HOME
Home » Burung » Burung Merak » Perbedaan Merak Biru Dengan Burung Merak Hijau

Perbedaan Merak Biru Dengan Burung Merak Hijau

Posted at June 11th, 2020 | Categorised in Burung, Burung Merak

Perbedaan merak biru dan merak hijau. Pada dasarnya semua jenis burung merak itu memiliki sifat, cara hidup serta karakteristik yang sama. Namun, dalam penampilannya tentu ada yang berbeda.

perbedaan merak biru dan merak hijau
perbedaan burung merak biru dan merak hijau

Ciri perbedaan paling umum dan sangat terlihat tentunya dari warna pada bulunya. Tetapi, yang akan kami bahas disini bukan dari segi warna bulu saja. Hal inilah yang akan kami bahas pada artikel ini.

Jadi apa saja perbedaan burung merak biru dan merak hijau ? Ikuti ulasannya berikut ini..

Perbedaan Merak Biru & Merak Hijau

1. Warna Betina Burung Merak

Betina merak hijau memiliki warna yang hampir mirip dengan jantannya. Warna bulu yang mengkilap juga dimiliki betina. Dari semua jenis merak yang ada, betina merak hijau lah yang paling cantik tampilannya.

betina burung merak
Perbedaan antara betina merak biru dan betina merak hijau

Sedangkan pada betina merak biru, tampilan warna bulunya sangat jauh berbeda. Betina nya berwarna kehijauan berpadu dengan warna abu-abu kusam.

2. Postur Merak Biru Vs Merak Hijau

Postur dan bulu ekor jantan merak hijau, memiliki postur yang lebih besar, panjang dan tinggi dibandingkan jantan merak biru. Panjang tubuh rata-rata merak hijau sekitar 1,7 – 3 meter, sedangkan merak biru 1,6 – 2,3 meter.

3. Bulu diatas kepala ( jambul )

perbedaan jambul merak biru dan merak hijau
Perbedaan pada bulu jambul merak biru dan merak hijau

Bulu jambul pada merak biru umumnya berbentuk seperti kipas. Bulunya terpencar dan posisinya agak miring kebelakang. Sedangkan, pada burung merak hijau, bulu jambulnya mengumpul sekilas seperti sapu ijuk dan posisinya tegak keatas.

4. Asal Usul

Merak biru adalah burung endemik asli dari negara india sehingga sering juga disebut blue indian peafowl. Walaupun begitu, merak ini juga banyak ditemukan dinegara sekitar india seperti di pakistan, burma, bangladesh dan srilangka. Sedangkan merak hijau, adalah burung endemik asli asia tenggara. Paling banyak ditemukan di negara kita yaitu di pulau jawa sehingga kerap juga dijuluki java peafowl.

Menurut wikipedia, burung merak hijau juga ditemukan dinegara asia tenggara lainnya seperti : malaysia, birma, thailand hingga myanmar.

5. Daya Tahan Tubuh

Burung merak biru dikenal memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Mereka dapat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis iklim. Mereka dikenal tangguh menghadapi cuaca tropis seperti di asia tenggara hingga cuaca bersalju seperti di negara-negara belahan dunia barat.

Sementara untuk burung merak hijau, konon mereka tidak terlalu kuat ketika menghadapi musim dingin khususnya di musim salju. Mungkin, ini dikarenakan dari habitat asli burung merak hijau yang berasal dari daerah yang beriklim tropis.

5. Status

Karena perburuan dan semakin berkurangnya habitat akibat penggundulan hutan, status burung merak hijau semakin berkurang populasinya. Sehingga, ditetapkanlah sebagai burung merak lindungan.

Sementara, burung merak biru tidak termasuk hewan lindungan. Terkhusus di indonesia. Ini dikarenakan burung ini bukan endemik asli negara kita. Walaupun di india sendiri jenis ini dilindungi oleh undang-undang setempat. Namun, dinegara tetangganya seperti pakistan, statusnya legal dan bebas diperjualbelikan.

Banyak negara di dunia khususnya di negara-negara eropa dan amerika, merak ini juga statusnya bebas diperjual belikan.

Di indonesia, perdebatan mengenai status burung merak biru juga sering menjadi hal yang banyak diperbincangkan. Saya sendiri sebagai penulis disini telah beberapa kali menghadiri sosialisasi BKSDA ( balai konservasi sumber daya alam ) mengenai jenis-jenis hewan yang dilindungi.

Saya dan beberapa kawan di komunitas sudah juga beberapa kali menanyakan status merak biru ini. Dan dari jawaban perwakilan pihak BKSDA menjawab bahwa, status merak biru di indonesia tidak termasuk hewan lindungan.

Jujur, saya sangat berterima kasih dengan di legalkannya burung merak biru ini. Ini dikarenakan, dengan statusnya ini, telah banyak membantu per ekonomian para penghobi dan khususnya peternak-peternak yang mengembangbiakan merak biru ini. Dengan banyaknya peternak atau pengembangbiak merak biru ini juga, tentu akan menambah status populasi merak biru agar tidak punah. Manfaat lainnya juga, akan lebih menambah semarak varietas burung merak yang ada khususnya di Indonesia.

Penutup

Perbedaan umum antara burung merak biru dan merak hijau
Perbedaan umum antara burung merak biru dan merak hijau

Foto diatas milik : http://bamboopeacock.com/

Apabila anda pertanyaan atau masukan seputar burung merak, silahkan anda bisa kontak kami atau tinggalkan komentar pada kolom dibawah ini. Dan bila anda senang dengan artikel seputar burung merak, silahkan buka juga halaman kami lainnya disini. :

Terima kasih atas kunjungan anda. Semoga sukses dan selamat berjumpa kembali di artikel lainnya. Wassalam.

Perbedaan Burung Merak Biru & Merak Hijau – Copyright Ayamkalkun.com

No comment for Perbedaan Merak Biru Dengan Burung Merak Hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *