8 Fakta Ayam Brahma Yang Penting Anda Ketahui

Ayam brahma atau brahma chickens merupakan ayam hias yang memiliki ciri khas unik, bulu yang menutupi bagian kaki, berpadu dengan postur tinggi besar dengan bulunya yang sangat tebal menjadikannya banyak disukai khususnya oleh para pecintanya.

8 Fakta Ayam Brahma Yang Penting Anda Ketahui

“konon”, dahulu kala di negara inggris dan amerika serikat, tepatnya disekitar tahun 1850 ayam brahma ini awalnya adalah ayam konsumsi yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya.

Seiring perjalanan waktu, sedikit demi sedikit keberadaannya semakin langka, dan akhirnya karena kelangkaannya, mulailah orang-orang membudidayakannya untuk dijadikan ayam hiasan.

Saat ini, khususnya di Indonesia, ayam brahma sudah menjadi primadona ayam hias, bukan tidak mungkin pula dibagian negara lainnya juga terjadi hal yang sama karena, komunitas pecintanya jumlahnya di dunia sangatlah banyak.

Berikut ini kami akan coba mengabarkan dan memaparkan apa saja 8 fakta-fakta unik dan menarik dari ayam brahma ini.

1. Awal mula

Awal mula ayam ini berasal masih menjadi perdebatan diantara para ahlinya. Ada yang mengklaim berasal dari India dan bangladesh karena, bila merujuk ke namanya “brahma” maka sangat memungkinkan bahwa memang berasal dari sana.

Akan tetapi, ada juga pendapat lainnya yang menyatakan bahwa, ayam ini aslinya berasal dari inggris karena di inggris lah pertama kali persilangannya terjadi sehingga, menjadikannya ayam brahma seperti sekarang.

Pada sekitar tahun 1850 an mulainya di ekspor dari shanghai ke inggris dan amerika oleh para pelaut.

Sebagian ahli sepakat mengambil kesimpulan bahwasanya awal mulanya berasal dari amerika serikat dengan pengaruh dari unggas-unggas yang dibawa dari india.

Di tahun 1852 seorang pengusaha dari inggris bernama Mr. george burnham meng ekspor ayam-ayam ini sebagai hadiah yang diberikan kepada ratu victoria yang menyebabkan awalnya ayam brahma digandrungi oleh warga inggris.

2. Ayam hasil persilangan

Dari artikel-artikel yang saya baca diantaranya dari Wikipedia.org diketahui bahwa, ayam brahma ini awalnya adalah ayam hasil persilangan antara ayam malay dengan ayam cochin.

Pada waktu bersamaan disilangkan juga dengan ayam chittagong yang berasal dari daerah sekitar sungai brahma yang sekarang lebih dikenal dengan negara bangladesh.

Awalnya dijuluki brahma pootra chicken tetapi sampai sekarang lebih dikenal dengan sebutan brahma chicken saja.

3. Mudah untuk diternak

Bila merujuk pada pengalaman saya sendiri dan juga teman-teman peternak brahmayang saya kenal, mereka semua hampir sepakat mudahnya beternak ayam ini.

Bila dibandingkan dengan ayam hias lainnya seperti ayam kalkun,ayam Bangkok, ayam brahma sangat mudah sekali perawatannya dan perkembang biakannya juga sangat cepat sekali.

Untuk pakannya bisa diberikan pakan ayam biasa pada umumnya seperti voor / konsentrat, dedak dan bekatul.

Bila anda ingin mempunyai brahma dengan ukuran jumbo/besar baiknya diberikan pakan yang tingkat gizinya sangat tinggi.

jenis ayam brahma

BRAHMA

Masalah umumnya dalam merawatnya yaitu, ketika musim penghujan tiba dimana lantai biasanya akan basah terkena air maka, kaki bisa menjadi kotor dan berlumpur.

Diusahakan kandang diberi lantai yang kering sehingga bulu dibagian kaki tidak mudah rontok dan kotor.

Anda juga perlu memperhatikan kesehatan bulunya karena keindahannya terletak pada bagian ini. Biasanya dibagian bulu sering ada kuman seperti tungau dan kutu.

Untuk pencegahannya anda bisa rutin berikan semprotan antiseptik dan obat-obatan anti kutu yang biasanya tersedia di toko-toko pakan unggas.

Agar bulunya terawat dan sehat, anda juga bisa sesekali memandikan dan memberi shampo, bisa rutin dilakukan seminggu sekali atau dua kali.

Waktu pemandian baiknya di siang hari sekitar jam 10 hingga jam 2 siang. Jangan lakukan ketika cuaca dingin dan lembab.

4. Rekor dunia

Di Eropa tercatat, pernah ada ayam brahma yang memecahkan rekor bobot, konon beratnya mencapai hingga 11kg.

Oleh orang yang merawatnya diberikan perawatan dan pakan yang sangat-sangat istimewa seperti contohnya diberikan susu bayi dan voor dengan kualitas terbaik sehingga, posturnya bisa berkembang dengan sangat maksimal.

Salah satu sample yang viral di dunia maya ada disini : https://youtu.be/JWSrXUQNCtg

5. Rata-rata jumlah telur

Ayam ini bisa juga dikatakan sebagai ayam petelur atau hampir mirip petelur karena, dalam sekali musim saja bisa menghasilkan banyak sekali telur.

Rata-rata minimal 30-40butir dalam satu musim. ( satu musim = 2,5 -3 bulan ).

6. Ayam yang ramah

Lain halnya dengan jenis-jenis ayam hias lain yang selama ini kita kenal, ayam ini tabiatnya sangat tenang dan tidak mudah marah sehingga,sangat nyaman bila dipelihara dengan cara diumbar atau dilepas dihalaman karena,tidak akan mengganggu anda dan orang-orang disekitar anda.

Tonton video yang kami budidayakan disini :

https://www.youtube.com/watch?v=QqBST7o5uzk

7. Jenis-jenis

Ada beberapa jenis ayam brahma yang saat ini beredar luas khususnya di Indonesia, dipopulerkan pertama kalinya dengan jenis columbian light dan self buff dan, hingga saat ini semakin banyak sekali jenisnya diantaranya jenis blue dan dark brahma.

Jenis-jenis populer lainnya diantaranya isabel brahma, white brahma dan black brahma.

8. Harga jual yang fantastis

Ketika pertama kali ayam brahma ini beredar di pasaran Indonesia, harganya sangat mahal sekali, di tahun 2013-2014 an harga pasaran dewasa bisa sampai 25 juta rupiah per pasangnya.

Harga terbaru di tahun-tahun ini harga pasarannya sudah turun dikarenakan populasinya yang semakin banyak sehingga harganya bisa lebih terjangkau oleh banyak kalangan.

Kami dari ayamkalkun.com men jual aneka jenis ayam brahma original dengan harga terjangkau dan berkualitas.

ayam brahma

Untuk pemesanan silahkan anda bisa menghubungi kami di: 0878-3830-5588 atau 0821-3708-2479.

Anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi peternakan kami yang ber alamat di :

Jalan tempel km 2,5 dusun tegalrejo, desa margorejo,kecamatan tempel, sleman, DI Yogyakarta.

Kami juga menyediakan aneka jenis ayam hias lainnya seperti: ayam kalkun, ayam cemani, ayam mutiara, Mahkota, Ayam Pheasant, ayam cochin, modern game, dongtao dll. Silahkan anda bisa telusuri postingan lainnya di Web ini.

Terima kasih atas waktu yang anda luangkan bersama kami. Wassalam

Tentang Guntur Ginanjar

kalem,humoris dan baik hati
Tulisan ini dipublikasikan di brahma dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Respon untuk 8 Fakta Ayam Brahma Yang Penting Anda Ketahui

  1. Ping balik: Pengalaman Sehari hari Dalam Memelihara Ayam Brahma | Guntur Ginanjar Farm

  2. Ping balik: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Beternak Ayam Brahma

Tinggalkan Balasan