HOME
Home » Ayam Pheasant » Lady Amherst Pheasant » Profil Pheasant : Ayam Lady Amherst Pheasant

Profil Pheasant : Ayam Lady Amherst Pheasant

Posted at May 19th, 2020 | Categorised in Ayam Pheasant, Lady Amherst Pheasant

Ayam Lady amherst pheasant adalah salah satu jenis ayam pheasant yang berasal dari china bagian barat, birma dan tibet. Bersama dengan golden pheasant, ayam pheasant inilah yang diprediksi pertama kalinya hadir di Indonesia.

ayam lady amherst pheasant
seekor ayam lady amherst pheasant jantan

Julukan ayam pheasant sendiri di indonesia awalnya disebut / dinamai dengan sebutan ayam tibet atau ayam hong. Namun, karena perkembangan zaman, banyak orang indonesia saat ini menjulukinya dengan sebutan pheasant.

Ciri khas dan karakteristik lady amherst memang memiliki keterkaitan erat dengan golden pheasant. Salah satu yang sangat mirip yaitu dari cara mengembangkan bulu dibagian leher dan sekitar kepala mereka.

Profil Ayam Lady Amherst Pheasant

pejantan lady amherst
pejantan ayam lady amherst

Tidak aneh rasanya bila lady amherst dikategorikan sebagai salah satu jenis ayam hias terindah didunia. Tampilannya yang sangat memikat ini telah banyak memukau para pecinta satwa bahkan non pecinta satwa sekalipun !..Tidak setiap hari kita temukan ayam hias dengan tampilan seperti ini.

Pejantan Lady Amherst’s Pheasant memiliki ekor panjang yang indah dan bulu warna kontras yang cantik. Meliputi bulu hijau metalik gelap dan biru dengan bulu merah dibagian atas kepala dan bulu putih bergaris hitam dibagian sepuat kepalanya.

Bagian perut dan dada bagian bawah berwarna putih bersih dan ekornya juga memiliki bulu berwarna coklat kekuning-kuningan.Kulit pada bagian wajahnya berwarna biru dan kaki serta paruhnya berwarna abu-abu.

Sejarah Lady Amherst Pheasant

the lady amherst pheasant profile
The Lady Amherst Pheasant Profile

Lady Amherst Pheasant ( Chrysolophus amherstiae ) adalah jenis ayam pheasant yang dikategorikan dalam Galliformes dan keluarga Phasianidae. Nama genus ini berasal dari khrusolophos Yunani Kuno. Adapun pemberian nama dalam bahasa Inggris untuk jenis ini adalah untuk mengenang Sarah Amherst.

Siapa itu sarah amherst ? Dia adalah istri seorang gubernur benggala yang bernama Sir William Pitt Amherst. Dialah orang yang pertama kalinya membawa jenis pheasant ini ke Inggris pada tahun 1828.

Perilaku

Dihabitat aslinya, ayam lady amherst meninggali hutan dengan semak belukar yang lebat. Keberadaannya jarang sekali terlihat karena mereka tergolong jenis ayam yang sangat protektif.

Ciri Khas
Ciri Khas Ayam Lady Amherst Pheasant

Mengapa mereka sangat protektif ? Ini dimungkinkan karena mereka mungkin sebagai jenis hewan yang mudah dijadikan target oleh hewan predator. Ini juga yang menyebabkan mereka jarang terlihat dan memilih lokasi habitat hutan yang lebat dan rimbun. Tujuannya agar tidak mudah terlihat oleh predator.

Musim Kawin

Sepasang dewasa biasanya akan mulai kawin diusia 2 tahunan. Ketika itu, pejantan akan rajin memegarkan bulunya untuk menarik perhatian betina. Di iklim tropis seperti di indonesia, musim kawin ayam lady amherst biasanya terjadi diantara bulan november – maret terutama di musim hujan.

Dalam semusim, rata-rata betina akan menghasilkan telur 8-15 butir permusim. Namun jumlah telur akan berbeda-beda tergantung cara perawatan.

Pakan Ayam Lady Amherst Pheasant

Jenis ayam pheasant pada umumnya adalah omnivora. Dihabitat aslinya, mereka memakan biji-bijian, tumbuhan / dedaunan dan hwan-hewan kecil seperti cacing, serangga dan jangkrik.

Dipenangkaran / peternakan, mereka bisa diberikan pakan seperti jenis ayam hias pada umumnya. Pakan yang diberikan bisa voer/ konsentrat, jagung giling, irisan sayuran dan bekatul/dedak. Jenis-jenis pakan ini bisa kita mix / aduk/ campurkan.

Simak juga profil ringnecked pheasant, yellow pheasant dan silver pheasant disini.

Deskripsi Ayam Lady Amherst Pheasant

Profil
Profil

Kelas: Aves ( Galliformes )
Keluarga: Phasianidae
Marga: Chrysolophus
Jenis: amherstiae
Masa hidup: 6 – 10 tahun dialam liar
15 tahun di bawah perawatan manusia ( Peternakan )
Ukuran:
Panjang 100–120 cm
Bobot: 0,6- 0,9 kg.
Reproduksi:
Betina bertelur sekitar 8 hingga 12 telur tetapi tergantung pada cara perawatan, habitat dan iklim.
Masa inkubasi telur : 22 hari.
Asal :
Tiongkok Barat Daya, Tibet dan Burma utara
Habitat:
Daerah berhutan dan semak bambu
Pakan : Biji-bijian, buah-buahan, akar, serangga.
Penampilan :
Jantan sangat berwarna-warni dengan ekor hitam dan putih yang sangat panjang, punggung kehijauan, Punggung bawah berwarna merah dan kuning. Leher hitam-putih. Betina hanya berwarna coklat muda.

Credit ; GBWF.org

Status Konservasi

Status populasi ayam lady amherst saat ini dievaluasi sebagai Least Concern. Walaupun kenyataannya dialam liar tergolong masih aman dengan catatan. Diperkirakan saat ini populasinya berjumlah sekitar 15.000 ekor. Adapun kriteria ambang batas rentan atau diambang punah yaitu 10.000.

Terlepas dari kenyataan statusnya yang masih aman ini, tren populasinya dialam liar saat ini tampaknya menurun. Penurunan tersebut terjadi karena hilangnya habitat akibat penggundulan hutan. Dan semakin berkurangnya hewan-hewan konsumsi predator sehingga mereka banyak dimangsa oleh hewan predator.

Berbeda dengan statusnya dialam liar, saat ini ayam lady amherst sudah banyak ditangkarkan dibanyak negara didunia. Di indonesia sendiri, sudah mulai banyak peternak mengembangbiakan jenis ayam pheasant ini. Salah satunya adalah peternakan kami.

Penutup

Bila anda tertarik untuk memiliki ayam lady amherst ini, kami siap membantu anda. Kami menyediakan ayam lady amherst mulai usia remaja siap ternak.

Adapun harga yang kami tawarkan kepada anda yaitu :

  • Usia Remaja : Rp. 13.000.000 / Pasang.
  • Dewasa : Rp. 15.000.000 / Pasang.

Terima Kasih atas kunjungan anda di website ini. Bila anda ada pertanyaan seputar ayam pheasant ini, silahkan anda bisa kontak kami :

Guntur Ginanjar : 0878-3830-5588 ( WA )

0821-3708-2479 ( WA )

Windaru Rohmat : 0858-6819-1174 ( WA )

Joko Wahyulianto : call 0878-3888-5566 ( WA ).