HOME
Home » Ayam Batik » Ayam Hias » Ayam Batik – Asal Usul & Karakteristik

Ayam Batik – Asal Usul & Karakteristik

Posted at April 26th, 2020 | Categorised in Ayam Batik, Ayam Hias

Ayam batik adalah ayam hias yang berasal dari Inggris. Penampilan dan pola warna bulunya yang unik inilah yang menjadikannya populer di seluruh dunia.

Seperti halnya di negara lain, di Indonesia juga ayam batik ini sempat jadi trending dan jadi buruan utama para kolektor ayam hias.

Ayam Batik - Asal Usul & Karakteristik
Ayam Batik Kanada

Sangat mengasyikan bila kita ngobrol mengenai ayam batik ini karena, banyak sekali keunikan yang akan kita temukan darinya.

Dalam artikel ini, anda akan menemukan informasi tentang sejarah, karakteristik fisik, dan alasan mengapa mereka dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia. Ikuti terus pemaparan nya..

Cek disini untuk melihat penawaran menarik dari kami : Jual Ayam Batik : Tersedia Jenis Golden & Silver

Asal Usul Ayam Batik

Pada awal 1800-an, seorang anggota Parlemen Inggris yang juga seorang peternak ayam dan merpati bernama Sir John Sebright memiliki visi ide untuk mengembangkan jenis varietas ayam baru.

Selain seorang anggota parlemen, ia juga diketahui seorang penulis yang membuat buku tentang pengembangbiakan dan peternakan. Bahkan, tulisan-tulisannya mengilhami seorang Charles Darwin yang terkenal dengan teorinya itu. ‘Asal manusia dari kera’ ( ‘The Origin of Species’).

Diceritakan bahwa Sir john sebright melakukan perjalanan ke beberapa negara dan mengumpulkan spesies unik dari unggas lokal, dia juga memiliki banyak ayam yang berbeda yang diimpor dari negara lain.

Diprediksi, sir John sebright mengambil formula untuk menciptakan ayam batik ini dengan melakukan perkawinan silang antara polish chicken asal polandia, hamburg chicken yang berasal dari jerman dan nankin chicken yang merupakan ayam endemik asli dari inggris.

Lalu, pada tahun 1810, ia akhirnya berhasil mengembangkan ayam jenis baru ini yang kita kenal sekarang di indonesia dengan sebutan ayam batik.

Setelah penyempurnaan varietas baru ini selesai, pada 1874 trah itu dibagi menjadi trah yang terpisah, Golden Laced dan Silver Laced Sebrights dan pada tahun berikutnya namanya diubah menjadi Golden dan Silver Sebrights.

Sekitar awal 1900-an pengembangbiakan ini terus dilakukan untuk penyempurnaan bentuk, ukuran dan warna, hingga pada tahun 1952 jenis ini masuk ke dalam standar yang telah diakui hingga saat ini. Untuk penghormatan atas jasanya yang telah mengembangbiakan ayam hias ini maka, akhirnya nama ayam ini disematkan dengan julukan sesuai dengan nama penemunya yaitu, sebright chickens.

Simak juga penawaran kami disini : Jual Ayam Brahma Murah, Original & Bergaransi

Profil dan ciri khas

Ayam batik adalah ayam hias murni bantam. Selain ciri khas utama pada warna bulunya yang bergaris-garis seperti motif batik, jenis ayam hias ini memiliki postur tubuh pendek, mungil seperti ayam kate.

ayam batik itali
ayam batik itali

Temperamen mereka sangat tenang, tidak liar dan induk betina sangat pintar dalam mengerami telur dan menjaga bibit anaknya.

Walaupun dikenal memiliki tabiat tenang namun, ketika musim telur menetas, induk betina bisa menjadi agak galak, ini disebabkan karena sifat protektif kepada anaknya.

Bobot rata-rata berat untuk jantan sekitar 600 gram dan betina sekitar 500 gram. Tabiat mereka tenang dan terkesan ingin banyak tahu. Pada saat birahi biasanya pejantan rajin berkokok, suara kokoknya nyaring dan lantang.

Dewasa akan mulai siap kawin dan menghasilkan telur di usia 6-7 bulanan. Dari segi produktivitas telur tergolong bagus. Dalam satu musim telur, induk betina rata-rata sanggup menghasilkan minimal 8-10 biji telur.

Jika dikalkulasikan dalam setahun maka, jumlah telurnya bisa mencapai 40 butir bahkan, bila kita tepat melakukan cara membudidayakannya, dalam setahun jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai hingga 80 butir.

Buka juga penawaran ayam pheasant disini : Jual Golden Pheasant Bonus Donald Trumph !!

Cara memilih ayam batik berkualitas :

  • Motif garis pada bulu berwarna hitam tersusun rapi
  • Warna bulu tajam khususnya pada jenis golden
  • Postur pendek
  • Jengger berbentuk telon dan di ujung belakang jengger berbentuk lancip

Alasan Mengapa Ayam Batik Ideal Untuk Dipelihara

Memelihara atau beternak ayam hias pada umumnya sangat menyenangkan. Selain kita mendapatkan hiburan, ayam juga memberi kita banyak manfaat.

Berikut ini manfaat memelihara ayam batik :

  • Hiburan untuk mengurangi penat dan stress
  • Menyediakan telur segar, sehat dan bergizi.
  • Bila dikembangbiakan akan menambah uang sampingan
  • Kotorannya bisa dimanfaatkan untuk pupuk penyubur tanaman.
  • Bunyi kokoknya akan menambah ramai suasana.
  • Keuntungan memiliki hewan peliharaan salah satunya yaitu menyehatkan jantung.
  • Pakannya tidak terlalu banyak sehingga, biaya untuk pakan lebih terjangkau.
  • Tergolong mudah perawatannya karena daya tahan tubuhnya bagus.
  • Cocok untuk dipelihara pemula.

Mereka bisa jadi teman yang sangat menyenangkan buat anda. Ayam batik adalah pilihan yang tepat dan cocok untuk pemula. Biayanya lebih murah untuk dipelihara, lebih mudah ditangani, lebih sedikit ruang, dan bisa menjadi ayam peliharaan yang hebat untuk anak-anak.

Memelihara ayam juga bisa kita gunakan untuk edukasi pembelajaran untuk menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab, dan ini bisa diajarkan kepada anak, cucu atau keponakan anda tercinta.

Penutup

Bila anda ada pertanyaan seputar ayam batik ini atau jenis ayam hias dan hewan peliharaan lainnya, silahkan anda bisa kontak kami :

Guntur Ginanjar : 0821-3708-2479 | 0878-3830-5588.
Facebook : gunturginanjar.12
Instagram : @jualayamhias guntur ginanjar
Windaru Rohmat : 0858-6819-1174.
FB : windaru.rohmat
Instagram : @windarurohmat
Joko Wahyulianto : 0878-3888-5566
FB : Joko.wahyulianto
IG : @kalkun_ayamhias

Terima kasih telah berkunjung ke website kami ini. Semoga anda sukses dalam setiap usaha yang anda kerjakan. Salam hangat dari kami untuk semua pecinta ayam hias di indonesia dan diseluruh dunia. Wassalam