HOME
Home » Ayam Kalkun » Sisi Lain Dari Ayam Kalkun Yang Menarik Untuk Diketahui

Sisi Lain Dari Ayam Kalkun Yang Menarik Untuk Diketahui

Posted at June 29th, 2020 | Categorised in Ayam Kalkun

Ayam kalkun merupakan jenis satwa yang memiliki keunikan dan ciri khas menarik. Banyak dari perilaku, karakteristik hingga cara hidup mereka yang tak banyak diketahui. Dalam artikel ini, kami akan mencoba memberikan informasi sisi lain dari seekor ayam kalkun.

peternakan kalkun
peternakan ayam kalkun

Sisi Lain Ayam Kalkun

Pada hakikatnya, ayam kalkun merupakan jenis satwa liar yang sama kedudukannya dengan seekor burung merak, macan atau gajah misalnya. Mengapa begitu ? Karena mereka memang merupakan satwa liar yang berhabitat di alam liar. Namun, karena perkembangan zaman, pada akhirnya ayam kalkun dipelihara dan dikembangbiakan dipeternakan untuk kebutuhan pedaging dan hobi koleksi.

sisi lain ayam kalkun
sisi lain kalkun

Pengembangbiakan ayam kalkun secara besar-besaran terjadi pada tahun 1800 an setelah columbus datang ke benua amerika. Disinilah titik awal mengapa ayam kalkun akhirnya bisa tersebar ke seluruh dunia, hingga mereka juga bisa ada di indonesia.

Indera

Seekor ayam kalkun memiliki sensitifitas indera yang sangat baik terutama disiang hari. Mereka memiliki bidang visi yang luas, yang memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi ancaman bahaya dari predator saat mereka berkeliaran atau saat mencari makan.

Namun, indera penglihatan mereka ketika malam hari tidak terlalu baik. Ini membuat mereka rentan akan ancaman serangan predator. Untuk ini, menjaga ayam kalkun ditempat anda akan sangat penting ketika malam hari.

kalkun
ayam kalkun

Karena status mereka sebagai rantai makanan, menjadikannya memiliki pendengaran yang sangat sensitif. Inilah yang memungkinkan mereka untuk mendengar dan mengidentifikasi ancaman bahaya dari satwa pemangsa atau predator.

Dengan suara khasnya yang terdengar seperti kluk-kluk-kluk, ini biasanya dilakukan untuk sebagai kode untuk mengingatkan kawanan ketika mereka merasa ada sesuatu yang tidak beres disekitarnya.

Karakteristik & perilaku

Secara umum, ayam kalkun adalah hewan sosial yang senang berinteraksi. Mereka senang bergerombol dalam berkelompok. Jadi, bila anda memeliharanya, paling baik disimpan dikandang dalam kawanan dengan campuran jantan dan betina.

telur kalkun
telur kalkun

Karakter ayam kalkun sendiri terbentuk dengan cara pemeliharaan nya. Contohnya bila anda memeliharanya ditempat terbuka dengan seringnya interaksi dengan manusia, maka mereka akan jinak dan tenang ketika bertemu dengan manusia.

Lebih banyak waktu yang anda habiskan dengan mereka, akan membuat mereka nyaman berada disekitar anda. Ini juga akan membuat mereka lebih manja kepada anda.

Ukuran tubuh mereka yang besar, membuat mereka memiliki gerak yang cukup lamban. Satu-satunya cara pertahanan diri mereka adalah dengan mengepakkan sayap mereka. Inilah yang menjadikan mereka sasaran empuk bagi pemangsa, sehingga mereka harus disimpan di tempat yang aman setiap saat.

Akan sangat baik untuk menempatkan ayam kalkun di lingkungan yang mirip dengan habitat alami mereka. Ruangan yang luas akan membuat mereka dapat melakukan perilaku alami mereka seperti menggaruk dan mencari makan tumbuh-tumbuhan.

Tidak seperti jenis ayam pada umumnya, ayam kalkun tidak menggaruk tanah secara berlebihan. Sebagai gantinya, mereka akan mematuk rumput. Kalkun memiliki sifat penasaran yang sangat tinggi, seperti ingin tahu banyak hal. Mereka akan sering mendekati sesuatu yang baru atau aneh untuk menyelidikinya.

Pada siang hari, ayam kalkun sangat senang berkeliaran, merasa nyaman untuk bertualang diluar kandang bahkan, terkadang bisa kebablasan hingga jauh dari asal wilayah atau kandang. Mereka juga terkadang bisa lupa untuk pulang. Maka, sebaiknya kandang umbar yang anda buat untuk mereka memiliki pembatas pagar.

Penutup

Apabila anda saat ini terpikir untuk memiliki ayam sebagai peliharaan, ayam kalkun bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain menyenangkan untuk dilihat, mereka juga memiliki berbagai macam manfaat yang akan diberikan cuma-cuma kepada anda sebagai perawatnya.

Dari ayam kalkun anda bisa mendapatkan hiburan, telur segar, hingga daging super lezat, mewah dan penuh gizi untuk anda dan keluarga.

Jika anda memiliki waktu luang, anda bisa kunjungi halaman kami lainnya disini. :

Sisi Lain Ayam Kalkun – Copyright Ayamkalkun.com

No comment for Sisi Lain Dari Ayam Kalkun Yang Menarik Untuk Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *