HOME
Home » ayam kalkun » Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Posted at June 11th, 2013 | Categorised in ayam kalkun

Kami peternak tradisional ayam kalkun dikabupaten sleman Yogyakarta men jual kalkun bibit anakan hingga indukan siap ternak. Unggul, murah harga petani. Hubungi: Guntur Ginajar 0878 3830 5588.

jual kalkun
Ayam kalkun

Jual Kalkun Anakan, Remaja Hingga Indukan Siap Ternak

Ayam kalkun atau dalam bahasa inggris disebut turkey / wild turkeys adalah hewan yang termasuk kategori unggas.

Populer dikenal sebagai unggas untuk konsumsi, selain itu, juga di perjualbelikan untuk koleksi / hobi, penghias taman dan untuk budidaya pengembang biakan.

Di indonesia, kalkun masih belum terlalu populer untuk dunia kuliner, kebanyakan hanya untuk dijadikan hiasan karena, di Indonesia sendiri populasinya belum sebanyak seperti dinegara-negara lain seperti di inggris atau amerika serikat misalnya.

Disana, menu kalkun sudah menjadi bahan menu utama dan sudah menjadi tradisi turun temurun yang biasa disantap dan disajikan ketika perayaan hari besar.

Kalkun pejantan posturnya berukuran lebih tinggi dan besar dibanding betinanya. Pejantan dewasa rata-rata berbobot 5-10kg sedangkan, betina dewasa rata-rata hanya berbobot 3-4kg.

Induk kalkun betina memiliki keunikan dimana, tanpa dibuahi pejantan, kalkun betina tetap bisa menghasilkan telur. Akan tetapi, sepengalaman saya beternak, betina kalkun yang tak dibuahi pejantan biasanya telurnya tidak menetas jadi tidak bisa menghasilkan keturunan.

Baca juga : Jual Burung Merak Biru dan Merak Putih

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Memelihara Kalkun

Apakah Anda benar-benar ingin memelihara dan mengembang biakkan ayam kalkun? Apakah jenis ayam kalkun adalah pilihan yang tepat?

Jika Anda ingin memiliki jenis unggas pedaging, petelur dan juga hias, maka ayam ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika dari kecil sudah akrab dengan manusia, maka mereka bisa sangat jinak sekali.

Memang kalkun memiliki sensitifitas yang tinggi terutama bagi pejantannya sehingga, anda harus tetap hati-hati ketika berada didekatnya

Adapun cara agar pejantan jinak yaitu dengan menjodohkannya dengan beberapa betina. Misal 1 pejantan diberikan pasangan minimal 3 betina maka, biasanya kalkun akan jinak, juga biasakan lebih sering berinteraksi jarak dekat sehingga, mereka bisa benar-benar kenal dengan tuan pemeliharanya.

Cara Kalkun Berproduksi

Biasanya, ayam kalkun matang secara seksual pada usia 7 bulan. Disarankan agar mereka segera dikawinkan saat mencapai usia ini,tujuannya untuk memaksimalkan produktivitasnya dan memastikan bahwa, mereka bisa menghasilkan telur yang nantinya siap untuk dierami.

Anda tentu tidak ingin ayam kalkun Anda bertelur kemudian telur dibiarkan begitu saja kan? Oleh sebab itu, mereka perlu mencapai usia kematangan seksual.

Mulailah dengan proses kawin sesegera mungkin. Keberhasilan dalam peternakan kalkun sangat bergantung pada proses pengawinan kalkun dan pada kualitas telur yang dihasilkan.

Rasio rata-rata adalah bahwa, kalkun jantan dapat dikawinkan dengan sebanyak sepuluh ekor ayam kalkun betina.

Namun jika rasio ini digunakan, Anda berisiko memiliki ayam kalkun yang menghasilkan lebih sedikit telur yang dibuahi. Jadi, sebaiknya gunakan dua kalkun jantan. Ini akan memastikan telur yang dibuahi ayam betina lebih banyak.

Alaminya, rata-rata indukan betina kalkun dalam satu masa bertelur bisa menghasilkan telur antara 8-15 butir. Tetapi, bisa juga jumlah telurnya melebihi jumlah rata-rata tersebut, caranya, pada saat bertelur, telurnya diambil dan ditetaskan mesin tetas atau ayam lainnya sehingga, si induk betina tidak mengerami telurnya.

Induk betina mengerami telur hampir sama dengan unggas lain terutama ayam kampung, lama mengerami telurnya 28 hari.

Daging Kalkun

Selain rasa dagingnya yang lezat, ternyata daging ayam kalkun memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, selain itu kandungan lemak dan kolesterolnya sangat rendah sehingga baik untuk kesehatan.

Kandungan vitamin yang ada dalam daging kalkun antara lain: Vitamin B12,vitamin E (untuk mempertajam daya ingat), zinc ( biasanya digunakan untuk meningkatkan stamina ).

Kandungan taurinnya yang tinggi bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap jantung koroner. Daging kalkun juga dipercaya berkhasiat untuk pengobatan penyakit insomnia.

Di beberapa negara terutama dibagian dunia sebelah barat, hidangan kalkun sudah jadi tradisi untuk disantap ketika hari thanksgiving dan hari natal tiba.

Jual Kalkun Aneka Jenis Warna

Pada dasarnya jenis kalkun hanya dibedakan menurut warna saja, antara jenis satu dengan jenis lainnya dalam hal postur, karakter dan cara ternaknya hampir sama saja. Semuanya lebih bergantung pada cara perawatan masimg-masing.

Adapun berbagai jenis kalkun yang kami jual, diantaranya jenis :

  • Bronze
  • White Holland
  • Pencilled
  • Palm ( golden & Royal )
  • Bourbon Red
  • Naragansett
  • Black Spanish
  • Self Buff
  • Mottled Black
  • Mix Colour
  • Blue Slate

Bagi anda yang membutuhkan ayam kalkun, baik untuk ternak/budidaya, hias maupun konsumsi. Kami, kelompok paguyuban peternak ayam kalkun di kabupaten sleman dan sekitarnya men jual kalkun berbagai pilihan jenis dan warna.

Berikut ini daftar penawaran harga jual kalkun dari kami:
usia starter : 35.000
– 2-3 minggu : 40.000 / ekor
– 1 bulan : 55.000 / ekor
– 2 bulan : 80.000 / ekor
– 3 bulan : 100.000 / ekor
– 4 bulan : 175.000 / ekor
– 5 bulan : 225.000 / ekor
– 6 bulan sepasang : 550.000
Indukan siap telur sepasang : 700.000
Indukan super sepasang : 850.000

CATATAN : Daftar harga diatas adalah daftar harga untuk jenis kalkun: Bronze, Pencilled, Palm dan white holland.

Untuk jenis lainnya memiliki perbedaan harga, monggo untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa menghubungi kami di nomer yang telah tertera diartikel ini.

* Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Kami siap melayani pemesanan antar kota dan pulau tanpa minimal pesanan. Silahkan anda bisa cek ketersediaan stok serta informasi mengenai penjualannya dengan menghubungi kami :

Guntur Ginanjar
Phone : 0878 3830 5588

0821 3708 2479.

Windaru rohmat

Phone : 0858 6819 1174.

Atau anda juga bisa datang langsung ke alamat peternakan kami:

Jalan Tempel – Turi Km 2 Dusun tegalrejo,desa margorejo,kecamatan tempel,kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Silahkan dibuka juga video kami di youtube : klik disini jual ayam kalkun