HOME
Home » Ayam Kalkun » 21 Jenis Ayam Kalkun Ini Akan Mempesona Anda

21 Jenis Ayam Kalkun Ini Akan Mempesona Anda

Posted at July 11th, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Dalam artikel kali ini, kami telah merangkum informasi 21 aneka jenis ayam kalkun yang ada diseluruh dunia. Didalamnya, kami juga akan mengkaji sejarah serta ciri / karakteristiknya. Jadi seperti apa ulasannya ? Ikuti terus hanya disini.

Ayam kalkun telah lama dikenal dan populer di kalangan masyarakat di indonesia. Bukan hanya karena pesona keindahannya saja yang membuat para penghobi tertarik memilikinya. Namun, kalkun juga bisa dimanfaatkan untuk usaha kuliner. Bulunya biasa digunakan juga untuk accesories dan bahan baku utama untuk panah.

jenis ayam kalkun
Jenis ayam kalkun

Kajian Aneka Jenis Ayam Kalkun

Sudah sejak dari dahulu kala, ayam kalkun telah menjadi bagian dari hidup manusia. Mungkin dahulu mereka hanya dipelihara untuk memenuhi kebutuhan konsumsi saja. Tetapi, seiring perubahan zaman, ayam kalkun telah banyak difungsikan untuk kegiatan lainnya. Kini mereka telah menjadi komoditi untuk budidaya koleksi hias yang kini dikenal dengan sebuatan ayam peliharaan atau ayam hias.

Di habitat asalnya, ayam kalkun telah menjadi bagian penting bagi kehidupan suku aztec dan indian yang merupakan warga asli dari benua amerika. Kalkun telah lama dimanfaatkan dan dikembangbiakan untuk pemenuhan sumber makanan bagi suku tersebut.

Sejarah Ayam Kalkun

Setelah kedatangan bangsa eropa yang menduduki benua amerika, fungsi ayam kalkun lambat laun mulai bergeser. Diketahui, pada zaman pra columbus, penduduk setempat telah menangkarkan ayam kalkun. Lalu, ketika columbus kembali ke eropa, kalkun penangkaran ini dibawa untuk dikembangbiakan juga di negaranya.

Ketika kalkun ini dikembangbiakan di eropa, terjadi evolusi mutasi warna pada bulunya. Tidak hanya perubahan warna bulu saja, mutasi ini juga banyak merubah sisi karakter dari kalkun tersebut. Mutasi inilah yang memunculkan jenis kalkun yang dijuluki black spanish dan norfolk black.

Varietas baru ini kemudian dibawa kembali ke tanah amerika dimana mereka sekali lagi dikawin silangkan dengan jenis kalkun liar. Disinilah awal mulanya banyak bermunculan varietas jenis warna baru pada ayam kalkun.

Setelah ini, dibuatlah pengelompokan jenis ayam kalkun dimana kalkun liar dipisahkan kelompoknya dengan kalkun yang telah bermutasi ini. Mereka dibagi menjadi dua yaitu ;

1). Kalkun liar
Yaitu, ayam kalkun yang berasal, hidup dan lahir di alam liar.

kalkun liar
kalkun liar / wild turkey

2). Kalkun domestik / ayam kalkun penangkaran.
Yaitu, jenis ayam kalkun yang hadir dan berkembangbiak dipeternakan / penangkaran.

Karakteristik

Dari kedua jenis ini, secara karakteristik dan cara hidupnya memiliki banyak perbedaan. Diantaranya :

1). Mampu terbang

Kalkun liar diketahui memiliki kemampuan terbang yang sangat baik walupun terbangnya hanya mampu pada jarak dekat. Mereka bisa terbang hingga ketinggian 40-60 meter.
Sebaliknya pada kalkun domestik khususnya pejantannya sama sekali tidak memiliki kemampuan seperti itu.

2). Agresif dan Galak

Dihabitat aslinya, kalkun liar memiliki temperamen sangat galak bahkan tak ragu untuk mengejar manusia. Sementara, pada ayam kalkun domestik sangat jarang ada yang bertabiat seperti itu.

Kalkun liar memang memiliki tabiat galak dan liar. Karena hewan liar pada umumnya memiliki insting tinggi dalam hal proteksi dari predator. Alamiahnya memiliki insting juga untuk jadi predator itu sendiri.

3). Pintar

kalkun liar sangat pintar, mereka memiliki keahlian berburu yang sangat terampil. Handal dalam memata-matai target, baik itu predator/ musuhnya maupun target buruannya.

Baca juga disini : jual ayam brahma original bergaransi

4). Lincah dan Gesit

Mereka kelihatannya seperti ayam pemalas, tidak bersemangat dan lambat. Namun, Kalkun liar dikenal sangat lincah dan gesit bahkan mampu berlari cepat hingga kecepatan 29 km per jam.

5). Tidak memiliki terlalu banyak varietas warna.

Kalkun domestik memang memiliki lebih banyak varietas jenis warna bulu. Namun, warna bulu kalkun liar memiliki tampilan bulu yang lebih terang dan mengkilap.

6). Lebih lezat

Menurut para pecinta hidangan kalkun di amerika sana, daging kalkun liar memiliki rasa yang lebih lezat dibanding ayam kalkun peternakan. Mungkin perbedaannya seperti rasa daging ayam kampung sama daging ayam boiler kali ya..Perkiraan mimin saja..

Jenis Ayam Kalkun

Pada dasarnya, pengelompokan nama jenis ayam kalkun hanya dibedakan menurut warna bulu. Karena, dari sisi karakteristik, bentuk tubuh serta cara hidup, umumnya tidak memiliki perbedaan.

Jenis warna ayam kalkun telah banyak tersebar diseluruh dunia. Untuk jenis warna tertentu, penamaannya disesuaikan menurut nama kota dimana jenis ini pertama kalinya hadir. Seperti misalnya jenis bourbon red, nama ini diambil dari nama kota bourbon di amerika serikat.

Dalam artikel ini, kami akan mencoba memberikan informasi seputar aneka jenis ayam kalkun yang saat ini ada dan sebagain telah hadir juga di indonesia. Dalam pembahasannya, kami juga akan sedikit memberikan review asal usul, pola tampilan warna dan karakteristiknya.

Ayam Kalkun merupakan salah satu dari 2 spesies jenis unggas dalam klasifikasi kelompok phasianidae / meleagrididae, ordo galliformes. Adapun kedua spesies ini yaitu; kalkun liar & kalkun domestik / piaraan (Meleagris gallopavo) dan Agriocharis ( Meleagris ) kalkun ocellated.

kalkun occelated
occelated turkey

Namun, occelated tidak memiliki kaitan dengan kalkun biasa pada umumnya. Mereka hanya memiliki kemiripan dari tampilan saja sementara, untuk karakteristik dan pola hidup, memiliki banyak sekali perbedaan. Jadi, dalam artikel ini, kami hanya akan membahas kalkun umum saja. Berikut ulasannya.

Daftar jenis ayam kalkun :

  1. Bronze
  2. Black Winged Bronze
  3. Red Bronze
  4. Blue Red Bronze
  5. Red Phoenix
  6. Tiger Bronze
  7. White Holland
  8. Broad Breasted White
  9. Royal palm
  10. Golden palm
  11. Pencilled palm
  12. Bourbon Red
  13. Self buff
  14. Chocolate
  15. Black Spanish
  16. Norfolk
  17. Mottled Black
  18. Blue Slate
  19. Lilac
  20. Blue Palm
  21. Naragansett

1. Bronze

kalkun bronze
jenis ayam kalkun bronze

Jenis ini merupakan kalkun yang paling populer. Bronze juga memiliki jenis warna bulu yang paling dekat dengan sesepuhnya yaitu kalkun liar.

Bronze turkeys merupakan jenis hasil persilangan antara kalkun domestik dan kalkun liar. Yaitu, kalkun yang dibawa oleh penjajah Eropa ke Amerika ( Black turkey ) dan kalkun liar timur yang mereka temukan pada saat kedatangan mereka.

Kekuatan hibrida melalui kawin silang ini, mampu menghadirkan jenis varietas kalkun baru yang postur dan karakteristiknya berbeda dari kalkun yang dikembangkan di eropa. Dan mereka juga lebih jinak daripada kalkun liar. Bulunya Kemilau logam berwarna tembaga-perunggu sehingga dijuluki bronze turkey.

Bisa dikatakan, jenis ini adalah kalkun yang paling umum diseluruh dunia saat ini.

Simak juga disini : jual golden pheasant bonus Donald Trumph

Dari jenis bronze ini, muncul lagi varietas warna-warna ayam kalkun lainnya diantaranya :

2. Black wings Bronze

Black wings bronze ini hampir secara keseluruhan tidak ada bedanya dengan jenis bronze utama. Adapun perbedaan nya, hanya terletak pada sayapnya yang bermotif hitam polos. Sementara pada jenis bronze utama, sayapnya memiliki motif tambahan warna putih bergaris.

3. Red Bronze

Hampir secara keseluruhan, jenis ini memiliki tingkat persamaan tampilan yang dekat dengan bronze utama. Adapun perbedaannya terletak pada tambahan warna coklat emas pada bulu disekitar ekor dan pundak.

4. Blue Red Bronze

Blue Red Bronze memiliki warna bulu merah padat berpadu dengan warna abu-abu muda sebagai ujung pada bagian ekor. Mereka memilik perpaduan bulu yang sangat beragam.

Kemungkinan besar, kalkun ini merupakan hasil persilangan dari bronze utama dengan beberapa jenis. Diantaranya dari Blue red bronze, bourbon red, lilac, red slate, slated buff dan red bronze.

5. Red Phoenix

Mereka adalah jenis kalkun yang berbasis ke jenis black winged bronze dengan penambahan narragansett dan jenis Bourbon red. Untuk menelusuri asal usulnya memang sangat sulit karena, data yang tersedia untuk jenis ini masih sangat minim. Dilihat dari populasinya yang sangat jarang, kemungkinan besar mereka belum memiliki penyempurnaan gen. Jadi, besar kemungkinan, anakan yang dihasilkanpun belum bisa sepenuhnya menghasilkan jenis warna bulu yang sama dengan induknya.

Ini terjadi dikarenakan terlalu banyaknya persilangan sehingga, terlampau susah untuk mematenkan jenis warnanya.

6. Tiger Bronze

Diperkirakan, jenis ini merupakan hasil cross breed antara jenis pencilled palm dan bronze utama. Tampilan warna bulunya ini memang dominan dan sangat memiliki kemiripan pola bulu dengan jenis bronze, namun, perbedaan paling mencolok sangat terlihat pada bagian corak bulu ekornya.

7. White Holland

jenis kalkun
jenis kalkun bronze dan white holland

Kalkun White Holland adalah jenis domestik yang sangat tua yang berasal dari Amerika Serikat. Mereka populer dengan tampilan warna putih polosnya, dan mereka merupakan salah satu jenis unggas tertua yang memiliki warna seperti ini.

Menurut pendapat beberapa ahli, julukan White Holland sendiri sebetulnya tidak berhubungan dengan ‘holland’ atau negara belanda. Mereka juga bukan pertama kali ditemukan dinegara tersebut. Pemberian julukan ini, dimungkinkan karena, hubungan komunikasi antar negara eropa saat itu belum sebaik saat ini, sehingga terjadi miss komunikasi mengenai latar belakang jenis kalkun ini.

Baca halaman kami yang lain disini : Jual burung merak biru

Varietas ini pertama kali diakui oleh American Poultry Association pada tahun 1874. Dan hari ini dianggap sebagai turunan kalkun peninggalan. Setelah Itu, mereka disilangkan dengan bronze utama pada tahun 1950 untuk menciptakan Broad Breasted White.

White Holland adalah ayam kalkun cantik yang sering disamakan dengan Broad Breasted White. Tetapi kalkun Broad Breasted White berukuran lebih besar, sementara tampilan white holland cenderung lebih kecil dan berkaki sedikit lebih panjang.

Mereka memang penuh dengan warna putih namun bukan termasuk jenis albino. Bulu-bulunya seperti putih salju, dan warna kepalanya akan berubah dari merah hingga kebiru-biruan tergantung kondisi suasana hati mereka.

Ketika dalam keadaan merasa terancam, warna kulit kepalanya akan berwarna merah dan ketika kondisi normal akan berwarna biru.

8. Broad Breasted White

Broad Breasted white merupakan jenis yang dihasilkan dari persilangan kalkun white holland dengan broad brested bronze. Jenis ini utamanya dikembangbiakan untuk dunia kuliner karena, di amerika sendiri, jenis ini yang paling banyak digunakan untuk kalkun pedaging.

Ayam Kalkun Palm :

kalkun palm
jenis kalkun palm

Kalkun ini merupakan jenis yang dihasilkan dari hasil persilangan antara beberapa jenis kalkun. Beberapa sudah terjadi pemurnian varietas warna.

Ada beberapa jenis kalkun yang termasuk dalam jenis palm ini namun, saya hanya akan membahas beberapa saja. Berikut ini jenis-jenisnya :

9. Royal palm

Siapapun yang melihat ayam kalkun ini, entah dia penghobi atau bukan pasti merasa kagum dengan tampilannya.

Memiliki daya tarik utama dari perpaduan bulu warnanya yang sangat klasik. Warna dasarnya putih berpadu dengan beberapa bulu hitam pada bagian punggung, dada serta pada bagian ekor.

Kesan klasik ini didapatkan berkat corak warna bulu minimalis yaitu, warna putih sebagai warna dasar dan tambahan bulu warna hitam dibagian pundak dan garis bulu ekornya.

Royal palm ini pada awalnya memang ayam kalkun yang utamanya diperuntukan untuk hias bukan untuk pedaging. Karakteristiknya juga dikenal sangat jinak sehingga, sangat cocok untuk dipelihara sebagai kalkun hias.

Hingga kini, para ahli masih memperdebatkan asal usulnya. Sebagian berpendapat bahwa, jenis ini berasal dari inggris. Sedangkan lainnya berpendapat, awal dikembangbiakannya yaitu di Amerika serikat tepatnya di florida.

Diperkirakan, jenis ini merupakan hasil persilangan dari kalkun liar yang disilangkan dengan jenis naragansett dan black.

10. Golden palm

Tampilan kalkun golden palm secara sekilas hampir mirip sekali dengan jenis royal palm. Polanya juga sama namun, pada jenis golden ada tambahan warna bulu coklat keemasan. Jadi mereka memiliki tiga warna bulu.

11. Pencilled Palm

Berbeda dengan jenis kalkun Palm lainnya, pencilled palm memiliki corak warna bulu yang sangat beragam. Mereka merupakan perpaduan antara bronze, palm, naragansett dan bronze tiger.

12. Bourbon Red

ayam kalkun bourbon red
bourbon red, self buff dan chocolate

Bourbon red adalah jenis ayam kalkun yang pertama kalinya dikembangbiakan di amerika serikat tepatnya di kota bourbon county, Kentucky.

Di indonesia sendiri, bourbon red pernah menjadi primadona dan banyak diburu para penghobi.

Pada sekitar tahun 2011 – 2014, karena kelangkaannya, harga kalkun bourbon red ini sangat tinggi. Harga jual untuk sepasang dewasa mencapai 15 juta perpasangnya. Namun untuk saat ini harganya sudah lebih terjangkau.

13. Self Buff

Memiliki kemiripan dengan jenis bourbon red namun, pada jenis ini corak warna bulu coklatnya terlihat lebih muda dan tidak tajam. kalkun ini kemungkinan besar adalah hasil persilangan antara bourbon red, white dan palm.

14. Chocolate

Seperti namanya, ayam kalkun ini memang memiliki warna bulu utama berwarna coklat. Tidak terlalu banyak data yang tersedia untuk jenis ini. Namun, kemungkinan besar merupakan keturunan dari bronze utama, bourbon red dan black spanish.

Ayam Kalkun Black

kalkun black
black spanish dan mottled black

Black turkeys merupakan jenis kalkun domestik hasil mutasi langsung dari induk / sesepuh kalkun yaitu kalkun liar. Untuk ayam kalkun domestik, bisa dikatakan jenis ini adalah senior atau yang tertua.

Asal usul pertama kalinya jenis ini dikembangbiakan ada dua versi. Yang pertama yaitu black spanish dan norfolk black.

Cek harga bebek mandarin / mandarin duck disini

15. Black Spanish

Black spanish adalah salah satu ayam kalkun domestik tertua yang awalnya dikembangbiakan pertama kali di eropa yaitu di spanyol dan inggris. Di inggris jenis ini dijuluki norfolk black.

Memiliki ciri khas yang sangat elegan dan sangar karena memiliki bulu berwarna hitam pekat dan mengkilap.

16. Norfolk Black

Jenis kalkun ini diperkirakan merupakan jenis yang berkembang berkat kalkun liar yang dibawa oleh columbus ke spanyol dan di ekspor ke inggris. Ketika itu, mutasi warna bulu ini terjadi di inggris timur yaitu di kota norfolk.

Norfolk Black telah berkembang selama berabad-abad melalui perkembangbiakan selektif di inggris. Kemudian jenis ini dibawa kembali ke Amerika pada 1600-an dimana ia disilangkan dengan kalkun liar. Dan dari perkawinan itu, hadirlah cikal bakal yang akan memunculkan jenis blue Slate, Narragansett dan Bronze.

17. Mottled Black

Mottled Black adalah kalkun yang dihasilkan dari persilangan antar jenis yang induk utamanya adalah kalkun black. Contohnya bila anda mengawinkan jenis black spanish dengan jenis bronze. Atau jenis black spanish dengan kalkun putih maka, peranakan dari perkawinan silang ini disebut jenis mottled.

Bingung ya bacanya ? saya juga agak kebingungan ngejelasin nya tapi, mudah-mudahan anda paham maksudnya..hehe..lanjut ke berikutnya

18. Blue Slate

kalkun blue
Jenis ayam kalkun blue

Blue slate merupakan jenis ayam kalkun langka dengan populasi sangat rendah dan terbatas. Diperkirakan mereka hadir di sekitar tahun 1880 an, dari hasil persilangan antara kalkun black dan white.

Di tahun 1874, American poultry association mencantumkan dan mengakui blue slate sebagai ayam kalkun breed standar.

Kami sendiri ayamkalkun.com pada tahun 2016 yang pertama kali mengembangbiakan jenis ini di indonesia. Awalnya Kami impor indukannya dari Amerika agar bisa juga dikembangbiakan di indonesia. Hingga sekarang, Alhamdulillah populasi ayam kalkun blue slate di indonesia sudah semakin banyak

19. Lilac Turkeys

Sekilas jenis ini memiliki kemiripan yang sangat dekat dengan blue slate. Namun, perbedaannya yang paling terlihat yaitu, pada jenis ini terdapat bulu yang berwarna coklat. Perbedaan utama ini bisa terlihat pada bagian ekornya.

20. Blue Palm

Lebih memiliki kemiripan yang sangat dekat dengan royal palm namun, pada jenis ini, warna bulu sekundernya berwarna abu-abu cerah. Blue palm sendiri saat ini masih sangat langka, bukan hanya di indonesia tapi juga di negeri asalnya yaitu amerika.

21. Naragansett Turkeys

Sebelum hadirnya kalkun blue slate di indonesia, jenis inilah yang memiliki tamplan warna abu-abu. Namun warna bu-abu pada naragansett, sangat jauh berbeda tampilannya. Naragansett memiliki perpaduan warna abu-abu gelap berpadu dengan warna kuning keemasan serta corak menyerupai batik dibagian bulu ekor.

Artikel ini beberapa referensinya kami ambil dari : https://www.porterturkeys.com/color-varieties

Catatan :

Sebenarnya masih banyak jenis kalkun yang tersebar diseluruh dunia. Dalam artikel ini saya hanya membahas beberapa saja karena, untuk jenis lainnya data yang tersedia masih sangat minim untuk dibahas.

Harga Jual

Harga ayam kalkun khususnya di pasaran indonesia, umumnya dipengaruhi oleh kelangkaan dari jenis tertentu. Dari jenis-jenis yang tercantum diatas, beberapa sudah ada di indonesia.

Bila anda tertarik untuk memiliki aneka jenis ayam kalkun seperti diatas, anda bisa hubungi kami.

Harga ayam kalkun terbaru bisa di cek disini

Faq ( Frequently Asked Questions )

Jenis ayam kalkun apa yang paling mahal ?

Untuk saat ini , kalkun yang termahal di indonesia adalah jenis blue slate.

Ada berapakah jenis kalkun yang ada di indonesia ?

Tidak diketahui secara pasti. Sepengetahuan kami, kurang lebih ada sekitar 20 an jenis namun stoknya masih terbatas.

Berasal dari manakah ayam kalkun ?

Berasal dari benua Amerika. Tepatnya di mexico, canada dan Amerika Serikat.

Apakah ayam kalkun galak ?

Kalau jenis kalkun liar yang ada di habitat aslinya di hutan amerika memang rata-rata memiliki temperamen galak, bahkan bisa menyerang manusia. Namun, untuk ayam kalkun yang dilahirkan di penangkaran / peternakan, hampir 95% tidak galak bahkan beberepa jenis cenderung jinak.

Jenis Ayam Kalkun – Copyright Ayamkalkun.com 2020.

4 Comments for 21 Jenis Ayam Kalkun Ini Akan Mempesona Anda

  • heri traktor says:

    aje gile..kumplit banget gan. salah satu artikel yang sangat informatif. Mau tanya dong gan, saya punya kalkun 1 ekor jantan galak banget, gimana caranya biar ga galak ya ? makasih reply nya..

    • Guntur Ginanjar says:

      sepengalaman saya, biasanya kalkun jadi galak karena kurang betina nya om. Kalkun itu kuat poligami nya, 1 jantan bisa dijodohkan dengan 7-8 betina, jadi kalo ga ada betina, birahinya ga tersalurkan akibatnya jadi galak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *