HOME
Home » Kalkun » Profil Kalkun ; Ayam Kalkun Bronze

Profil Kalkun ; Ayam Kalkun Bronze

Posted at May 21st, 2020 | Categorised in Kalkun

Ayam kalkun bronze adalah jenis kalkun yang paling populer diseluruh dunia. Jenis inipun begitu populer di indonesia. Kalkun bronze merupakan kalkun yang dihasilkan dari ( cross breed ). Yaitu, persilangan antara kalkun hasil dari pengembangbiakan di eropa dengan kalkun liar amerika.

ayam kalkun bronze
Ayam Kalkun Bronze

Hasil dari persilangan ini menghasilkan stok ayam kalkun yang lebih besar dan lebih kuat dibanding kalkun Eropa. Kalkun ini juga lebih jinak daripada kalkun liar. Kemilau logam berwarna tembaga-perunggu, yang memberikan variasi namanya, adalah bagian dari warisan dari leluhurnya yaitu kalkun liar.

Sejarah Ayam Kalkun Bronze

Dijuluki dengan sebutan ayam kalkun bronze / perunggu karena, tampilan warna bulunya memang seperti perunggu. Warnanya hitam mengkilap dengan beberapa tambahan warna lain diantaranya. : Garis putih dan beberapa pola corak berwarna coklat dibagian ekornya. Pada bulu utama dibagian tubuh, akan terlihat mengkilap kehijauan bila terkena sinar.

Baru dikenal pada akhir 1700-an, julukan “bronze” tidak secara resmi muncul sampai tahun 1830-an. Sepanjang 1800-an, peternak membakukan jenis ini dan setelahnya diakui sebagai ayam kalkun warisan oleh American Poultry Association pada tahun 1874.

Status ayam kalkun bronze secara drastis berubah pada tahun 1900 an. Saat itu seekor kalkun Bronze berdada lebih besar dan luas diperkenalkan dari Inggris ke Kanada. Kemudian diperkenalkan juga kebagian barat laut Amerika Serikat. Ini merupakan hasil persilangan terbaru yang lebih besar dan lebih cepat pertumbuhan posturnya.

Perkembangan Ayam Kalkun Bronze

Kalkun baru tersebut disebut dengan Broad Breasted Bronze. Jenis ini menjadi pilihan komersial karena dapat meningkatkan produksi daging, terutama daging dada. Tingkat pertumbuhan dan kualitas kinerja lainnya (terutama pemendekan kaki dan lunas) hampir menghilangkan kemampuan mereka untuk kawin secara alami. Karena alasan ini, sebagian besar kalkun Bronze Broad Breasted telah diinseminasi buatan sejak 1960-an.

Mulai tahun 1960-an Bronze Broad Breasted digantikan oleh kalkun Broad Breasted White yang kita kenal juga dengan sebutan white holland. Walaupun dalam tampilannya nampak sama, namun broad brested memiliki postur dan daging yang tebal dan besar bobotnya.

Konsumen menyukai jenis berbulu putih ini karena menghasilkan daging yang tampak lebih bersih. Sejak populasi jenis ini menurun, Broad Breasted Bronze tidak lagi digunakan oleh industri kalkun pedaging. Mereka banyak dipromosikan untuk produksi musiman skala kecil.

Jenis standar bronze saat ini telah banyak ditinggalkan oleh industri daging kalkun di amerika. Ini dikarenakan mereka memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dibanding jenis broad brested white. Mereka saat ini lebih banya dikembangbiakan untuk koleksi hobi / hias.

Kajian aneka jenis ayam kalkunharga ayam kalkun dan cara beternak kalkun bisa anda buka disini. ( klik untuk menuju halaman ).

Ciri & Karakteristik

Bila dilihat secara keseluruhan, dan kita bandingkan dengan jenis ayam kalkun lainnya, jenis bronze itu megah. Mengapa megah ? Karena hanya jenis ini yang memiliki tampilan super mengkilap bila dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, bulu berwarna hitam ini menambah elegan dan tampan pada tampilannya.

Secara karakteristik, tampilan kalkun bronze memiliki kemiripan yang paling dekat dengan kalkun liar. Tapi, tabiat serta pola hidupnya sangat jauh berbeda.

Simak juga harga jual golden pheasantburung merak biru dan merak putih serta penjualan ayam brahma disini.

Kesimpulan

Bila anda saat ini tertarik untuk memiliki ayam kalkun bronze, kami siap membantu anda. Kami men jual ayam kalkun aneka jenis warna bulu mulai usia anakan, remaja hingga indukan. Silahkan bila anda ada pertanyaan atau mau langsung negosiasi harga, bisa kontak kami di. :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Alamat Kandang :

Jalan Tempel – Turi Km.2 Dusun Tegalrejo, Desa Margorejo< Kecamatan Tempel, Sleman DIY.