap hingga 140 cm an.

3. Mampu terbang tinggi ke udara, tapi burung merak bukanlah penerbang yang lihai. Mereka hanya mampu terbang dalam jarak dekat. Terbangnya pun tidak setinggi burung biasa pada umumnya.

4. Bukan Albino

Meskipun tampilan mereka dominan berwarna putih, namun mereka bukan merak albino. Mereka hanya memiliki tampilan putih biasa dan tidak menyeluruh. Hanya bulunya saja yang berwarna putih polos.

5. Dibanyak negara didunia termasuk di indonesia, merak putih ini dijual bebas di pasar hewan offline maupun online karena, jenis merak ini tidak termasuk dalam kategori satwa terancam punah dan lindungan.

Simak disini untuk melihat penawaran harga jual burung merak dari kami : Jual Merak Putih Dan Merak Biru Legal

6. Merak biru dan merak putih, serta merak hasil persilangan dari kedua jenis ini yaitu merak blorok/ pied, diakui dunia sebagai merak nasional india.

Walaupun sebenarnya di beberapa tempat seperti di Pakistan,Burma, srilangka dan bangladesh juga bisa kita temukan burung ini.

7. Mampu berlari hingga mencapai kecepatan 16km/jam, dan kecepatan terbangnya bisa mencapai hingga 10mph.

8. Hewan Koloni. Mereka terbiasa hidup berkelompok / berkoloni, dalam satu kelompok biasanya beranggotakan 8-10 ekor.

9. Poligami.

Semua jenis burung merak memiliki sifat poligami. Indukan jantan, bisa berpasangan dengan beberapa betina dalam satu kandang. Untuk perjodohan yang ideal, sebaiknya 1 pejantan dipasangkan dengan 3-4 betina.

10. Merak jantan, baru akan memiliki tampilan bulu ekor yang sempurna ketika mereka telah menginjak usia 2,5 tahunan.

Faq

Apakah Burung Merak Putih Bisa dan boleh dipelihara oleh pribadi ?

Bisa, karena jenis burung merak ini di indonesia tidak termasuk hewan yang dilindungi.

Apakah Burung Merak Putih Langka ?

Menurut para ahli, jenis burung merak putih ini hanya ada dan ditemukan pertama kali di peternakan atau penangkaran dan tidak sama sekali ditemukan di alam liar. Jadi,bila pertanyaan mengenai status populasinya di alam liar maka, tidak berhubungan sama sekali karena, jenis ini hanya lahir dan hidup di penangkaran saja.
Untuk di indonesia sendiri, jenis ini memang masih langka, hanya ada beberapa pribadi saja yang memilikinya.

Berapakah harga burung merak putih ?

Untuk usia remaja, biasanya dijual dengan harga Rp. 20 juta perpasangnya dan dewasa Rp. 35 – 40 juta. Informasi selengkapnya bisa dibuka disini : https://ayamkalkun.com/jual-burung-merak-putih/

Burung merak putih adalah burung yang sangat indah. Tidak pernah seekor burung memiliki lebih banyak hak untuk menampilkan kesombongannya seperti burung ini. Mereka akan sangat ideal untuk dipelihara dan dikembangbiakan dan akan segera menjadi kebanggaan anda dan keluarga.

1 Comment for Burung Merak Putih – Burung Indah nan Langka

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *