HOME
Home » Ayam Kalkun » Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

Posted at June 11th, 2019 | Categorised in Ayam Kalkun

Kami peternak tradisional ayam kalkun dikabupaten sleman Yogyakarta men jual kalkun bibit anakan hingga indukan siap ternak. Unggul, murah harga petani. Hubungi: Guntur Ginanjar 0878 3830 5588.

jual kalkun
Jual kalkun

Jual Kalkun Anakan, Remaja Hingga Indukan Siap Ternak

Jika anda saat ini membutuhkan ayam kalkun, baik untuk ternak / budidaya, hias maupun konsumsi. Kami, kelompok paguyuban peternak ayam kalkun dikabupaten sleman dan sekitarnya men jual kalkun berbagai pilihan jenis dan warna siap ternak.

Berikut ini daftar penawaran harga jual kalkun dari kami:

  • Starter : 35.000
  • 2-3 minggu : 40.000 / ekor
  • 1 bulan : 55.000 / ekor
  • 2 bulan : 80.000 / ekor
  • 3 bulan : 100.000 / ekor
  • 4 bulan : 175.000 / ekor
  • 5 bulan : 225.000 / ekor
  • 6 bulan sepasang : 550.000
  • Indukan siap telur sepasang : 700.000
  • Jual kalkun usia Indukan super sepasang : 850.000

Catatan :

  • Daftar harga jual kalkun diatas belum termasuk biaya ongkos kirim.
  • Harga jual kalkun diatas hanya untuk jenis bronze, pencilled palm, palm dan white
  • Urutan daftar harga jual kalkun sewaktu-waktu berubah.

Dengan membeli disini, anda akan mendapatkan garansi dan layanan dari kami diantaranya ;

Garansi kematian

Apabila ayam kalkun yang anda pesan mati saat pengiriman, resiko kematian tersebut sepenuhnya kami yang tanggung. Anda bisa meminta uang kembali 100% seharga jual kalkun tersebut atau bisa diganti dengan ayam kalkun baru lainnya.

Garansi 3 Hari di tempat

Kami juga memberikan jaminan, apabila ayam kalkun yang dipesan belum sampai 3 hari ternyata mati ditempat anda. Maka, sepenuhnya ayam tersebut kami ganti dengan yang baru dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Layanan Konsultasi

Apabila anda mengalami kendala dalam perawatannya, kami siap melayani dan memandu anda. Silahkan, kapanpun anda bisa konsultasikan kepada kami melalui nomer kontak yang tertera di website ini.

Catatan penting :

  • Garansi kematian hanya berlaku untuk pesanan yang dikirim di pulau jawa saja.
  • Untuk pesanan yang dikirim ke luar pulau jawa, kami hanya memberi garansi kematian diperjalanan saja.

Klaim Garansi

Cara klaim garansi nya yaitu :

  • Kirimkan kepada kami bukti video saat menerima paket, packing dibuka dan perlihatkan isinya.
  • Kirimkan kepada kami bukti foto terbaru saat menerima paket, packing dibuka dan foto kondisi fisik ayam.
  • Klaim garansi diatas bisa diwakilkan dengan salah satu saja, bisa hanya video atau foto saja.

Adapun tujuan poin-poin diatas yaitu untuk memudahkan / mempercepat klaim. Dan juga untuk meyakinkan bahwa isi paket ayam kalkun yang diterima benar benar dalam kondisi yang tidak seharusnya terjadi.

Untuk cek ketersediaan stok, harga jual kalkun dan pertanyaan lainnya, silahkan anda bisa hubungi :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Atau anda juga bisa datang langsung ke alamat peternakan kami: jual kalkun :

Jalan Tempel – Turi Km 2 Dusun tegalrejo,desa margorejo,kecamatan tempel,kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Silahkan dibuka juga video kami di youtube : klik disini jual kalkun

Sebelum anda memelihara ayam kalkun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tujuannya agar kelak kalkun yang anda pelihara ini nyaman dan sehat ditempat barunya. Dalam artikel jual kalkun ini, kami juga akan membahas seputar ayam kalkun yang sekiranya menarik dibahas dan penting untuk diketahui.

Jual Kalkun : Asal Usul Kalkun

jual kalkun indukan
jual kalkun

Ayam kalkun atau turkeys / wild turkeys adalah spesies burung yang diklasifikasikan sebagai anggota keluarga Phasianidae Meleagrididae (ordo Galliformes). Yang paling dikenal adalah kalkun umum (Meleagris gallopavo), burung buruan asli Amerika Utara yang telah banyak didomestikasi ke seluruh dunia.

Spesies lainnya adalah Agriocharis (atau Meleagris) ocellata, kalkun ocellated. Mereka tidak terkait dengan kalkun umumnya tetapi serupa.

Pada dasarnya, kalkun umum terbagi menjadi dua yaitu :

1. Ayam kalkun liar

Wild turkeys / kalkun liar adalah kalkun yang habitat sehari-harinya dialam liar. Kalkun liar merupakan induk dari semua kalkun peliharaan / domestik.

2. Kalkun domestik / kalkun peliharaan

Kalkun domestik adalah kalkun yang dipelihara dan dikembangbiakan di penangkaran atau peternakan.

Mengapa mereka dibagi dua dan apa memang perbedaanya ? Berikut penjelasannya..

Pemisahan kalkun liar dan kalkun domestik sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Sebelum pra columbus, suku azteca yang merupakan penduduk asli amerika utara sudah sejak dahulu menjinakkan kalkun liar. Mereka memeliharanya untuk dikembangbiakan dipenangkaran.

Lalu, kalkun yang sudah ditangkarkan ini sekitar tahun 1519 dibawa oleh penjelajah asal spanyol ke negaranya untuk juga dikembangbiakan disana. Kemudian, kalkun ini akhirnya menyebar hingga ke inggris.

Pada saat kalkun ini ditangkarkan di spanyol, kalkun ini mengalami mutasi perubahan warna bulu. Sekarang dikenal dengan sebutan black spanish. Pada saat bersamaan, di inggris juga terjadi mutasi warna pada bulunya. Kalkun mutasi yang terjadi di kota norfolk ini sekarang dikenal dengan sebutan norfolk black.

Ketika bangsa eropa akhirnya menjajah dan menduduki benua amerika. Kalkun mutasi ini dibawa lagi ke amerika dan dikawinkan lagi dengan kalkun liar. Dari hasi perkawinan tersebut akhirnya menelurkan banyak varietas warna.

Daftar harga jual kalkun terbaru

Perbedaan Jenis kalkun

jual kalkun aneka jenis warna
jual kalkun

Apa perbedaan kalkun liar dan kalkun domestik / peliharaan ?

Antara kalkun liar dan kalkun domestik ini memang memiliki perbedaan karakteristik diantaranya :

1. Tidak seperti kalkun domestik, , kalkun liar bisa terbang. Walaupun bobotnya berat, mereka bisa terbang hingga ketinggian 40 – 50 meter namun, mereka hanya bisa terbang jarak pendek.

2. Sangat lincah dan merupakan pelari yang handal. Konon, kecepatan larinya melebihi kecepatan kuda.

3. Terkenal sangat agresif kepada hewan lainnya bahkan ke manusia.

4. Tidak memiliki banyak varietas warna bulu.

5. Dari segi fisik, kalkun liar lebih kuat dan lebih berotot.

6. Pandai berburu. Di alam liar mereka terkadang juga mengkonsumsi jenis reptil seperti kadal dan ular.

7. Dagingnya lebih alot namun lebih lezat.

Pada sekitar awal tahun 1900 an, kalkun liar hampir terancam punah karena banyak diburu dan hilangnya tempat habitat. Namun, semenjak banyak dilakukan konservasi, sekarang populasi kalkun liar ini sudah agak membaik dan bisa ditemukan di hutan-hutan.

Ayam Kalkun di indonesia

Di indonesia sendiri, kalkun diperkirakan hadir karena dibawa oleh penjajah belanda. Sama seperti di negara tetangga yaitu malaysia. Bahkan, disana mereka menyebut ayam kalkun ini dengan sebutan ayam belanda.

Karakteristik kalkun

Kalkun memang merupakan unggas yang berperawakan besar. Rata-rata bobot jantan dewasa minimal 5kg dan maksimal bisa mencapai hingga 15kg. Sedangkan, betina perawakan dan posturnya lebih kecil, mereka rata-rata hanya berbobot 3-4kg.

Induk kalkun betina memiliki keunikan dimana, tanpa dibuahi pejantan, kalkun betina tetap bisa menghasilkan telur. Akan tetapi, sepengalaman saya beternak, betina kalkun yang tak dibuahi pejantan biasanya telurnya tidak menetas jadi tidak bisa menghasilkan keturunan.

Baca juga : Jual Burung Merak Biru dan Merak Putih

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Memelihara Kalkun

Apakah Anda benar-benar ingin memelihara dan mengembang biakkan ayam kalkun? Apakah jenis ayam kalkun adalah pilihan yang tepat?

Jika Anda ingin memiliki jenis unggas pedaging, petelur dan juga hias, maka ayam ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika dari kecil sudah akrab dengan manusia, maka mereka bisa sangat jinak sekali.

Memang kalkun memiliki sensitifitas yang tinggi terutama bagi pejantannya sehingga, anda harus tetap hati-hati ketika berada didekatnya

Adapun cara agar pejantan jinak yaitu dengan menjodohkannya dengan beberapa betina. Misal 1 pejantan diberikan pasangan minimal 3 betina maka, biasanya kalkun akan jinak. Juga biasakan lebih sering berinteraksi jarak dekat sehingga, mereka bisa benar-benar kenal dengan tuan pemeliharanya.

Jual kalkun : Cara Kalkun Berproduksi

Biasanya, ayam kalkun matang secara seksual pada usia 7 bulan. Disarankan agar mereka segera dikawinkan saat mencapai usia ini. Tujuannya untuk memaksimalkan produktivitasnya dan memastikan bahwa, mereka bisa menghasilkan telur yang nantinya siap untuk dierami.

Anda tentu tidak ingin ayam kalkun Anda bertelur kemudian telur dibiarkan begitu saja kan? Oleh sebab itu, mereka perlu mencapai usia kematangan seksual.

Mulailah dengan proses kawin sesegera mungkin. Keberhasilan dalam peternakan kalkun sangat bergantung pada proses pengawinan kalkun dan pada kualitas telur yang dihasilkan.

Rasio rata-rata adalah bahwa, kalkun jantan dapat dikawinkan dengan sebanyak sepuluh ekor ayam kalkun betina.

Namun jika rasio ini digunakan, Anda berisiko memiliki ayam kalkun yang menghasilkan lebih sedikit telur yang dibuahi. Jadi, sebaiknya gunakan dua kalkun jantan. Ini akan memastikan telur yang dibuahi ayam betina lebih banyak.

Alaminya, rata-rata indukan betina kalkun dalam satu masa bertelur bisa menghasilkan telur antara 8-15 butir. Tetapi, bisa juga jumlah telurnya melebihi jumlah rata-rata tersebut. Caranya, pada saat bertelur telurnya diambil dan ditetaskan mesin tetas. Atau bisa juga telur dierami ayam lainnya sehingga, si induk betina tidak mengerami telurnya.

Induk betina mengerami telur hampir sama dengan unggas lain terutama ayam kampung, lama mengerami telurnya 28 hari.

Daging Kalkun

Selain rasa dagingnya yang lezat, ternyata daging ayam kalkun memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan lemak dan kolesterolnya sangat rendah sehingga baik untuk kesehatan.

Kandungan vitamin yang ada dalam daging kalkun antara lain:

  • Vitamin B12,
  • Vitamin E (untuk mempertajam daya ingat),
  • Zinc ( biasanya digunakan untuk meningkatkan stamina ).

Kandungan taurinnya yang tinggi bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap jantung koroner. Daging kalkun juga dipercaya berkhasiat untuk pengobatan penyakit insomnia. Di beberapa negara terutama dibagian dunia sebelah barat. Hidangan kalkun sudah jadi tradisi untuk disantap ketika hari thanksgiving dan hari natal tiba.

Tips Cara Beternak kalkun

Sebelum anda membeli kalkun dan mulai memeliharanya, ada beberapa hal penting yang sebelumnya harus anda perhatikan terlebih dahulu. Kami akan mencoba membagi pengalaman serta berbagi tips cara ternak yang telah kami jalani beberapa tahun ini. Silahkan ikuti panduannya berikut ini :

Cara Beternak Bibit Ayam Kalkun

Anakan berusia dibawah 1bulanan, baiknya ditempatkan dikandang tertutup dengan diberi lampu agar temperatur ruangannya hangat. Bulu pada bibit diusia ini belum terlalu tebal sehingga, belum terlalu kuat dalam menghadapi perubahan cuaca.

Di pagi hari antara pukul 07.00 – 10.30 baiknya sesekali dijemur agar bibit anakan belajar adaptasi cuaca diluar kandang. Selain itu, matahari pagi juga bisa membantu meningkatkan antibodi agar tidak mudah terserang virus penyakit.

Cara Beternak Bibit Kalkun Remaja

Untuk bibit kalkun usia 2 – 3bulanan, pemeliharaannya sudah bisa ditempatkan dikandang terbuka dan sudah tidak perlu diberi lampu penghangat.

Sebaiknya, walaupun kandangnya terbuka, diusahakan kandangnya tetap didalam ruangan sehingga, ketika hujan atau panas terik, kalkun bisa berteduh.

Cara Beternak Ayam Kalkun Dewasa

Kalkun dewasa berukuran besar sehingga, membutuhkan ruang kandang yang besar juga. Bila anda tidak memiliki kandang khusus, anda cukup tinggal melepas liar ayam ini di halaman atau ruang terbuka.

Bila tujuan anda beternak untuk pengembangbiakan kalkun pedaging, bisa juga tipe kandangnya dibuat seperti kandang kambing.

=========== Jual Kalkun ==========

Pakan / Makanan Kalkun

Pakan bibit kalkun dibawah usia 1 bulan baiknya diberikan pakan konsentrat / voor saja. Tujuannya agar perkembangan postur lebih cepat besar dan asupan gizinya baik. Bisa juga pakan diberi campuran irisan sayuran karena kalkun sangat menyukai sayuran. Komposisi nya yaitu voor di beri air matang lalu dicampur dengan irisan sayura

Pemberian pakan juga bisa di beri variasi lainnya. Yang penting kita harus peka dan bisa menilai apa yang paling disenangi kalkun. Contoh, misal kalkun senangnya diberi pakan voor saja berarti, pemberian pakan hanya voor saja tak perlu diberi campuran pakan lainnya.

jual kalkun original bergaransi

Diatas usia 1 – 2,5 bulan berikan pakan campuran antara voor ditambah air ( diberi air mentah boleh asal kualitas airnya baik ). Dicampur irisan sayuran dan bekatul.

Komposisi nya voor 45%, bekatul 10%, sayuran 45%. Sayuran yang saya kasih biasanya sayur sawi, kol, kubis, kangkung. Bisa juga diberi pakan campuran voor, bekatul dengan irisan rumput dan eceng gondok.

Agar bulu bisa terawat dengan baik, berikan minyak ikan agar bulu sehat dan tidak mudah rusak. Sesekali berikan air vitamin seperti vita chick atau seduhan kunir dan jahe agar meningkatkan antibodi.

Lanjut diusia 2,5 bulan up ( remaja ) sampai usia indukan. Agar lebih irit biaya, bisa diberikan pakan full bekatul dicampur dengan irisan sayuran. Silahkan anda bisa mencari variasi pakan sendiri-sendiri asalkan pakan tersebut cocok dengan kebiasaan pakan kalkun pada umumnya.

Waktu pakan dalam sehari bisa diberi 1 hingga 2 kali yaitu, dipagi dan sore hari. Untuk lebih memaksimalkan posturnya, bisa juga dalam 1 hari diberi makan 3 kali.

Harga Jual Kalkun Aneka Jenis Warna

Pada dasarnya jenis kalkun hanya dibedakan menurut warna saja. Antara jenis satu dengan jenis lainnya dalam hal postur, karakter dan cara ternaknya hampir sama saja. Semuanya lebih bergantung pada cara perawatan masing-masing.

Adapun berbagai jenis kalkun yang kami jual, diantaranya jenis :

  • Bronze
  • White Holland
  • Pencilled
  • Palm ( golden & Royal )
  • Bourbon Red
  • Naragansett
  • Black Spanish
  • Self Buff
  • Mottled Black
  • Mix Colour
  • Blue Slate

Bila anda tertarik untuk menambah koleksi aneka jenis kalkun lainnya seperti yang tersebut diatas, silahkan anda bisa hubungi kami.

Selain men jual kalkun, kami ayamkalkun.com juga menyediakan aneka jenis ayam hias lainnya. Untuk cek penawarannya, silahkan buka link dibawah ini :

Terima kasih telah berkunjung ke website kami. Bila dalam artikel jual kalkun ini ada kesalahan kata dan data kami mohon maaf dan mohon pemaklumannya dari anda.

Terima kasih telah meluangkan waktu anda dengan kami. Semoga sukses selalu dan selamat berbahagia dengan keluarga, sahabat dan hewan peliharaan anda. Sampaikan salam hangat dari kami..Wassalam

Ayamkalkun.com – jual kalkun 2015

10 Comments for Jual Kalkun, Anakan Hingga Indukan Siap Ternak

  • Wahyu egi says:

    mas klo kalkun yg jantan nya aja, yg siap kawin berapa harganya?dan amit2 ya klo keesokan harinya gmna?
    Mandarin duck berapa harganya sepasang

    • AyamKalkun says:

      Monggo bisa mas, Kalkun pejantan mulai harga 350-750rb mas tergantung jenis nya, mandarin duck nya sepasang 7,5 jt

    • Guntur Ginanjar says:

      kalkun jantan per ekornya mulai harga 300rb mb, dalam pengiriman kami sertakan garansi kemarian di perjalanan plus 3 hari d tempat setelah diterima

  • Will says:

    Additionally-because a lot of these loans tend to be necessary along with helpful for
    a considerable number of people who could not manage to attend college otherwise-federal funds moves to those scholars who should have them many so that hard-working low-income pupils have
    the opportunity they have to receive a level The following recovery does not, however,
    that will job prospects are positive; it just means that new graduated pupils are being fewer
    particular in regards to the job presents they agree
    to.

  • topik says:

    kalo kirim kirim ke bekasi bisa gk pak??

  • Akbar says:

    Mas kalau ke medan ongkirnya berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *