Kalkun Untuk Pembibitan,Pedaging dan Hias

Ayam kalkun adalah jenis hewan unggas yang memiliki ciri khas unik dimana ayam ini memiliki postur yang besar,bulu yang indah juga perpaduan bulu warna yang sangat menarik dan indah untuk dipandang mata. Dalam sudut pandang saya sepanjang saya ada 3 perbedaan budidaya ayam kalkun yang dibedakan dari cara pembibitan untuk menghasilkan anakan / pembibitan,untuk menghasilkan kalkun pedaging dan untuk kalkun hiasan / hias.

ayam kalkun

Bila anda akan memulai beternak,budidaya atau memelihara ayam ini ada 3 perbedaan yang terlebih dahulu anda harus perhatikan dalam perawatannya. Anda harus terlebih dahulu menentukan niat anda dalam memelihara ayam ini.

Berikut ini akan saya paparkan 3 perbedaan dalam beternak ayam kalkun :

  1. Pembibitan

Pembibitan yang saya maksud disini adalah beternak dengan maksud untuk menghasilkan anakan / bibit. Cara perawatan / pemeliharaan pembibitan sangatlah berbeda dengan perawatan untuk pedaging dan untuk hias, faktor-faktor yang membedakan nya antara lain :

  • Pakan

Pemberian pakan untuk pejantan ternak pembibitan harus dibatasi/ secukupnya, karena bila jantan terlalu gemuk biasanya tidak baik untuk menghasilkan bibit selain itu,bila pejantan terlalu gemuk biasanya betina susah untuk dibuahi karena ketika posisi perkawinan bobot jantan tidak seimbang dengan betinanya. Untuk pemberian pakan betina diberikan secara maksimal lebih bagus.

  • Komposisi jumlah jantan dan betina

Komposisi jumlah pejantan dan betina pada ternak pembibitan yang baik adalah 1 ekor jantan disandingkan dengan 3-6 ekor betina. Pejantan kalkun adalah pejantan yang memiliki birahi yang sangat tinggi sehingga bisa dipoligami,dalam sehari jantan bisa membuahi betina sampai beberapa kali.

2. Pedaging / potong

  • Pejantan

Bila tujuan anda beternak untuk menghasilkan kalkun pedaging maka kalkun yang harus anda pelihara hanyalah jantan saja karena betina bobotnya tidak bisa semaksimal jantan, betina paling maksimal hanya bisa mencapai bobot 4,5-5kg saja sedangkan jantan bisa mencapai bobot 13kg lebih.

  • Pakan

Pemberian pakan untuk jenis beternak pedaging haruslah maksimal agar kalkun cepat naik bobotnya. Agar bobot jantan maksimal baiknya minimal dalam sehari pemberian pakan 4 kali,diutamakan pemberian pakan diwaktu malam hari karena pemberian makan di malam hari bisa meningkatkan lemak pada tubuh.

3. Hias ( kalkun hias )

Untuk pemeliharaan budidaya hias yang wajib anda perhatikan terlebih dahulu adalah jenis warnanya. Untuk di indonesia yang biasanya masuk kategori kalkun hias adalah jenis yang langka jenis warnanya. Adapun jenis yang termasuk kategori ini yaitu:

– Bourbon Red

– Royal Palm

– Black Spanish

– Blue Slate

  • Komposisi jumlah

Jantan dan betina cukup dipasangkan 1 pasang atau 1jantan 2betina saja karena,apabila pejantan terlalu banyak diberi betina maka pejantan akan sering kawin dan itu akan menyebabkan bulu ekornya jadi gampang rusak.

  • Tips perawatan

Bila anda berniat memelihara ayam ini untuk hiasan taman atau rumah maka agar bulunya tidak mudah rusak kalkun jangan terlalu sering kena air hujan dan kalkun cukup asupan sinar matahari terutama sinar matahari di pagi hari karena,bila kena air hujan otomatis bulu akan gampang rusak dan warna nya juga bisa agak pudar.

  • Budidaya jenis hias

Apabila niat anda beternak ayam ini untuk menghasilkan pembibitan jenis hias silahkan anda tinggal meng komposisikan / menggabungkan poin-poin yang diatas tadi sudah saya paparkan.

Begitulah 3 perbedaan ayam kalkun dalam hal perawatan untuk tujuan pembibitan,pedaging dan hias, semoga hal saya paparkan diatas bisa menambah wawasan anda dan saya dalam hal beternak ayam hias yang satu ini..aamiin..

Bagi anda yang membutuhkan ayam ini baik itu untuk hias,pedaging dan pembibitan kami ayamkalkun.com menjual mulai usia anakan hingga indukan siap ternak. Untuk info seputar penjualan silahkan anda bisa menghubungi :

jual-kalkun

Guntur Ginanjar :

HP : 0878 3830 5588 ( whatsapp )

0821 3708 2479 ( whatsapp )

Pin BB : 5B8750BF

Windaru Rohmat :

HP : 0858 6819 1174 ( whatsapp )

Joko Wahyulianto :

Hp : 0822 2072 4877 ( whatsapp )

Silahkan buka juga blog seputar penjualan ayam hias lainnya:

https://goo.gl/gNZm7l

Leave a Reply