Cara Mengobati Ayam Kalkun Yang Terserang Virus Penyakit

Ayam kalkun kesayangan anda terserang virus penyakit ? jangan dulu menyerah ! Ada berbagai macam cara mengobati ayam kalkun. Untuk awal tentunya dibarengi dengan do’a, kesabaran dan ketelatenan dalam mengobatinya insyaAlloh masih ada jalan,akan tetapi kita juga harus percaya sesungguhnya makhluk yang bernyawa itu akan mati,jadi bila usaha anda berhasil ataupun malah tidak berhasil maka itu sudah kehendak yang maha kuasa,yang penting anda telah berikhtiar sebelumnya maka hal itu tetaplah sesuatu yang baik,bila memang sudah dan harus terjadi,mungkin itulah yang disebut garis takdir, bila jadi sembuh kita bersyukur, bila tidak sembuh kita harus berlapang dada menerima kenyataannya karena itu adalah sepenuhnya sudah digariskan oleh yang maha kuasa.

Berikut ini merupakan pengalaman saya pribadi dalam mengobati ayam kalkun yang terserang penyakit,yang akan saya uraikan disini adalah cara mengobati ayam kalkun melalui pengobatan alternatif dan juga secara medis. Ayam kalkun khususnya dan hewan unggas pada umumnya sering kali terkena sakit yang disebabkan wabah virus dan bakteri,terutama ketika perubahan musim baik itu musim hujan ke musim panas ataupun sebaliknya, ayam kalkun sendiri mengandung lemak dan kolesterol yang rendah sehingga mengakibatkan daya tahan tubuh ketika pergantian musim mudah terserang virus penyakit.

Walaupun ayam kalkun di kategorikan sebagai hewan unggas yang tergolong paling tahan penyakit di banding unggas lainnya akan tetapi, bila wabah yang menyerang itu ganas,ayam kalkun juga bisa terserang wabah dan bahkan bisa sampai berujung kematian.  Ada berbagai macam virus dan penyakit yang sering diderita ayam kalkun,akan saya bagi menjadi dua kategori:

Kategori 1 adalah virus berbahaya:

  • flu burung atau Avian Influenza (AI) – Telelonewcastle disease ( ND ) – Infectius laryngo tracheitis ( ILT ) – Infectious bronchitis ( IB ) – Infectious bursal disease ( IBD ) Virus-virus yang tertera di atas adalah virus yang sulit untuk di hilangkan karena hingga saat ini para ahli pun belum bisa menjamin suatu obat yang dapat menyembuhkan unggas yang terserang jenis penyakit tersebut,untuk pencegahan nya maka ayam kalkun harus di vaksinasi ketika dalam kondisi sehat. vaksin yang sudah masuk ke dalam ayam akan memberikan perlindungan ketika wabah virus menyerang. Jenis-jenis vaksin dapat kita peroleh di banyak toko-toko pakan,pilihan nya beragam, kita tinggal menyebutkan jenis vaksin yang di minta maka biasanya pelayan toko akan menunjukan vaksin yang terbaik.,jenis vaksin yang beredar di pasaran antara lain :medivac ND-AI,Lactosa dll.

Kategori 2 adalah virus atau penyakit yang kurang berbahaya :

  • jenis penyakit kategori 2 antara lain ; – Snot  ( coryza ) – Ngorok ( chronic respiratory disease ( CRD ) ) – Berak Kapur ( pullorum ) BWD – Kolera – Tetelo Jenis penyakit kategori 2 biasanya penyakit yang di sebabkan bakteri,stress akibat perubahan tempat dan musim serta musim hujan dan kemarau yang panjang. Cara Pengobatan nya bisa dengan cara tradisional maupun dengan obat obatan pabrik. cara pengobatan tradisional yang biasa saya lakukan yaitu dengan perasan jahe,kunir,kencur dan lempuyang yang sudah di tumbuk. Air perasan nya bisa di campur dengan makanan atau di minumkan langsung pada kalkun. Ramuan ini dapat menghangatkan tubuh dan menambah nafsu makan kalkun nya. Untuk makanan nya biasanya saya pake nasi,bisa juga di kasi sayuran yang dicampur dengan nasi,katul dan konsntrat/BR. Untuk pengobatan lain nya bisa juga dengan memberi obat obatan yang tersedia di pasaran,obat-obatan nya antara lain: tetra chlor,medytril,trimezyn atau bisa juga dengan memberikan anti biotik seperti amoxicilyn 500mg, * penggunaan amoxicilyn jangan di sesuaikan dengan dosis untuk manusia,dalam satu kali pengobatan cukup seperempat pil saja,kalau penyakit yang di derita kalkun nya parah bisa juga di tambah dosis nya. berikut ini gambar cara mengobati ayam kalkun yang biasa saya lakukan:

Catatan : Sesungguhnya segala penyakit baik itu pada hewan maupun manusia sejatinya hanya tuhan lah yang memberikan kesembuhan, obat-obatan dan lain nya hanyalah perantaranya saja cuma kita diwajibkan untuk berusaha. Dianjurkan ketika mengobati kalkun yang sakit dibarengi dengan doa memohon kepada yang maha kuasa agar kalkun yang kita obati dapat sembuh dan produktif sesuai dengan apa yang kita harapkan. Lebih baik mencegah daripada mengobati,pencegahan dapat kita lakukan dengan memberikan vaksin,perawatan yang maksimal dan selalu menjaga kebersihan kandang.

* Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan informasi, bukan bermaksud menggurui tetapi disini saya hanya ingin berbagi, harapan saya semoga postingan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk lebih memperkaya pengetahuan mengenai cara mengobati ayam kalkun.

Untuk info lebih lanjut seputar dunia ayam kalkun dan ayam hias pada umumnya, silahkan anda bisa kontak :

Guntur Ginanjar

No.HP : 0878 3830 5588..082137082479.

PIN BB : 5B8750Bf.

Hal terkait : Jual Ayam Kalkun Jual Kalkun Jual Kalkun Hitam Dop ( black spanish turkeys ) Jualan ayam kalkun Facebook.com/guntur ginanjar Jual ayam kalkun/wordpress.com

22 thoughts on “Cara Mengobati Ayam Kalkun Yang Terserang Virus Penyakit

  1. Pingback: Jual Kalkun | jualayamkalkun

  2. Pingback: Jual Ayam Tibet Golden Pheasant | Jual Kalkun

  3. Pingback: Ayam Kalkun | Jual Kalkun

  4. Pingback: Jual Bibit Kalkun | Indonesia Turkeys

  5. numpang nanya, boleh ya mas. ayam saya seperti terkena cacar, sekarang berwarna kuning kecoklat-coklatan, cara mengobati nya gimana ya mas?
    kurang jelas sih, apa itu cacar apa benjolan lainnya,.
    saya bilang seperti jerawatan gitu,,

    mohon saran ya mas?

  6. ane mo nanya nih mas ginanjar: 1.Kotoran kalkun normal warna nya apa? dan klo yg kena penyakit bagaimana? 2. Ane punya anakan umur skitr 1 bln lbh vaksinnya ap aj yg d anjurin? soalny lom pnh vaksin, trus vaksin herbal ny tumbuhan ap aja ya? 3. Selama ini ane kasi vour sm irisan sawi dan kangkung (55% vour 45% hijauan sawi dan kangkung). Sudah benar blom y suhu..maaf bnyk tanya. Salam Kalkuner Bontang Kaltim

    • warna normal kotoran nya ada yang warna coklat,coklat kehijauan,klo yang kena penyakit biasanya warna kotoran nya ada yang kuning/berak kuning,ada yang warna putih/berak putih,ada juga yang bernoda darah,vaksin yang di anjurkan vaksin ND ( newcastle disease ) silahkan tanyakan di toko pakan biasanya ada,vaksin herbal bisa di kasi daun pepaya atau buah tomat.menunya sudah benar mas cuma jadi boros pakan nya kalo di kasi pur trus,coba sedikit-sedikit di kasi campuran bekatul biar aga ringan biaya pakan nya..semoga bermanfaat..biar fast respon jenengan atau sobat-sobat lain yang ingin konsultasi bisa sms ke no.087838305588 atau pin 5A3038F9.

  7. Pingback: Jual Bibit Kalkun | Ayam Hias

  8. Pingback: Jual Ayam Kalkun | Peternakan Ayam Hias

  9. Pingback: Jual Bibit Kalkun | Peternakan Ayam Hias

Leave a Reply