HOME
Home » Ayam Dong Tao » Ayam Hias » Peluang Budidaya Ayam Dong Tao Di Indonesia

Peluang Budidaya Ayam Dong Tao Di Indonesia

Posted at May 18th, 2020 | Categorised in Ayam Dong Tao, Ayam Hias

Budidaya ayam dong tao masih belum banyak dilirik oleh para penghobi ayam hias di Indonesia. Padahal, ternak ayam ini sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha. Karena tingginya minat dan permintaan pasar untuk ayam dong tao, tak salah rasanya bila kita memperhitungkan ayam dong tao untuk dijadikan usaha budidaya.

budidaya ayam dong tao di indonesia
budidaya ayam dong tao di indonesia

Usaha Budidaya Ayam Dongtao

Sejak kehadirannya dipasar lokal indonesia sekitar 5 tahun yang lalu, ayam dong tao telah banyak menarik perhatian para penghobi. Harga ayam dong tao yang tinggi, sebanding dengan tampilan antik dan langka yang mungkin hanya bisa didapatkan pada ayam dongtao saja.

Selain masih langka, ayam ini memang memiliki keunikan yang sangat jarang ditemukan pada jenis ayam lainnya. Sehingga, bila kita budidayakan tentunya akan memiliki peluang usaha yang cerah untuk dilakukan.

Tampilan pada kakinya yang unik ini, akan menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat para penghobi. Selain itu, dagingnya yang dikenal sangat lezat akan membuat orang-orang penasaran dengan ayam dong tao ini.

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk memulai budidaya ayam dong tao ?

Saat anda terpikir untuk memiliki ayam dong tao ditempat anda, pastinya anda sudah memiliki segala hal untuk persiapan perawatannya. Agar anda tidak melewatkan persiapan-persiapan penting tersebut, kami akan menampilkan faktor-faktor penting tersebut berikut ini.

1. Kandang Ayam Dong Tao

Persiapan kandang untuk anakan :

Kandang untuk anakan dibawah usia 1bulan, bisa dibuatkan box dari kayu. Atau cukup dengan menggunakan kardus besar. Kandang yang tersedia harus dipasangi lampu, yang tujuannya untuk menambah kehangatan suhu dalam kandang.

Anda bisa menempatkan alat pendeteksi suhu yaitu thermometer untuk menjaga suhu dalam kandang. Suhu dalam kandang sebaiknya dijaga antara 32- 33 derajat celsius untuk anakan di usia 2minggu kebawah. Setelah anakan ayam dong tao bertambah usia, per minggunya suhu diturunkan 1-2 derajat hingga 28 derajat celsius ketika anakan berusia 2 bulanan.

Simak juga ulasan harga ayam kalkun terbaru, penawaran harga jual golden pheasant termurah dan harga jual merak biru disini.

Kandang Remaja

Untuk penempatan anakan ayam dong tao usia 2 bulan keatas, sudah bisa ditempatkan didalam kandang kurungan tanpa lampu penghangat lagi. Namun, walaupun kandang untuk seusia ini tidak perlu lampu penghangat lagi. Usahakan, suhu udara ketika malam hari dijaga tetap hangat. Anda bisa tutup kandang dengan menggunakan kain agar kandang tertutup / tidak terlalu banyak dimasuki udara dari luar kandang.

ayam dong tao remaja
Ayam Dong tao Usia 6-8 bulan

Kandang Dewasa

Kandang terbaik untuk memelihara ayam dong tao adalah kandang umbaran / kandang lepas yang diberi pembatas tembok / pagar. Lokasi kandang atau halaman yang disiapkan sebaiknya memiliki asupan cahaya / sinar matahari yang cukup terutama dipagi hari.

Standar Kandang untuk dewasa yang saya anjurkan, minimal memiliki luas area 2,5 × 3 m untuk populasi sepasang dewasa. Bila jumlah populasinya lebih, maka luas areanya juga harus ditambah lagi.

Pejantan ayam dong tao adalah jantan poligami. Dalam 1 kandang, 1 jantan bisa dijodohkan dengan beberapa betina. Pasangan yang dianjurkan 1 jantan 3-5 betina.

2. Pakan Ayam Dong Tao

Pemberian pakan untuk ayam dong tao pada umumnya sangat mudah. Mereka adalah tipe omnivora yaitu, ayam yang biasa memangsa sejenis hewan dan tumbuhan serta biji-bijian. Bisa dibilang, ayam dong tao adalah tipe ayam hias yang cukup lahap terhadap segala jenis pakan.

Anda bisa berikan mereka pakan yang telah banyak tersedia di toko-toko poultry / toko pakan hewan. Pakannya bisa konsentrat / voer, jagung giling dan bekatul / dedak. Jenis pakan ini bisa diberikan campuran seperti irisan sayuran, nasi sisa atau nasi aking, dan sesekali bisa ditambahkan buah-buahan seperti pepaya, semangka atau pisang untuk menambah gizinya.

Anda juga bisa berikan pakan racikan anda sendiri. Namun, utamakan pakan yang diberikan adalah makanan yang memiliki gizi dan utamanya yang memiliki kadar protein tinggi. Karena, bila pakannya tidak bagus maka pertumbuhan dan perkembangbiakannya juga tidak akan maksimal.

Masalah umum Dalam Budidaya Ayam Dong Tao

Terkadang dalam satu kelompok, ada beberapa ayam dong tao yang menjadi kanibal dan galak terhadap rekannya. Masalah ini biasanya disebabkan kurangnya protein yang terserap kedalam tubuhnya.

Solusi dan Pencegahan :

Segera pisahkan ayam yang kanibal tersebut dari kelompok dan berikan pakan yang memiliki tingkat protein yang maksimal. Pakan yang memiliki protein tinggi biasanya dari pakan alami yang tersedia di alam liar. Contohnya serangga, jangkrik, cacing atau ulat.

Tips Pemberian Jenis pakan :

Jangan berikan pakan hewan liar ternakan, contohnya jangkrik yang merupakan jangkrik hasil ternak. Utamakan berikan jangkrik yang memang hasil tangkapan dari alam karena, akan jauh lebih bergizi dan menyehatkan.

Ketika ayam dong tao dewasa telah birahi dan betina terlihat akan segera bertelur, berikan tambahan pakan sayuran terutama sayur tauge. Adapun fungsinya yaitu, agar kualitas mani pejantan tercukupi gizinya. Selain itu, sayuran seperti tauge ini akan merangsang libido pejantan agar lebih sering membuahi betina untuk menghasilkan kualitas telur yang baik.

Perawatan Kesehatan

Salah satu faktor penting dalam budidaya ayam dong tao ini tentunya yaitu merawat kesehatannya. Ini merupakan skala prioritas umumnya dalam setiap budidaya ayam hias atau jenis satwa lainnya.

Ada beberapa cara agar kita bisa merawat kesehatan ayam dong tao dengan baik diantaranya :

Vitamin Ayam

Pemberian vitamin adalah hal yang harus dilakukan secara rutin agar kita bisa mencegah virus-virus penyakit yang tidak diinginkan.

Untuk pemberian vitamin ini ada banyak minuman dan obat-obatan yang bisa diberikan. Anda bisa memberikan rutin seminggu sekali minuman seperti vita chick dan vita stress. Atau, anda juga bisa berikan minuman tradisional dan alami yang bahannya dari serapan air kunir, temulawak dan jahe.

Kesimpulan Budidaya Ayam Dong Tao

Artikel cara budidaya ayam dong tao ini hanyalah dasar dalam cara pengembangbiakan ayam dong tao atau ayam hias pada umumnya. Selanjutnya setelah anda membaca artikel ini, anda tinggal mengembangkan lagi beberapa tahapan dan cara perawatannya.

anakan ayam dong tao
anakan ayam dong tao usia 2,5 bulanan

Setelah anda menjalankan budidaya ini, anda akan memiliki pengetahuan dan tambahan pengalaman. Ilmu ini kelak akan berguna untuk membudidayakan jenis ayam hias dan aneka jenis hewan lainnya.

Dalam setiap budidaya, tentunya tidak semua orang akan berhasil 100% dalam menjalankannya. Namun, selama kita berikhtiar dan melakukan perawatan dengan baik. Serta berjuang pantang menyerah, saya yakin dan yakinlah hasil baik akan anda raih.

Jika anda tertarik untuk memiliki ayam dong tao ini, kami ayamkalkun.com menjualnya untuk anda. Tersedia pilihan berbagai usia siap pelihara dan siap untuk dikembangbiakan kembali.

Terima kasih telah meluangkan waktu anda bersama kami. Bila anda ada pertanyaan, atau mau berbagi seputar budidaya ayam dong tao ini. Silahkan anda bisa kontak kami :

Kontak Kami

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Silahkan bila ada waktu, anda juga bisa berkunjung ke alamat kandang kami :

Jalan tempel-turi km 2.5 Dusun tegalrejo, Desa Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, DIY.

Buka juga halam kami lainnya disini :

No comment for Peluang Budidaya Ayam Dong Tao Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *