HOME
Home » Burung » Burung Merak » Informasi dan Harga Burung Merak Putih Terbaru 2020

Informasi dan Harga Burung Merak Putih Terbaru 2020

Posted at May 3rd, 2020 | Categorised in Burung, Burung Merak

Harga Burung Merak Putih. Saat seekor jantan burung merak putih dewasa merentangkan ekornya, mungkin tak satupun orang apalagi pecinta satwa yang bisa mengacuhkannya. Memang sangat layak apabila mereka dijuluki burung tercantik didunia. Merak putih adalah salah satu jenis dari burung merak yang paling indah dengan warna-warna cerah dan bulu-bulu yang berbentuk unik.

Burung merak putih jantan usia 3 Tahun
Burung merak putih jantan usia 3 Tahun

Harga burung merak putih di indonesia saat ini tergolong sangat mahal, ini disebabkan karena stoknya yang sangat terbatas yang tidak sebanding dengan permintaan pasar yang sangat tinggi.

Bila anda memiliki finansial yang matang serta memang memiliki kemampuan dan niat untuk mengembangbiakan merak putih ini maka, harga burung merak putih yang tinggi ini, bisa juga anda jadikan sebagai acuan untuk memproduksi dan membudidayakannya untuk komersil.

Kamipun saat ini masih memiliki keterbatasan dalam menyediakan jenis burung merak putih ini.

Burung ini memiliki beberapa varietas jenis dan diantaranya yaitu burung merak biru, merak putih, merak hijau jawa dan merak Kongo afrika.

Di alam liar, Pakan mereka adalah serangga, biji-bijian, tanaman hingga ular-ular kecil. Merak dewasa bisa tumbuh sekitar 90-130 cm dan berat sekitar 4 – 6 kg. Namun, untuk jenis biru dan putih, lebih kecil posturnya bila dibandingkan dengan merak hijau jawa.

Informasi dan Fakta Seputar Burung Merak Putih

Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan informasi seputar burung merak putih mulai dari, fakta menarik, sekilas profil dan harga burung merak putih terbaru update di tahun 2020 ini.

Burung Merak Putih

1. Bulu Ekor Merak Putih jantan Baru tumbuh Sempurna Setelah Usia 2 Tahun

Membutuhkan proses hingga 2,5 tahun untuk jantan merak putih untuk menyempurnakan bulu ekornya. Dari usia anakan hingga usia 2tahunan mereka tak memiliki keindahan seperti yang kita lihat. Bulu ekor merak akan sepenuhnya tumbuh ketika sudah berumur 2 tahun dan bulunya lebih panjang dan lebih indah dari betina.

Burung merak putih
Sepasang Burung Merak Putih usia 1,5 tahun. Jantan masih belum memiliki bulu ekor yang penuh.

2. Merak Putih Jantan (White Peacock) memiliki  tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan merak putih betina.

Seperti rata-rata terjadi pada jenis unggas, pada burung merak juga pejantan memiliki tampilan lebih menarik. Betina merak putih memiliki bulu ekor lebih pendek dari merak jantan karena, jantan memegang peranan penting dalam proses perkawinan, sehingga penampilannya lebih menarik.

Burung Merak putih memiliki ekor yang lebih panjang dan lebih indah memang tujuannya adalah untuk menarik perhatian betina. Ketika musim kawin tiba, merak putih jantan akan rajin memegarkan bulu ekor dan sayapnya yang indah mirip sebuah kipas dan menggerakkannya sambil menari-nari untuk menarik perhatian para betina.

3. Bukan Albino

Merak putih adalah merak yang ditangkarkan dan dikembangbiakan  dari burung merak biru yang telah lahir dengan warna putih karena variasi genetik. Tapi fakta sesungguhnya dari burung merak jenis ini yaitu, bahwa mereka sama sekali bukan albino. Burung-burung albino sama sekali tidak memiliki warna dan biasanya memiliki mata merah atau merah muda.

Ini sangat berbeda dengan jenis burung asli albino, burung merak putih memiliki mata biru dan kulit berwarna. Anakan terlahir berwarna bulu kekuningan dan kemudian menjadi putih saat dewasa. Hilangnya pigmentasi burung yang indah ini disebabkan oleh leucism. Satwa dengan mutasi genetik seperti ini mempertahankan warna mata normal mereka dan hanya bulunya yang tidak memiliki pigmentasi.

Salah satu tujuan burung merak putih memegarkan bulu ekornya yang begitu indah ini adalah untuk menarik perhatian induk betina. Ketika merak putih dijodohkan dengan sesama merak putih maka anakannya juga akanmengeluarkan warna bulu putih yang sama. Walau begitu, merak putih juga memiliki darah dari beberapa gen seperti dari :

  • Blue Pied. Ini adalah kombinasi warna putih India dan biru biasa.
  • Pied Black Shoulder. Warnanya normal kecuali putih di bawah bagian, wig, dan tempat di bawah dagu. bulu bahu Hitam. Warnanya putih tetapi ditaburi bintik-bintik hitam. 

Salah satu kelebihan burung merak putih lainnya adalah, ketika jenis ini dikawinkan dengan jenis warna lainnya maka, kelak anakannya yang keluar dari hasil persilangan ini akan memiliki banyak varietas dan kaya warna.

4. Bulu Mengkilap ketika tersinari

Ketika Anda melihat ekor jantan merak putih mengepak, Anda mungkin bertanya mengapa itu mengkilap? Jawabannya yaitu, ada kristal kecil yang menutupi bulu merak putih. Jadi, ketika ekor bulu mengepak di bawah matahari, itu akan berkilau karena pantulan cahaya matahari.

5. Sebagai Lambang / Simbol 

Fakta burung merak putih lainnya adalah warna putih merak ini, melambangkan kesucian dan keabadian. Selain itu, burung merak putih juga di india dilambangkan sebagai cinta tanpa syarat.

Pertanyaan Umum Seputar Burung Merak Putih

Berasal Dari manakah Burung Merak Putih ?

Walaupun sesepuh burung merak biru adalah burung merak yang berasal dari india namun, merak putih lahir dan berkembangbiak pertama kalinya di eropa tepatnya di inggris.

Merak putih tidak ditemukan di alam liar, mereka merupakan jenis burung yang memang dilahirkan di penangkaran. Merka tidak ada di alam liar mungkin disebabkan bila warnanya menjadi putih maka akan mudah dilihat oleh predator.

Burung merak sebenarnya memiliki habitat di hutan tetapi sekarang hampir punah. Inilah sebabnya mengapa Anda hanya dapat melihatnya di cagar alam atau cagar alam. Merak putih di India biasanya dilindungi oleh praktik keagamaan dan akan mencari makan di sekitar desa dan kota untuk memo.

Apakah burung Merak Putih Ini Langka ?

Untuk Kasus burung merak dihabitat aslinya yaitu hutan liar memang bisa dikatakan langka, ini disebabkan hilangnya habitat dan gangguan manusia.

Perburuan yang luas untuk daging dan bulu, pengumpulan telur dan anakan telah menciptakan masalah yang membuat mereka terancam punah.

Selain oleh manusia, gangguan lainnya juga datang dari predator namun, alaminya, burung merak dewasa dapat melarikan diri dari pemangsa darat seperti macan tutul, rubah dan harimau dengan terbang ke pohon. Terkadang, mereka juga dihantui oleh burung pemangsa yang lebih besar seperti elang.

Apakah Statusnya Legal Bila Dipelihara ?

Bila mengacu kepada peraturan perundang-undangan yaitu peraturan pemerintah no.7 tahun 1999 dan peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan no.P20 maka, merak putih tidak termasuk didalamnya jadi, statusnya legal.

Adapun burung merak yang dimaksud dalam perundang-undangan negara indonesia yang statusnya dilindungi yaitu, burung merak hijau yang merupakan burung merak asli endemik indonesia.

Berapakah Harga Jual Burung Merak Putih ?

Kami men jual burung merak putih untuk dipelihara dan kamipun siap membantu untuk mengurus surat izinya agar lebih nyaman ketika anda memeliharanya. berikut harga jual merak putih yang kami tawarkan :

Usia 6-7 Bulan    Rp. 18.000.000 / Pasang

Usia 1 Tahun       Rp. 25.000.000 / Pasang

Usia 1,5 Tahun    Rp. 30.000.000 / Pasang

Usia 2 Tahun       Rp. 35.000.000 / Pasang

Usia 2, 5 Tahun    Rp. 40.000.000 / Pasang

Selain men jual burung merak putih, kami juga menyediakan aneka jenis burung merak lainnya dan aneka jenis ayam hias. Informasi selengkapnya anda bisa buka link berikut ini atau bisa langsung kontak kami.

Jual Burung Merak Biru + 3 Jenis Burung Merak Lainnya

Bila anda tertarik dengan penawaran kami ini, silahkan anda bisa kontak kami :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat

Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami. Kami tunggu kontak dan orderan dari anda.

Burung Merak Putih – Copyright Ayamkalkun.com 2020

Terkait:
merak putih , burung merak putih, harga burung merak putih, jual burung merak putih, jual merak putih, jual burung merak, informasi seputar burung merak, informasi merak putih