HOME
Home » Ayam Kalkun » Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Posted at July 1st, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Jual kalkun. Kami ayamkalkun.com menyediakan aneka jenis kalkun berkualitas, unggul dengan harga terjangkau. Tersedia beberapa jenis warna dari dot hingga usia dewasa. Contact kami : 0821-3708-2479, 0858-6819-1174.

Jual Kalkun

jual ayam kalkun
jual aneka jenis ayam kalkun

Berikut ini daftar penawaran harga jual kalkun dari kami:

  • Starter : 35.000
  • 2-3 minggu : 50.000 / ekor
  • 1 bulan : 65.000 / ekor
  • 2 bulan : 80.000 / ekor
  • 3 bulan : 125.000 / ekor
  • 4 bulan : 200.000 / ekor
  • 5 bulan : 250.000 / ekor
  • 6 bulan sepasang : 600.000.
  • Indukan siap telur sepasang : 750.000.
  • Usia Indukan super sepasang : 900.000.

Silahkan dibuka juga video kami di youtube : klik disini

ayam kalkun liar
kalkun liar / wild turkey

Ayam kalkun sudah lama dikenal diseluruh dunia. Ciri khas tampilannya yang menawan, serta rasa dagingnya yang lezat adalah salah satu keunggulan ayam hias ini. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari ayam cantik ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas dan menggali apa saja yang berkaitan dengan ayam kalkun, diantaranya asal usul, cara ternak, aneka jenis hingga harga jualnya.

Deskripsi & Sejarah Ayam Kalkun

Turkeys atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kalkun merupakan unggas berpostur besar yang merupakan endemik asli dari benua amerika tepatnya di amerika utara. Daerah dengan populasi terbanyak terletak di meksiko dan amerika serikat. Mereka merupakan satwa historical / peninggalan atau satwa tua. Dari fosil-fosil yang ditemukan para arkeolog, diperkirakan bahwa mereka telah hidup di benua itu kurang lebih 20 juta tahun lamanya.

Sejarah ayam kalkun sangat berkaitan erat dengan sejarah perkembangan dunia khususnya di dunia bagian barat. Mereka terkait dengan sejarah migrasi orang-orang eropa yang datang dan pindah hingga akhirnya ‘menduduki’ benua itu untuk pertama kalinya.
Adapun menurut sejarah disebutkan bahwa, orang eropa yang pertama kalinya menginjakan kaki di benua amerika adalah coloumbus. Dan karena columbus inilah, akhirnya ayam kalkun bisa menyebar ke seluruh dunia.

Kalkun sendiri merupakan unggas endemik asli benua Amerika Utara ( mexico, kanada, amerika serikat ). Mereka adalah penghuni asli hutan-hutan dan safana-safana luas di benua itu. Sebelum columbus datang ke benua amerika, kalkun hanyalah hewan liar yang diburu lalu dijinakan dan dimanfaatkan dagingnya oleh penduduk setempat yaitu suku aztec.

Karena melihat penampilannya yang menawan serta rasa dagingnya yang lezat, akhirnya columbus membawa ayam ini ke spanyol untuk dikembangbiakan juga disana. setelah pengembangbiakannya berhasil, akhirnya menyebar juga hingga ke inggris dan negara-negara lainnya di eropa.

Jenis kalkun lainnya adalah Agriocharis (atau Meleagris) ocellata atau kalkun ocellated. Namun, jenis ini tidak terkait dengan kalkun pada umumnya, mereka hanya serupa saja.

Perbedaan Jenis kalkun

Apa saja yang membedakan antara kalkun liar dan kalkun domestik ?

Diantara ayam kalkun liar dan kalkun domestik ini, memang ada perbedaan. Baik itu secara tabiat, ciri khas hingga karakteristiknya. Diantaranya :

1. Tidak seperti jenis kalkun domestik, kalkun liar mampu dan handal untuk terbang diudara. Walaupun bobot tubuhnya tidak ringan, namun mereka bisa terbang hingga ketinggian 40 – 50 meter. Tetapi, mereka hanya mampu terbang dalam jarak pendek saja.

2. Lebih lincah dan memiliki kecepatan lari yang mumpuni. Konon, kecepatan larinya sanggup mengimbangi kecepatan kuda liar.

3. Kalkun liar dikenal sangat agresif terhadap jenis hewan lainnya bahkan juga ke manusia.

4. Varietas warna bulunya tidak sebanyak kalkun domestik.

5. Fisik serta stamina kalkun liar lebih keras dan sangat berotot.

6. Handal berburu. Di habitat aslinya, mereka dapat memangsa jenis reptil seperti kadal hingga ular.

7. Tekstur kulit dan dagingnya lebih alot, namun konon jauh lebih lezat.

Di tahun 1900 an, kalkun liar diberitakan hampir terancam punah. Ini dikarenakan mereka banyak diburu dan semakin berkurangnya tempat habitat. Setelah pemerintah amerika melakukan konservasi, akhirnya populasi kalkun liar ini sudah jauh lebih membaik. Dan saat ini juga, kalkun liar sudah dapat lebih mudah ditemukan di hutan-hutan.

Ayam Kalkun di indonesia

Di indonesia sendiri, ayam kalkun diperkirakan hadir dibawa oleh penjajah kolonial belanda. Kemungkinannya juga sama dengan di negara tetangga yaitu malaysia. Bahkan, disana mereka menyebutnya dengan sebutan ayam belanda.

Karakteristik kalkun

Kalkun memang merupakan jenis unggas yang berpostur besar. Rata-rata bobot pejantan dewasa minimal 5kg, dan mampu mencapai bobot hingga 15kg. Untuk betina dewasa, bobot serta posturnya lebih kecil, mereka rata-rata hanya memiliki berat 3 – 4kg saja.

karakteristik ayam kalkun
betina kalkun terkadang memegarkan bulu ekornya seperti jantan

Induk betina sendiri memiliki keunikan dimana, tanpa dikawini jantannya mereka tetap bisa bertelur. Namun, telur yang tak dibuahi pejantan kemungkinan besar tidak akan fertil. Sehingga, tentu tidak akan menghasilkan bibit anakan sebagai keturunannya.

Baca juga : Jual Burung Merak Biru dan Merak Putih

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Memelihara Kalkun

Apakah Anda benar-benar ingin memelihara dan mengembang biakkan ayam kalkun? Apakah jenis ayam kalkun adalah pilihan yang tepat?

Jika Anda ingin memiliki jenis unggas pedaging, petelur dan juga hias, maka ayam ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika dari kecil sudah akrab dengan manusia, maka mereka bisa sangat jinak sekali.

Memang kalkun memiliki sensitifitas yang tinggi terutama bagi pejantannya sehingga, anda harus tetap hati-hati ketika berada didekatnya

Adapun cara agar pejantan jinak yaitu dengan menjodohkannya dengan beberapa betina. Misal 1 pejantan diberikan pasangan minimal 3 betina maka, biasanya kalkun akan jinak. Juga biasakan lebih sering berinteraksi jarak dekat sehingga, mereka bisa benar-benar kenal dengan tuan pemeliharanya.

Cara Kalkun Berproduksi

ayam kalkun kawin
kalkun akan mulai kawin dimulai ketika berusia 7 bulanan

Biasanya, ayam kalkun matang secara seksual pada usia 7 bulan. Disarankan, agar mereka segera dikawinkan saat mencapai usia ini. Karena diusia ini, tingkat produktifitasnya sangat tinggi. Mereka dapat menghasilkan telur secara maksimal.

Anda tentu tidak ingin ayam kalkun Anda bertelur kemudian telur dibiarkan begitu saja kan? Oleh sebab itu, mereka perlu mencapai usia kematangan seksual.

Mulailah dengan proses kawin sesegera mungkin. Keberhasilan dalam peternakan kalkun sangat bergantung pada proses pengawinan kalkun dan pada kualitas telur yang dihasilkan.

Rasio rata-rata adalah bahwa, kalkun jantan dapat dikawinkan dengan sebanyak sepuluh ekor ayam kalkun betina.

Namun jika rasio ini digunakan, Anda berisiko memiliki ayam kalkun yang menghasilkan lebih sedikit telur yang dibuahi. Jadi, sebaiknya gunakan dua kalkun jantan. Ini akan memastikan telur yang dibuahi ayam betina lebih banyak.

Alaminya, rata-rata indukan betina kalkun dalam satu masa bertelur bisa menghasilkan telur antara 8-15 butir. Tetapi, bisa juga jumlah telurnya melebihi jumlah rata-rata tersebut. Caranya, pada saat bertelur telurnya diambil dan ditetaskan mesin tetas. Atau bisa juga telur dierami ayam lainnya sehingga, si induk betina tidak mengerami telurnya.

Induk betina mengerami telur hampir sama dengan unggas lain terutama ayam kampung, lama mengerami telurnya 28 hari.

Daging Kalkun

Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak
jual daging kalkun

Daging ayam kalkun telah lama dikenal memiliki rasa yang sangat lezat. Selain dikenal karena kelezatannya, dagingnya pun memiliki kandungan vitamin dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi, akan aman mengkonsumsi nya, karena kandungan kolesterol dalam daging kalkun sangat rendah.

Aneka Jenis Warna

Ayam kalkun memiliki aneka ragam jenis warna. Disetiap jenis, memiliki nama julukan dan ciri khas tersendiri. Adapun mengenai karakteristik, tabiat dan cara hidupnya, semuanya sama saja.

Adapun berbagai jenis kalkun yang kami jual, diantaranya jenis :

  • Bronze turkey
  • White Holland
  • Pencilled Palm
  • Palm ( golden & Royal )
  • Bourbon Red
  • Naragansett
  • Black Spanish
  • Self Buff
  • Mottled Black
  • Lilac turkey
  • Blue Slate

Bila anda tertarik untuk menambah koleksi aneka jenis kalkun lainnya seperti yang tersebut diatas, silahkan anda bisa hubungi kami.

Selain ayam kalkun, kami ayamkalkun.com juga menjual ayam hias, jenis-jenis burung peliharaan dan ayam hias lainnya. Untuk cek penawarannya, silahkan buka link dibawah ini :

Ayamkalkun.com – jual kalkun 2015

6 Comments for Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *