HOME
Home » ayam hias Guntur Ginanjar » pheasant » 21 Pertanyaan Seputar Ayam Golden Pheasant

21 Pertanyaan Seputar Ayam Golden Pheasant

Posted at January 1st, 2020 | Categorised in ayam hias Guntur Ginanjar, pheasant

Ayamkalkun.com – Bagi anda yang mungkin belum mengenal apa saja hal-hal mengenai ayam golden pheasant,disini kami mencoba mengumpulkan beberapa pertanyaan umum seputar ayam pheasant beserta jawabannya. Saya urutkan mulai dari pertanyaan yang paling banyak.

21 Tanya Jawab Seputar Ayam Golden Pheasant dan Jenis Pheasant Lainnya

ayam golden pheasant
Golden Pheasant

1. Berapakah harganya ayam golden pheasant ?

Remaja 5,5jt – 6,5jt per pasang. Dewasa 9 – 11jt per pasang.

2. Berapa harga jual anakan Golden Pheasant ?

Pada umumnya peternak dan penjual mulai men jual golden pheasant diusia 4-6 bulanan ke atas jadi, jikalau anda menanyakan harga anakannya maka, anda tidak akan mendapat jawabannya atau bisa juga anda mendapat jawaban tapi, harganya disamakan dengan harga usia 4-6bulanan.

Alasannya tidak di jual diusia anakan karena, seperti halnya ayam mutiara, di indonesia golden pheasant umumnya hanya bertelur dimusim penghujan saja sehingga stoknya tidak selalu tersedia di sepanjang tahun dan peternak juga jadinya panennya hanya setahun sekali. selain itu, peternak akan lebih untung menjual diusia remaja karena, harga jualnya bisa lebih tinggi daripada menjual anakan.

3. Di usia berapa indukan mulai bertelur? 

Indukan mulai kawin dan bertelur biasanya di musim hujan mulai diusia 11-12 bulan up.

4. Apakah pakan ayam golden pheasant ?

Sehari hari pakan utamanya bisa diberi pur/konsentrat dicampur dengan jagung giling, atau bisa juga diberikan dedak campur irisan sayuran. pada intinya pemberian pakan bisa disamakan sama seperti ayam biasa saja.

5. Apakah bisa terbang?

Bisa. Tetapi, terbangnya hanya sesekali saja dan tidak terlalu tinggi. mereka lebih sering di darat daripada diudara tidak seperti burung pada umumnya. 

Buka juga postingan seputar ayam pheasant disini

6. Pemesanan bisa dikirim keluar kota / luar pulau ?

Keluar kota paket bisa dikirim via ekpedisi kereta atau juga bisa via bis, luar pulau bisa dikirim melalui kargo pesawat tetapi hanya daerah tertentu yang bisa.. keterangan lanjut bisa hubungi kami.

7. Dalam satu musim berapa jumlah telurnya?

Satu induk betina bisa menghasilkan rata-rata 15-25 butir lebih per musimnya. Bila dibiarkan secara alami telur berjumlah 6-12butir lalu induk mulai mengerami. tetapi, bila telurnya diambil lalu di tetaskan mesin atau dierami ayam lainnya maka telurnya bisa mencapai 40- 50 butir per musimnya.

8. Apakah bisa di poligami?

Bisa tapi saya sarankan baiknya perbandingan jantan dan betina maksimal yaitu 1jantan untuk 2betina.

Jual Ayam Golden Pheasant
Sepasang indukan golden pheasant

9. Bisakah didalam kandang disatukan dengan jenis burung lainnya seperti merpati,bayan dll?

Boleh. Ayam ini termasuk unggas yang tidak galak kepada jenis unggas lainnya.

10. Berapa lama telur dierami hingga menetas ?

23 hari

11. Bisakah dijinakan? 

Biasakan pemberian pakan dilakukan menggunakan tangan lalu berikan pakan seperti cacing,jangkrik maka nanti lama kelamaan ayam akan menjadi jinak.

12. Bagaimana daya tahan tubuhnya?

Tidak seperti ayam pada umumnya, Ayam pheasant Dikenal memiliki antibodi yang kuat walaupun tidak tertutup kemungkinan bisa juga terkena wabah virus.

13. Cocokah dipelihara didaerah bercuaca panas?

Cocok..Ayam hias ini dikenal juga memiliki daya adaptasi yang bagus sehingga tahan dalam kondisi berbagai macam cuaca. Selain didaerah dingin seperti di benua eropa dan asia timur laut ternyata didaerah panas seperti di asia tengah ( arab ) juga banyak peternak yang telah sukses membudidayakannya.

14. Bagaimana penempatan kandang yang tepat?

Kandang ayam golden pheasant yang kami rekomendasikan minimal berukuran 1,5 x 1,5m. Kandang yang kami gunakan berukuran 2x3m persegi.

21 Pertanyaan Seputar Ayam Golden Pheasant
Kandang Golden pheasant

15. Berapakah harga dewasa / indukan ?

Di tahun 2020 ini harganya bervariasi mulai di harga 9jt – 12jt per pasangnya.

16. Cara membedakan jenis kelamin ?

Diusia 3bulanan akan terlihat lebih jelas perbedaan antara jantan dan betinanya. Dimulai dengan keluarnya bulu berwarna kuning emas di bagian atas mata pada jantan sedangkan betina bulu nya tetap berwarna hitam kecoklatan.

17. Apakah legal memelihara ayam ini?

Legal. Jenis hewan ini tidak termasuk dalam hewan yang dilindungi seperti yang tertera dalam peraturan pemerintah Indonesia no.7 tahun 1999.

18. Di usia berapa ayam mulai memiliki warna bulu ?

Pada pejantan dimulai diusia 3,5 bulan akan keluar bulu berwarna kuning dibagian muka, berikutnya diusia 6bulanan bulu ekor mulai memerah,lalu diusia 1tahunan warna sudah penuh dan pada puncaknya diusia 1,5 tahunan bulu dan warna sudah penuh / full colour.

19. Cara pembesaran anakan ayam pheasant ?

Usia dibawah 1,5 bulanan baiknya kandang masih diberi penghangat ( menggunakan lampu bohlam 5-15watt ). lalu, setelah lebih dari usia itu sudah bisa tidak menggunakan penghangat. Di usia 3bulanan anakan sudah bisa dilepaskan/diumbar di tanah.

Cara perawatan ayam brahma silahkan buka disini

20. Pemberian obat ketika sakit ?

Berikan obat-obatan yang sama dengan jenis unggas lainnya, pada umumnya jenis penyakit yang diderita oleh ayam pheasant hampir sama saja dengan jenis ayam hias lainnya sehingga penggunaan obat-obatan nya juga bisa disamakan.

21. Berasal dari manakah golden pheasant ?

Golden pheasant Aslinya berasal dari tibet sehingga banyak juga orang menyebut ayam ini dengan sebutan ayam tibet.

Bila anda ada pertanyaan lain selain yang ada pada postingan saya ini, silahkan bisa kontak kami di 0878 3830 5588. Postingan ini original pertama kali dibuat oleh ayamkalkun.com

Buka juga postingan kami lainnya :
Merak Putih & Merak Biru : https://bit.ly/2H7hyq0
10 ayam pheasant terpopuler : https://bit.ly/2H3kaVF
Jual golden pheasant : https://bit.ly/2ScNEHn
Kalkun : https://bit.ly/2vhsUow
Jual kalkun : https://bit.ly/2H49kPc
Bebek hias : https://bit.ly/39tPWrp
Jual ayam brahma : https://bit.ly/2UA3cGE
Ayam hias : https://bit.ly/374Royx
Ayam Cochin : https://bit.ly/2vSJBXJ
Bulu ayam kalkun : https://bit.ly/378jWas