Ayam dong tao “si unik” ayam kaki gajah dari vietnam

Bila kita membicarakan ayam hias,tentu tidak sah bila kita tidak membahas ayam dong tao si ayam “unik” yang dijuluki ayam kaki gajah dari vietnam ini.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa fakta keunikan, habitat dan cara ternak dari ayam dong tao. Sebelum lanjut mari kita ambil nafas sejenak dan nikmati hidup dengan segelas kopi atau teh hangat. Berikut adalah fakta-faktanya.

Asal muasal Ayam dong tao

Ga dong tao atau ayam dongtao adalah ayam yang aslinya berasal dari negara vietnam, ayam ini selalu menjadi ciri khas dan kebanggaan dari warga vietnam karena di negeri asalnya ayam ini sangat digemari dan belakangan ini penggemarnya sudah merambah ke seantero dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Di vietnam orang-orang sering menyebutnya dengan julukan “dragon chicken” atau ayam naga walaupun seperti nampak di gambar tidak mirip dengan hewan legenda tersebut tapi entah mengapa orang vietnam menjulukinya dengan sebutan itu.

Di negeri asalnya, ayam kaki besar ini selain untuk hias juga sering digunakan untuk bahan konsumsi dimana daging dan kakinya sering dijadikan bahan kuliner, yang paling terkenal menu makanan dari ayam ini yaitu menu sop kaki ayam dongtao.

Si ayam kaki gajah

Kaki gajah. Begitulah julukan penggemar ayam hias di indonesia menjulukinya, alasan dijuluki sebutan itu mungkin karena ayam ini memiliki kaki yang besar yang tidak lazim/umum atau tidak ditemukan di ayam lainnya.

Profil bentuk fisik

Pada umumnya fisik dari ayam dongtao kurang lebih mirip dengan ayam kampung lokal indonesia, akan tetapi perbedaan yang sangat mencoloknya yaitu tadi di bagian kakinya yang besar seperti membengkak.

Cara Perawatan

Dalam hal merawat ayam ini bila anda sebelumnya pernah atau sedang merawat ayam hias lainnya maka, tidak ada perbedaan dalam pemeliharaannya dengan ayam biasa lainnya. Pejantan bisa dipoligami disandingkan dengan 3-5 betina.

Pakan

Pemberian pakan pada ayam ini cukup dilakukan 2-3x sehari dengan pakan voor, dedak atau bekatul juga bisa. Lebih bagus lagi bila pakan diberikan campuran sayuran terutama di musim kawin karena akan memberi gizi lebih untuk produktifitasnya. Sayuran yang saya rekomendasikan diantaranya: toge, sawi, kol/kubis dll.

Tambahan pakan bisa juga diberikan jangkrik akan tetapi pemberiannya dibatasi sehari cukup 3-4 ekor jangkrik per hari.

Masa Bertelur 

Betina dan pejantan biasanya mulai kawin di usia 6,5 bulanan up dan mulai bertelur di usia 7-8bulanan, jumlah telur dalam sekali masa/musim bisa menghasilkan rata-rata hingga 20 biji telur bahkan lebih.

Daya tahan tubuh dan adaptasi

Karena asal ayam ini dari vietnam yang notabene iklimnya hampir sama dengan di indonesia maka, dalam hal ini tentu tidak terlalu susah bagi ayam dong tao dalam beradaptasi akan tetapi, persiapan kandang tentu jadi hal yang utama karena akan sangat berpengaruh pada daya tahannya.

Sepengalaman saya dalam mendatangkan ayam baru ke kandang,faktor utama yang harus diperhatikan yaitu :

  • kita bersihkan dan semprot kandang dengan menggunakan air antiseptik.
  • Jauhkan ayam yang baru datang dengan ayam yang sudah ada dikandang. Pemisahan ayam / karantina baru dengan ayam lama minimal selama 7hari.
  • Pastikan juga kandang memiliki asupan sinar matahari yang cukup agar kandang tidak lembab, dari kebanyakan kasus penyakit pada ayam, biasanya faktor kelembaban kandang selalu menjadi yang utama.

Prospek budidaya

Pada umumnya keberadaan ayam ini masih belum terlalu dikenal oleh penggemar ayam hias lokal indonesia karena, setahu saya ayam hias ini baru ada dan menyebar di indonesia kurang lebih skitar tahun 2015/2016 atau 2-3tahun yang lalu, jadi wajar bila ayam ini belum terlalu populer.

Akan tetapi,justru karena alasan itu saya merekomendasikan anda membudidayakan ayam dong tao

ini karena,dengan itu bisa dipastikan ayam ini masih langka populasinya sementara penggemarnya makin hari semakin banyak sedangkan stoknya masih terbatas jadi, “well” silahkan anda bayangkan sendiri…

Info lebih lanjut mengenai ayam lainnya, baik itu untuk penjualan maupun cara pembeliannya bisa dengan kontak kami di 0878-3830-5588 / 0821-3708-2479.

Tinggalkan Balasan